30 November 2021

Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Berikan Pelatihan Kepada Anggota Sat Linmas

Dalam rangka meningkatkan Kapasitas  Kemampuan Linmas, Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Kapanewon Bantul Aiptu Fitri Kusharyanto melaksanakan giat Pemberian Pelatihan dan Peningkatan Kemampuan Sat Linmas Kalurahan Palbapang Kapanewon Bantul, Selasa (30/11/2021).

Dalam giat tersebut Aiptu Fitri Kusharyanto memberikan Pelatihan Dasar Baris Berbaris dan 12 gerakan Pengaturan Lalu lintas, yang dilaksanakan di Lapangan Guyengan Palbapang Bantul.

Aiptu Fitri Kusharyanto berharap, Sat Linmas bisa membantu melaksanakan tugas dalam mendukung tugas-tugas Polri pada pengamanan kegiatan.

“Adanya pelatihan seperti ini, sangat bermanfaat dan menambah kemampuan Say Linmas, sehingga diharapkan Sat Linmas mampu melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan peranannya," pungkas Aiptu Fitri. (Humas Polsek Bantul)


Anggota Unit Lantas Polsek Srandakan Laksanakan Turlalin Pemakaman Warga

Anggota Unit Lantas Polsek Srandakan melaksanakan kegiatan pengaturan lalu lintas (turlalin) dan pam di rumah duka Almarhumah Hj. Supramini Dusun Mangiran RT.131 Desa Trimurti, Srandakan, Bantul, Selasa (30/11/2021) jam 09.30 WIB.

Pengaturan lalu lintas dan pam kali ini dilakukan oleh Iptu Subardiyana, Aipda Sumardikun, Aipda Eko Harsono dan Bripka Aditiya. Bl.

Kegiatan tersebut sebagai bentuk pelayanan Polri terhadap masyarakat,  pengguna jalan/ orang yang akan takziah kerumah duka yang berada di pinggir jalan raya Srandakan.

Dalam kegiatan itu pula, petugas juga memberikan himbauan kepada masyarakat / para pelayat agar selalu peduli terahadap pencegahan penyebaran virus Covid-19 dengan selalu memakai masker, cuci tangan, jaga jarak, kurangi berkerumun dan kurangi mobilitas/ bepergian. (Humas Polsek Srandakan)


Bhabinkamtibmas Pendowoharjo, Evakuasi Warga Yang Kelelahan dan Pingsan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aipda Wawan Giyarto S.Psi, membantu evakuasi salah satu warga diwilayah binaannya atas nama korban Harjo Suwito (85), yang bertempat tinggal Kali putih Rt 44 Pendowoharjo, yang pingsan karena kelelahan di depan Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, Selasa, (30/11/2021), siang.

Usai evakuasi Bhabinkamtibmas Pendowoharjo tersebut menuturkan  bahwa korban meninggalkan rumah sejak hari Selasa (23/11) dinihari, dengan berjalan kaki dan keluarga sudah berusaha untuk mencari.

"Keluarga sudah berusaha mencari namun tidak ketemu, dan menurut keterangan salah satu keluarga, yang bersangkutan memang sering kebingungan jika keluar dari rumah dan warga sekitar sudah paham jika keluar dari rumah pulangnya pasti diantar tetangga" ungkap Aipda Wawan.

Bhabinkamtibmas Pendowoharjo juga menambahkan bahwa korban di ketemukan dalam keadaan pingsan oleh warga Krapyak, selanjutnya diinformasikan ke pak dukuh dan di laporkan ke Polsek Sewon.

"Setelah siuman dan mendapat pertolongan korban ditanya nama dan alamat rumahnya, selanjutnya saya antara untuk kembali ke rumah di Kali putih, dengan mempergunakan ambulan dan di serahkan kepada keluarga untuk dirawat" tutup Aipda Wawan. (Humas Polsek Sewon)


Polsek Sewon Tingkatkan Patroli Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Personel Polsek Sewon Polres Bantul melaksanakan patroli ke sejumlah objek vital dan daerah rawan yang ada diwilayah Kapanewon Sewon. Kegiatan tersebut sebagai upaya mencegah terjadinya tindak pidana dan dalam rangka menjaga situasi kamtibmas, Senin (29/11/21) dini hari.

Kanit Samapta Polsek Sewon AKP Sarjiman menyatakan kegiatan patroli ini rutin kita laksanakan, hal ini untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan.

“Adanya informasi kegiatan balap liar di jalan lingkar selatan ringroad menjadi salah satu sasaran Patroli Polsek Sewon,” jelas Kanit Samapta Polsek Sewon.

AKP Sarjiman menambahkan pihaknya juga tidak segan untuk menegur masyarakat yang tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Kepada warga masyarakat kami himbau untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga keamanan dilingkungannya dari pelaku kriminalitas yang memanfaatkan kesempatan dan situasi ditengah pandemi saat ini dimungkinkan potensi gangguan kamtibmas meningkat,” tegasnya. (Humas Polsek Sewon)


Panit Binmas Hadiri Pembekalan Calon Pamong Kalurahan Tamantirto

Panit Binmas Polsek Kasihan Aiptu Sumarna mewakili Kapolsek Kasihan menghadiri pembekalan  Seleksi Pengisian Formasi Kaur Pangripta dan Dukuh Geblakan  di Balai Desa Tamantirto Kasihan Bantul, Senin (29/11/2021).

Kegiatan tes seleksi sendiri akan di laksanakan tanggal 4 Desember 2021.

Calon Kaur Pangripta Desa Tamantirto terdapat 8 calon yaitu : 

1. Yan Maulana Editiya. 

2. Muhammad Fitri Hidayat

3. Anas Styabudi. 

4. Khorudin

5. Kurinia Wardani

6 . Priska Rahma

7. Desti Widyaninhrium

8. Sekar 

Sedang Calon Dukuh Geblakan ada 4 calon yaitu :

1. Aan Febrianto

2. Santoso

3. Arif Ginanjar S.Pd

4. Ruli Perdana Pamungkas.

Seleksi pengisian formasi Kaur Pangripta dan Dukuh Geblakan, memasuki tahapan pembekalan yaitu dengan rangkaian pengarahan bagi calon pamong Kalurahan Tamantirto. 

Dalam sambutannya Ketua Panitia Pengisian Pamong Kalurahan Tamantirto. menyampaikan bahwa calon pamong wajib untuk mengikuti tahapan sampai selesai.”Kami berharap semua tahapan seleksi diikuti sampai selesai, dan kami menjamin proses seleksi berjalan dengan terbuka”.

Ujian pengisian Pamong Kalurahan Tamantirto  tersebut dilakuakan pada 4 Desember 2021 mendatang.

Bahwa proses pengisian pamong ini berjalan dengan terbuka dan diharapkan   menghasilkan pamong terpilih yang berkualitas, Serta dapat bermitra bersama Pemerintah Kalurahan dalam mewujudkan Tamantirto yang semakin maju.

Panit Binmas Polsek kasihan Aiptu Sumarna dalam pesannya mengatakan agar seluruh peserta selekasi calon pamong Desa Tamantirto agar  mempersiapkan secara sunguh sunguh dalam menghadapi selekasi ini, tidak lupa juga selalu menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan. 

Kegiatan berjalan aman dan tertib dengan dengan protokol kesehatan.


Kapolsek Kretek Monitoring Prokes di Lingkungan Sekolah

Dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Kapanewon Kretek, Kapolsek Kretek AKP Yosephine Iswantari S.Psi memimpin anggotanya melakukan monitoring dan evaluasi penerapan protokol kesehatan di beberapa tempat di Wilayah Kapanewon Kretek.

Adapun sasaran monitoring penerapan protokol kesehatan kali ini dilakukan di Lingkungan Sekolah yaitu SMA Negeri 1 Kretek Bantul, Senin (29/11/2021).

Tujuan diadakannya monitoring penerapan protokol kesehatan ini yaitu supaya meningkatkan kesadaran para siswa akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas (5M).

Kapolsek menghimbau kepada semua pihak sekolah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan sehingga kegiatan belajar siswa dapat berjalan dengan maksimal dan tetap sehat terhindar dari bahaya virus corona.


Cegah Kenakalan Remaja, Polsek Piyungan Lakukan Patroli Dialogis Sambang Sekolahan

Sebagai upaya mencegah kenakalan remaja yang menjurus tindak kriminalitas dikalangan pelajar, Polsek Piyungan melakukan patroli dialogis sambang sekolahan, Senin (29/11/2021).

Hal ini dilakukan oleh Unit Binmas Polsek Piyungan yang prihatin dengan kenakalan remaja serta maraknya kejahatan jalanan klithih yang pelakunya dilakukan oleh oknum pelajar, sehingga sangat penting dilakukan pendekatan kesekolah-sekolah.

Dalam kegiatan tersebut Kanit Binmas Iptu Moh Widayadi Sanani didampingi Panit Binmas Aiptu Edi Rusmadi bertemu dengan Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Piyungan untuk berkoordinasi dan menyampaikan pesan- pesan Kamtibmas.

Iptu Moh Widayadi Sanani pada kesempatan tersebut memberikan masukan kepada pihak sekolahan untuk berkoordinasi dengan orang tua murid agar bersama-sama selalu mengawasi perkembangan putra- putrinya baik saat di dalam maupun diluar sekolahan.

"Bila perlu dari sekolahan bisa berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam upaya mencegah kenakalan remaja, Jangan sampai nantinya ada siswa- siswinya yang menjadi korban atau malah menjadi pelaku tindak kejahatan," ujarnya. (Humas Polsek Piyungan)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Pantau Giat BIAS

Imunisasi BIAS adalah Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang diadakan 2 kali dalam setahun dan dilakukan secara serentak. Program BIAS ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak usia SD terhadap penyakit campak, difteri dan tetanus.

Anak usia sekolah dasar atau sederajat merupakan salah satu sasaran program imunisasi yang dilaksanakan dalam kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Aiptu Sugiyanto, SH melaksanakan giat pantauan BIAS di SD Ringinharjo Bantul, Senin (29/11/2021).

Giat BIAS berjalan lancar dan Prokes. (Humas Polsek Bantul)


Kanit Samapta Polsek Bantul Berikan Pembekalan Kepada Anggota Linmas Kalurahan Palbapang

Kanit Samapta Polsek Bantul Iptu Sudiasih, memberikan pembekalan kepada anggota Linmas Kalurahan Palbapang Kapanewon Bantul pada acara Peningkatan Kapasitas Linmas Kalurahan Palbapang Kapanewon Bantul, Senin (29/11/2021).

Kegiatan diikuti oleh anggota Satlinmas Kalurahan Palbapang dan berlangsung di Aula Kalurahan Palbapang Kapanewon Bantul.

"Tujuan Giat tersebut adalah Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Ketrampilan, Pembentukan sikap dan Perilaku Anggota Satlinmas dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi satlinmas, serta meningkatkan kemampuan anggota Satlinmas dalam melaksanakan tugas membantu dalam penanggulangan bencana, keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan, penanganan ketentraman, ketertiban dan Keamanan," kata Iptu Sudiasih.

Adapun materi yang diberikan meliputi  Dasar hukum pembentukan Sat Linmas, Pengertian Sat Linmas, Tugas Pokok Sat Linmas, Peran Linmas dalam antisipasi Kejahatan jalanan dan Pendisiplinan Protokol Kesehatan. (Humas Polsek Bantul)


Bhabinkamtibmas dan Babinsa Tamanan Tracing Warganya Cegah Penyebaran Covid-19

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamanan Aiptu Setyo Prabowo bersama Babinsa Sertu Muh Anwar mendampingi petugas Puskesmas Banguntapan 2 dan satgas covid Kalurahan melaksanakan pressing warga yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi covid-19. Tracing pada warga Tamanan RT 04 Kelurahan Tamanan Banguntapan Bantul, Senin (29/11/2021) pukul 09.30 WIB. 

Dilaksanakan langkah cepat untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran covid-19 di wilayah Kelurahan Tamanan Banguntapan Bantul. 

Bhabin selalu memghimbau kepada warga masyarakat yang bergejala untuk segera memeriksakan diri guna mengantisipasi dan mencegah penyebaran covid-19 diharapkan kesadaran dan kerjasamanya untuk bersama-sama segera menuntaskan pandemi covid 19, himbau Aiptu Prabowo.


Kanit Samapta Polsek Banguntapan Pantau Vaksinasi di Ponpes Haspi Tamanan Banguntapan

Kanit Sabhara Polsek Banguntapan Iptu Hendri Triyono bersama anggota pantau kegiatan vaksinasi santriwati Ponpes haspi sokowaten Tamanan Banguntapan Bantul, Senin (29/11/2021).

Vaksin hari ini merupakan dosis 2 untuk 180 santriwati Ponpes Haspi dengan jenis vaksin pfizer. Tidak lupa petugas memberikan himbauan untuk menjaga jarak antar penerima vaksin dan menerapkan protokol kesehatan.

Selalu diingatkan kepada semua warga masyarakat terutama wilayah kapanewon Banguntapan agar selalu disiplin diri mematuhi protokol kesehatan dan segera vaksin bagi yang belum vaksin.

Saat ini masih pandemi dan kita perlu waspada dan mencegah munculnya gelombang ketiga covid-19 Yakni dengan disiplin prokes dan vaksinasi.


Kapolsek Pleret AKP Tukirin Hadiri Kegiatan Pertemuan Evaluasi PWS KIA

Kapolsek Pleret AKP Tukirin menghadiri kegiatan Pertemuan evaluasi PWS KIA (Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak) tahun 2021 di Aula Puskesmas Kapanewon Pleret Pleret Bantul, Senin (29/11/2021).

Hadir dapam kegiatan tersebut antara lain Kapolsek Pleret AKP Tukirin, Kepala Puskesmas dr Erni Rochmawati, Danramil 07 Pleret diwakili Serma Aris W, Jawatan Sosial Margi Hidayat, S.Ip, Lurah se-Kapanewon Pleret, Koordinator PLKB Pleret Slamet Sugiyanto, SE. Perwakilan dari Rumah sakit sekitar Kapanewon Pleret dan Koordinator Kader PKK 5 Kalurahan.

Sambutan Kepala Puskesmas dr Erni Rochmawati menyampaikan kegiatan ini dalam rangka evaluasi kesehatan ibu dan anak diwilayah Kapanewon Pleret. Ibu Hamil di wilayah Kapanewon Pleret terdapat 775 dan ada beberapa yang memiliki resiko kehamilan.

Selama kegiatan berjalan aman dan lancar serta tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 dengan mewajibkan memakai masker mencuci tangan dan menjaga jarak. (Polsek Pleret)


Patroli Polsek Bantul Berikan Himbauan dan Pengamanan Kepada Wisatawan

Kepolisian Sektor Bantul meningkatkan pengamanan di kawasan objek wisata yang mengalami lonjakan pengunjung.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang mengisi liburan pada hari Minggu (28/11/2021), Patroli Unit Samapta Polsek Bantul melaksanakan sambang sekaligus giat Pengamanan di Obyek Wisata Taman Puspa Gading Kaligawe Bantul.

Pengamanan dan patroli rutin dilaksanakan, dan difokuskan di objek wisata terutama di Hari Minggu, untuk meciptakan kondisi aman, tertib dan kenyamanan masyarakat yang sedang berwisata.

Selama giat pengamanan di objek wisata tersebut, petugas menghimbau agar mentaati Prokes serta diharapkan situasi keamanan terkendali, tidak ada kejadian serta berupaya menciptakan rasa nyaman buat masyarakat.

Himbauan kepada para petugas parkir di lokasi wisata untuk selalu waspada terhadap aksi pencurian kendaraan bermotor, dan mengimbau pengunjung untuk selalu berhati-hati. (Humas Polsek Bantul)


Kapolsek Pandak Laksanakan Sambang Dan Silaturahmi Dengan Tokoh Agama di Dusun Ngeblak

Kapolsek Pandak AKP Wartono SH melaksanakan silaturahmi kepada tokoh agama di Pondok Pesantren Ar-Risalah Dusun Ngeblak, Wijirejo, Pandak, Bantul , Senin (29/11/2021) jam 09.30 WIB.

Kapolsek Pandak AKP Wartono SH melaksanakan sambang dengan tokoh agama Pimpinan Pondok Pesantren Ar Risalah Fajar Abdul Bashir, S.H, M.SI di Pondok Pesantren Ar-Risalah dusun Ngeblak, Wijirejo, Pandak, Bantul. Kegiatan sambang dengan tokoh agama tersebut merupakan langkah untuk lebih mendekatkan Polsek Pandak dengan tokoh agama dan juga sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dam juga mempererat talisilaturahmi. Pada kesempatan sambang tersebut tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan yaitu dengan memakai masker dan juga menerapkan social distance. 

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Pandak AKP Wartono SH menyampaikan harapkan kedepan bisa menjalin silaturohmi dengan baik untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif dimasyarakat. Selain itu juga Kapolsek Pandak memberikan pesan Kamtibmas terkait penerapan protokol kesehatan dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru serta memberikan Himbauan agar tokoh agama turut serta mensosialisasikan kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap wabah Covid-19 dengan cara mencuci tangan dengan sabun, kalau keluar rumah memakai masker dan selalu menjaga jarak atau social distance. (Humas Polsek Pandak)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Laksanakan Pembinaan Peningkatan Kemampuan Satpam PT CNPM Bantul

Satpam adalah Satuan Petugas Keamanan yang mengemban tugas Kepolisian terbatas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi peranan dari Satpam itu sendiri. 

Sementara yang memiliki tugas pokok sebagai pembina Satpam di Kepolisian adalah Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas).

Sehubungan dengan hal tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Kapanewon Bantul Aipda Agus Bandianto melaksanakan kegiatan pembinaan Peningkatan Kemampuan Satuan Pengamanan (Satpam) kepada anggota Satpam PT CNPM Bantul, Minggu (28/11/2021).

Aipda Agus Bandianto menjelaskan, bahwa Satpam memiliki tanggung jawab besar sehingga perlu mendapatkan pembinaan dan pelatihan.

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut adalah pengertian System Pengamanan Swakarsa, peran Satpam serta mengajak anggota Satpam untuk senantiasa mentaati Protokol Kesehatan dan mendisiplinkan lingkungan kerjanya untuk menerapkan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas dalam mencegah penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Bantul)


Kapolsek Imogiri Sambangi Tokoh Agama di Wilayah Wukirsari

Kapolsek Imogiri Polres Bantul AKP Sumanto, SH bersama Kanit Propam Aiptu Purnama Eka, dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Wukirsari Aipda Wahyu Apri W  melaksanakan kegiatan sambang tokoh Agama di Wilayah Wukirsari, Senin (29/11/2021) pagi.

Adapun sambang Kapolsek dan anggota kali ini di kediaman  KH Ahmad Zabidi pengaduh Ponpes Ar Ramly Karangkulon Giriloyo serta  Hilmi Muj'taba / Gus Tabah Pengasih Ponpes Ali Marjuki Karangkulon Giriloyo.

Disampaikan dalam kegiatan sambang Akp Sumanto SH, memperkenalkan diri sebagi Pejabat Kapoksek Imigiri yang baru, serta mohon untuk bekerja sama  dapat saling melakukan langkah antisipasi atau persuasif dalam rangka turut membina wilayah masing-masing agar selalu aman dan kondusif dari segala macam bentuk intoleran. 

Kapolsek juga berharap agar Tokoh Agama dapat mampu bersama sama dengan  tokoh masyarakat untuk tindakan pencegahan.

Akp Sumanto SH  berharap Peran serta tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Wilayah Kapanewon Imogiri. (Humas Polsek Imogiri)


Beberapa Hari Tidak Terlihat Sosok Laki Laki Ditemukan Meninggal Dunia di Rumahnya

Sesosok mayat laki-laki ditemukan warga di dalam rumahnya, Dusun Pelemsewu, RT 001, Kalurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Minggu (28/11/2021) malam.

Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) sementara, dan pemeriksaan oleh tim inafis Polres Bantul serta pemeriksaan tim medis dari Rumah Sakit Bedah Ringroad Selatan korban atas nama Rocmadi kelahiran Bandung tersebut diketahui bekerja sebagai karyawan Swasta, dan tinggal sendirian,Korban merupakan warga dusun Pelemsewu, Rt 001, Kalurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Di tubuh korban tidak terdapat luka-luka tanda kekerasan. Dari keterangan salah satu kerabat,  korban yang telah berumur 69 tahun itu meninggal diduga akibat penyakit gula dan asma yang lama dideritanya.

"Diperkirakan korban meninggal sudah tiga hari, dan dari keterangan yang berhasil dihimpun oleh personil Polsek Sewon kurang lebih 3(tiga) hari korban tidak keluar rumah untuk melaksanakan aktivitas, dan pada hari Sabtu, (27/11/2021, sekira pukul 21.00 Wib, Arif Rahmanto,(46) , dan Susana Indrawati (42) yang masih tetangga korban mencium bau menyengat seperti bau busuk yang berasal dari rumah korban, Selanjutnya kedua saksi memberitahu kepada salah satu saudara korban, bahwa mencium bau yang menyengat seperti bau busuk, kemudian setelah dicek, bau tersebut berasal dari dalam kamar rumah korban”, jelas Kanit Reskrim Polsek Sewon AKP Sigit Teja Kusuma,SIP, MIP.

Selanjutnya dari pihak keluarga dan tetangga sekitar membuka pintu dengan paksa untuk melihat korban, setelah masuk kamar diketahui korban sudah meninggal dunia dengan kondisi sudah membengkak dan berbau. Atas kejadian tersebut petugas dari Polsek Sewon dan dari team medis mendatangi TKP untuk melaksanakan pemeriksaan korban imbuh Kanit Reskrim.

“Untuk jenazah saat ini berada di Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta, dan sudah diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan, dan keluarga sudah menerima dengan ikhlas atas kejadian tersebut” tutup AKP Sigit. (Humas Polsek Sewon)


29 November 2021

23 Pelaku Kejahatan Jalanan Diamankan Polres Bantul Dalam Kurun Sepekan

Dalam sepekan, jajaran Polres Bantul berhasil mengamankan 23 pelaku yang terindikasi melakukan kejahatan kejahatan jalanan.

Tujuh pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka. Sementara sisanya masih dalam proses.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK mengatakan, para pelaku terjaring dalam Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) yang digelar sepekan terakhir dan diamankan di enam lokasi berbeda.

“TKP-nya antara lain, Sewon dua kasus, Bambanglipuro, Bantul, Patangpuluhan Wirobrajan dan Banguntapan,” jelas Ihsan saat menggelar jumpa pers di Mapolres Bantul, Senin (29/11/2021). 

Dijelaskan, bahwa para pelaku tersebut adalah pelaku yang selama ini meresahkan warga di Yogyakarta pada umumnya, termasuk warga Bantul.

Ihsan juga merasa sangat miris, karena sebagian besar pelaku yang diamankan masih berstatus pelajar.

“20 di antaranya masih pelajar, dan tidak hanya bersekolah di Bantul namun juga dari luar Bantul, seperti Sleman dan Kota Yogya,” jelasnya.

Modus yang digunakan oleh para pelaku adalah dengan bergerombol keliling naik sepeda motor. Saat dihentikan petugas dan digeledah, kemudian ditemukan senjata tajam (sajam). Ada juga pelaku yang sengaja melakukan pengrusakan maupun penganiayaan.

“Sebelum melakukan aksinya, rata-rata para pelaku mengkonsumsi obat keras supaya lebih berani,” imbuh Ihsan.

Untuk barang bukti yang sudah diamankan antara lain 6 sepeda motor, beberapa sajam di antaranya pedang, celurit, gir, gasper berujung paku, gergaji bulat dengan gagang besi, pedang bergerigi hingga pakaian yang dipakai pelaku.

Ihsan menegaskan, kejahatan jalanan merupakan masalah bersama dan harus diselesaikan secara bersama-sama, 

“Dalam menangani kejahatan jalanan polisi tidak bisa sendiri, harus ada peran guru, peran orang tua, serta stakeholder terkait,” tegasnya.

Ihsan juga berpesan, kepada para pelaku kejahatan jalanan yang masih berpikiran ingin melakukan aksinya agar bersiap-siap untuk ditindak tegas. 

“Jangan coba-coba lakukan kejahatan jalanan di Bantul, stop! Kami akan tindak tegas,” tandasnya.


Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Hadiri Giat Penanaman Bibit Pohon Cemara Udang

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali. M mengikuti kegiatan penanaman bibit pohon cemara udang di sepanjang Pantai Cangkring Poncosari Srandakan, Minggu (28/11/2021).

Hadir pada acara tersebut Panewu Srandakan Sarjiman, S. IP, ME, Ulu ulu Kalurahan Poncosari Sukijan, Bhabinkamtibmas Poncosari Aipda Ali Murtopo, Anggota SAR Satlinmas Pantai Baru, Anggota Club Toyota Kijang Jogmatis (Jogja Mataram Istimewa).

Kegiatan penanaman bibit cemara udang diselenggarakan oleh Club Toyota Jogmatis bekerjasama dengan Kapanewon Srandakan dengan tujuan penghijauan dikawasan pantai untuk mencegah terjadinya abrasi.

Selama kegiatan berlangsung lancar. (Humas Polsek Srandakan)


Polsek Kasihan Gelar Midnight Patrol Saat Malam hingga Dini Hari

Dalam rangka menciptakan situasi yang aman dan kondusif di malam hari, Polres Kasihan menggelar kegiatan Midnight patrol, Minggu (28/11/2021) malam hingga dinihari

Kegiatan Midnight patrol dipimpin  oleh Kanit Binmas Iptu Sukarto

Patroli ini dilaksanakan secara kontinyu guna menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kapanewon Kasihan, sehingga situasi tetap aman kondusif.

Dijelaskan oleh Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho W, SH bahwa kegiatan Midnight patrol dilaksanakan guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya tindak kejahatan khususnya di malam hari. Selain itu juga untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan warga untuk meminimalisir terjadinya penyebaran Covid-19.

“Midnight patrol memang kita fokuskan pada waktu malam sampai dengan dini hari. Dengan melaksanakan patroli tempat tempat yang rawan kejahatan pada malam hari,” terangnya.

Dengan Midnight patrol, imbuhnya, masyarakat juga akan merasa aman saat beraktivitas maupun yang beristirahat karena kehadiran petugas keamanan.

“Selain memelihara kamtibmas, kita juga mengedukasi masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19,” tandasnya.


Polsek Kretek Melaksanakan Pengamanan Terpadu ObWis Parangtritis bersama Instansi terkait

Personel Polsek Kretek melaksanakan pengamanan dan Pemantauan secara  terpadu bersama dgn Instansi terkait di obyek wisata pantai  Parangtritis dalam upaya pencegahan Covid-19.

Kegiatan tersebut diawali dengan apel persiapan yang dipimpin oleh PS Kanit Provost Polsek Kretek Aiptu Suprihatin.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan patroli jalan kaki menyusuri pantai dengan menyampaikan himbauan kepada pengunjung antara lain jangan mandi di laut, waspadai ubur ubur beracun serta selalu gunakan masker dan hindari kerumunan. 

Selain itu petugas juga memberikan arahan kamtibmas ke pada juru parkir agar ikut serta menjaga keamanan lingkungan tempat parkir.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan situasi Kamtibmas diwilayah Kapanewon Kretek Bantul khususnya Pantai Parangtritis terbebas dari segala macam bentuk gangguan dan hambatan serta penyebaran Covid-19 bisa terminimalisir. (Humas Polsek Kretek)


Kapolsek Pandak Pimpin Patroli Antisipasi Gangguan Kamtibmas Dan Kejahatan Jalanan

Personel Polsek Pandak yang dipimpin Kapolsek Pandak AKP Wartono SH melaksanakan Patroli Antisipasi Gangguan Kamtibmas dan kejahatan jalanan malam hari di wilayah hukum Kapanewon Pandak, Bantul, Minggu (28/11/2021) jam 02.00 WIB.

Kegiatan Patroli yang dilaksanakan oleh Anggota Polsek Pandak ini merupakan langkah antisipasi terhadap aksi Premanisme, Kejahatan jalanan serta gangguan kamtibmas lainnya yang dapat meresahkan masyarakat. Dimana akhir-akhir ini sangat marak kejahatan jalanan atau klitih. Diharapkan dengan hadirnya Anggota POLRI di tengah-tengah Masyarakat ini dapat membuat masyarakat merasa tenang dan nyaman dalam beraktifitas di malam hari selain itu juga dapat menekan kejahatan jalanan seperti balap liar dan klitih.

Selain melaksanakan antisipasi kejahatan jalanan dalam kegiatan tersebut juga memberikan Pesan-pesan Kamtibmas kepada keamanan di Perbankan dan perkantoran yang ada diwilayah hukum Polsek Pandak. Dalam himbauannya Kapolsek Pandak AKP Wartono SH menekankan agar penjaga malam di setiap kantor Instansi, Sekolahan, perbankan dan rumah sakit melaksanakan pengecekan rutin setiap ruangan dan apabila ada hal-hal yang mencurigakan agar segera melaporkan ke Polsek Pandak. Selain itu juga disampaikan pesan pesan kamtibmas  dan himbauan kepada warga masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan selalu memakai masker setiap keluar rumah dan menjaga jarak atau social distance untuk mencegah penyebaran covid-19. (Humas Polsek Pandak)


Minggu Dini Hari, Polsek Piyungan Laksanakan Blue Light Patrol di wilayah Kapanewon Piyungan

Dipimpin Kapolsek Piyungan AKP Rahmad Yulianto SH MSi, Polsek Piyungan melaksanakan Blue Light Patrol di wilayah Kapanewon Piyungan, Minggu (28/11/3021) dinihari.

AKP Rahmad menuturkan bahwa patroli dilaksanakan secara serentak oleh jajaran Polsek se- Polda DIY guna mengantisipasi adanya klitih yang kembali marak.

Kegiatan ini sengaja dilaksanakan pada jam- jam rawan bertujuan untuk mengantisipasi kerawanan tindak kriminalitas curat, curas maupun curanmor serta mengantisipasi kejahatan jalanan klitih, ujar Kapolsek.

Lebih lanjut Ia menyebutkan, dalam patroli Polsek Piyungan melibatkan anggota gabungan dari piket fungsi dan staf. Kemudian dibagi dalam tiga tim yang dipimpin oleh seorang perwira pengendali.

Kapolsek menekankan kepada jajarannya, dalam pelaksanaan patroli untuk selalu mengutamakan keselamatan dengan menerapkan boddy sistem serta untuk bersikap humanis saat menyampaikan pesan-pesan kamtibmas maupun himbauan kepada warga masyarakat yang berkerumun. (Humas Polsek Piyungan)


Di Musim Penghujan Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo bersama FPRB Semakin Intensif Laksanakan Pemangkasan Pohon

Kegiatan rutin berupa pemangkasan pohon perindang selama sepekan lalu semakin diintensifkan. Upaya tersebut sebagai antisipasi akibat terpaan angin kencang ketika hujan tiba.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Kapanewon Bantul Aipda Amat Riyadi, SH bersama FPRB Kalurahan Trirenggo laksanakan pemangkasan ranting dan dahan pohon-pohon besar dan pohon yang sudah terlalu rimbun sebagai antisipasi di musim hujan, Minggu (28/11/2021).

Aipda Amat Riyadi, SH menyebut pemangkasan pohon perindang di musim hujan sebagai antisipasi pohon tumbang.

Pemangkasan pohon perindang merupakan kegiatan yang dilakukan di musim hujan. Pada saat ini, pemangkasan pohon perindang banyak dilakukan di ruas-ruas jalan dan pemukiman warga.

"Adanya pohon-pohon perindang yang dikhawatirkan rapuh dan bisa tumbang saat hujan deras, maka pohon tersebut segera dipangkas,” imbuhnya.

Bagi warga masyarakat yang memiliki pohon besar dan rawan tumbang,  diminta segera mengecek kondisi pohon, sebagai antisipasi. (Humas Polsek Bantul)


28 November 2021

Gelar Blue Light Patrol Saat Dini Hari, Petugas Amankan Miras

Dalam rangka menciptakan situasi yang aman dan kondusif di malam hari, Polres Bantul menggelar kegiatan blue light patrol, Minggu (28/11/2021) dini hari.

Kegiatan blue light patrol dipimpin langsung oleh Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK.

Patroli dengan skala besar ini dilaksanakan secara kontinyu guna menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kabupaten Bantul, sehingga situasi tetap aman kondusif.

Dijelaskan oleh Ihsan bahwa kegiatan blue light patrol dilaksanakan guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya tindak kejahatan khususnya di malam hari. Selain itu juga untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan warga untuk meminimalisir terjadinya penyebaran Covid-19.

“Blue light patrol memang kita fokuskan pada waktu malam sampai dengan dini hari. Dengan menyalakan lampu rotator biru pada malam hari,” terannya.

Dalam kegiatan yang digelar dini hari tadi, petugas berhasil mengamankan puluhan botol miras berbagai merk dari beberapa tempat hiburan di wilayah pantai selatan.

Dengan blue light patrol, imbuhnya, masyarakat juga akan merasa aman saat beraktivitas maupun yang beristirahat karena kehadiran petugas keamanan.

“Selain memelihara kamtibmas, kita juga mengedukasi masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19,” tandasnya. (Humas Polres Bantul)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Sambang Ke Pos Kamling Dusun Karanggayam

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Kapanewon Bantul Aipda Agus Bandianto melaksanakan kegiatan sambang ke pos kamling di Dusun Karanggayam Kalurahan Bantul, Sabtu (27/11/2021).

Kegiatan yang dilakukan Bhabinkamtibmas bertujuan untuk menciptakan situasi aman dan kondusif, dengan mengunjungi pos-pos kamling yang berada di desa binaan, untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas.

Dalam kesempatan tersebut Aipda Agus Bandianto memberikan pembinaan warga yang sedang melaksanakan ronda malam, agar meningkatkan kewaspadaan pada saat melakukan ronda malam dengan memperhatikan lingkungan, khususnya rumah kosong yang di tinggalkan pemiliknya dan saling menjaga dan saling koordinasi supaya aman dan kondusif.

Aipda Agus Bandianto berpesan kepada warga agar selalu waspada demi keamanan di lingkungan tempat tinggal.

Dengan kesadaran bersama-sama menjaga keamanan, diharapkan Kamtibmas akan tetap stabil dan kondusif. (Humas Polsek Bantul)
 

Personel Polres Bantul Amankan Laga Persikabo 1973 melawan Persela Lamongan

Personel Polres Bantul mengamankan laga Persikabo 1973 melawan Persela Lamongan pada pekan ke-14 BRI Liga 1 2021-2022, Sabtu (27/11/2021).

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK memimpin langsung pengamanan pertandingan yang digelar di Stadion Sultan Agung, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kendati pertandingan digelar tanpa penonton, namun pengamanan tetap dilaksanakan secara ketat dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Seluruh anggota yang memasuki stadion dilakukan swab antigen terlebih dahulu, untuk mencegah penyebaran Covid-19,” kata Ihsan.

Dalam laga tersebut Persikabo 1973 berhasil meraih kemenangan krusial. Laskar Padjadjaran berhasil menang dengan skor 4-2.

Ciro Alves mencetak hattrick untuk Persikabo. Satu gol lain disumbangkan kapten tim, Manahati Lestusen. Sedangkan Persela mencetak gol lewat Ivan Carlos dan Riyatno Abiyoso.

Di awal laga, dua tim memainkan tempo lambat. Mereka tampak bermain hati-hati. Persela beruntung bisa mencetak gol lebih dulu di menit 13. Sebuah umpan jauh dari Malik Risaldi berhasil ditanduk Ivan Carlos.

Bola sebenarnya tidak meluncur tajam ke gawang Persikabo 1973. Namun kiper Tedi Setiawan posisinya agak maju sehingga tak bisa menggapai bola.

Tertinggal satu gol, Persikabo coba lebih menekan. Ciro Alves jadi motor serangan dari sektor sayap kanan. Mereka seperti terlecut untuk membalas gol tersebut.

Sementara Persela terpaksa harus main bertahan dan mengandalkan serangan balik. Persikabo berhasil menyamakan kedudukan di menit 33 lewat tandukan kaptennya, Manahati Lestusen. Dia berhasil menyelesaikan peluang dari tendangan sudut.

Di menit 40, Persikabo berbalik unggul. Kecepatan Ciro membuat lini belakang Persela berantakan. Pemain asal Brasil ini memaksimalkan umpan jauh rekannya dan melewati kawalan dua pemain belakang lawan sebelum melepaskan tendangan ke tiang dekat. Skor 2-1 untuk kemenangan Persikabo bertahan hingga jeda.

Babak Kedua

Pelatih Persela, Iwan Setiawan bereaksi dengan ketertinggalan ini. Dia memasukkan empat pemain bersamaan: Ravi Murdianto, Gian Zola, Akbar Hermawan dan Sandy Ferizal.

Tenaga barisan pemain muda ini diharapkan bisa mengangkat permainan Persela dan itu berhasil. Menit 52, sayap cepat Persela, Riyatno Abiyoso menyamakan kedudukan.

Bermula dari kesalahan Andy Setyo yang gagal membuang bola dengan kepalanya, Riyatno bisa mengejarnya dan menaklukkan kiper Persikabo.

Permainan tetap seru dengan hasil imbang. Karena kedua tim sama-sama ingin menang demi menjauh dari papan bawah. Persikabo dapat sebuah keuntungan di menit 81.

Umpan congkel Roni Sugeng awalnya tak bergitu berbahaya. Lantaran bola lebih dekat kepada kiper Persela, Ravi Murdianto. Tapi mantan kiper Timnas Indonesia U-19 itu melakukan blunder. Ravi sambil menjatuhkan badan ingin membuang bola dengan tangan kanannya. Tapi upayanya tak mengenai bola. Sehingga Ciro dengan mudah mengarahkan bola ke gawang yang sudah kosong. Persikabo kembali unggul 3-2.

Persela mencoba kembali bangkit. Namun dua peluang emas yang dimiliki Malik Risaldi didepan gawang Persikabo 1973 tak bisa berbuah gol. Menit 83, Firza Andika dan Andy Setyo bisa menahan bola tendangan Malik. Sedangkan menit 86, tendangan keras Malik masih menyamping. Padahal kiper Persikabo sudah dalam kondisi tak siap.

Asik menyerang membuat pertahanan Persela lengah. Ciro menghukumnya dengan gol di menit 89. Dia bisa membawa bola dari sudut lapangan menuju dalam kotak penalti. Meski berada di sudut sempit, Ciro berhasil mengarahkan bola di sela tangan Ravi. Persikabo unggul 4-2. Skor ini bertahan hingga laga usai.

Tambahan tiga poin ini membuat Persikabo punya kans menjauh dari papan bawah. Tim besutan Liestiadi itu memiliki15 poin dan sempat berada di urutan 12 klasemen.

Sementara Persela, ini merupakan kekalahan ke empat beruntun. Sehingga mereka tertahan di posisi 15 dengan 12 poin. Mereka bisa masuk zona degradasi jika Persik Kediri yang satu tingkat di bawahnya berhasil memetik kemenangan saat lawan Persebaya Surabaya besok (28/11/2021).

Susunan Pemain Kedua Tim

Persikabo 1973 (4-4-2): Tedi Setiawan (kiper); Gilang Ginarsa, Shumeyko, Andy Setyo, Firza Andika (belakang); Ciro Alves, Roni Sugeng, Manahati Lestusen, Guntur Triaji (tengah); Dimas Drajad, Hendra Bayauw (depan).

Pelatih: Liestiadi.

Persela Lamongan (4-2-3-1): Dwi Kuswanto (kiper); Birul Walidain, M. Zaenuri, Andri Muliadi, Nasir (belakang): Syahroni, Ahmad Bustomi; Malik Risaldi, Jabar Sharza, Riyatno Abiyoso (tengah); Ivan Carlos (depan).

Pelatih: Iwan Setiawan.
 

Polres Bantul Amankan Laga PSM Makassar dengan Persipura Jayapura di Stadion Sultan Agung

Personel Polres Bantul mengamankan laga PSM Makassar dengan Persipura Jayapura pada pekan ke-14 BRI Liga 1 2021-2022, Sabtu (27/11/2021).

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK memimpin langsung pengamanan pertandingan yang digelar di Stadion Sultan Agung, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini.

Kendati pertandingan digelar tanpa penonton, namun pengamanan tetap dilaksanakan secara ketat dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Seluruh anggota yang memasuki stadion dilakukan swab antigen terlebih dahulu, untuk mencegah penyebaran Covid-19,” kata Ihsan.

Sementara itu, pada laga tersebut Persipura harus puas bermain imbang 1-1 melawan PSM Makassar.

PSM Makassar mengawali keunggulan berkat hadiah penalti pada menit ke-13.

Anco Jansen sukses menjalankan misi sebagai algojo dan membuat Pasukan Ramang unggul 1-0.

Namun euforia Laskar Phinisi atas gol Anco tak bertahan lama.

Persipura Jayapura berhasil menyamakan kedudukan oleh gol yang dicetak Ferinando Pahabol pada menit ke-33.

Pahabol melepaskan tendangan melengkung dari luar kotak penalti yang tidak mampu dihalau oleh kiper PSM Makassar.

Gol cantik nan indah itu mengubah skor menjadi 1-1.

Skor tak berubah hingga wasit membubarkan pertandingan.
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Karangtalun Sambang Pos Kamling di Dusun Ngancar

Bhabinkamtibmas Kalurahan Karangtalun Briptu Angga Aditya Pratama melaksanakan kegiatan Sambang  pos Kamling di Wilayah Binaannya, Sabtu  (27/11/2021) malam.

Menurut Briptu Angga Sambang Pos Kamling merupakan kegiatan rutin yang terus dilakukan oleh Anggota Bhabinkamtibmas  guna menjalin komunikasi dan keakraban dengan warga masyarakat di wilayah binaannya.

Kali ini yang menjadi sasaran Sambang yakni Pos Kamling yang berada di Dusun Ngancar Kalurahan Karangtalun.

Dalam kesempatan itu Bhabinkamtibmas memperkenalkan diri dan  mengucapkan terimakasih kepada awak poskamling yang aktif dalam menjalankan Pos Kamlin.

Dengan keaktifan pos kamling berarti membatu Polri /pemerintah untuk menjaga  Kamtibmas di Wilayahnya. (Humas Polsek Imogiri)
 

Kapolsek Imogiri Pimpin Patroli KRYD Mandiri di Wilayah Kapanewon Imogiri

Personel Polsek Imogiri dipimpin langsung Kapolsek Imogiri AKP Sumanto SH,  melaksanakan patroli KRYD mandiri di Wilayah Kapanewon, Sabtu (27/11/2021) pagi.

Dalam kegiatan tersebut Kapolsek bersama anggota menyambangi pos FPRB ( Forum Pengurangan Resiko Bencana ) di Kalurahan Girirejo dan Wukirsari sebelum melaksanskan Patroli kewilayahan.

Kapolsek menyapa petugas serta memgecek sarana dan prasarana FPRB dalam menghadapi kemungkinan terjadi bencana alam baik Banjir, Tanah longsor dll.

Akp Sumanto SH mengucapkan terimakasih kepada petugas FPRB yang  selalu siap dengan peralatan yang ada bisa membantu pemerintah dalam mengatasi Benjana alam (Humas Polsek Imogiri)
 

Polsek Sewon Laksanakan Pengamanan Prosesi Sidang Terbuka Senat STTKD

Sejumlah personel dari Polsek Sewon, Polres Bantul, melaksanakan pengamanan Kegiatan Prosesi Sidang terbuka Senat Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) dalam rangka wisuda program S1 dan D3 kelulusan Taruna Wisuda angkatan XXVI STTKD Yogyakarta Tahun 2021, Sabtu, (27/11/2021) pagi.

Bhabinkamtibmas Polsek Sewon, Polres Bantul, yang membawahi kalurahan Bangunharjo Aiptu Imron Rosadi menuturkan kegiatan wisuda program S1 dan D3 kelulusan Taruna Wisuda angkatan XXVI STTKD Yogyakarta dilaksanakan dua kali sesi mengingat Yogyakarta masih dalam PPKM level 2, dan tentunya tetap mengedepankan protokol kesehatan selama proses berlangsung.

“Wisuda angkatan XXVI  STTKD  Yogyakarta Tahun 2021 terdiri dari Program pendidikan S1 jurusan Teknik Dirgantara berjumlah 26 orang, Program pendidikan D3 jurusan Aeronautika berjumlah 62 orang, Program D3 jurusan Manajemen Transportasi berjumlah 155 orang, Program D4 jurusan Manajemen Transportasi udara berjumlah 83 orang, Program D1 jurusan Pramugari berjumlah 59 oran dan Program D1 jurusan Ground Handling berjumlah 101 orang” ungkapnya.

Aiptu Imron juga menambahkan selama pelaksanaan kegiatan tidak henti – hentinya personil dari Polsek Sewon memberikan himbauan kepada keluarga wisudawan yang hadir, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kapolsek Sewon Kompol Suyanto SH saat dikonfirmasi di tempat terpisah mengatakan, "Kegiatan pengamanan dan monitoring tersebut untuk antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya tindak kriminalitas baik sebelum, pada saat maupun proses kegiatan wisuda," ujarnya.

Kapolsek juga menambahkan, pihaknya turut mendukung dan bersyukur pada berlangsungnya kegiatan tersebut. “Mudah-mudahan kegiatan Sidang terbuka Senat Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) dalam rangka wisuda program S1 dan D3 kelulusan Taruna Wisuda angkatan XXVI STTKD Yogyakarta Tahun 2021 ini berjalan dengan baik. Jangan lupa tetap memperhatikan dan menaati protokol kesehatan,” jelas Kompol Suyanto SH

Kapolsek juga menjelaskan, penanganan melibatkan pihak kepolisian, dalam hal ini pengaturan jalan dipersiapkan. “Kami telah berdiskusi pada pihak penyelenggara wisuda, yakni kampus STTKD. Sehingga pelaksanaan wisuda berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Tak lupa, Kompol Suyanto mengucapkan selamat kepada wisudawan/wati yang telah berhasil menempuh kegiatan belajarnya, “Saya berharap, wisudawan/wati dapat berkarya dan bermanfaat untuk masyarakat. Serta melayani dan membangun lingkungannya, dimulai dari lingkungan keluarga, dan sebagainya,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut General Manager Angkasa Pura 1 bapak Danang Mandala Prihantono, LLDIKTI wilayah V Yogyakarta Ganang Sudirman, Genny Luhung Prasojo  selaku Kabid Pendidikan, Wakil Direktur Poltebang Surabaya Doktor Wiwid Suryono, M.Pd, Direktur Keselamatan Capten Dodi Arifin, Komisaris PT. SAS Karel Sitanggang, Wakil Ketua komite tetap Pemeliharaan pesawat udara / MRO Kadin Richard Budihadianto, Kasubag Umum dan kepegawaian Dindikpora Kab. Purworejo, Sigit Suoriyanto, SE., MM, Staf Ahli Bupati Kulon Progo, Bambang Sutrisno Staf Ahli Bupati Kulon Progo. (Humas Polsek Sewon)
 

Polsek Pandak Laksanakan Patroli Wilayah Antisipasi Gangguan Kamtibmas Siang Hari

Personel Polsek Pandak yang dipimpin KSPK Ipda Pujiharta melaksanakan patroli wilayah antisipasi gangguan keamanan dan Himbauan protokol kesehatan Pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polsek Pandak, Sabtu (27/11/2021) jam 13.00 WIB.

Polsek Pandak yang dipimpin KSPK Ipda PP Pujiharta melaksanakan Kegiatan Patroli wilayah antisipasi gangguan keamanan dan Himbauan protokol kesehatan Pencegahan penyebaran Covid-19. Kegiatan Patroli yang dilaksanakan oleh Personil Polsek Pandak ini merupakan tugas dan tanggungjawab sebagai aparatur kemanan dengan tujuan agar masarakat yang sedang menjalankan aktivitas dapat merasa aman dan merasa dilindungi dengan adanya patroli dari POLRI ini.

Adapun sasaran dari patroli ini adalah obyek vital, perkantoran dan juga antisipasi kejahatan jalanan. Dimana pelaksanaan patroli ini dilaksanakan secara dialogis di tempat keramaian. Dalam patroli ini juga memberikan himbauan kamtibmas kepada penjaga di perkantoran, sekolah, SPBU dan juga perbankan yang ada di Kapanewon Pandak agar selalu waspada dan berhati-hati. Selain itu KSPK juga memberikan himbauan kepada warga yang berkerumun untuk mengurangi aktifitas diluar rumah dalam rangka antisipasi penyebaran covid-19. Kami juga berharap kepada masyarakat untuk bersama-sama POLRI menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. (Humas Polsek Pandak)
 

Polsek Banguntapan Patroli Dinihari Cegah Aksi Kejahatan Jalanan

Personel Polsek Banguntapan dipimpin Pawas Ipda Sani Iguh Arifandy melakukan patroli wilayah untuk menjaga situasi Kamtibmas aman kondusif serta cegah gangguan Kamtibmas maupun tindak kriminalitas serta kerumunan warga masyarakat, Sabtu (27/11/2021) dini hari.

Patroli bersama piket fungsi Polsek Banguntapan menyusuri wilayah rawan tindak kriminalitas maupun gangguan Kamtibmas seperti balap liar dan kerumunan. Untuk memberikan rasa aman dan tenteram warga masyarakat maupun pengguna jalan yang melintas di wilayah Banguntapan.

Hasil patroli wilayah tercipta Kamtibmas aman kondusif tidak ada gangguan Kamtibmas maupun balap liar serta wilayah aman dari tindak kriminalitas. Mengajak peran serta warga masyarakat jika mengetahui ada gangguan Kamtibmas silahkan laporkan ke Polsek Banguntapan ke nomor (0274) 414132.
 

Akselerasi Vaksinasi Serentak Indonesia, Kapolri: Agar Laju Pengendalian Covid-19 saat Nataru Bisa Dijaga

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung salah satu lokasi yang melaksanakan kegiatan 'Vaksinasi Serentak Indonesia' di Pusat Pengembangan (Pusbang) SDM Perhubungan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (27/11/2021).

Kegiatan akselerasi vaksinasi Covid-19 tersebut digelar serentak di 3.822 titik se-Indonesia, dengan target 1,1 juta masyarakat. Dengan adanya hal ini diharapkan target vaksinasi 70 persen di akhir tahun sebagaimana harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi), dapat terwujud.

"Hari ini dilaksanakan secara serentak dengan target 1,1 juta sampai 1,6 juta. Harapan kita ini bisa tercapai dan khususnya di kabupaten Bogor yang merupakan wilayah dengan jumlah penduduk terbesar di Jabar, saya kira memang harus terus laksanakan akselerasi. Sehingga kemudian target pencapaian di akhir Desember ini bisa kita capai," kata Sigit kepada wartawan usai meninjau kegiatan 'Vaksinasi Serentak Indonesia'.

Menurut mantan Kapolda Banten ini, akselerasi vaksinasi ini sebagai salah satu strategi untuk antisipasi terjadinya laju pertumbuhan Covid-19 di periode Natal 2021 dan Tahun 2022 (Nataru).

Dalam masa libur Nataru, Sigit menyebut, ada potensi pergerakan masyarakat. Sehingga, kata Sigit, pengalaman pada tahun lalu harus dijadikan pembelajaran dan kesiapan yang lebih baik guna mencegah lonjakan kasus Covid-19.

"Sehingga tentunya menjadi perhatian kita semua agar di masa Nataru nanti laju pengendalian angka Covid-19 yang saat ini sudah behasil kita jaga, tidak kemudian meningkat. Karena pengalaman beberapa tahun lalu pasca-Nataru sempat terjadi kenaikan dua kali lipat. Pasca Idul Fitri mencapai kenaikan yang tertinggi. Sehingga kita ingin memastikan bahwa akselerasi vaksinasi menjelang Nataru betul-betul bisa kita tuntaskan," ujar Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri tersebut menekankan, dengan akselerasi vaksinasi, diharapkan bisa tetap mempertahankan tren positif pengendalian angka Covid-19 dewasa ini yang sudah sangat baik.

"Angka Covid-19 yang saat ini bisa kita kendalikan untuk berada di bawah 1 positivity ratenya, lalu BOR-nya juga di bawah 4 sampai 5 persen betul-betul kita jaga," ucap Sigit.

Dengan terbentuknya kekebalan komunal dan imunitas di masyarakat, lanjut Sigit, hal itu akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Serta, Indonesia akan semakin siap menggelar perhelatan event nasional dan internasional kedepannya.

Keberhasilan pengendalian Covid-19 ini tentunya mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dimana pada kuartal II 2021 perekonomian Indonesia Tumbuh 7,07 persen dan 3,51 persen pada kuartal III 2021. Tentunya kita berharap Pandemi Covid-19 terus terkendali sehingga bisa mengejar target pertumbuhan ekonomi tahun 2021 sebesar 3,7-4,5 persen.

"Karena memang ini semua berdampak pada aktivitas dan pertumbuhan ekonomi yang saat ini mungkin sudah dirasakan oleh seluruh masyarakat. Harapan kita dengan pengendalian laju Covid-19, ini maka pertumbuhan ekonomi dan juga kegiatan event nasional maupun internasional yang akan kita laksanakan kedepan semuanya bisa berjalan dengan baik. Dan ini sangat penting buat posisi Indonesia, di mata internasional," papar Sigit.

Dalam kesempatan itu, Sigit juga menyempatkan untuk menyapa langsung secara virtual wilayah lainnya yang menggelar kegiatan 'Vaksinasi Serentak Indonesia'. Diantaranya adalah, Aceh, Maluku dan Papua.

Saat menyapa wilayah Aceh, Sigit menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh tokoh agama, masyarakat dan adat yang telah ikut berperan aktif dalam percepatan akselerasi vaksinasi.

"Salam untuk seluruh tokoh adat, agama dan masyarakat yang saya yakin dengan bantuan dari seluruh tokoh yang ada maka percepatan vaksinasi untuk Aceh bisa dilaksanakan. Tentunya TNI-Polri siap untuk kerja siang malam. Kami tentunya akan pantau terus. Apabila memang stok mulai habis segera diinformasikan sehingga kita bisa distribusi," kata Sigit.

Sementara saat menyapa Papua, Sigit menekankan untuk seluruh instansi terkait dan masyarakat terus bersinergi dalam rangka percepatan pembentukan kekebalan dan imunitas warga terhadap virus corona.

"Walaupun kita baru saja laksanakan kegiatan nasional PON.  Harapan kita capaian vaksinasi bisa terlaksana dengan baik. Sehingga seluruh masyarakat Papua betul-betul memiliki kekebalan dan imunitas. Karena masih terjadi fluktuasi dan beberapa negara mengalami peningkatan. Saya harapkan Papua segera dipercepat vaksinasinya sehingga masyarakat semuanya dalam kondisi kuat, kondisi lebih imunitas dalam hadapi situasi Pandemi Covid-19," tutur Sigit.

Sedangkan wilayah Maluku, Sigit menerima laporan adanya kendala soal distribusi dan tempat penyimpanan vaksin Covid-19. Sebab itu, Sigit akan segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Kalau demikian nanti kita infokan terkait dengan sistem penyimpanan dan distribusinya. Sehingga vaksinnya tetap baik. Saya kira progresnya mudah-mudahan berjalan baik. Dua minggu kedepan saya akan cek pencapaiannya seperti apa. Saya kira dengan semangat yang ada pencapaiannya bisa dilaksanakan," ujar Sigit.

Dalam kesempatan itu, Sigit menerima laporan bahwa seluruh Indonesia sudah tidak adalagi masyarakat yang tidak mau atau menolak untuk dilakukan vaksinasi Covid-19.

Tak lupa, Sigit menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran TNI-Polri, tenaga kesehatan, Pemda, Forkopimda, vaksinator, relawan dan unsur masyarakat lainnya yang terus berusaha melakukan akselerasi vaksinasi meskipun di hari libur seperti saat ini.

Untuk diketahui, kegiatan vaksinasi serentak se-Indonesia ini juga menyalurkan paket sembako ke warga yang paling terdampak perekonomiannya akibat Pandemi Covid-19.

27 November 2021

Operasi Zebra, Polres Bantul Berikan Imbauan dan Bagikan Masker Kepada Pengguna Jalan

Memasuki hari ke-12 pelaksanaan Operasi Zebra Progo 2021, Polres Bantul terus membagikan masker kepada masyarakat pengguna jalan. Kali ini digelar di Simpang tiga Tembi (Jalan Parangtritis), Sewon, Bantul, Jumat (26/11/2021) pagi.

Melalui Operasi Zebra Progo 2021, Polres Batu tidak hanya melaksanakan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu tertib dan berdisiplin berlalu lintas dalam berkendar. Akan tetapi juga membagikan masker kepada pengendara, hal ini dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19.

Paur Subagbinops Bagops Polres Bantul, Iptu Martono yang memimipin kegiatan tersebut mengatakan, bahwa kegiatan Operasi Zebra Progo 2021 kali ini lebih ke arah memberikan himbauan dan sosialisasi terhadap pelaksanaan prokes guna menekan penyebaran Covid-19.

“Kami sosialisasikan masalah protokol kesehatan dan disiplin berlalu lintas,” ujarnya.

“Kami himbau kepada masyarakat khususnya kepada pengendara dan pengguna jalan untuk selalu mematuhi tata tertib berlalu lintas dan disiplin protokol kesehatan,” imbuhnya.

Operasi Zebra Progo 2021 berlangsung selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 15 November sampai dengan 28 November 2021.

“Meskipun angka penyebaran Covid-19 di wilayah Bantul cenderung menurun, tapi kita tetap perlu waspada dan selalu berdisiplin menerapkan prokes guna mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (Humas Polres Bantul)
 

Klinik Wira Pratama Polres Bantul Gelar Vaksinasi di Selopamioro

Kapoksek   Imogiri  Polres Bantul AKP Sumanto, SH   pimpin  pemantauan pelaksanaan vaksinasi di balai Dusun Kalidadap 1 Kalurahan  Selopamioro, Sabtu  (28/11/2021).

Pelaksanaan vaksinasi sinovac Covid-19 Dosis untuk 1 masyarakat umum  ini diselenggarakan oleh Klinik Wira Pratama Polres Bantul yang dipimpin Subsiyankes  Sidokes Polres Bantul Penda I Nuryanmi AMK.

Adapun target dalam pelaksanaan vaksinasi masal yakni 200 orang.

Pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar dan menerapkan protokol kesehatan untuk  pencegahan penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Imogiri)
 

Polsek Imogiri Gelar Penyuluhan di MTSN 3 Bantul

Kanit Lantas Polsek Imogiri Iptu Kartiman  memberikan penyuluhan kepada siswa-siswi Sekolah MTSN 3 Bantul Giriloyo Kalurahan Wukursari, Sabtu ( 27/11/2021) pagi.

Penyuluhan dilaksanakan dalam rangka Pelantikan pengurus OSIS MTSN 3 Bantul tahun pelajaran 2021 / 2022.

Dalam kesempatan itu Kanit Lantas memberikan materi tentang tertib berlalulintas kepada 30 siswa dan Guru MTSN 3.

Dikatakan tertib berlalu lintas adalah hal utama bagi semua pengendara atau pengguna jalan terutama di jalan raya. Namun, belum semua pengguna jalan raya mau untuk tertib berlalu lintas.

Bukan hanya melanggar aturan yang berlaku seperti tidak membawa surat-surat berkendara dan melanggar rambu-rambu lalu lintas, namun juga mengakibatkan kecelakaan dengan korban luka hingga meninggal dunia.

Untuk itulah   laksanakan penyuluhan  berupa penyuluhan tertib berlalu lintas dalam rangka meningkatkan kesadaran berkendara di masyarakat terutama di kalangan pelajar.

Dalam pelaksanaan penyuluhan Iptu Kartiman menyampaikan materi tertib lalulintas dengan menggunakan presentasi Vidio, Ceramah dilanjutkan diskusi tanya jawab. (Humas Polsek Imogiri)
 

Polsek Piyungan Amankan Vaksinasi di Kalurahan Srimartani

Anggota Polsek Piyungan dipimpin Panit Samapta Aiptu Marjugiyanto melaksanakan pengamanan vaksinasi untuk umum di Kalurahan Srimartani Piyungan Bantul, Sabtu (27/11/2021) pagi.

Vaksinasi dosis ke- ll tersebut diselenggarakan oleh MWC NU Piyungan yang berlangsung di gedung serbaguna Kalurahan Srimartani dengan pelaksana vaksinator dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Kegiatan monitoring sekaligus pengamanan tersebut dilakukan dalam rangka mencegah timbulnya gangguan kamtibmas, sehingga dapat memberikan kenyamanan terhadap para tenaga medis maupun para peserta vaksin.

Pada kegiatan tersebut petugas Polsek Piyungan memberikan himbauan terkait pencegahan penyebaran Covid- 19 kepada peserta vaksin untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak. (Humas Polsek Piyungan)
 

Kapolsek Sewon Hadiri Apel Siaga Relawan Se- Kapanewon Sewon

Kapolsek Sewon Komisaris Polisi Suyanto S.H., menghadiri acara apel siaga relawan se-Kapanewon Sewon yang yang diselenggarakan oleh pemerintah Kapanewon Sewon dan berlangsung di area parkir Pasar Seni Gabusan (PSG), Sabtu, (27/11/2021), pagi.

Dalam kegiatan apel tersebut selaku komandan apel Perwira unit ( Panit 1 ) unit lalulintas Polsek Sewon Inspektur dua (Ipda) Eko Sulis, selaku pembina apel Wakil Bupati Bantul Joko Budi Purnomo, dan dihadiri oleh Panewu Sewon Ibu Hartini,S.IP,MM, Kapolsek Sewon Komol Suyanto,S.H., Panewu Anom Bapak Jon Amrullah ,SH,, Jawatan Keamanan dan Ketertiban Kapanewon Sewon Agus Hartanta, Ketua FPRB Bantul Waljito, Kepala Kantor Urusan agama Kapanewon Sewon, Lurah se Kapanewon Sewon. Komandan Rayon Militer 04/Sewon dalam kesempatan ini di wakili oleh Batuud Koramil Sewon Peltu Surajiana.

Dalam sambutannya wakil Bupati Bantul atas nama pemerintah kabupaten Bantul saat ini menyaksikan salah satu kegiatan yang sangat diapresiasi oleh pemerintah kabupaten Bantul karena merupakan salah satu bentuk utama dari mengedepankan kemanusiaan yang dilakukan oleh Kapanewon Sewon, yang di koordinir oleh Kapanewon Sewon yang tentunya didukung penuh oleh Polsek Sewon dan Koramil Sewon dengan menyelenggarakan apel dalam rangka kesiapsiagaan terkait antisipasi bencana.

Wakil Bupati Bantul juga mengapresiasi dukungan dari Polres Bantul dan Kodim Bantul yang telah berperan dalam penanganan covid 19 beberapa waktu lalu dengan menerjunkan personilnya sampai dengan tingkat bawah melalui Bhbinkamtibmas dan Babinsanya, dan tidak lupa juga mengapresiassi segenap relawan yang telah membantu dengan sepenuh hati tanpa pamrih yang telah bekerjasama dengan pemerintah kabupaten bantul dalam penanganan wabah Covid 19.

Usai menghadiri kegiatan tersebut Kapolsek Sewon Kompol Suyanto S.H., menyampaikan apel bersama relawan kapanewon Sewon ini dalam rangka kesiapsiagaan personil baik dari pemerintah Kapanewon Sewon, Polsek Sewon, Koramil Sewon , dan para relawan dalam menghadapi bencana hidrometeorologi, natal dan tahun baru 2022.

“Bencana hidrometeorologi adalah sebuah bencana yang diakibatkan oleh parameter-parameter meteorologi, seperti curah hujan, kelembaban, temperatur, dan angin. Banyak bencana yang termasuk ke dalam bencana hidrometeorologi, antara lain kekeringan, banjir, badai, kebakaran hutan, el nino, la nina, longsor dan berbagai bencana lainnya. Hal ini perlu menjadi perhatian bersama, terutama pada wilayah-wilayah yang rawan banjir, tanah longsor, dan tanah bergerak seiring dengan intensitas curah hujan yang terus meningkat,” jelas Kapolsek

“Semoga akhir tahun 2021, seluruh kapanewon Sewon nihil bencana, dan perayaan Natal dan tahun Baru 2022 dapat berjalan aman dan kondusif” imbuh Kapolsek

Pada pelaksanaan apel siga bencana Kapanewon Sewon diikuti oleh Bhabinkamtibmas Polsek Sewon, Babinsa Koramil Sewon, perwakilan FPRB masing masing Kalurahan, perwakilan dari Rapi lokal Sewon, Paksi Katon, Banser Sewon, Kokam Sewon, Relawan Hantu Gayam, Relawan Jeep Rescue Sewon, Tagana, dan perwakilan Sena Putra. (Humas Polsek Sewon)
 

Rapat Lintas Sektoral, Kapolri Paparkan Strategi Cegah Lonjakan Covid-19 Saat Nataru

Jakarta - Pemerintah, TNI, Polri dan instansi terkait menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral untuk membahas soal antisipasi potensi lonjakan Covid-19 saat perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (26/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menekankan, sebagaimana instruksi dari Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), koordinasi antar-lembaga sangat diperlukan untuk tetap mempertahankan tren positif laju pertumbuhan Covid-19 yang saat ini sudah dapat dikendalikan dengan baik. Sehingga, saat memasuki libur Nataru, tidak mengalami lonjakan.

"Seperti perintah Bapak Presiden pada ratas lalu, persiapan menghadapi kemungkinan laju pertumbuhan Covid-19 saat Nataru harus diantisipasi. Sehingga dilakukan langkah-langkah koordinasi bersama dengan semua pihak," kata Sigit dalam Rakor lintas sektoral.

Indonesia, kata Sigit, saat ini berada di peringkat pertama dalam hal penanganan dan pengendalian Covid-19 di Asia Tenggara berdasarkan Indeks Nikkei. Tak hanya itu, berdasarkan pusat pencegahan penyakit (CDC) Amerika Serikat, Indonesia masuk dalam kategori zona hijau Covid-19 dengan tingkat penularan kasus berada di level 1 sehingga aman untuk dikunjungi.

Mantan Kapolda Banten ini menyebut, selain menjadi prestasi Pemerintah, hal itu juga hasil dari kerja keras seluruh pihak terkait dan elemen masyarakat. Jika tren positif ini bisa dipertahankan saat Nataru, Sigit mengatakan, hal tersebut bisa menjadi semakin membangkitkan pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Mengingat, kedepannya Indonesia akan menggelar perhelatan agenda nasional maupun internasional. Yang dimana, hal itu akan membangkitkan sektor perekonomian masyarakat Indonesia. Karenanya, Sigit berharap, kesuksesan PON di Papua, Konferensi Polwan Internasional di NTT dan World Superbike di NTB, dapat terjadi di agenda kedepan lainnya.

"Ini modal dasar kita untuk tetap menjaga laju pertumbuhan Covid-19. Dengan angka tersebut, pertumbuhan ekonomi bisa bertumbuh. Oleh karena itu bagaimana kita menjaga saat kegiatan Natal dan Tahun Baru yang akan kita hadapi beberapa hari kedepan. Sehingga agenda nasional ataupun internasional di tahun mendatang tetap terkendali. Semua pengalaman yang selama ini harus dijadikan pembelajaran untuk kita semua," ujar Sigit.

Saat memberikan pengarahan, Sigit menekankan semua pihak harus benar-benar mewaspadai dan menyiapkan antisipasi pencegahan di kabupaten yang memiliki potensi peningkatan laju pertumbuhan Covid-19 dewasa ini. Pasalnya, Sigit mendapatkan laporan dari Kemenkes soal adanya peningkatan angka virus corona di 17 kabupaten.

"Pertempuran sementara ini kita yang memenangkan, namun pertempuran itu belum usai. Saya kira dengan angka dalam waktu ini terjadi penurunan, namun tanpa kita sadari mulai ada peningkatan betul kata pak Menkes 17 kabupaten. Tentunya angka ini harus kita waspadai. Kalau kita lihat di level assesmen disatu sisi keberhasilan kita semua. Namun di satu sisi kita harus waspadai dengan adanya PPKM level akan ada penurunan mobilitas," ucap eks Kabareskrim Polri itu.

Demi mengantisipasi laju pertumbuhan Covid-19 saat Nataru, Sigit telah memberikan sejumlah strategi dan instruksi kepada seluruh jajaran agar mencegah laju pertumbuhan Covid-19 saat Nataru. Diantaranya adalah strategi penanganan dari hulu dan hilir. Kemudian, pengawasan ketat protokol kesehatan (prokes) di seluruh moda transportasi laut, udara dan darat.

Menurut Sigit, strategi antisipasi pencegahan laju pertumbuhan Covid-19 akan diterapkan dalam Operasi Lilin untuk mengawal kebijakan PPKM Level 3 saat Nataru.

"Dalam upaya antisipasi Nataru kepolisian akan laksanakan Operasi Lilin. Namun tentunya akan disesuaikan dengan kebijakan Pemerintah. Tentunya Polri akan mengawali 1 minggu sebelum dan 1 minggu setelah diberlakukan PPKM Level 3, dengan tujuan mengurangi transmisi angka Covid-19," tutur Sigit.

Terkait strategi penanganan hulu ke hilir, Sigit memaparkan untuk memberlakukan skenario pengetatan prokes mulai dari pra-keberangkatan hingga lokasi tujuan bagi masyarakat yang tetap mudik, melalui Posko PPKM mulai dari tingkat RT/RW. Bagi warga yang harus melaksanakan perjalanan, harus menyertakan surat keterangan mudik, sertifikat vaksin dua kali dan hasil Swab Antigen ataupun PCR.

Polri, kata Sigit juga menyiapkan pos-pos yang akan digunakan untuk  vaksinasi masyarakat. Lalu, ada juga tempat yang disiapkan untuk melakukan karantina apabila diketemukan warga yang hasil Swab-nya dinyatakan positif.

"Kami siapkan pos pelayanan untuk laksanakan vaksinasi manakala ada masyarakat yang belum vaksin.  Untuk membantu masyarakat yang belum vaksin ini merupakan strategi kita. Juga disiapkan pos karantina apabila dalam pelaksanaan Swab dinyatakan reaktif dan aplikasi PeduliLindungi warna hitam agar dilaksanakan karantina sementara," kata Sigit.

Polisi juga akan membentuk pos untuk Checkpoint guna memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Pada Bandara, polisi juga akan meningkatkan pengawasan para pelaku perjalanan dari luar negeri, guna mencegah masuknya varian baru Covid-19.

Strategi selanjutnya adalah, Sigit menegaskan, TNI-Polri dan seluruh elemen masyarakat akan terus melakukan akselerasi percepatan vaksinasi untuk mencapai target Presiden Jokowi sebesar 70 persen di akhir tahun.

"Artinya perlu adanya langkah yang perlu kita lakukan untuk antisipasi capaian bulan November dan di Desember minimal 70 persen. Jadi bagi wilayah yang dibawah rata-rata nasional, sehingga perlu langka-langkah khusus dan menjadi perhatian kita semua. Akselerasi vaksinasi ini kita harapkan sebelum dilaksanakan Operasi Lilin untui menjaga agar vaksinasi berjalan dan prokes berjalan dengan baik," ujar Sigit.

Sigit juga mengimbau agar perayaan Natal dilakukan dengan memanfaatkan cara online atau virtual. Ataupun jika dilaksanakan secara Offline maka kapasitas baiknya hanya dihadiri 50 persen. Tak hanya itu, aplikasi PeduliLindungi juga harus terpasang di rumah ibadah.

Sementara itu, untuk pusat perbelanjaan atau Mall, selain dipasangi PeduliLindungi, harus disediakan pula posko vaksinasi dan karantina. Sedangkan di tempat wisata, bisa dilakukan dengan cara One Gate System dan juga tersedia pos vaksin serta karantina.

Kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berharap kepada TNI-Polri untuk terus berada di garda terdepan dalam mengantisipasi laju pertumbuhan Covid-19.

"TNI-Polri sudah sangat kompak. Kita harus menjaga pertumbuhan ekonomi. Covid-19 landai ekonomi pun harus semakin baik," kata Muhadjir.
 

26 November 2021

Kapolsek Imogiri Gelar Safari Jumat bersama Forkompim Kapanewon

Kapolsek Imogiri Polres Bantul AKP Sumanto, SH mengikuti patroli Safari Jumat bersama Forkompim Kapanewon, Jumat (26/11/2021).

Safari Jumat yang di selenggarakan oleh Kapanewon Imogiri merupakan Program Panewu bersama Forkompim Kapanewon untuk silaturahmi kepada tomas toga di Wilayah imogiri.

Kali ini masjid yang didatangi yakni Masjid Adz Zakirin Padukuhan Ngrancah Kalurahan Sriharjo dan dipimpin langsung Panewu Imogiri Slamet Santoso SIP, dan di hadiri Danramil 10 Imogiri Kapten CZi Pangestu, Kepala KUA  Moh Rois Wisda S.Ag. Pegawai Puskesmas Imogiri 2, Dukuh Ngrancah, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan Jamaah Masjid.

Selesai melaksanakan Ibadah Jumat rombongan Forkompim Kapanewon di lanjutkan dengan ramah tamah dengan pengurus masjid. (Humas Polsek Imogiri)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Dampingi Kegiatan Tracing Warga

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Aipda Indra Prasetyo mendampingi petugas kesehatan Puskesmas Banguntapan II melaksanakan tracing warga yang kontak erat dengan warga terkonfirmasi positif Covid-19, di Dusun Grojogan Wirokerten Banguntapan Bantul, Jumat (26/11/2021).

Kegiatan tersebut sebagai langkah cepat guna mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid-19 di wilayah Kalurahan Wirokerten.

Langkah selanjutnya, warga yang kontak erat dijadwalkan untuk melaksanakan swab test dan karantina di RSLKC Bambanglipuro.

Kapolsek Banguntapan Kompol Zainal Supriatna SH tidak bosan-bosannya selalu mengingatkan dan menghimbau kepada semua warga masyarakat untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Banguntapan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Caturharjo Ikuti Penyemprotan Desinfektan di Pedukuhan Korowelang

Bhabinkamtibmas Kalurahan Caturharjo Aiptu Agus Nugroho mengikuti kegiatan penyemprotan Disinfektan di Dusun Korowelang, Caturharjo, Pandak, Bantul, Jumat (26/11/2021) jam 10.00 WIB.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Caturharjo Aiptu Agus Nugroho melaksanakan Sambang kegiatan penyemprotan Disinfektan di Dusun Korowelang, Caturharjo, Pandak, Bantul. Hadir dalam kegiatan tersebut Lurah Caturharjo H.Wasdiyanto, S.Si, Jogoboyo Bpk Wiwid Yoan selaku Ketua FPRB Kalurahan Caturharjo dan anggota FPRB Kalurahan Caturharjo. Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk Pencegahan penyebaran virus Covid-19 di masyarakat khususnya di Dusun Korowelang yang dilaksanakan oleh FPRB Kalurahan Caturharjo. Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan bantuan sembako dari Kalurahan Caturharjo kepada masyarakat yang melaksanakan Isolasi Mandiri.

Dalam kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Caturharjo Aiptu Agus Nugroho juga berkesempatan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan juga memberikan himbauan pencegahan covid-19. Dalam penyampaiannya Bhabinkamtibmas mengajak kepada seluruh masyarakat agar dalam melaksanakan kegiatan setiap harinya tetap menggunakan masker dan juga menerapkan social distance. Selain itu juga diharapkan agar selalu menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan. Diharapkan dengan telah dilaksanakannya protokol kesehatan dapat mencegah penyebaran covid-19. (Humas Polsek Pandak)


Polsek Bantul Santuni Anak Yatim Piatu di Kalurahan Ringinharjo

Polsek Bantul kembali melaksanakan kegiatan bhakti sosial Santunan Anak Yatim Piatu di Aula Balai Kalurahan Ringinharjo Bantul, Jumat (26/11/2021) siang.

Kegiatan santunan ini merupakan Program Sipolin yang diagendakan rutin setiap bulannya menggunakan dana infaq anggota Polsek Bantul. Santunan kali ini diberikan kepada 25 anak yatim yang ada di wilayah Kalurahan Ringinharjo.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Bantul Kompol B.Ayom Yuswandono SH, Kanit Binmas Polsek Bantul AKP Subarata, Kamituwo Bapak Hartono, Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Aiptu Sugianto dan anak-anak yatim beserta pendamping.

Dalam sambutannya kamituwo Bapak Hartono  mengucapkan terima kasih kepada Polsek Bantul atas kepeduliannya terhadap masyarakat Ringinharjo, khususnya anak-anak yatim. Harapannya semoga apa yang diberikan oleh Polsek Bantul dapat bermanfaat untuk anak-anak yatim.

Sambutann Kapolsek Bantul menyampaikan ucapan salam, syukur dan selamat datang kepada anak-anak yatim piatu beserta segenap tamu undangan yang hadir. Dalam pesannya kepada anak-anak yatim terus belajar menuntut ilmu agar tercapai cita-cita. Terus berusaha tanpa putus asa agar bisa sukses, berguna bagi agama dan negara.

“Meskipun di masa pendemi Covid-19, adik-adik tetap semangat dan rajin belajar, semoga tercapai cita-cita. Tak kalah penting tetap terapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19,” ucap Kapolsek Bantul.

Kegiatan dilanjutkan doa bersama yang dipimpin oleh kamituwo Bapak Hartono dan pemberian santunan anak yatim piatu. (Humas Polsek Bantul)