31 December 2021

Polres Bantul Siap Amankan Malam Pergantian Tahun Baru 2022

Pengamanan menjelang pergantian tahun menjadi prioritas Kapolres Bantul, AKBP Ihsan SIK. Apel kesiapan pengamanan malam Tahun Baru 1 Januari 2022 digelar di halaman Mapolres Bantul, Jumat (31/12/2021) sore.

Apel pengamanan ini dihadiri oleh Wakapolres Bantul Kompol Noer Alam SIK, Pejabat Utama Polres Bantul, Kapolsek jajaran dan diikuti seluruh personel Polres Bantul.

Dalam arahannya, Kapolres Bantul mengatakan, pengamanan ini bertujuan untuk mengantisipasi dan terjaganya situasi kamtibmas yang aman kondusif di wilayah hukum  Polres Bantul pada perayaan malam Tahun Baru 1 Januari 2022.

Menurut Kapolres, Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan perayaan malam pergantian tahun yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat-pusat keramaian.

"Peningkatan aktivitas masyarakat itu tentu akan sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19," kata Kapolres.

“Oleh karena itu, kita wajib mengantisipasinya,” imbuhnya.

lebih lanjut, pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa. Sehingga menjadikan kita cenderung underestimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Disebutkan beberapa kerawanan yang perlu diwaspadai dan diantisipasi antara lain kejahatan jalanan, pesta miras/narkoba, tawuran serta gangguan kamtibmas lainnya dan tentunya pelanggaran prokes.

“Kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan malam Tahun Baru ini menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19 atau terjadinya gangguan kamtibmas,” tegas Kapolres.

Kapolres juga menekankan kepada seluruh personel agar melaksanakan tugas pengamanan malam tahun baru dengan penuh rasa tanggungjawab dan ikhlas.

“Laksanakan tugas mulia ini dengan baik, tanggungjawab dan ikhlas,” pesan Kapolres. (Humas Polres Bantul)

Kapolres Bantul Lepas 21 Anggota Polres Bantul Yang Purna Tugas

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK melepas 21 personel Polres Bantul yang telah memasuki purna tugas Semester  2 Tahun 2021.

Pelepasan dilakukan bersamaan dengan Upacara korps raport kenaikan pangkat TMT 1 Januari 2022 di halaman Mapolres Bantul, Jumat (31/12/2022) sore.

Ke-21 personel tersebut terdiri dari Perwira Polri 12 personel dan Brigadir Polri 9 personel.

“Secara pribadi maupun selaku kapolres bantul saya mengucapkan terima kasih dan rasa hormat kepada segenap anggota yang telah memasuki masa purna tugas, atas dedikasi dan kinerja serta darma bhaktinya  selama  ini.   

Semoga   dalam   menjalani   masa purna bakti selalu diberikan kesehatan dan berkah yang melimpah dari Tuhan, amin,” harap Kapolres Bantul.

Sebagai bentuk penghormatan, selanjutnya ke-21 personel tersebut dilepas dengan tradisi pedang pora.


140 Anggota Polres Bantul Dapat Kenaikan Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi

Sebanyak 140 anggota Polres Bantul dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya terhitung mulai tanggal 1 Januari 2022.

Adapun rincian anggota yang  mendapat kenaikan pangkat adalah sebagai berikut : 

1. Dari pangkat AKP ke Kompol 3 personel

2. Dari pangkat iptu ke AKP 20 personel

3. Dari pangkat Ipda ke Iptu 18 personel

4. Dari pangkat Iptu ke AKP pengabdian 1 personel

5. Dari pangkat Aiptu ke Ipda pengabdian 2 personel

6. Dari pangkat Aipda ke Aiptu 27 personel

7. Dari pangkat Bripka ke Aipda 42 personel

8. Dari pangkat Brigadir ke Bripka 12 personel

9. Dari pangkat Briptu ke Brigadir 4 personel

10. Dari pangkat Bripda ke Briptu 11 personel

Upacara korps raport kenaikan pangkat dipimpin langsung oleh Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK bertempat di halaman Mapolres Bantul, Jumat (31/12/2022) sore.

Kapolres Bantul dalam amanatnya mengatakan kenaikan pangkat pada hakikatnya merupakan penghargaan yang diberikan organisasi atas prestasi kinerja yang telah ditunjukkan selama ini. Kenaikan pangkat  bukanlah  hak yang pasti diterima  oleh setiap personel Polri, namun merupakan komulatif dari penilaian beberapa aspek seperti dedikasi, loyalitas, disiplin, tanggung jawab serta sikap dan perilaku yang terpuji. 

“Semoga dengan kenaikan pangkat yang saudara emban, saudara dapat lebih meningkatkan profesionalisme, kinerja dan yang lebih utama adalah rasa tanggung jawab dan sikap ketauladan yang lebih baik lagi,” katanya.

Diera globalisasi dan reformasi yang penuh dengan tantangan ini, telah memacu polri khususnya Polres Bantul untuk melakukan pembenahan, penataan, dan pembaruan sehingga diharapkan dapat menjawab tantangan  jaman.

Tantangan yang nyata dan memerlukan konsentrasi  yang tinggi di wilayah Bantul   diantaranya adalah percepatan vaksinasi , kejahatan jalanan, maupun tindak kriminal lainnya. Untuk itu beberapa penekanan yang perlu dilaksanakan : 

1. Mari kita meningkatkan   keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Esa dan selalu berdoa agar dalam  pelaksanaan  tugas  berjalan  aman  dan lancar.

2. Tetap laksanakan patroli malam maupun KRYD sebagai antisipasi tindak kejahatan jalanan maupun tindak kriminal lainnya.

3. Tingkatkan  sinergi, koordinasi,  dan  komunikasi   dengan tni, dinas kesehatan, dinas pendidikan  dan  semua elemen   pemerintah   sebagai  implementasi pendekatan sinergi Polisional khususnya dalam percepatan vaksinasi.

4. Pahami kembali tentang kode etik profesi polri (kepp) yang merupakan kesatuan landasan etik atau filosofis yang didalamnya mengatur perilaku  maupun ucapan mengenai hal-hal yang diwajibkan, dilarang, patut atau tidak patut dilakukan oleh anggota polri dalam melaksanakan tugas sehingga tidak ada lagi pelanggaran oleh anggota Polri di tahun 2022.

“Tak terasa kita berada penghujung tahun 2021. Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh anggota Polri polres bantul atas segala pencapaian di tahun 2021. Kita jadikan tahun 2021 sebagai kenangan    dan    pelajaran.    Marilah   kita bahu-membahu menyongsong tahun 2022 dengan lebih baik lagi,” tandasnya


Panglima TNI Tinjau Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun di Bantul

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa didampingi Ibu Hetty Andika Perkasa meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun yang diadakan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Plebengan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Kita ingin memastikan vaksinasi berjalan lancar, semuanya sudah berusaha, tetapi yang penting kita lakukan, bahwa ada target tertentu, kita akan berusaha mengejarnya tanpa memaksakan," kata Andika di SDN Plebengan Bantul, Jumat.

Menurut dia, antusiasme anak untuk mengikuti vaksinasi Covid-19, sangat tinggi. Dari pantauan bersama jajaran ke wilayah Bambanglipuro, Bantul sudah hampir mencapai seribu orang. "Pagi ini saja yang tercatat 881 anak sudah divaksin dari 1.000 dosis vaksin yang disiapkan. Ini semua kerja bareng, baik dari tim bupati, dinas kesehatan maupun relawan," kata Andika.

Dia menjelaskan, kedatangannya ke lokasi vaksinasi anak juga untuk mengajak semua pihak dan elemen masyarakat untuk bersama melakukan percepatan capaian vaksinasi, terutama vaksinasi anak usia sekolah dasar. Andika ingin agar pelaksanaan vaksinasi anak-anak bisa berjalan cepat.

"Intinya, kami bareng-bareng semua elemen, eksekutif, legislatif berusaha untuk memperbanyak capaian vaksinasi, dan kali ini anak-anak usia 6 sampai 11 tahun, karena kerawanan mereka terhadap varian baru Omicron memang lebih tinggi," kata mantan KSAD tersebut.

Andika mengatakan, yang utama dalam melakukan vaksinasi adalah pemerintah daerah melalui dinas kesehatan dan jajaran. Sementara unsur TNI dan kepolisian ikut membantu melakukan percepatan agar target tercapai dan herd immunity segera terbentuk.


Kapolsek Imogiri Pimpin Kegiatan Anev

Kapolsek Imogiri AKP Sumanto SH memimpin kegiatan anev kinerja personel bertempat di Aula Mapolsek Imogiri, Jumat (31/12/2021).

Kegiatan anev diikuti oleh para Kanit, Kasi, Panit dan Ka SPKT Polsek Imogiri.

Dalam arahannya, Kapolsek Imogiri AKP Sumanto SH menyampaikan terkait kinerja personel dan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Imogiri selama tahun 2021.

Sementara itu, berkaitan dengan pengamanan malam tahun baru, Kapolsek Imogiri menekankan kepada seluruh personel agar melaksanakan tugas dengan baik dan penuh rasa tanggungjawab serta ikhlas.

Lebih lanjut, Kapolsek berpesan tetap jaga kekompakan, soliditas dan solidaritas antar personel Polsek Imogiri. (Humas Polsek Imogiri)

Jumat Berkah, Polres Bantul Berbagi Nasi Kotak dan Paket Sembako

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK menyerahkan langsung bantuan sembako kepada masyarakat dalam kegiatan Jumat Berkah yang digelar di depan Mapolres Bantul, Jumat (31/7/2021).

Sebanyak 200 paket bantuan sembako tersebut merupakan program Jumat Berkah Polres Bantul.

Pada program Jumat Berkah sebelumnya Polres Bantul membagikan nasi kotak untuk masyarakat. Namun, dipenghujung tahun 2021 ini Polres Bantul juga membagikan paket sembako.

"Ini adalah kegiatan rutin yang kita laksanakan setiap hari Jumat, yaitu Jumat Berkah Polres Bantul," ujar Kapolres.

Kapolres berharap semoga dengan bantuan itu dapat membantu kebutuhan ekonomi masyarakat.

Kegiatan ini, imbuh Kapolres, juga sebagai wujud kepedulian Polres Bantul terhadap sesama dan sekaligus untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat. (Humas Polres Bantul)

Hadiri Gebyar Ekspor Tutup Tahun, Kapolri Tegaskan Kawal Seluruh Strategi Wujudkan Ketahanan Pangan

Sulsel - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri acara Gebyar Ekspor Tutup Tahun 2021, di Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (31/12).

Dalam kesempatan tersebut, Sigit menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta kepada Gubernur, Bupati, Wali Kota untuk menggali potensi ekspor di wilayahnya, khususnya di bidang pertanian, perkebunan dan peternakan. Menurutnya, hal itu dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan dan meningkatkan ekspor komoditas pertanian unggulan Indonesia di dunia.

"Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan saya kira semua tahu ini bagian dari strategi dan program dari Kementan. Tidak hanya ketahanan pangan tapi bagaimana meningkatkan daya saing komoditas pertanian yang berkelanjutan dengan lima strategi yaitu peningkatan kapasitas produksi, diversifikasi pangan lokal, penguatan cadangan dan sistem logistik pangan. Ini yang harus betul dikawal adalah pengembangan pertanian dan gerakan tiga kali lipat ekspor," kata Sigit dalam sambutannya.

Dalam mewujudkan ketahanan pangan, mantan Kapolda Banten tersebut juga memaparkan bahwa, saat ini, Pemerintah bersama dengan TNI, Polri dan Stakeholder lainnya juga mengembangkan kawasan Food Estate berbasis korporasi petani. Yang dimana, pengembangan itu diarahkan sebagai sistem agrobisnis yang kuat di pedesaan dengan berbasis pemberdayaan masyarakat adat ataupun lokal sesuai dengan kekayaan alam yang kita miliki.

"Itu semua bisa berhasil manakala terjadi sinergitas dan soliditas antara pemangku kepentingan untuk melakukan aksi satu tekad dari hulu sampai hilir dengan seluruh stakeholder dan fungsi Kementerian terkait serta salah satunya Polisi," ujar Sigit.

Terkait hal itu, mantan Kabareskrim Polri itu memastikan bahwa, seluruh Polda jajaran telah diinstruksikan guna mendukung dan mengawal seluruh program ketahanan pangan nasional.

"Alhamdulilah pak Mentan, beliau sampaikan dan saya baru tahu maksudnya selama ini di setiap beliau keliling daerah beliau selalu menghubungi kami untuk bisa menghubungi para Kapolda dan Kapolres untuk mendampingi beliau. Saya kira ada apa ini tapi rupanya, hari ini terjawab itu dilakukan dalam rangka mengawal program. Alhamdulilah hasilnya yang tadi sudah disampaikan," ucap Sigit.

Menurut Sigit, sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi Polri untuk diberikan kepercayaan dalam hal mengawal, menjaga dan mendampingi seluruh agenda nasional terkait mewujudkan ketahanan pangan dan meningkatkan ekspor.

Dalam hal ini, Sigit menekankan, jajaran Polri selalu menyerap segala permasalahan yang dirasakan para petani. Seperti, tengkulak, kelangkaan pupuk bersubsidi, mafia. Menurutnya, hal itu yang mengakibatkan berkurangnya tingkat nilai tukar petani.

Menyadari hal itu, Sigit menegaskan, Polri telah berperan aktif dalam mendukung program ketahanan pangan dengan melaksanakan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Kementan, guna memberikan pendampingan dan pengawalan serta penegakan hukum atas segala permasalahan yang dihadapi oleh para petani.

"Kita lakukan MoU dan beberapa diperbaiki disertai 11 perjanjian kerjasama dimana di dalamnya mengikuti pengamanan dan penegakan hukum terkait dengan kegiatan strategis dan barang milik negara, pendampingan pengamanan kegiatan fasilitas dan diikuti pengembangan holtikultura, penegakan hukum di bidang strategis holtikultura, pendampingan dan pengamanan  juga penegakan hukum penyaluran pupuk dan peredaran pestisida, pendampingan dan pengamanan pengendalian pemotongan hewan ternak dan pendampingan intelijen dalam pemotongan hewan ternak," papar Sigit.

Dengan begitu, Sigit memastikan bahwa, kedepannya Polri bakal terus meningkatkan dukungan dan pengawalan di sektor pertanian. Ia juga menyambut baik, ajakan dari Mentan terkait polisi menanam jagung.

"Penting dan wajib kita untuk mendorong petani, peternak untuk bisa terus meningkatkan kesejahteraannya dengan cara mengawal dan menjaga. Sehingga produk pertanian bisa unggul, nilai petani bisa kita jaga, petani bisa dapat nilai cukup bahkan lebih pada saat menjual hasil pertanian dan peternakan. Sehingga itu semua tentunya akan meningkatkan kesejahteraan petani. Bagaimana kita mampu mewujudkan ketahanan pangan, swasembada pangan, kita mampu mencukupi kebutuhan pertanian dengan hasil pertanian kita dan sisanya bisa kita ekspor, ini cita-cita kita bersama dan kita ingin masa kejayaan pertanian kita kembali dan itu kita harapkan dan saya yakin bisa terjadi di era saat ini," tegas Sigit.

Di tengah Pandemi Covid-19, Sigit menyebut pertumbuhan perekonomian Indonesia sempat terdampak. Namun, kata Sigit, peran di sektor pertanian, telah memberikan pertumbuhan ekonomi sebesar 16,24 persen.

"Ini angka besar, tahun 2021 saat pertumbuhan nasional naik di angka 3,31 persen, sektor pertanian 12,92 persen ini adalah angka menggembirakan dan kita harapkan bisa dipertahankan. Kita harus optimis, kerja keras dan modernisasi di bidang pertanian. Sehingga pelan-pelan kebutuhan kita terhadap impor bisa kita kurangi, semua kebutuhan kita, bisa kita lengkapi dari hasil pertanian dan peternakan kita dan ke depan kita harapkan ekspor kita menguasai dunia," harap Sigit.

Sementara itu, Mentan Syahrul Yasin Limpo sangat mengapresiasi Kapolri Jenderal Sigit karena telah menyempatkan waktu untuk hadir dalam acara ini. Menurutnya, selama ini, jajaran Polri telah ikut mendukung segala program Pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

"Terima kasih pak Kapolri sudah datang dan mohon pengarahan serta sekaligus melepas. Ditempat ini Presiden melepas ekspor sama-sama saya sebelum dia menjadi Presiden. Persis ditempat ini gitu pak, saya masih Gubernur (Sulsel), beliau (Presiden) masih Gubernur DKI. Kami tandatangan MoU disini. Jadi seperti itu mudah-mudahan ini mengenergi seluruh Indonesia," kata Syahrul.

Lebih dalam, selain meminta seluruh Polres jajaran menanam jagung, Syahrul juga berharap, adanya peran Polri dalam rangka karantina bagi pangan yang masuk maupun ke luar Indonesia. Hal itu mencegah terbawanya hama yang dapat merusak sektor pertanian.

"Saya titip karantina saya pak Kapolri. Insya Allah bersama pak Kapolri sukses selalu. Kepolisian tidak hanya jaga keamanan sekaligus jaga makannya rakyat. Subhanallah," tutup Syahrul.

Polsek Sedayu Amankan Vaksinasi di SDN Pedes

Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana,SH.MH.MM  bersama anggotanya melaksanakan pengamanan vaksinasi  untuk anak-anak sekolah  SD N 1 Pedes  dan dari Masyarakat umum bertempat di komplek SDN 1 pedes  Argomulyo Sedayu Bantul, Kamis (30/12/2021).

Vaksinasi menggunakan Vaksin Sinovac jumlah kuota 300.

Vaksinasi ini sebagai percepatan untuk kekebalan tubuh untuk siswa seswi SDN 1 Pedes dari umur 6 s/d 11 tahun dengan tenaga medis dari Puskesmas Sedayu 1 yang dibantu oleh para guru dan karyawan sekolah SDN 1 pedes dengan pengamanan dari Kepolisian dan TNI.

Kepala Sekolah SDN 1 Pedes Tri Sukamti,M.Pd mengharapkan anak didiknya harus sudah divaksin semua untuk kekebalan terhadap virus corona dan percepatan sebagai anjuran pemerintah, agar kita segera terlepas dari ancaman virus corona. 

Program tahun depan  pelaksanaan  pembelajaran akan segera dilaksanakan secara tatap muka, Namun tetap memakai prokes sebagai antisipasi pencegahan terhadap virus.    

Bhabinkamtibmas Argomulyo Aipda Ikwan Setyawan dalam aksinya Bagi para siswa yang takut dengan vaksin, dengan cara dibujuk rayu memberi motifasi, dengan cara dan dipeluk sambil diajak bicara, akhirnya sudah disuntik vaksin, yang tadinya takut pucat kembali ceria dan senyum, karena tidak sakit.


Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Berikan Motivasi Kelompok Tani

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Aiptu Sugiyanto SH memberikan semangat dan memotivasi kepada Kelompok Tani Kalurahan Ringinharjo.

Hal tersebut dilakukan pada Pelatihan Budidaya Tanaman Anggur PPL Kabupaten Bantul yang diikuti Kelompok Tani Kalurahan Ringinharjo Kapanewon Bantul di Dusun Gemahan, Ringinharjo, Bantul, Kamis (30/12/2021).

Kehadiran Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo ini sebagai wujud kedekatan dengan warga masyarakat di wilayah binaannya. (Humas Polsek Bantul)

Kapolsek Banguntapan Bintek Relawan Anti Narkoba Kelurahan Banguntapan

Bertempat di ruang rapat Kelurahan Banguntapan Bantul, Kamis (30/12/2021) pukul 11.00 WIB Kapolsek Banguntapan Kompol Zaenal Supriatna SH melaksanakan pembinaan pada relawan anti narkoba Kelurahan Banguntapan Bantul. Giat diikuti Lurah Banguntapan Basirudin bersama Bhabin dan Babinsa

Pembinaan untuk bersama-sama memerangi dan mencegah peredaran narkoba di wilayah Kelurahan Banguntapan Bantul yang merupakan penyangga kota dan perbatasan, masyarakat yang heterogen dan banyaknya kos atau kontrakan.

Narkoba merupakan musuh bersama, Mari kita cegah dan perangi Peredaran narkoba, karena narkoba sangat merusak bagi yang mengkomsumsinya. Jika seseorang telah menggunakan narkoba, pasti akan ketergantungan dan sulit untuk lepas dari pengaruh narkoba, lama-kelamaan akan semakin merusak dan menghancurkan dirinya sendiri.

Untuk itu kita cegah narkoba mulai dari diri sendiri keluarga dan lingkungan, diibaratkan jadilah sebagai polisi untuk mencegah peredaran narkoba dan pengaruh negatif penggunaan narkoba di lingkup masyarakat maupun keluarga, karena sudah pasti narkoba merupakan musuh kita bersama.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek menjelaskan tentang narkoba, jenis-jenisnya, bahaya narkoba, sasaran narkoba dan peredarannya. Lalu memberikan langkah upaya untuk pencegahan peredaran / konsumsi narkoba ataupun miras. Mari kita jaga generasi penerus kita dari bahaya narkoba, Stop peredaran Narkoba, tutup Kapolsek.


Polres Bantul Gelar Jumpa Pers Akhir Tahun 2021

Kapolres Bantul AKBP Ihsan mendata bahwa jumlah tindak kejahatan di Kabupaten Bantul mengalami kenaikan.

Namun demikian Kapolres menyatakan bahwa wilayah Kabupaten Bantul masih sangat kondusif.

Meski terjadi kasus gangguan kamtibmas tapi tidak mempengaruhi jalannya roda pemerintahan maupun perekonomian di wilayah Kabupaten Bantul.

Dalam konferensi pers akhir tahun, Kamis (30/12/2021), AKBP Ihsan menyatakan bahwa tindak pidana kejahatan di Kabupaten Bantul didominasi tindak kejahatan konvensional, seperti pencurian, penipuan penggelapan, penganiayaan dan sebagainya.  

"Dalam periode 2021, terjadi kenaikan kasus sebanyak 206 kasus dibandingkan tahun sebelumnya, di tahun 2020 terdapat 1039 kasus dan tahun ini menjadi 1.245," ujarnya.

Kapolres menyebut, kenaikan ini disebabkan karena meningkatnya kegiatan-kegiatan yang Polres Bantul lakukan untuk dalam pengungkapan kasus.

Angka penyelesaian tindak kejahatan (Crime Clearance) atau kasus yang dapat diselesaikan sampai dengan vonis di pengadilan terjadi kenaikan sebanyak  6,8 persen atau 57 kasus.

Jika 2020 839 kasus, maka tahun ini naik jadi 896.

"Jadi ini tentu pencapaian yang meningkat, terkait bagaimana kasus bisa kita ungkap," imbuhnya.

Sementara untuk data kejadian menonjol atau biasa disebut crime index, Kapolres menyebut ada beberapa kasus yang terjadi di wilayah Kabupaten Bantul dan meresahkan masyarakat.

Yang pertama kasus pencurian, seperti pencurian motor, pencurian dalam rumah atau curat (pencurian dengan pemberatan), maupun pencurian dengan kekerasan (curas).

Untuk kasus curat, di tahun 2020 terdapat 137 kasus, meningkat di tahun 2021 menjadi 172 kasus.

Kasus curanmor di tahun 2020 ada 103 kasus, dan di tahun 2021 menjadi 104 kasus.

Sementara untuk curas di tahun 2020 terdapat 25 kasus, meningkat di tahun 2021 sebanyak 28 kasus.

"Ada juga kasus penipuan penggelapan, penganiayaan dan kasus konvensional lainnya yang memang di masa pandemi ini meningkat. Selain itu terjadi 1 kasus upal (uang palsu), saya kira ini dampak dari pandemi di samping penipuan penggelapan. Karena meningkatnya jumlah pengangguran, banyak usaha yang turun omzet sehingga meningkatnya tindak pidana tidak dapat dielakan," urainya.


Terkait kasus pembunuhan, di tahun ini terdapat tiga kasus pembunuhan di mana yang paling menonjol adalah kasus sate sianida yang menewaskan anak driver ojol.

Sementara di tahun sebelumnya, tidak ada catatan kasus pembunuhan di Kabupaten Bantul.

Namun demikian, untuk kasus narkoba terjadi penurunan di bandingkan tahun sebelumnya, yakni di tahun 2020 terdapat 109 kasus narkoba sedangkan di tahun 2021 turun menjadi 82 kasus.  

"Secara umum tindak kejahatan terjadi peningkatan, tapi ini karena upaya maksimal dari Polres Bantul untuk mengungkap kasus, menemukan kasus, kemudian menangkap, sehingga dari crime clearance dapat meningkat," tandasnya.

Terkait data lalu lintas, Kapolres menjelaskan bahwa data pelanggaran dan penilangan di tahun 2021 terjadi penurunan.

Turunnya angka tersebut karena dari Mabes Polri mengeluarkan kebijakan agar jajarannya dapat mengurangi tilang selama pandemi Covid-19.

Jika di tahun 2020 terdapat 11.864 tilang, maka di tahun 2021 hanya terdapat 4.900 tilang.

Sementara jumlah teguran di tahun 2020 berjumlah 15.560, untuk tahun 2021 ada 10.975 teguran.

"Kegiatan penilangan dikurangi kita ganti dengan kegiatan humanis yang sifatnya teguran dan edukasi ke masyrakat," ujarnya.

Ihsan menyatakan turunnya jumlah pelanggaran ini otomatis juga menurunkan jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Kabupaten Bantul.

Adapun jumlah laka lantas di tahun 2020 terdapat 1.796 kasus dan pada tahun 2021 menurun 1.706 kasus.

"Secara jumlah terjadi penurunan sebanyak 5 persen. Ini mungkin juga pengaruh pandemi yang menyebabkan mobilitas masyarakat dikurangi, sehingga arus lalu lintas di jalan di awal pandemi agak menurun, tapi menjelang akhir 2021 meningkat lagi sehubungan dengan kelonggaran dalam PPKM level 2," ungkapnya.  

 Yang cukup miris, lanjutnya, memang secara jumlah kejadian mengalami penurunan tapi secara fatalitas khususnya korban meninggal dunia terjadi kenaikan 7 persen dari 2020.

Yakni di tahun 2020 sebanyak 136, naik jadi 147 korban meninggal di tahun ini.

"Namun kadang ini tidak jadi atensi masyarakat dan media, padahal ternyata pembunuh utama adalah laka lantas. Bukan kejadian pembunuhan atau tindak pidana umum. Ternyata laka lantas mengakibatkan 147 korban meninggal dunia, ini tentu jadi perhatian kita semua," tambahnya.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan mendata di tahun 2021 terjadi peningkatan kasus kejahatan jalanan di Kabupaten Bantul dibandingkan tahun sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, kejahatan jalanan ini oleh masyarakat Yogyakarta disebut dengan klitih.

Namun demikian sebenarnya ini merupakan kejahatan jalanan yang merupakan tindak pidana umum, modusnya bermacam-macam seperti penganiayaan, pengeroyokan hingga kepemilikan senjata tajam.

"Dari beberapa kasus selama 2021, terdapat 21 kasus kejahatan jalanan. Terjadi peningkatan 90 persen dibandingkan 2020 yang ada 11 kasus. Tapi kenaikan ini disebabkan karena kegiatan patroli kami," ujar Kapolres Bantul saat konferensi pers akhir tahun pada Kamis (30/12/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa dari 21 kasus tersebut pihaknya telah mengamankan 37 orang pelaku.

Rata-rata pelaku diamankan dari Juli-Desember.

Sementara dari 37 pelaku, sebanyak 27 orang masuk dalam kategori dewasa sedangkan 10 sisanya masih di bawah umur.

"Yang di bawah umur tetap kita proses, wajib lapor dan berproses di pengadilan anak," imbuhnya.

Jika di tahun 2021 pihak Polres Bantul telah mengamankan 37 orang, sedangkan di tahun 2020 terdapat 17 pelaku yang diamankan.  

Dalam kesempatan itu Kapolres menekankan bahwa kejahatan jalanan yang terjadi di Bantul tidak selalu menelan korban secara acak.

Bahkan yang terbanyak adalah antara pelaku dan korban saling mengenal.

"Mereka kenal, janjian, tantang-tantangan di medsos, ketemu dan terjadilah penganiayaan atau pengeroyokan. Kejahatan jalanan tidak semua korban adalah secara acak, salah. Mereka pasti kenal dengan korbannya, memang ada beberapa (acak) tapi itu kalau dibandingkan yang kami tangani di Polres Bantul lebih banyak yang kenal," terangnya.

Kalaupun ada korban acak, biasanya terjadi karena pelaku tidak bertemu dengan lawannya dan di tengah jalan secara tak sengaja bertemu dengan orang yang memiliki ciri-ciri yang sama dengan lawannya dan berakhir dengan melakukan penyerangan.

Dalam kesempatan itu ia mengimbau agar masyarakat tidak perlu merasa takut.

"Jika beberapa hari kemarin ada tagar Jogja tidak aman, tapi bagi kami aman. Contohnya Malioboro dan Parangtritis selalu ramai, itu menunjukkan bahwa masih banyak orang yang mau datang ke Jogja," ujarnya.  

Kapolres menyebut bahwa pernyataannya bahwa Malioboro dan Parangtritis sempat dikritik oleh sejumlah pihak.

Mereka menyatakan bahwa pelaku klitih tidak akan menyasar lokasi tersebut.  

"Bukan berarti tidak ada klitih di Malioboro atau Parangtritis, bukan. Artinya banyak orang mau ke Jogja, emangnya kalau mau datang ke Malioboro atau ke Parangtritis tidak melewati jalan-jalan di Jogja, tidak lewat ringroad? Karena bagi wisatawan, syarat utama orang berwisata adalah keamanan. Dan ramainya wisatawan saat ini menandakan Jogja tetap aman, Jogja tetap berhati nyaman," tegasnya.

Kapolres Bantul menyatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan upaya agar kasus kejahatan jalanan dapat ditekan.

Misalnya dengn melakukan pencegahan seperti razia kendaraan dan razia barang bawaan ke sekolah-sekolah.

Selain itu setiap hari ada personel dari  blue light patrol yang akan berpatroli termasuk melakukan penindakan dengan tim crime hunter.  

Namun demikian, Ihsan menyatakan bahwa untuk menekan angka kejahatan jalanan diperlukan peran serta semua pihak, baik dari orang tua, guru, sekolah, pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan dan DPRD untuk memberikan kebijakan-kebijakan terkait.


Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Imbau Warga, Malam Tahun Baru di Rumah Saja

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi SH menyampaikan pesan dan himbauan kepada para Ketua RT se Kalurahan Trirenggo Kapanewon Bantul, Rabu (29/12/2021) malam.

Hal itu disampaikan pada pertemuan dan silaturrahmi Ketua RT se Kalurahan Trirenggo yang diselenggarakan di Aula Kalurahan Trirenggo, Kapanewon Bantul.

Adapun pesan dan himbauan yang disampaikan oleh Aipda Amat Riyadi SH terkait malam Tahun Baru 2022, yaitu agar warga di wilayah Kalurahan Trirenggo tidak menggelar perayaan malam tahun baru dengan berkerumun, ataupun mengadakan kegiatan yang bisa mengundang kerumunan.

Dengan situasi pandemi yang saat ini belum usai, maka warga agar cukup berdiam di rumah saja bersama keluarga, serta bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di lingkungan tempat tinggal masing-masing agar tetap kondusif. (Humas Polsek Bantul)

Pengajian Rutin di Mushola Al Ittihad Polsek Bantul

Dalam rangka memberikan bimbingan rohani anggota, Polsek Bantul menggelar pengajian rutin dan pembacaan Surat Yasin di Mushola Al Ittihad Polsek Bantul, Kamis (30/12/2021).

Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anggota kepada Allah SWT. Adapun kegiatan pengajian ini digelar setiap hari Kamis setelah apel pagi.

Dalam kegiatan tersebut Kanit Samapta Polsek Bantul Iptu Sudiasih memimpin pembacaan Surah Yasin. (Humas Polsek Bantul)

Polsek Piyungan Pengamanan Vaksinasi Covid-19 di GOR Prapto Raharjo

Wakapolsek Piyungan AKP Suharyanta SH MAP memimpin pengamanan kegiatan vaksinasi Covid-19 di GOR Prapto Raharjo, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Kamis (30/12/2021) pagi.

Kegiatan vaksinasi tersebut diperuntukkan bagi masyarakat umum dengan menargetkan 1.300 orang menggunakan vaksin jenis Astra Zeneca dan Pfizer yang disediakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul.

AKP Suharyanta SH MAP menuturkan bahwa untuk kelancaran tahapan vaksinasi, maka perlu kehadiran anggota Polri melakukan pengamanan serta pengawasan guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga tercipta situasi yang aman dan kondusif.

"Kami akan selalu mengawal setiap kegiatan vaksinasi, harapannya kegiatan vaksinasi dapat berjalan dengan lancar dan mencapai target," ujarnya.

Wakapolsek menambahkan, vaksinasi ini guna mencegah penularan, menurunkan angka kesakitan dan kematian serta untuk mencapai kekebalan kelompok dan melindungi masyarakat dari Covid-19. (Humas Polsek Piyungan)

30 December 2021

Dua Wisatawan Tergulung Ombak Pantai Parangtritis, Satu Orang Masih Dalam Pencarian

Kecelakaan laut terjadi di Pantai Parangtritis Kapanewon Kretek, Kamis (30/12/2021) pagi. Insiden itu mengakibatkan 2 orang wisatawan menjadi korban. Satu orang selamat, sementara satu orang lainnya hingga kini masih dalam pencarian.

Kapolsek Kretek AKP Yosephine Iswantari menjelaskan insiden itu terjadi berawal saat rombongan wisatawan dari Pondok Pesantren Bumiayu Kabupaten Brebes, Jawa Tengah tiba di Pantai Parangtritis sekitar pukul 02.00 WIB. Karena di kawasan objek wisata masih gelap, rombongan istirahat menunggu terang di dalam Bus.

Paginya sekitar pukul 06.00 WIB, rombongan mulai pada menuju pinggir Pantai Parangtritis untuk sekadar jalan-jalan. Bahkan sejumlah santri ada yang langsung bermain air. Namun nahas di tengah asyik bermain air tiba-tiba seorang santri bernama Fatih Abdi Muzakki (13) warga Wanajaya, Cibitung, Bekasi, terseret ombak laut.

Mengetahui temannya terseret gelombang, Dani Ahwan (15) warga Rancahwiruk Pangkah, Tegal, Jawa Tengah yang berenang tak jauh dari korban berusaha melakukan pertolongan namun nahas ia justru turut terseret ombak.

Sementara itu personel SAR Parangtritis yang mengetahui hal itu bergegas melakukan upaya penyelematan. Dani berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat, sementara Fatih hingga berita ini dilansir masih dalam pencarian.


Kapolsek Imogiri Polres Bantul menghadiri Konferensi Anak Cabang Muslimat NU Imogiri

Kapolsek Imogiri Polres Bantul AKP Sumanto SH, menghadiri Konferensi Anak Cabang Muslimat NU di Gedung MWC  NU Dusun Tilaman Kalurahan Wukirsari Kapanewon Imogiri, Kamis (30/12/2021) pagi.

Kegiatan Kenferensi ini di selenggarakan oleh Pimpinan Anak Cabang Muslimat NU Kapanewon Imogiri.

Turut hadir dalam Konferensi Panewu Imogiri Slamet Santoso SIP, Danramil 10 Imogiri Kapten CZi Pangestu, Kepala KUA  Moh Rois Wisda, Dukuh Tilaman Hendri serta perwakilan Anak Cabang se Kapanewon Imogiri.

Konferensi  Anak Cabang Muslimat NU Kapanewon Umogiri periode tahun 2021 /2025 di buka oleh Ketua 1  PC Muslimat NU Kabupaten Bantul H Nazdiroh SHI. (Humas Polsek Imogiri).


Polsek Bambanglipuro Melaksanakan Kurvei Bersama dengan Personel TNI

Personel Bambanglipuro melaksanakan Kurvei/Kerja bakti di SD Plebengan Sidomulyo dan sekitarnya, Kamis (30/12/2021). 

Dalam kegiatan ini turut hadir Personel TNI dari Kodim 0729 Bantul, koramil Bambanglipuro,Lembaga Kalurahan Sidomulyo Sat Linmas Sidomulyo FKPM Sidomulyo Serta FPRB Sidomulyo. 

Rencananya di SD Plebengan pada tanggal 31 Desember 2021 akan dijadikan tempat pelaksanaan Vaksinasi anak usia 6-12 Tahun bagi siswa TK/SD/Sederajat yang dihadiri Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. 

Nantinya selain tempat menjadi bersih dan nyaman bagi siswa yang akan melaksanakan Vaksinasi, Kurvei bersama ini menjadikan Sinergitas TNI POLRI tetap terjaga khususnya di wilayah Kabupaten Bantul.  (Humas Polsek Bambanglipuro)


Kanit Samapta Hadiri Rapat Koordinasi Persiapan Hadapi Malam Tahun Baru 2022

Kanit Samapta Iptu Dalhari mewakili Kapolsek Pleret AKP Tukirin menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan menghadapi Malam tahun baru 2022 di Aula Kapanewon Pleret Bantul, Kamis (30/12/2021)

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain : Panewu Pleret Evi Nur Siti Fathonah, S.sos, MM. Panewu Anom Bambang Hudaliyanto, SH, MM. Iptu Dalhari Kanit Samapta mewakili Kapolsek Pleret. Serma Kustadi Mewakili Danramil 07 Pleret. Jawatan Keamanan Haryono, S.Ip. Jawatan Sosial Margi Hidayat, S.Ip. Lurah Segoroyoso Sdr. Miyadiana. Jogoboyo se-Kapanewon Pleret. Ketua Rapi (Radio Antar Penduduk Indonesia) Kapanewon Pleret. Pokdarwis Taman Senja Ngelo Sdr. Ari Pokdarwis Banyu Kencono Sdr. Tadhorungin

Sambutan dari Panewu Pleret Evi Nur Siti Fathonah, S.sos MM menyampaikan : Kesepakatan sesuai instruksi Bupati Bantul untuk menutup tempat - tempat nongkrong, juga dilarang membunyikan petasan. Dan nanti kita akan adakan monitoring di wilayah Pleret bersama Forkopimkap di tempat tempat yang rawan terjadi kerumunan. Monitoring jumlah satu Tim dan akan diadakan pada pukul 21.00 wib dengan undangan Polsek, Koramil, Relawan Rapi.

Kanit Samapta Iptu Dalhari menyampaikan penekanan yang pada intinya : Dalam pengamanan kegiatan Malam tahun baru adalah misi kemanusiaan karena tidak didukung dana, kegiatan dalam rangka membantu warga yang tidak kuat ditanjakan cino mati, namun harus tetap waspada agar tida terjadi korban. Berkaitan dengan tempat-tempat wisata agar suara sound memperhatikan waktu-waktu adzan, dan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19.

Serma Kustadi menyampaikan : Kami jajaran TNI membackup Polri dalam hal ini Pengamanan malam tahun baru, dan penekanan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19.

Selama kegiatan berjalan aman dan lancar serta tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 mewajibkan memakai masker.


Kapolsek Pajangan Pimpin Gaktibplin Usai Apel Pagi

Kapolsek Pajangan AKP Titik Esti Handayani, S.I.Kom, M.M. memimpin apel pagi yang dilaksanakan di halaman Polsek Pajangan, Kamis (30/12/2021).

Kapolsek menegaskan agar selalu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dan meminimalisir pelanggaran bagi personel Polsek Pajangan. 

Setelah giat apel pagi dilanjutkan giat Gaktiplin yang dipimpin oleh Kapolsek Pajangan. 

“Gaktibplin ini bertujuan agar personel Polsek Pajangan senantiasa menegakkan tata tertib serta disiplin dalam memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman, serta membina sekaligus memberikan contoh tauladan kepada masyarakat baik saat bertugas maupun di luar jam dinas,” jelas Kapolsek Pajangan.

Pemeriksaan meliputi sikap tampang, administrasi berupa kelengkapan identitas diri berupa kartu anggota Polri, SIM, STNK Kendaraan dan KTP, serta kartu pinjam pakai Senpi dan seragam Polisi (gampol).

Kapolsek Pajangan menambahkan bahwa, “Giat Gaktibplin secara berkala dilaksanakan, agar tertib diri sendiri sebelum menertibkan masyarakat,” jelasnya. (Polsek Pajangan)


Bhabinkamtibmas Tamantirto Pengamanan Laksanakan Kegiatan Pam Vaksinasi di Kalurahan Tamantirto

Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Bripka Agus S, SH melaksanakan pengamanan dan monitoring kegiatan vaksinasi dosis 1 untuk anak usia 6-11 tahun di Kalurahan Tamantirto Kasihan, Bantul, Rabu (29/12/2021) pagi.

Pengamanan sekaligus monitoring tersebut dilakukan guna mencegah timbulnya gangguan kamtibmas selama pelaksanaan vaksinasi, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi peserta vaksinasi Covid-19 maupun tenaga medis.

Kegiatan ini dihadiri peserta vaksinasi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kendati demikian Bhabinkamtibmas desa Tamantirto Bripka Agus S, SH juga memberikan himbauan prokes seperti selalu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho, SH mengatakan, pengamanan dan monitoring vaksinasi dosis 1 tersebut merupakan tugas Polri dalam rangka mengawal dan mensukseskan program pemerintah terkait vaksinasi Covid-19.

Lebih lanjut, percepatan vaksinasi bagi warga masyarakat ini guna memperoleh herd immunity dan mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bantul.


Polisi Naikkan Kasus Dugaan Ujaran Kebencian Bahar bin Smith ke Penyidikan

Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana menegaskan pihaknya sudah meningkatkan kasus yang menjerat Bahar bin Smith menjadi penyidikan. Kasus yang menjerat Bahar bin Smith terkait dugaan ujaran kebencian yang mengandung unsur suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).

"Penyidik Polda Jawa Barat sudah meningkatkan proses hukum yang menjerat BS menjadi penyidikan," ujar Suntana dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/12/2021).

Penyidik Polda Jawa Barat, kata Suntana, sudah menyerahkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) ke Bahar bin Smith di kediamannya di Bogor pada Selasa, 28 Desember kemarin.

"Penyerahan SPDP sudah dilakukan kepada terlapor," katanya.

Dalam kasus ini, Bahar bin Smith dijerat dugaan tindak pidana menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian dan atau permusuhan individu dan atau kelompok berdasarkan SARA sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45A ayat (2) UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan atau Pasal 14 dan Pasal 15 UU RI nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana.


Jaga Silaturahmi, Bhabinkamtibmas Panggungharjo Rutin Sambangi Warga

Bhabinkamtibmas Polsek Sewon Polres Bantul, Kalurahan Panggungharjo Aiptu Jedik Praptowo melakukan sambang dan silaturahmi dengan salah satu warga di kalurahan Panggungharjo, tepatnya dusun Pandean, Rt 01, Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Rabu (30/12/2021), siang.

Kegiatan sambang ke warga desa binaan yang rutin dilaksanakan ini selain bersilaturahmi dan juga sebagai upaya sebagai anggota Polri (Bhabinkamtibmas) untuk selalu mendekatkan diri dengan warga di wilayah binaannya sehingga segala informasi bisa didapat dari masyarakat.

Selain melaksanakan kegiatan sambang juga memberikan beberapa pesan kamtibmas kepada warga binaannya, sehingga diharapkan masyarakat di wilayah binaan ikut terlibat dalam menjaga keamanan di kampungnya sendiri, dengan demikian akan tercipta situasi yang kondusif di lingkungan tempat tinggalnya, ujar Aiptu Jedik.

Warga menyambut baik kunjungan dari bhabinkamtibmas yang selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan pembinaan dan mengingatkan betapa pentingnya situasi yang aman dan tertib.

Ditempat terpisah Kapolsek Sewon Kompol Suyanto,S.H.,. menegaskan kegiatan ini merupakan langkah dan upaya Polri dalam menjalin kemitraan dengan semua potensi masyarakat Bhabinkamtibmas sebagai basis deteksi dini untuk mewujudkan sikon kamtibmas yang kondusif. (Humas Polsek Sewon)


Personel Polsek Srandakan Amankan Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6 sd 11 tahun di SD N Koripan

Personel Polsek Srandakan dipimpin Kanit Intelkam AKP Subiyantara melaksanakan pengamanan kegiatan vaksinasi Covid-19 Dosis 1 untuk anak Usia 6 sd 11 tahun di SD N Koripan, Rabu (29/12/2021).

Hadir dalam giat tersebut Kanit Intelkam AKP Subianto, Ps. Kasi Humas Aiptu Didik Rukiyanto, Banit Samapta Aipda Supriyanto, Banit Lantas Aipda Eko Harsono, Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Bripka Eko Rustamaji serta Bhabinkamtbmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo.

Peserta vaksin adalah murid dari :

- SD N Koripan.

- SD N Krajan.

- SD M Sambeng.

- MIM Maarif Sambeng.

- MIM Jragan.

Adapun data vaksin sbb :

- Target : 465

- Datang : 422

- Divaksin : 398

- Tunda : 23

Kegiatan vaksin dilaksanakan oleh petugas Puskesmas Srandakan dan di bantu oleh guru serta karyawan. 

Selama pelaksanaan berlangsung dengan lancar. (Humas Polsek Srandakan)


Persiapan Malam Tahun Baru, Wakapolsek Piyungan Ikut Survei Lokasi Obyek Wisata Bukit Bintang

Wakapolsek Piyungan AKP Suharyanta SH beserta Kanit Lantas Piyungan AKP Boedi Hariyanto SH MH mengikuti giat rapat koordinasi dan survei lokasi terkait persiapan malam tahun baru 2022 di Obyek Wisata Bukit Bintang Piyungan Bantul, Rabu (29/12/2021) siang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasat Lantas Polres Bantul AKP Gunawan Setiabudi SH MM beserta jajarannya, Kasat Lantas Gunungkidul AKP Martinus Griavinto Sakti SIK beserta jajarannya, Dishub Kabupaten Bantul Iknatius Ujianto dan pengelola parkir Bukit Bintang Aris Sarimin.

Kasat Lantas Polres Bantul AKP Gunawan Setiabudi saat memimpin Apel menuturkan bahwa untuk menciptakan kondisi situasi aman dan kondusif pada perayaan malam Tahun Baru 2022 di Bukit Bintang Piyungan yang berbatasan dengan wilayah Patuk Gunungkidul perlu koordinasi serta menyamakan persepsi dalam pelaksanaannya.

Lebih lanjut menurutnya, untuk mencegah terjadinya kemacetan jalan diperlukan rekayasa jalan diantaranya penyekatan pemasangan water barrier dari Bukit Bintang Piyungan yang disambung hingga ke wilayah Patuk Gunungkidul.

Sementara itu Wakapolsek Piyungan AKP Suharyanta menambahkan bahwa pada pelaksanaannya akan membagi dan menempatkan personelnya pada tempat tempat yang rawan kemacetan untuk mengurai dan menghalau masyarakat yang berhenti di sepanjang jalan sekitaran Bukit Bintang. (Humas Polsek Piyungan)


Kapolsek Banguntapan Hadiri Pelantikan Pangripta Kalurahan Jambidan

Untuk meningkatkan kinerja Kelurahan Jambidan Banguntapan Bantul, Selasa (28/12/2021) pukul 09.30 WIB telah dilaksanakan pelantikan pangripta (perencanaan) Kelurahan Jambidan. Pelantikan pelantikan pangripta dilaksanakan setelah melalui tahap seleksi oleh Kalurahan Jambidan.

Hadir pada kegiatan tersebut Kapolsek Banguntapan Kompol Zaenal Supriyatna SH, Panewu I Nyoman Gunarsa SPsi Mpsi, Danramil Kapten CHB Hermanto, Lurah Jambidan Zubaidi , Bhabin Aiptu Basori dan Babinsa Sertu Istakori serta Tokoh masyarakat Jambidan.

Hasil seleksi pengisian pangripta dengan nilai tertinggi saudara Ristanto, selanjutnya dilaksanakan rangkaian pelantikan oleh lurah jambidan kepada pangripta yang baru. Dengan pengambilan sumpah secara agama Islam dengan disaksikan semua tamu undangan dan tokoh masyarakat.

Personil Polsek Banguntapan melaksanakan pengamanan untuk menciptakan ketertiban dan tidak lupa menghimbau dan mengingatkan penerapan protokol kesehatan.


Kapolsek Bambanglipuro Pantau Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S. Pdi, M.M memantau kegiatan Vaksinasi anak usia 6-11 Tahun untuk TK/SD/sederajat, Rabu (29/12/2021).

Pelaksanaan Vaksinasi tersebut dilaksanakan di Balai Desa Mulyodadi dengan tetap melaksanakan Protokol kesehatan.

Sejumlah 756 anak tervaksin dosis 1 dihari tersebut dengan menggunakan vaksin Sinovac. 

Pemberian vaksin Bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh dari paparan virus Corona serta mencegah mutasi baru dari Covid-19.

Selain itu, vaksin Covid-19 yang disuntikkan kepada masyarakat sudah melalui serangkaian pengujian ketat, sehingga dipastikan aman, bermutu dan berkhasiat. (Humas Polsek Bambanglipuro)


Polsek Banguntapan Pantau Vaksinasi Anak di Kelurahan Banguntapan Bantul

Personel Polsek Banguntapan memantau vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun dosis 1 dengan vaksin sinovac di Kalurahan Banguntapan Bantul, Rabu (29/12/2021).

Vaksinasi anak diberikan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dengan tatap muka serta upaya meningkatkan kekebalan kelompok dan mencegah penyebaran covid 19.

Vaksin dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dan yang melaksanakan vaksinasi tim medis dari Puskesmas 3 Banguntapan. 

Lurah Banguntapan beserta pamongnya serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa dan Polsek Banguntapan bersama-sama melaksanakan pantauan pelaksanaan vaksinasi pada anak usia 6 sampai 11 tahun. 

Kegiatan berjalan dengan tertib dan penuh kesadaran orang tua mengajak vaksin kepada anaknya.


Kapolres Bantul Hadiri Acara Pengukuhan Pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Bantul

Kapolres Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK menghadiri acara pengukuhan Pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Bantul periode tahun 2021-2026 di Pendhopo Manggala Parasamya, Rabu (29/12/2021).

Pengukuhan dilakukan oleh Bupatri Bantul H. Abdul Halim Muslih dan dihadiri pula oleh Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo, Sekda Bantul, Kepala Disdikpora Bantul serta Pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Bantul periode tahun 2021-2026.

Dewan pendidikan merupakan bentuk peran serta masyarakat dalam bidang pendidikan yang menjadi wadah untuk mengakomodasi pandangan, aspirasi dan menggali potensi masyarakat guna menjamin demokratisasi, transparansi dan akuntabilitas pendidikan.

Dalam sambutannya, Bupati Bantul mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Bantul dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Bantul.

Bupati berharap agar Dewan Pendidikan untuk dapat memikirkan inovasi dan menemukan solusi dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Bantul.

Selanjutnya, diharapkan untuk ikut memberikan sumbang saran terhadap kebijakan penyelenggaraan pendidikan kepada Pemerintah Daerah, DPRD, terutama pada Dinas Dikpora Kabupaten Bantul.

Lebih lanjut, bahwa capaian ekonomi dan teknologi merupakan capaian dari pendidikan, oleh karenanya sektor pendidikan menjadi prioritas dan meningkatkan anggaran pendidikan untuk memajukan pendidikan di wilayah Bantul.

Bupati juga mengatakan, munculnya berbagai peristiwa permasalahan dalam pendidikan salah satunya kejahatan jalanan, yang tentunya harus kita carikan solusinya. Untuk itu, diperlukan tiga pilar yakni peningkatan peran orangtua, fokus pengawan kepada anak didik yang tertinggal dan perbaikan metodologi bagi guru sebagai sarana transfer ilmu dengan baik.

Dengan demikian, pendidikan di Kabupaten Bantul benar-benar akan melahirkan prestasi berupa meningkatnya pengetahuan anak didik dengan kecerdasan yang tinggi, budi pekerti yang luhur serta kepribadian Indonesia yang memadai. (Humas Polres Bantul)

Beri Ruang Kebebasan Berekspresi, Polri Sambut Baik Acara 'Safari Bhayangkara Mural'

Jakarta - Tempo Media Grup menggandeng Mabes Polri untuk kembali menggelar acara lomba mural untuk memberikan ruang kebebasan berekspresi terhadap masyarakat. Kali ini, acara itu bertajuk 'Safari Bhayangkara Mural 2021'.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyambut baik terselenggaranya kerjasama kedua belah pihak tersebut dalam rangka memberikan wadah untuk menyampaikan kebebasan berpendapat.

"Polri tentunya menyambut baik kegiatan lomba mural untuk memberikan ruang kebebasan berekspresi dan berpendapat dari masyarakat," kata Dedi kepada awak media, Jakarta, Rabu (29/12/2021).

Polri, kata Dedi, telah menyelenggarakan lomba mural Festival Piala Kapolri 2021 lalu. Hal itu, menurut Dedi, membuktikan bahwa, Korps Bhayangkara merupakan institusi yang tidak anti-kritik.

"Sejak awal, Pak Kapolri telah menyampaikan, Polri bukan lembaga yang anti-kritik. Bahkan, kritik harus dijadikan evaluasi untuk menuju organisasi yang jauh lebih baik dan semakin dicintai masyarakat," ujar Dedi.

Untuk diketahui, program ini merupakan kelanjutan dari Bhayangkara Mural Festival Piala Kapolri 2021 yang sudah terlaksana pada bulan Oktober lalu.

Kali ini, tujuannya guna mengapresiasi para juara harapan pemenang dalam kompetisi Bhayangkara Mural Festival Piala Kapolri 2021. Karena itu, Tempo Media Group bekerja sama dengan Mabes Polri mengadakan program lanjutan lomba mural secara langsung di ruang publik.

Safari Bhayangkara Mural 2021 sendiri rencananya akan diselenggarakan pada 29 dan 30 Desember 2021 di BSD X-treme Park.

29 December 2021

Kapolri: Layani dan lindungi, serta perhatikan rasa keadilan masyarakat

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menekankan kepada seluruh personel kepolisian dalam menjalankan tugasnya untuk tidak sekali-kali melupakan tugas pokoknya untuk selalu melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat.

Hal itu disampaikan Sigit saat memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) tujuh Kapolda di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (29/12/2021).

"Ingatkan, ingatkan, ingatkan, bahwa tugas kita adalah memberikan pelayanan, terhadap tugas pokok yaitu melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Hal ini sebenarnya adalah doktrin dan tugas kita dari dulu," kata Sigit dalam arahannya.

Mantan Kapolda Banten tersebut menjelaskan, tugas dasar sebagai aparat penegak hukum itu harus selalu ditanamkan setiap hari. Mengingat, kata Sigit, belakangan ini masih muncul tagar di media sosial (medsos) akan persepsi publik terhadap Polri.

Menurut Sigit, kemunculan Hastag tersebut harus disikapi dengan langkah-langkah yang konkret untuk melakukan perbaikan di institusi Korps Bhayangkara. Sehingga pelanggaran tidak kembali terjadi.

"Tanamkan itu setiap hari. Berikan contoh, turun ke lapangan, cek apakah semua berjalan dengan baik. Kalau ada kekurangan lakukan koreksi," ujar eks Kabareskrim Polri itu.

Polri dewasa ini, ditegaskan Sigit, bukanlah institusi yang anti-kritik. Melainkan, menjadi masukan dari masyarakat sebagai bahan evaluasi dan perbaikan untuk menuju Polri yang semakin baik dan dicintai oleh masyarakat.

"Ada kritik dari masyarakat kita terima sebagai bagian dari evaluasi kita untuk membawa institusi menjadi jauh lebih baik. Pertahankan Polri tidak anti-kritik, tapi kita akan terus berbenah menjadi organisasi yang modern dan organisasi yang selalu berubah menjadi organisasi yang lebih baik," ucap Sigit.

Menurut Sigit, perbaikan harus terus dilakukan kedepannya. Hal itu untuk mempertahankan tren positif dari beberapa lembaga survei yang merilis soal tingkat kepercayaan dan kinerja Polri yang mengalami peningkatan jauh lebih baik.

Ia meminta seluruh personel polri tak terlena dengan hasil survei yang sudah baik. Menurutnya, hal itu harus dijadikan motivasi untuk terus mempertahankan yang baik dan memperbaiki segala bentuk kekurangan yang ada.

Terkait hal itu, Sigit memastikan, bakal memberikan reward kepada anggota kepolisian yang memang bekerja keras, berprestasi dan bersungguh-sungguh dalam menjalani tugas melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat. Sebaliknya, Sigit tak akan segan memberikan sanksi tegas kepada aparat yang melakukan pelanggaran atau bekerja tak sesuai dengan aturan.

"Beberapa hasil survei yang menempatkan Polri di urutan yang baik, Alhamdulilah dengan situasi yang ada, kita masih berada di posisi tersebut. Dan saya harapkan menjadi motivasi agar kedepan melakukan perbaikan dan terus ditingkatkan. Ini bagian dari tugas rekan-rekan, menjaga wibawa hukum dan institusi Polri," tutur Sigit.

Oleh karena itu, Sigit menegaskan untuk memberikan pelayanan yang prima dan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan peran dari Polri dalam mencari keadilan. Ia menginstruksikan, untuk tidak pandang bulu dalam melakukan proses penegakan hukum di Indonesia.

"Jaga wibawa institusi, tegakkan hukum dan berikan rasa keadilan dan perhatikan masyarakat kecil yang selama ini merindukan rasa keadilan. Kita cepat respons terhadap hal-hal seperti itu. Pastikan mereka mendapatkan pelayanan yang sama dan tak membeda-bedakan rakyat kecil. Hal-hal yang sensitif, hal-hal yang menjadi perhatian tolong dilaksanakan dengan cepat," tegas Sigit.

Disisi lain, Sigit mengingatkan kepada seluruh Kapolda untuk tetap melakukan pengendalian Pandemi Covid-19. Apalagi, saat ini akan memasuki masa liburan Tahun Baru 2022.

Kesiapan itu, kata Sigit, sebagai bentuk untuk mengantisipasi penyebaran dari varian baru Covid-19, Omicron, yang sudah diumumkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) masuk ke Indonesia. Oleh karenanya, Sigit menginstruksikan kepada seluruh Kapolda yang masih rendah capaian vaksinasi di wilayahnya untuk segera berpacu guna mewujudkan target vaksinasi 70 persen sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Oleh karena itu langkah yang harus dilakukan adalah mengejar ketertinggalan dan akselerasi vaksinasi di masing-masing wilayah. Ada 13 provinsi yang saya pantau. 5 provinsi kemungkinan akan mencapai 70 persen. Masih ada 8 lagi saya harapkan bisa mengejar ketertinggalannya. Silahkan rekan-rekan melihat kondisi wilayah masing-masing. Bagi yang masih tertinggal lakukan langkah dan strategi yang pas sehingga akselerasi vaksinasi bisa dilaksanakan. Karena itu yang bisa kita lakukan untuk mencegah lonjakan berikutnya," papar Sigit.

Dengan vaksinasi, menurut Sigit, hal itu akan meningkatkan imunitas dan menurunkan fatalitas bagi masyarakat yang terpapar virus corona. Tak hanya itu, akselerasi vaksinasi juga sebagai persiapan untuk menghadapi perhelatan event nasional dan internasional yang akan diselenggarakan di Indonesia.

"Tolong untuk Kapolda yang wilayahnya menjadi tempat melaksanakan event tersebut siapkan dengan baik mulai dari sekarang. Sehingga pada saatnya kita betul-betul menjaga dan mengawal pelaksanaan G20 presidensi. Indonesia mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah dan ini harus kita kawal sehingga semuanya berjalan sukses. Jaga jangan sampai terjadi konflik, letupan yang bisa menganggu proses presidensi. Tolong dilakukan mapping terhadap potensi yang ada dan Kesiapan kita kalau belum optimal," ujar Sigit.

Untuk mencegah varian baru Omicron, Sigit berharap seluruh Kapolda untuk betul-betul melakukan pengawasan terhadap jalur pintu masuk ke Indonesia, seperti, Bandara, Pelabuhan dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Penegakan protokol kesehatan (prokes) terhadap Pelaku Perjalanan Internasional (PPI) harus diperkuat. Terutama, masa wajib karantina.

Sigit juga meminta kepada Kapolda jajaran untuk mengantisipasi dan mempersiapkan diri dalam menghadapi bencana alam. Personel Polri harus hadir dan bertindak cepat membantu masyarakat lantaran itu representasi kehadiran negara.

Tak lupa, Sigit kembali mengingatkan pesan Presiden Jokowi untuk kepolisian melakukan pengawalan iklim investasi di Indonesia. Karena, hal itu dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian di tengah Pandemi Covid-19.

"Hindarkan polisi menjadi penghambat investasi. Saya ingatkan, kawal dan pastikan aman hingga betul-betul merasakan apa yang menjadi harapan Pemerintah. Masalah perizinan berikan pendampingan sehingga semuanya bisa dilengkapi dan UMKM yang ada bisa tumbuh. Kawal penggunaan APBN baik di daerah, di sektor strategis, sehingga penggunaannya tepat sasaran dan tak terjadi kebocoran," kata Sigit.

Terakhir, Sigit menegaskan untuk aparat kepolisian tetap menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia di saat menghadapi situasi politik yang berkembang di tahun 2022 mendatang. Pesta demokrasi yang akan berlangsung di Indonesia harus berjalan aman dan damai serta tidak terjadinya pecah belah sesama anak bangsa.

"Demokrasi Pilkada bagian dari proses demokrasi yang harus dilaksanakan, sehingga menjadi pendidikan politik yang sehat. Bukan menyebabkan kondisi bangsa kita terpecah belah. Ini bicarakan dengan tokoh adat, agama, atau tokoh masyarakat lain untuk membuat komitmen bahwa demokrasi boleh jalan, situasi dan pilihan berbeda tapi masalah persatuan dan kesatuan tetap dijaga," tutup Sigit.

Ingin Viral, Pemuda Asal Gunungkidul Nekat Buat Laporan Palsu

Ulah pemuda ini, yang selanjutnya menjadi tersangka tindak pidana laporan palsu berbuntut panjang. Pasalnya, laporan palsu terkait dengan kejahatan jalanan, tersangka HEH (23) pemuda asal Semanu Gunungkidul ini meringkuk di sel tahanan Polres Bantul.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK saat menggelar konferensi pers di ruang Lobby Mapolres Bantul pada Rabu (29/12/2021) menyampaikan, bahwa tersangka HEH karena motifnya ingin viral di medsos, kemudian membuat laporan palsu ke Polsek Kasihan sebagai korban kejahatan jalanan.

Terungkapnya kasus laporan palsu ini bermula ketika tersangka HEH melaporkan bahwa dirinya menjadi korban kejahatan jalanan di wilayah hukum Polsek Kasihan. Kronologis versi tersangka, bahwa kejadian yang dilaporkan tersebut terjadi pada hari Senin (27/12/2021) pada pukul 23.30 WIB saat dirinya sedang perjalanan pulang. setelah sampai di wilayah Bibis Kasihan Bantul, ia dipepet oleh tiga orang pelaku. Kemudian salah satu pelaku menyabet dengan sebilah celurit sehingga ia mengalami luka sayat.

Berdasarkan laporan tersebut, tentunya sesuai dengan SOP kemudian petugas melakukan olah TKP, mencari keterangan-keterangan maupun saksi yang ada di lokasi.

Setelah dilakukan penyelidikan oleh petugas, termasuk pemeriksaan CCTV bahwa kejadian tersebut tidak pernah terjadi.

“Ternyata laporan ini palsu, bohong,” kata Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan, setelah tersangka HEH diinterograsi mengakui bahwa laporannya itu palsu. Tersangka juga mengaku telah melukai dirinya sendiri menggunakan pisau cutter dengan maksud agar kasusnya sebagai korban kejahatan jalanan menjadi viral di medsos.

“Jadi tidak pernah ada kejadian kejahatan jalanan yang terjadi di TKP tersebut,” jelasnya.

"Kami tegas, karena bagaimana pun ini bisa menganggu situasi kamtibmas, sehingga kami akan tetap memproses kasus ini," tegas Kapolres.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka yang pekerjaannya sehari-hari sebagai penjual buah itu dikenakan pasal 242 KUHP Subsider 220 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 1 tahun 4 bulan.

Adapun sebagai barang bukti yaitu satu unit sepada motor Yamaha AB 6802 SM, satu buah pisau cutter dan satu buah jaket jumper warna hitam.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut Kapolres Bantul juga menyampaikan bahwa situasi kamtibmas di wilayah Bantul aman kondusif.

“Jadi masyarakat tidak perlu takut, karena anggota kami selalu hadir di lapangan untuk memberikan rasa aman,” tandas Kapolres. (Humas Polres Bantul)

Keluarga Besar Polsek Pleret Melayat Meninggalnya Ayahanda Aipda Subandiono

Kapolsek Pleret AKP Tukirin beserta anggotanya melayat ke rumah duka almarhum Noto Diharjo di Dusun Bawuran Pleret Bantul, Selasa (28/12/2021).

Almarhum merupakan bapak kandung dari Aipda Subandiono anggota Polsek Pleret. Almarhum meninggal dunia karena sakit.

Jenazah almarhum dimakamkan di TPU Karangnongko Tegal, Bawuran, Pleret, Bantul pada pukul 14.00 WIB.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Pleret atas nama keluarga besar Polsek Pleret menyampaikan belasungkawa kepada keluarga almarhum. Teriring doa semoga almarhum husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan serta keikhlasan. (Polsek Pleret)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sriharjo Bantu Evakuasi Pohon Tumbang

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sriharjo Bripka Wahyono bersama FPRB mengevakuasi pohon tumbang di Dusun Demen Jati, Sriharjo, Imogiri, Bantul, Rabu (29/12/2021).

Jenis pohon yang tumbang adalah pohon mandingan. Pohon tersebut tumbang akibat hujan deras dan kondisi akar yang sudah lapuk. Sehingga pohon tumbang tersebut menghalangi jalan kampung dan menimpa tanaman padi.

Setelah mendapat laporan tentang adanya pohon tumbang di wilayah binaannya itu, Bhabinkamtibmas Bripka Wahyono bersana FPRB bergegas menuju ke lokasi pohon tumbang untuk evakuasi. (Humas Polsek Imogiri)

Personel Polsek Sewon Pengamanan Vaksinasi Untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Personel Polsek Sewon melaksanakan pengamanan kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak usia 6 sampai 11 tahun. Kegiatan ini digelar  di SD Negeri Ngoto Bangunharjo dan SD Negeri Bakalan Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Rabu (29/12/2021) pagi.

Kapolsek Sewon Kompol Suyanto SH mengatakan, demi kelancaran kegiatan vaksinasi tersebut maka perlu kehadiran anggota Polri untuk melakukan pengamanan serta pengawasan guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga tercipta situasi yang aman dan kondusif.

"Kami akan selalu mengawal setiap kegiatan vaksinasi, harapannya kegiatan vaksinasi dapat berjalan dengan lancar dan mencapai target," ujarnya disela-sela memimpin pengamanan kegiatan vaksinasi tersebut.

Kapolsek menambahkan, kegiatan vaksinasi ini diperuntukkan bagi anak-anak usia 6–11 tahun, tujuannya untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) di kalangan anak- anak. (Humas Polsek Sewon)

Cegah Aksi Kriminalitas, Polsek Sewon Gencar Laksanakan Patroli Malam Hari

Untuk mencegah terjadinya aksi kriminalitas pada malam hari, Polsek Sewon gencar melaksanakan patroli memantau tempat-tempat yang dianggap rawan kejahatan di wilayah Sewon, Bantul.

Kegiatan patroli kali ini dipimpin oleh Kasi Propam Polsek Sewon Ipda Djadi Muchrom SH selaku perwira pengawas, Rabu (29/12/2021)dini hari.

Ipda Djadi Muchrom SH mengungkapkan, kehadiran Polisi ditengah-tengah masyarakat dengan kegiatan patroli tersebut memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat.

“Kegiatan patroli ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya tindak pidana di wilayah hukum Polsek Sewon terutama waktu dini hari hingga menjelang subuh,” ujarnya.

“Pada kegiatan patroli tersebut, petugas juga melakukan pemeriksaan kepada sejumlah remaja yang kedapatan masih nongkrong. Kemudian menghimbau para remaja itu untuk segera pulang ke rumah masing-masing.

Selama kegiatan patroli tersebut wilayah Kapaewon Sewon terpantau situasi kamtibmas aman kondusif. (Humas Polsek Sewon)

Personel Polsek Pajangan Pengamanan Kegiatan Vaksinasi di Kalurahan Sendangsari

Personel Polsek Pajangan melaksanakan pengamanan dan monitoring kegiatan vaksinasi dosis 1 untuk anak usia 6-11 tahun di Kalurahan Sendangsari, Pajangan, Bantul, Rabu (29/12/2021) pagi.

Pengamanan sekaligus monitoring tersebut dilakukan guna mencegah timbulnya gangguan kamtibmas selama pelaksanaan vaksinasi, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi peserta vaksinasi Covid-19 maupun tenaga medis.

Kegiatan ini dihadiri peserta vaksinasi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kendati demikian personel Polsek Pajangan juga memberikan himbauan prokes seperti selalu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Kapolsek Pajangan AKP Titik Esti Handayani S.I.Kom MM mengatakan, pengamanan dan monitoring vaksinasi dosis 1 tersebut merupakan tugas Polri dalam rangka mengawal dan mensukseskan program pemerintah terkait vaksinasi Covid-19.

Lebih lanjut, percepatan vaksinasi bagi warga masyarakat ini guna memperoleh herd immunity dan mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bantul. (Polsek Pajangan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Guwosari Sampaikan Pesan-pesan Kamtibmas Pada Pertemuan RT

Bhabinkamtibmas Kalurahan Guwosari Aipda Suprihandono SH  menghadiri kegiatan rutin pertemuan RT di Dusun Kentolan Kidul, Guwosari, Pajangan, Bantul, Selasa (28/12/2021).

Hadir di antaranya Bapak Wagiyo selaku Ketua RT 03 Dusun Kentolan Kidul dan warganya.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Guwosari Aipda Suprihandono SH memberikan penyuluhan tentang kondisi kamtibmas diakhir tahun 2021 utamanya kejahatan jalanan yang semakin marak.

Aipda Suprihandono SH mengajak warga masyarakat khususnya para orangtua agar lebih meberikan perhatian dan pengawasan terhadap putra putrinya. Ia juga mengajak warganya untuk tetap melaksanakan ronda pos kamling dalam upaya mencegah terjadinya aksi kejahatan. (Polsek Pajangan)

Kapolsek Pandak Pimpin Pengamanan Kegiatan Ibadah di Gereja Maria Rosari Pejenan

Kapolsek Pandak AKP Wartono SH memimpin pengamanan kegiatan ibadah natal di Gereja Maria Rosari, Dusun Pejenan, Wijirejo, Pandak Bantul, Selasa (28/12/2021) sore.

Kegiatan ibadah di gereja tersebut dipimpin oleh Romo Bondan yang membawakan tema Cinta Kasih Kristus Yang Menggerakkan Persaudaraan.

Pelaksanaan ibadah dihadiri 100 jemaat lansia dan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Pandak juga menyampaikan kepada pihak gereja agar terus berkordinasi dengan pihak keamanan dalam hal ini Polsek Pandak, Koramil Pandak dan instansi terkait. (Polsek Pandak)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Kebonagung Sambangi Kegiatan Vaksinasi di MIN 2 Bantul Imogiri

Bhabinkamtibmas Kalurahan Kebonagung Aipda Arri Sulistyo menyambangi kegiatan vaksinasi tahap 1 di MIN 2 Bantul, Kebonagung, Imogiri, Bantul, Selasa (28/12/2021).

Vaksinasi tersebut diselenggarakan oleh Puskesmas Imogiri 2 yang bekerjasama dengan MIN 2 Bantul.

Adapun  sasaran vaksinasi adalah anak-anak SD, TK dan warga masyarakat Kalurahan Wukirsari dengan target 339 orang. (Humas Polsek Imogiri)

Akabri 2001 Bangun Tempat Ibadah, Kapolri: Komitmen Sinergitas TNI-Polri Jaga Keberagaman

Bogor - Kapolri Jenderal Listyo  Sigit Prabowo menghadiri acara puncak 20 tahun bakti untuk negeri alumni Akabri 2001 atau Dwipa Arya yang menggelar kegiatan vaksinasi massal, pemberian bantuan sosial, pembangunan dan renovasi 11 tempat ibadah di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/12).

Sigit pun mengapresiasi sinergitas TNI-Polri yang bersatu padu membangun dan merenovasi 11 tempat ibadah. Menurutnya, hal itu membuktikan komitmen dua lembaga tersebut dalam hal menjaga keberagaman dan kebebasan beragama masyarakat Indonesia.

"Ini menjadi salah satu hal yang perlu kita contoh. Bahwa tentunya TNI-Polri selalu berkomitmen menjaga keberagaman di Indonesia," kata Sigit  

Pembangunan dan renovasi tempat ibadah itu dilakukan pada tujuh Masjid, satu Musala, satu Pura, satu Gereja dan satu pondok pesantren. Sigit menambahkan, hal itu juga wujud dari TNI-Polri yang berdiri di atas semua golongan.

"Jadi ini bentuk TNI-Polri berdiri untuk melindungi dan di atas semua golongan yang memang harus dijaga dan diamankan," ujar mantan Kabareskrim Polri ini.

Menjaga kebebasan beragama, kata Sigit, merupakan amanat idiologi Pancasila dan konstitusi Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 sebagaimana Pasal 28 dan Pasal 29. Terjaminnya kebebasan beragama juga merupakan bagian dari pengakuan Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia.

"Dan ini tentunya wajib bagi kita khususnya TNI-Polri untuk melindungi kebebasan memeluk agama dan ibadah menurut keyakinannya," ucap Sigit.

Sigit mengaku mendapatkan laporan adanya gangguan terhadap masyarakat yang hendak melangsungkan kegiatan ibadah di salah satu wilayah. Ia meminta, agar hal serupa tidak kembali terjadi.

Pemerintah, kata Sigit, bersama TNI dan Polri harus hadir untuk memberikan solusi jika terjadi suatu gangguan. Selain itu, harus menjamin seluruh umat beragama di Indonesia bisa diberikan kesempatan untuk beribadah sesuai dengan kepercayaannya masing-masing.

"Saya ingatkan, Agama apapun yang diakui, wajib kita lindungi. Maka pada saat mereka melaksanakan ibadah, kita TNI-Polri dan Pemerintah wajib memberikan perlindungan. Karena itu bagian dari amanah konstitusi," tutur Sigit.

Dalam kesempatan ini, Sigit juga mengingatkan kepada seluruh jajarannya bahwa, salah satu kekuatan Bangsa Indonesia adalah mampu melindungi, mempertahankan dan menjamin keberagaman yang ada. Hal itu juga bisa menjadi modal untuk menuju Indonesia Emas pada tahun 2045 mendatang.

"Manakala kita mampu menjaga persatuan dan kesatuan, pertumbuhan ekonomi, SDM unggul, semua bisa berjalan apabila stabilitas keamanan persatuan kesatuan bisa kita pertahankan," jelas Sigit.

Karenanya, Sigit menekankan, kesatuan dan persatuan harus betul-betul dijaga dan dipertahankan karena merupakan tujuan nasional Bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, Sigit menegaskan, jajaran TNI-Polri jangan mudah terpecah belah dalam melindungi kebebasan umat beragama.

"Karena memang negara kita terdiri dari berbagai macam suku, agama bahasa dan etnis. Dan tentunya itu satu kekuatan yang harus kita pertahankan," kata Sigit.

Persatuan dan kesatuan, kata Sigit, sudah dapat dibuktikan dari penanganan dan pengendalian Pandemi Covid-19. Saat ini, laju pertumbuhan virus corona sudah jauh lebih baik. Semua itu, kata Sigit, berkat sinergitas dan gotong royong dari seluruh elemen masyarakat Indonesia.

Di masa sulit Pandemi Covid-19 dewasa ini, menurut Sigit, seluruh beban yang berat akan terasa ringan jika Pemerintah, TNI, Polri dan elemen masyarakat bergandengan tangan dan bersatu padu.

"Dan ini terlihat dimasa sulit kita pada saat kita menghadapi Pandemi Covid-19, seluruh elemen masyarakat bersatu. TNI-Polri, Pemda, Pemerintah Pusat, masyarakat, relawan bersatu padu untuk bergerak bersama menghadapi Covid-19. Alhamdulillah, bulan Juli lalu kita hadapi angka Covid-19, yang sangat tinggi. Terjadi situasi gelombang kedua yang akibatnya banyak warga dan keluarga kita masuk rumah sakit. Namun hari ini angka bisa kita kendalikan. Positivity Rate-nya di bawah 1," tutup Sigit.