31 March 2022

Anggota Polsek Bantul Laksanakan Pengajian Rutin

Anggota Polsek Bantul melaksanakan pengajian rutin di Mushola Al Ittihad Polsek Bantul, Kamis (31/3/2022).

Pengajian diawali dengan pembacaan Surah Yasin yang dipimpin oleh Kanit Samapta Polsek Bantul, AKP Sudiasih.

Kegiatan pengajian ini merupakan rutinitas anggota Polsek Bantul yang beragama muslim setiap minggunya. Pengajian ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. (Humas Polsek Bantul)

Personel Polsek Bantul Laksanakan Pengajian Pembacaan Surah Yasin

Personel Polsek Bantul melaksanakan pengajian pembacaan Surah Yasin bertempat di Mushola Al Ittihad Polsek Bantul, Kamis (31/3/2022) pukul 08.00 WIB. 

Kegiatan dipimpin oleh Kanit Samapta Polsek Bantul AKP Sudiasih.

Kegiatan yang merupakan rutinitas anggota yang beragama Muslim ini biasa digelar seminggu sekali, bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. (Humas Polsek Bantul)


Bhabinkamtibmas Desa Argorejo Aktif Laksanakan Pengamanan Vaksinasi Covid-19

Untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi berjalan dengan aman, tertib dan lancar, Bhabinkamtibmas Kalurahan Argorejo Aiptu Murgiyadi S.I.Kom., melakukan pendampingan sekaligus pengamanan kegiatan vaksinasi dosis 1, 2 dan Boster yang di selenggarakan di Puskesmas 2 Sedayu Kabupaten Bantul, Kamis (31/3/2022)  pukul 08.00 WIB.

Kegiatan Vaksinasi tersebut di selenggarakan oleh Tenaga Kesehatan dari Puskesmas 2 Sedayu. Sebelum pelaksanaan vaksinasi para warga terlebih dahulu mengikuti beberapa tahapan diantaranya malakukan pendaftaran di lanjutkan dengan pemeriksaan secreening yang meliputi pengecekan suhu tubuh, tensi serta pemeriksaan riwayat penyakit.Jika di nyatakan memenuhi syarat yang telah di tentukan maka di lanjutkan untuk pemberian vaksin.

Pendampingan serta pengamanan yang di laksanakan dalam kegiatan Vaksinasi tersebut dengan harapan pelaksanaan vaksinasi dapat berjalan dengan baik, tertib, aman serta dapat sesuai dengan tahapan yang telah di tentukan oleh tim tenaga kesehatan dari Puskesmas 2 Sedayu Bantul.

Selain melaksanakan pemantauan dan pengamanan, anggota Bhabinkamtibmas Aiptu MURGIYADI S.I.Kom., juga memberikan himbauan Kamtibmas serta himbauan tentang pentingnya penerapan Protokol kesehatan ( prokes ) kepada warga binaannya, sehingga bisa secepatnya dapat memutus mata rantai penyebaran virus covid -19.

Setelah selesai di Vaksinasi covid 19 petugas medis meminta agar warga menunggu selama 30 menit. petugas kesehatan akan memantau dan mengobservasi kemungkinan terjadinya gejala atau reaksi pasca imunisasi (KIPI). beberapa gejala yang biasa terjadi adalah nyeri, kemerahan,bengkak pada area bekas suntikan demam dan nyeri otot.

Kita terus memberikan pelayanan terbaik demi mewujudkan masyarakat yang sehat dan produktif.


Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Sambangi Warga Binaan

Untuk memberikan rasa aman serta nyaman kepada warga masyarakat, Polsek Bantul dengan mengedepankan anggota Bhabinkamtibmas dengan metode sambang ke warga binaan.

Salah satunya dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi SH yang menyambangi warga binaannya di Dusun Nogosari Trirenggo Bantul, Kamis (31/3/2022).

Dalam kesempatan tersebut Aipda Amat Riyadi SH menyampaikan pesan-pesan kamtibmas serta mengajak warga untuk bersama-sama menjaga kamtibmas. Selain itu,memberikan himbauan prokes pencegahan penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Bantul)

Tingkatkan Sinergitas, Bhabinkamtibmas Kalurahan Timbulharjo Turut Serta Dalam Pelatihan Pertolongan Pertama

Dalam rangka menunjang keberhasilan tugas-tugas Kepolisian melalui sinergitas, Bhabinkamtibmas Kalurahan Timbulharjo Polsek Sewon Aiptu ibnu Wakhid SH turut serta dalam kegiatan FPRB Kalurahan Timbulharjo dalam pelatihan Pertolongan Pertama yang diselenggarakan oleh FPRB Bantul, BPBD Bantul dan PMI Kabupaten Bantul di aula Kalurahan Timbulharjo Sewon Bantul, Rabu (30/03/2022) sore.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Lurah Timbulharjo Anif Arkham Haibar S.Pd , Kepala BPBD Kabupaten Bantul Waljito, Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aipda Wawan Giyarto S.Psi, Babinsa Koramil Sewon dan FPRB Kalurahan Timbulharjo dengan mengundang instruktur dari BPBD Kabupataen Bantul dan PMI Kabupaten Bantul.

Aiptu Ibnu Wakhid menjelaskan, tujuan diadakannya pelatihan pertolongan pertama untuk FPRB tersebut guna memberikan pembekalan bagi siapa saja yang tidak termasuk dalam kategori petugas medis dan agar setiap orang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang medis mampu untuk melakukan pertolongan pertama pada korban yang mengalami kasus kegawatdaruratan di lokasi kejadian.

“Upaya menjaga kesehatan harus disertai pengetahuan kesehatan yang luas, karena pengetahuan dapat melahirkan kesadaran untuk peduli dan menjaga kesehatan diri. Tetapi bila sakit yang kita derita hanya luka kecil atau kecelakaan ringan, maka diperlukan pertolongan yang cepat agar tidak semakin parah,” terang Aiptu Ibnu Wakhid. ( Humas Polsek Sewon )


Bhabinkamtibmas Pendowoharjo Dampingi Warga Binaanya Laksanakan Vaksinasi Booster Di SMAN 1 Srandakan

Dalam rangka mendukung kegiatan Vaksinasi Booster dan memutus penularan Covid-19, Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Polsek Sewon Polres Bantul Aipda Wawan Giyarto S.Psi melaksanakan pendampingan kepada warga Kalurahan Pendowoharjo yang mendapatkan vaksinasi Covid-19 Dosis 3 yang dilaksanakan di SMAN 1 Srandakan yang diselenggarkan oleh Urkes Polres Bantul, Rabu (30/03/2022) pagi.

Dalam kegiatan tersebut Aipda Wawan mengatakan bahwa sebelum pelaksanaan Vaksin, seluruh peserta terlebih dahulu melaksanakan beberapa tahapan yang harus dilewati. Baru setelah dinyatakan sehat dan memenuhi syarat bisa dilaksanakan Vaksinasi Booster.

Pendampingan serta pengamanan yang kami laksanakan ini bisa dapat berjalan dengan baik aman dan sesuai tahapan bahwa vaksin tersebut sudah diberikan kepada warga. “Sebelum divaksin warga harus cek tensi dan suhu badan oleh petugas kesehatan, input data, screening kemudian baru penyuntikan vaksin. Setelah divaksin peserta harus menunggu kurang lebih 30 menit untuk mengetahui apakah ada reaksi dari vaksin tersebut,” terang Aipda Wawan Giyarto S.Psi.

Pada kesempatan tersebut Bahbinkamtibmas Pendowoharjo berpesan kepada warga penerima vaksin, meskipun sudah divaksin diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah. ( Humas Polsek Sewon )


Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Sambangi Pos Satpam Kampus Politeknik AKT

Untuk memberikan pelayanan serta menjalin kemitraan dengan masyarakat, Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Aiptu Jedik Praptowo melaksanakan patroli sambang di Pos Satpam Kampus Politeknik AKT, Jalan Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Rabu (30/3/2021).

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo menyampaikan himbauan kamtibmas kepada Satpam agar meningkatkan kewaspadaan terhadap keamanan lingkungan dan memperhatikan setiap tamu dengan memeriksa identitasnya.

Selain itu, Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo juga menghimbau untuk selalu disiplin dan menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan 5M. (Humas Polsek Sewon)

Kapolsek Kasihan Hadiri Pelantikan Pengurus RAPI Kapanewon Kasihan Periode 2022-2026

Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho Wibowo SH menghadiri acara pelantikan Pengurus RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) Lokal Kapanewon Kasihan periode 2022-2026 di Aula Joglo Kapanewon Kasihan, Kasihan, Bantul, Rabu (30/3/2022).

Hadir di antaranya Panewu Kasihan Subarta S.Sos M.Si, Danramil Kasihan Mayor Arm. Mespan, Jawatan Keamanan Kapanewon Kasihan, Paksikaton Kapanewon Kasihan, FPRB Kapanewon Kasihan, Ketua RAPI DIY Ir. RM. Nurdiantoro, Ketua RAPI Kabupaten Bantul Drs. Riyantono M.Si dan Pegurus RAPI Kapanewon Kasihan.

Dalam kepengurusan yang baru ini sebagai Ketua RAPI Kapanewon Kasihan, Ngadiyo.

Dengan slogan "Nyawiji, Ngabekti dan Migunani" RAPI Kapanewon Kasihan berkomitmen akan bersinergi, tanggap dan berupaya untuk berinovasi dalam rangka membantu pemerintah terutama menyangkut kesejahteraan sosial.

RAPI merupakan organisasi yang lahir dengan komitmen serta kebersamaan dengan niat dan keikhlasan untuk berbuat.

Dengan dikukuhkannya kepengurusan RAPI Kapanewon Kasihan kemitraan dengan pemerintah dalam hal kebencanaan bisa berjalan dengan baik, bagaimana RAPI ini bisa menjadi mata dan telinga sehingga apa yang terjadi di pelosok bisa cepat diselesaikan oleh pemerintah.

RAPI Kapanewon Kasihan menjadi mitra strategis Forkopimkap Kasihan untuk menyukseskan program pembangunan, bisa membantu pemerintah dalam menyampaikan programnya ke masyarakat.

Panewu Kasihan mengucapkan selamat bertugas kepada Pengurus RAPI Lokal Kapanewon Kasihan periode 2022-2026 agar selalu bermanfaat bagi masyarakat. (Humas Polsek Kasihan)

Kanit Samapta Polsek Sedayu Hadiri kegiatan Pemberdayaan Kaum Rois

Kanit Samapta AKP Wahono mewakili Kapolsek Sedayu menghadiri kegiatan Pemberdayaan Kaum Rois se Kab.Bantul tahun 2022, di Aula Kalurahan Argorejo,Sedayu,Bantul Kapanewon Sedayu, Rabu (30/3/2022) pukul 09.00 WIB.

Dalam pemberdayaan ini berkaitan dengan menjelang bulan ramadhon 1443 H yang dimulai secara Nasional berpuasa hari Sabtu tanggal 2 April 2022.

Baputi bantul yang diwakili Drs.Edy Bowo Nurcahyo,MA Kabag kesra menyampaikan pesan kepada kaum rois se wilayah Bantul khusunya Sedayu bahwa Bupati menyakini se yakin - yakinnya bahwa bopo kaum rois di argorejo bersama lurah bisa menjadi garda terdepan dalam membangun aklhak masyarakat

Di saat suasana sekarang masih pandemi covid 19, dan manyakini covid bisa selesai dengan di atasi bersama-sama, Bupati menyakini para kaum rais lurah bisa mengarahkan kepada masyarakat untuk taat prokes

Bupati minta kepada Panewu,Kapolsek, Danramil,Lurah agar gotong royong dibangun terus,supaya masyarakat bisa tentram. Sebagai rasa persaudaraan dengan  penyerahan simbolis tali asih kepada seluruh kaum rois berupa sarung peci  se Kapanewon  Sedayu.


30 March 2022

Tinjau Pasar Muntilan, Kapolri Minta Pedagang Laporkan Jika Distribusi Minyak Curah Terganggu

Jawa Tengah - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta kepada para pedagang untuk aktif melaporkan ke personel kepolisian atau pihak terkait lainnya apabila mengalami gangguan distribusi ketersediaan minyak goreng jenis curah di pasaran.

Imbauan tersebut disampaikan Sigit saat memantau langsung serta melakukan dialog bersama para pedagang terkait ketersediaan dan harga penjualan minyak curah di Pasar Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (30/3/2022).

"Tadi saya sampaikan ke pedagang yang menjual ke masyarakat dan juga ke distributor. Kalau ada kendala di lapangan terkait pasokan terganggu tolong diinformasikan ke anggota kami di lapangan baik satgas daerah ataupun teman-teman yang kita minta mengontrol langsung di pasar," kata Sigit usai melakukan tinjauan langsungnya.

Sigit menjelaskan, dengan pedagang berperan aktif dalam menyampaikan informasi soal proses distribusi minyak goreng curah, maka diharapkan ketersediaan dari bahan tersebut tidak terganggu untuk memenuhi kebutuhan dari masyarakat.

Dengan terjaminnya stok untuk masyarakat, Sigit menyebut, hal itu juga akan memengaruhi harga penjualan dari minyak goreng jenis curah. Sehingga, masyarakat bisa mendapatkan minyak itu dengan harga eceran tertinggi (HET) sebagaimana kebijakan yang ditetapkan Pemerintah.

"Kemudian kita bisa bantu menelusuri sumbatannya dimana. Sehingga bisa dilakukan langkah-langkah agar stok bisa kembali ada di pasar. Tentunya ini akan kita lakukan setiap hari dan saya minta seluruh wilayah untuk melakukan hal yang sama mengontrol langsung distribusi minyak curah," ujar eks Kabareskrim Polri ini.

Sementara itu, berdasarkan dialog langsungnya di Pasar Muntilan, Sigit mengungkapkan bahwa, para pedagang mengaku beberapa hari ke belakang sempat mengalami kelangkaan stok minyak goreng curah. Namun saat ini, kata Sigit, ketersediaan minyak goreng curah di tempat tersebut sudah tersedia untuk memenuhi kebutuhan dari masyarakat.

Tak hanya itu, Sigit menyatakan, dari hasil pemantauannya para pedagang pasar telah menjual minyak curah sesuai dengan harga eceran tertinggi yang diatur Pemerintah, yakni Rp15.500/kilo.

"Kami tanyakan ke distributor yang mengambil minyak curah dari wilayah Semarang. Dari perjalanan distribusi yang ada, setelah kita lihat dari semua kebutuhan pedagang kurang lebih 30 pedagang minyak curah rata-rata semuanya sudah mendapatkan stoknya. Harapan kita kedepan ini akan terus terjaga dan kita harapkan tak ada masalah," ucap mantan Kapolda Banten itu.

Lebih dalam, demi memastikan stok minyak curah tersedia untuk masyarakat, Sigit menegaskan bahwa telah menerjunkan personel kepolisian untuk melakukan pemantauan serta pengawasan mulai dari pihak produsen, distributor hingga di pasar-pasar.

Dengan adanya hal itu, Sigit berharap, minyak goreng curah ketersediaannya akan terjamin bagi kebutuhan masyarakat untuk saat ini dan kedepan ketika memasuki bulan Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri.

"Dan ini sudah ada mekanismenya dan kita dalam posisi memantau jangan sampai terjadi penyalahgunaan apalagi mencari untung dengan tindakan yang tidak dibenarkan. Saya kira dalam hal ini saya akan melakukan langkah-langkah. Harapan kita dalam kondisi ini barang cukup, masyarakat bisa mendapatkan barang dengan cepat karena ini memang di masa mendekati bulan Ramadan, kebutuhan masyarakat untuk sembako akan meningkat dari biasanya," tutup Sigit.

Satgas Damai Cartenz Lakukan Tindakan Tegas ke Pimpinan KKB Ndeotadi Toni Tabuni Karena Melawan saat Ditangkap

Jakarta - Satuan Tugas Penegakan Hukum (Satgas Gakkum) Ops Damai Cartenz melakukan tindakan tegas terukur kepada pimpinan KKB Ndeotadi, Toni Tabuni, karena melakukan perlawanan saat dilakukan penangkapan.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengungkapkan, penangkapan tersebut dilakukan pada 29 Maret, malam hari waktu setempat.

"Tim melakukan penangkapan terhadap target Toni Tabuni. Namun karena yang bersangkutan berusaha melawan sehingga di lakukan tindakan tegas yang mengakibatkan target meninggal dunia," kata Ramadhan kepada wartawan, Jakarta, Rabu (30/3).

Ramadhan memaparkan bahwa, Toni Tabuni diketahui terlibat serta berperan dalam beberapa aksi teror kejahatan kelompok kriminal bersenjata tersebut. Diantaranya adalah, melakukan aksi kekerasan terhadap aparat serta merampas senjata.

Kemudian, Toni Tabuni juga diduga terlibat dalam beberapa aksi penembakan terhadap masyarakat yang dimana dalam peristiwa tersebut mengakibatkan korban meninggal dunia dan luka-luka.

Bahkan, Toni Tabuni juga disebut terlibat dalam tindak kejahatan pembakaran bandara di Papua. Ia juga beberapa kali terlibat dalam kontak senjata dengan aparat.

Ramadhan menambahkan, saat ini, jenazah Toni Tabuni telah dibawa ke Rumah Sakit (RS) Nabire untuk kepentingan pemeriksaan. Menurut Ramadhan, situasi kamtibmas saat ini masih berjalan aman dan kondusif.

"Situasi hingga saat ini masih berjalan aman dan kondusif," tutup Ramadhan.

Hasil Pantauan Stok Minyak Goreng Oleh Tim Satgas Pangan Polres Bantul

Tim Satgas Pangan Polres Bantul hari ini melakukan pemantauan ketersediaan minyak goreng di gudang distributor dan toko grosir di wilayah Bantul, Rabu (30/3/2022).

Gudang distributor yang didatangi petugas antara lain CV. Tiga Saudara (Trio Hutama), PT. Sinar Mas Distribusi Nusatara dan PT. Purbalaksana Mandiri, serta Toko Grosir Lestari.

Adapun hasil pengecekan ketersediaan minyak goreng di wilayah Bantul sebagai berikut :

1. CV. Tiga Saudara (Trio Hutama)
- Stok minyak goreng Fraiswell Botol 1 liter 407 karton 6 pcs
- Stok minyak goreng Fraiswell Refil 2 liter 150 karton
- Stok minyak goreng Tropical Botol 1 liter 3 karton 11 pcs
- Stok minyak goreng Tropical Botol 2 liter 3.264 karton
- Stok minyak goreng Tropical Jerigen 5 liter 3 karton
- Stok minyak goreng Tropical Refil 1 liter 8 pcs
- Stok minyak goreng Tropical Refil 2 liter 19 karton 3 pcs

2. PT. Sinar Mas Distribusi Nusatara
- Stok minyak goreng 200 ml liter merk Kunci Mas 46 karton
- Stok minyak goreng  5 liter jerigen  merk Kunci Mas 350 karton
- Stok minyak goreng  485 ml liter merk Kunci Mas 2 karton
- Stok minyak goreng  2 liter merk Kunci Mas  97 karton
- Stok minyak goreng 18 liter BIB merk Filma 27 karton
- Stok minyak goreng 18 liter BIB merk Filma Profesional 165 karton
- Stok minyak goreng 18 liter jerigen merk Filma Profesional 302 karton
- Stok minyak goreng 18 liter  jerigen merk Filma 27 karton
- Stok minyak goreng 1 liter botol merk Filma 3 karton
- Stok minyak goreng 5 liter jerigen merk Filma 387 karton
- Stok minyak goreng 2 liter botol merk Filma 7 karton
- Stok minyak goreng 2 liter pouch merk Filma 2.241 karton
- Stok minyak goreng 1 liter pouch merk Filma 143 karton
pengiriman dari kawasan Rungkut Industri – Surabaya

3. PT. Purbalaksana Mandiri
- Merk SunCo 1 liter, stok 1.383 karton
- Merk SunCo 2 liter, stok 3 karton
- Merk Rosebrand 1 liter, stok 2 karton
- Merk Rosebrand 5 liter, stok 27 karton
- Minyak goreng curah stok 54 jerigen
- Minyak goreng curah sudah dalam kemasan plastik 231 plastik,

4. Toko Grosir Lestari
- Merk AMAGO 1 liter, stok 350 karton /karton isi 12 Liter
- Merk AMAGO 2 liter, stok 250 karton
- Stok minyak goreng curah di Toko Lestari kosong

Waka Polda DIY Tinjau Vaksinasi di kampus ITDA

Wakapolda DIY Brigjen Pol R Slamet Santoso SH, SIK meninjau Gerai Vaksin Presisi Bhakti Kesehatan Bhayangkara Untuk Negeri di Kampus ITDA (Institute Teknologi Dirgantara Adisutjipto) yang beralamat Karangjambe Banguntapan Bantul, Rabu (30/3/2022).

Kedatangan Wakapolda DIY disambut langsung oleh Rektor ITDA  Marsda TNI (purn) Dr. Ir. Drs. T. Ken Darmastono, M.Sc bersama Wakil Rektor Dedet ST., MT, Kol (purn) Drs. Syafrudin Abdie, M.Kom serta Staf dan management kampus ITDA.

Pada kesempatan tersebut Wakapolda DIY bersama pejabat utama Polda DIY meninjau langsung pelaksanaan vaksin 1,2 dan Booster diikuti mahasiswa ITDA, karyawan dan warga masyarakat. 

Polsek Banguntapan dipimpin Kanit Samapta AKP Hendry Triyono melaksanakan pengamanan jalur kunjungan PJU Polda DIY. Giat vaksin berlangsung lancar dan tertib menerapkan protokol kesehatan.


Panit Sabhara Polsek Imogiri Turut Serta Kegiatan Edukasi Pencegahan Covid-19

Panit Sabhara Polsek Imogiri Iptu Sudarto mewakili Kapolsek mengikuti kegiatan edukasi pencegahan Covid-19 bersama Forkompim Kapanewon Imogiri di wilayah Kapanewon Imogiri, Bantul, Rabu (30/3/2022) siang.

Kegiatan edukasi tersebut dimpin Kapanewon Imogiri Slamet Santoso SIK bersama Danramil 10 Imogiri Kapten Czi Pangestu, Kepala KUA Imogiri Moh Rois Wusda, Jawatan keamanan Heri Maryanto, Carik, Jogoboyo Kalurahan Karangtalun dan perwakilan Dinas Kesehatan Puskesmas Imogiri.

Dalam kegiatan tersebut petugas juga membagikan masker dan hand sanitizer di Taman Kuliner Imogiri, Imogiri, Bantul. (Humas Polsek Imogiri)

Polsek Piyungan Sosialisasi Larangan Penjualan dan Penggunaan Petasan di Bulan Ramadhan

Mendekati datangnya bulan suci Ramadhan 1443 H yang tinggal beberapa hari lagi, Polsek Piyungan melakukan himbauan serta sosialisasi tentang larangan penjualan serta penggunaan petasan, di Kalurahan Srimartani Piyungan Bantul, Rabu (30/3/2022).

Hal ini dilakukan untuk menciptakan ketertiban dan kenyamanan umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa.

Hari ini Polsek Piyungan melalui Unit Intelkam dan Unit Binmas mensosialisasikan larangan tersebut kepada Pamong dan Dukuh untuk diteruskan ke warganya.

Pada kesempatan tersebut Kanit Intelkam AKP Wido Dwiono SH juga berpesan selama pandemi Covid 19 dalam menjalankan ibadah sholat taraweh tetap menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker. (Humas Polsek Piyungan)

Kapolsek Bantul Lepas Ipda Lanji Yang Sudah Memasuki Masa Purna Tugas

Polsek Bantul melepas Ipda Lanji yang sudah memasuki masa purna tugas. Pelepasan dilaksanakan dihalaman Mapolsek Bantul setelah kegiatan apel pagi, Rabu (30/3/2022).

Acara pelepasan dipimpin oleh Kapolsek Bantul AKBP Ayom Yuswandono SH dilaksanakan secara sederhana.

Ipda Lanji yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi ini dikenal sangat dekat dengan warga binaannya dan selalu ada di tengah masyarakat pada setiap kesempatan dan disiplin dalam tugas.

Kata pamit dan permohonan maaf disampaikan oleh Ipda Lanji kepada Kapolsek Bantul dan seluruh personel.

“Purna tugas bukan berarti purna juga persaudaraan kita, walaupun saya sudah purna tugas namun saya mohon kekeluargaan di antara kita akan tetap terjalin sampai kapanpun. Semoga kedepan, Polri khususnya Polsek Bantul semakin baik dan profesional, Aamiin," ucap Ipda Lanji.

Sementara itu, Kapolsek Bantul AKBP Ayom Yuswandono SH atas nama Keluarga Besar Polsek Bantul menyampaikan rasa terima kasih atas pengabdian serta dedikasi yang tinggi Ipda Lanji selama bertugas di Polsek Bantul.

“Saya dan seluruh anggota hanya bisa mendoakan semoga dalam menjalani masa purna tugas, Ipda Lanji selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Amiiin,” tuturnya.

Pada pelepasan tersebut Kapolsek Bantul memberikan tali asih kepada Ipda Lanji sebagai tanda ucapan terima kasih dalam pengabdiannya sebagai anggota Polri. (Humas Polsek Bantul)

Kapolres Bantul Tinjau Vaksinasi Booster di SMA Negeri 1 Srandakan

Bentuk dukungan Polri terhadap pemerintah, percepatan vaksinasi terus digelar. Hari ini Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK meninjau pelaksanaan vaksinasi booster di SMA Negeri 1 Srandakan Bantul, Rabu (30/3/2022) pagi.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Bantul mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada tim Vaksinator dari Poliklinik Wira Pratama Polres Bantul atas pelaksanaan vaksinasi yang bertajuk Vaksinasi Serentak Polres Bantul dalam rangka Operasi Aman Nusa II Progo 2022 ini.

Kapolres mengatakan, percepatan vaksinasi Covid-19 booster tersebut diperuntukkan bagi pelajar dan masyarakat umum dengan target 200 orang.

”Percepatan vaksinasi Covid-19 khususnya Booster ini untuk mengantisipasi Covid-19 varian baru Omicron. Selain itu, diharapkan semua pihak turut aktif menyampaikan edukasi kepada masyarakat,” imbuhnya.

Dihimbau kepada seluruh warga masyarakat yang sudah melaksanakan vaksin, agar tetap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitasnya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (Humas Polres Bantul)

Patroli Malam Polsek Kasihan Ciptakan Kamtibmas Yang Aman Kondusif

Untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di malam hari, Polsek Kasihan menggelar kegiatan patroli, Selasa (29/3/2022) malam hingga dini hari. Kegiatan patroli Polsek Kasihan kali ini dipimpin Pawas Iptu Sukarta.

Patroli malam Polsek Kasihan dilaksanakan secara kontinyu guna menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kapanewon Kasihan, sehingga situasi tetap aman kondusif.

Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho Wibowo SH ditemui terpisah menjelaskan, kegiatan patroli malam merupakan kegiatan patroli yang ditingkatkan oleh Polsek Kasihan guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya tindak kejahatan khususnya di malam hari.

Kegiatan patroli, imbuh Kapolsek, dengan sasaran perkantoran, perbankan, pergudangan dan pemukiman penduduk.

“Patroli ini untuk menghadirkan sosok Polri yang siap melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat, kapanpun dan dimanapun,” pungkas Kapolsek Kasihan. (Humas Polsek Kasihan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Timbulharjo Amankan Vaksin Booster di Balai Kalurahan

Untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi berjalan dengan aman, tertib, dan lancar Bhabinkamtibmas Kalurahan Timbulharjo Aiptu Ibnu Wakhid,S.H., melakukan pendampingan serta pengamanan kegiatan vaksinasi dosis ketiga (booster). Yang dilaksanakan di gedung serbaguna komplek Kalurahan Timbulharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Rabu (30/03/2022), pagi.

Aiptu Ibnu Wahkid disela melaksanakan pengamanan mengatakan sebelum pelaksanaan vaksinasi, para warga yang akan divaksin terlebih dahulu mengikuti beberapa tahapan diantaranya melaksanakan pendaftaran, dilanjutkan dengan pemeriksaan screening yang meliputi pengecekan suhu tubuh, serta pemeriksaan riwayat penyakit. Jika memenuhi syarat yang ditentukan maka  bisa dilanjutkan untuk pemberian vaksin.

“Pendampingan serta pengamanan yang kami laksanakan dalam kegiatan  vaksin tahap booster ini, dengan harapan pelaksanaan vaksinasi bisa dapat berjalan dengan baik dan aman serta sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan oleh tim kesehatan dari Puskesmas Sewon 1,” ujar Aiptu Ibnu.

Selain mengadakan pemantauan, pihaknya juga memberikan himbauan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) terhadap warga binaannya. Sehingga diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sementara Kapolsek Sewon Kompol Suyanto,S.H., menerangkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas dalam pengamanan vaksinasi senantiasa sebagai wujud kepedulian Bhabinkamtibmas kepada warganya. Selain itu, juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman pelaksanaannya dan dapat berjalan dengan tertib dan lancar.

“Kita terus memberikan pelayanan terbaik demi mewujudkan masyarakat yang sehat dan produktif,” pungkasnya. (Humas Polsek Sewon)


29 March 2022

DivHubinter Polri Berkontribusi Kembangkan Strategi Keamanan Regional Melanesian Spearhead Group

Jakarta - Divisi Hubungan Internasional (DivHubinter) Polri berkontribusi serta berperan aktif dalam mengembangkan strategi keamanan regional kepada Melanesian Spearhead Group (MSG).

Hal itu disampaikan oleh Kadiv Hubinter Irjen Johni Asadoma dalam acara serah terima sumbangan sukarela dari Polri hingga kelompok tombak Melanesia untuk mengembangkan strategi keamanan regional di Hotel Sheraton Grand Jakarta Gandaria City, Jakarta Selatan, Selasa (29/3).

"Atas nama Pemerintah Republik Indonesia, Polri mendapat kehormatan menjadi tuan rumah acara serah terima sumbangan sukarela Polri kepada Melanesian Spearhead Group (MSG) guna mengembangkan strategi keamanan kawasan," kata Johni kepada wartawan.

Johni menjelaskan, hal ini terwujud dari hasil Pertemuan Menteri Kepolisian (PMM) MSG kedua yang dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2017, lalu, di Jakarta. Dalam hal itu, PMM menyambut baik inisiatif Polri untuk turut andil dalam kontribusi keuangan guna mendukung pengembangan Keamanan Wilayah MSG Regional Security Strategy (RSS).

"Polri dengan bangga mengumumkan bahwa inisiatif tersebut di atas telah terpenuhi hari ini, melalui selesainya acara serah terima, dan transfer dana sebesar seratus ribu US Dollar, dari Polri ke Sekretariat MSG," ujar Johni.

Johni menekankan, Polri berharap dapat bekerjasama dengan anggota RSS lainnya dan Sekretariat dalam memanfaatkan dan menyalurkan sumbangan sebagaimana mestinya. Ia juga memastikan, Polri berkomitmen menjadi tuan rumah RSS WG Meeting ke-4 mendatang yang sempat ditunda sejak 2020 karena Pandemi.

Menururnya, dalam hal ini, Polri berpandangan bahwa hubungan konstruktif antara Indonesia dan MSG akan terus saling menguntungkan, dan selalu menjalin dan menghormati kedaulatan masing-masing anggota.

"Polri akan bekerja sama dengan Anggota RSS dan Sekretariat lainnya untuk memutuskan tanggal yang lebih disukai kadang-kadang pada minggu terakhir Mei 2022 dan pengaturan lain yang sesuai yang diperlukan untuk mengatur pertemuan. Mengingat situasi pemulihan Pandemi, Polri masih mengkaji kemungkinan untuk menyelenggarakan RSS WG ke-4 secara fisik di Indonesia," tutup Johni.

Kapolri Kejar Target Vaksin Booster Agar Warga Miliki Kekebalan Jalani Aktivitas Ramadan

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau secara langsung kegiatan akselerasi vaksinasi yang diselenggarakan bersama dengan elemen mahasiswa, BEM dan Organisasi Kepemudaan (OKP) di Gelanggang Olahraga Universitas Trisakti, Jakarta, Selasa (29/3/2022).

Kegiatan akselerasi vaksinasi tersebut juga diselenggarakan secara serentak di 5.225 titik pada 34 Provinsi seluruh Indonesia. Adapun, jumlah target vaksinasi secara nasional yang dilaksanakan pada hari ini sebanyak 1.129.668, yang terdiri untuk dosis I, dosis II dan dosis III atau booster.

"Target kita hari ini, kita laksanakan vaksinasi serentak gabungan dengan 34 wilayah atau provinsi, harapannya kita bisa berada di angka minimal 1.129.668. Jadi kenapa ini menjadi hal penting, karena kita tahu bahwa saat ini kita akan memasuki bulan Ramadan dan Pemerintah sudah mengumumkan bahwa aktivitas di bulan Ramadan diberlakukan normal," kata Sigit usai meninjau kegiatan tersebut.

Dengan adanya kebijakan Pemerintah terkait aktivitas di bulan Ramadan tersebut, Sigit menyebut akan mengoptimalkan akselerasi vaksinasi dosis III. Menurutnya, dengan terlaksananya percepatan vaksinasi booster, maka hal itu akan meningkatkan imunitas ataupun kekebalan masyarakat terhadap virus Covid-19.

Jika memiliki kekebalan dan tingkat imunitas dengan vaksinasi booster, kata Sigit, masyarakat akan semakin aman dan tenang ketika menjalani seluruh rangkaian aktivitas di bulan Ramadan hingga perayaan Hari Raya Idul Fitri mendatang.

"Oleh karena itu menghadapi bulan Ramadan saya minta akselerasi vaksinasi terus ditingkatkan khususnya vaksin booster ketiga. Sehingga pada saat rangkaian kegiatan di bulan Ramadan, kegiatan Halal Bi Halal, kegiatan mudik semua dalam kondisi betul-betul memiliki kekebalan atau imunitas," ujar mantan Kabareskrim Polri itu.

Pada kesempatan ini, Sigit kembali mensosialisasikan atau mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya melengkapi vaksinasi. Sigit menyampaikan, apabila warga telah melengkapi vaksinasi di dosis II, maka akan memiliki kekebalan terhadap Covid-19 sekira 60 hingga 70 persen.

Sedangkan, masyarakat yang melanjutkan dengan suntikan dosis III atau booster, maka kekebalan imunitas terhadap virus corona akan meningkat sebesar 90 persen.

"Sehingga tentunya kita dorong bagaimana kita bisa mempercepat vaksin booster. Sehingga masyarakat kita mendapatkan imunitas kekebalan minimal 90 persen. Dan ini terus menerus harus kita lakukan," ucap eks Kapolda Banten ini.

Lebih dalam, Sigit juga menaruh perhatian lebih terhadap kelompok masyarakat yang lanjut usia (lansia) terkait kelengkapan vaksinasi baik dosis II dan booster. Mengingat, dalam bulan Ramadan akan ada momentum pelaksanaan mudik.

Dimana, para masyarakat akan mengunjungi orang tua di kampung halamannya masing-masing. Dengan lengkapnya vaksinasi terhadap lansia, maka tidak ada lagi kekhawatiran terjadinya penularan virus corona di klaster keluarga.

"Sehingga tahun ini kita harapkan laju Covid-19 bisa kita kendalikan. Karena ini sangat besar pengaruhnya bagi aktivitas masyarakat selanjutnya. Tentunya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang kita harapkan bisa terus kita jaga di atas angka lima. Dan ini tentunya sangat penting buat perkembangan Indonesia," papar Sigit.

Disisi lain, Sigit menyampaikan apresiasi kepada elemen pemuda dan mahasiswa yang ikut berperan aktif dalam akselerasi vaksinasi bagi masyarakat. Menurut Sigit, pengendalian Pandemi Covid-19 di Indonesia memang diperlukan kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat.

"Sekali lagi, terima kasih Pak Rektor, rekan-rekan mahasiswa, rekan-rekan OKP dan aliansi yang terus selama ini berkontribusi kerjasama dengan kita untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi. Tentunya kita harapkan kedepan terus kita tingkatkan," tutur Sigit.

Selain meninjau langsung, Kapolri juga melakukan dialog interaktif secara virtual untuk memberikan pengarahan pengendalian Pandemi Covid-19, pada seluruh titik vaksinasi massal yang terselenggara di 34 Provinsi Indonesia.

Unit Samapta Polsek Banguntapan Laksanakan Pengamanan Vaksinasi Booster dan Patroli Wilayah

Laporan Program Prioritas Kapolri, Program 7 Giat 25 Tahun 2022 tentang pelibatan personel Samapta dalam mendukung pencegahan penyebaran Covid-19, Unit Samapta Polsek Banguntapan dipimpin Kanit Samapta AKP Hendry Triyono melaksanakan pengamanan vaksinasi booster (dosis 3) untuk warga Kapanewon Banguntapan di Puskesmas Banguntapan 1, Bantul, Selasa (29/3/2022).

Disamping melaksanakan pengamanan, petugas juga memberikan himbauan disiplin protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Dari hasil pantauan di lapangan, warga masyarakat sangat antusias mengikuti vaksinasi booster yang merupakan salah satu upaya untuk sehat dan mencegah penyebaran Covid-19.

Sementara itu, setelah pantau pengamanan vaksinasi booster dilanjutkan patroli kewilayahan untuk menciptakan kamtibmas yang aman kondusif, serta cegah premanisme dan kriminalitas. Di antaranya menyambangi Qhomemart Banguntapan mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. (Humas Polsek Banguntapan)

Ciptakan Kamseltibcar Lantas, Petugas Polsek Bantul Bantu Anak Sekolah Menyebrang Jalan

Sebagai wujud pelayanan serta kepedulian terhadap keselamatan anak-anak sekolah dan masyarakat pada umumnya, anggota Polsek Bantul meningkatkan kegiatan pengamanan dan pengaturan jalan dengan membantu anak-anak sekolah menyeberang jalan.

Kali ini anggota Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi SH melakukan pengaturan arus lalu lintas serta membantu menyeberangkan anak-anak sekolah di depan SMP N 1 Bantul, Selasa (29/3/2022) pagi.

Kapolsek Bantul AKBP Ayom Yuswandono SH mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan rasa aman kepada anak-anak sekolah, terlebih saat menyeberang jalan menuju sekolah serta keselamatan  pengguna jalan yang lain baik yang menggunakan kendaraan maupun pejalan kaki.

“Kegiatan ini dilakukan setiap pagi hari terutama di depan sekolah-sekolah yang bersinggungan langsung dengan jalan raya, tujuannya tidak lain untuk membantu anak sekolah menyeberang jalan menuju ke sekolah,” terang Kapolsek.

Dalam kegiatan itu juga memberikan pengetahuan dan edukasi kepada para siswa tentang tata cara menyeberang jalan jika petugas tidak ada di lokasi dan memastikan jalan tersebut aman. (Humas Polsek Bantul)

Patroli Polsek Bantul Sambangi Security PT. CMPN Bantul

Personel Polsek Bantul melaksanakan patroli antisipasi gangguan kamtibmas di wilayah Kapaneown Bantul, Bantul, Selasa (29/3/2022)

Dalam kegiatan patroli kali ini petugas menyambangi PT. CMPN Bantul.

Dalam kegiatan tersebut petugas menyampaika pesan-pesan kamtibmas kepada security agar selalu meningkatkan kewaspadaan serta melakukan kontrol di lingkungan perusahaan. (Humas Polsek Bantul)

Operasi Aman Nusa II Progo 2022, Polres Bantul Bagikan Ratusan Masker di Pasar Ngipik

Polres Bantul melaksanakan kegiatan Operasi Aman Nusa II Progo 2022 dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dengan membagikan masker gratis di Pasar Ngipik, Selasa (29/3/2022).

Selain membagikan masker, kegiatan yang dipimpin Paur Subbagdalops Bagops Polres Bantul Aiptu Agus Suryanto SH MH ini juga memberikan imbauan protokol kesehatan serta kamtibmas kepada pedagang dan pengunjung Pasar Ngipik.

"Kegiatan Operasi Aman Nusa II Progo 2022 ini dalam rangka percepatan penanganan Covid-19, kami mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di luar rumah untuk patuhi prokes," jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut petugas membagikan ratusan masker secara gratis kepada warga pasar. Pihaknya juga memeberikan edukasi serta mengingatkan kembali akan pentingnya melaksanakan prokes untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Humas Polres Bantul)


Jelang Ramadhan, Satgas Pangan Polres Bantul Cek Minyak Goreng

Satgas Pangan Polres Bantul melakukan pengecekan ketersediaan minyak goreng curah dan gula pasir, Selasa (29/3/2022). Pengecekan dilakukan mulai dari distributor hingga ke agen dan pasar tradisional.

"Kami dari Satreskrim Polres Bantul yang tergabung dalam Satgas Pangan Polres Bantul melaksanakan pemantauan harga minyak goreng curah atau minyak kemasan," ujar Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Archye Nevadha.

Dari pantauan di Pasar Bantul, lanjut Archye, petugas mengecek langsung ke pedagang minyak goreng curah. Satgas Pangan menanyai para pedagang terkait harga komoditas bahan pokok tersebut.

“Sampai saat ini belum ditemukan adanya praktek penimbunan minyak goreng di Bantul,” katanya.

Dari pantauan, di tempat-tempat distributor dan pusat perbelanjaan, swalayan, supermarket, hingga penjual minyak goreng di Bantul, ketersediaan minyak goreng aman sampai sampai beberapa hari ke depan.

Pemantauan ini dilakukan Satgas Pangan Polres Bantul bertepatan dengan jelang datangnya bulan suci Ramadhan. Tujuannya untuk mengecek ke pasaran terkait harga komoditas bahan pokok khususnya minyak goreng.


Kapolsek Kretek Jenguk Istri Anggota Yang Sakit

Kapolsek Kretek Kompol Yosephine Iswantari S.Psi bersama anggotanya menjenguk istri anggota Polsek Kretek yang sedang sakit di rumahnya, Kretek, Bantul, Selasa (29/3/2022).

Yakni istri dari Briptu Sidiq anggota Unit Reskrim Polsek Kretek.

Kegiatan ini merupakan wujud empati dan kepedulian Keluarga Besar Polsek Kretek terhadap keluarga anggota yang sedang kait.

Menurut Kapolsek Kretek bahwa salah satu hal yang paling utama dalam sebuah organisasi adalah kebersamaan serta kepedulian antara sesama anggota dan pimpinan, sehingga hubungan yang baik akan terus terjalin. (Humas Polsek Kretek)

Personel Polsek Imogiri laksanakan pengamanan Vaksinasi di Gedung olah raga Kalurahan Sriharjo

Personel Polsek Imogiri Polres Bantul yang di pimpin Kapolsek  Imogiri Kompol Sumanto SH melaksanakan pengamanan kegiatan vaksinasi tahap 1,2 dan 3 jenis Sinovac, Sinopram, Pvzer, astrazeneca, Moderna, oleh Dinas Kesehatan Provinsi DIY, BIN dan Pemerintah Kalurahan  di Gedung olah raga Kalurahan Sriharjo, Selasa (29/3/2022).

 Kegiatan pengamanan ini dilakukan sebagai bentuk pelayanan keamanan kepada masyarakat dan dukungan terhadap pelaksanaan program pemerintah untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid 19 khususnya di wilayah hukum Polsek Imogiri Polres Bantul.

Diharapkan dengan pengamanan pelaksanaan  kegiatan bisa berjalan aman dan lancar serta  ketertiban masyarakat tetap aman dan kondusif.

 Kapolsek Imogiri Kompol Sumanto SH,  menyampaikan, kegiatan pengamanan ini merupakan upaya Polri untuk memberikan rasa aman selama proses kegiatan vaksinasi Nasional. (Humas Polsek Imogiri)


Polsek Piyungan Pengamanan Vaksinasi Covid-19 "Sapu Bersih"

Anggota Polsek Piyungan dipimpin AKP Suhirno melaksanakan pengamanan vaksinasi Covid-19 bertajuk "Sapu Bersih" di Balai Kalurahan Srimartani Piyungan Bantul, Selasa (29/3/2022).

Vaksinasi ini terselenggara atas kerjasama Polres Bantul dengan Pemerintah Kalurahan Srimartani. Adapun jenis vaksin yang dipergunakan adalah astrazeneca yang diperuntukan bagi masyarakat umum yakni dosis 1, 2 dan 3 (booster) dengan sasaran awal 1.500 orang.

Pengamanan yang dilakukan Polsek Piyungan bertujuan untuk mencegah timbulnya gangguan kamtibmas serta demi ketertiban selama pelaksanaan vaksinasi.

Pada kesempatan tersebut anggota Polsek Piyungan juga memberikan imbauan protokol kesehatan kepada para peserta vaksin agar selalu memakai masker, menjaga jarak serta tidak berkerumun. (Humas Polsek Piyungan)

Kapolsek Pandak Laksanakan Pengamanan Vaksinasi Boster di Puskesmas Pandak II

Kapolsek Pandak AKP Wartono SH bersama Personel Polsek Pandak melaksanakan Pemantauan dan pengamanan Vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat  bertempat di Puskesmas Pandak II Bantul, Selasa (29/03/2022) jam 09.00 Wib.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Pandak AKP Wartono SH, Kepala Puskesmas Pandak II diwakili Sri Wuryani A.Md.,Keb, Kanit Samapta Ipda Pujiharta, Kanit Propam Aiptu Sutapa Mulyana, Bhabinkamtibmas Kalurahan Triharjo Aipda Subawa SH, Nakes Puskesmas Pandak II dan masyarakat penerima vaksin.

Kapolsek Pandak AKP Wartono SH bersama Personil Polsek Pandak melaksanakan pengamanan dan monitoring Vaksinasi Covid-19 Dosis 3 atau Boster jenis Moderna kepada masyarakat umum. Pada kegiatan tersebut dilaksanakan Vaksinasi dengan target sasaran 168 orang.

Pada kegiatan Vasksinasi Covid-19 tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan Pencegahan penyebaran Covid-19, Yaitu dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan menjaga jarak.  (Polsek Pandak)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Amankan Vaksinasi di Pendopo Kalurahan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aiptu Ali. M laksanakan pengamanan giat Vaksinasi  Covid-19 dosis 1,2 dan 3 di Pendopo Kalurahan Poncosari Srandakan Bantul, Selasa (29/3/2022).

Hadir pada kesempatan tersebut Lurah Poncosari Supriyanto, SE, S. Pt, Petugas vaksinasi Puskesmas Srandakan, Babinkamtibmas Kal. Poncosari Aipda Ali Murtopo, Babinsa Kal. Poncosari Serda Purnama serta Peserta Vaksin.

Peserta vaksin sesuai undangan berjumlah 168 orang. Adapun jenis vaksin sbb :

- Dosis 1 , 2, 3 Astrazeneca

- Dosis 2  pfizer

- Dosis 1 dan 2 sinovac untuk usia 6 th sd 11 th.

Giat vaksin masih berlangsung dengan lancar. (Humas Polsek Srandakan)

Personel Polsek Pajangan bersama Instansi Terkait Edukasi Masyarakat Cegah Penyebaran Covid-19

Personel Polsek Pajangan bersama TNI,relawan dan Forkompimkap  turun ke jalan-jalan hingga pelosok desa untuk mengedukasi masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19, Selasa (29/3/2022).

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi bertambahnya angka positif di wilayah Pajangan. 

“Semoga dengan adanya giat edukasi dengan turun ke jalan masyarakat semakin sadar dan peduli dengan lingkungan, selalu mematuhi protocol kesehatan, menerapkan 5M, dan menghindari kerumunan,“ tutur Kanit Samapta Polsek Pajangan Iptu Darobi. 

Kegiatan berjalan dengan lancar dan menerapkan protocol kesehatan. (Sium Polsek Pajangan)


Aiptu Jedik Praptowo Hadiri Pertemuan Rutin Pandu Kalurahan Panggungharjo

Bhabinkamtibmas Polsek Sewon yang membawahi Kalurahan Panggungharjo Aiptu Jedik Praptowo menghadiri pertemuan paguyuban dukuh (Pandu)  Kalurahan Panggungharjo yang dilaksanakan rumah dukuh Pandes, Kapanewon Sewon , Kabupaten Bantul, Senin (28/03/2022), siang.

Usai mengikuti kegiatan tersebut Aiptu Jedik mengungkapkan pertemuan Pandu tersebut membahas berbagai hal, yang diantaranya pembangunan fisik, non fisik, PBB, serta permasalahan yang timbul di tingkat pedukuhan guna mencari solusi terbaik.

Bhabinkamtibmas Panggungharjo juga berharap peningkatan kerjasama antara Bhabinkamtibmas, Babinsa dan pamong desa dalam menciptakan situasi kamtibmas kalurahan Panggungharjo yang kondusif.

Lebih lanjut diharapkan agar setiap kegiatan yang sifatnya umum baik itu di pedukuhan maupun desa/kalurahan agar dikuatkan dengan surat dari satgas Covid, dan atau setidaknya pemberitahuan ke pihak Polri, Sehingga Polri, khususnya Polsek Sewon bisa menindaklanjuti kegiatan di masyarakat tersebut berdasar kriteria kerawanan yang dimungkinkan bisa mengganggu jalannya suatu kegiatan.

Aiptu Jedik juga berpesan, apabila ada permasalahan di masyarakat agar dikoordinasikan terlebih dahulu kepada Bhabinkamtibmas untuk dicarikan solusi secara kekeluargaan, namun apabila memang harus diselesaikan secara hukum, maka Polsek siap siap menerima laporan. (Humas Polsek Sewon)


Kanit Binmas Polsek Sewon Hadiri Undangan Penyerahan Kunci Bedah Rumah Di Dusun Pandeyan

Kanit Binmas Polsek Sewon, Polres Bantul Ajun Komisaris Pertama ( AKP ) Sri  Wigiyati dalam kesempatan in mewakili Kapolsek Sewon, yang didampingi oleh Bhabinkamtibmas Polsek Sewon Kalurahan Bangunharjo Aiptu Imron Rosadi menghadiri undangan penyerahan kunci bedah rumah di dusun Pandeyan, Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon Kabupaten Bantul, Senin (28/03/2022), siang.

AKP Sri Wigiyati mengungkapkan bedah rumah warga yang dilakukan oleh pemerintah Kapanewon Sewon, merupakan salah satu program dari gerakan madu manis Kapanewon Sewon, sadangkan gerakan Madu Manis itu sendiri merupakan gerakan berbasis masyarakat, mengutamakan kearifan lokal dan kepedulian terhadap permasalahan kemiskinan di Kapanewon Sewon, tanpa harus selalu bergantung kepada bantuan pemerintah, untuk itu Polsek Sewon yang merupakan ujung tombak Polri akan selalu mendukung dengan penuh program program yang dicanangkan pemerintah.

Sementara itu dalam sambutannya Panewu Sewon Hartini S.IP,MM., mengungkapkan Gerakan Masyarakat Peduli Mengatasi Kemiskinan (Madu Manis,) Kapanewon Sewon Bantul, mempertemukan donatur dan penerima manfaat ,serta mendukung misi pemerintah Kabupaten Bantul yang ke-5. yakni penanggulangan masalah kesejahteraan sosial secara terpadu.

“Untuk saat ini program Madu Manis Kapanewon Sewon untuk keluarga bapak Sulistiyo yang merupakan warga dusun Pandeyan, berupa bedah rumah, sumur gratis dan pemasangan listrik gratis, dengan koordinator Panewu Sewon dan pemerintah Bangunharjo, bekerjasama dengan Lazismu Sewon Utara, Senyum Dhuafa, Sedulur Setrum dan Relawan” jelas Hartini.

Dalam kegiatan penyerahan kunci bedah rumah program madu manis Kapanewon Sewon diserahkan secara simbolis oleh Bapak Wakil Bupati Bantul Joko Budi Purnomo. (Humas Polsek Sewon)


Wakapolres Bantul Pimpin Apel Pagi di Polsek Kasihan

Wakapolres Bantul Kompol Sancoko P S, SIK, SH, M.H. memimpin Apel pagi Personil Polsek Kasihan Polres Bantul di Halaman Mapolsek Kasihan, Senin (28/03/2022).

Kegiatan apel ini di ikuti oleh Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho W SH , para Kanit, Panit dan seluruh anggota Polsek Kasihan.

Sebagai bagian dari pembinaan dan juga pengawasan serta pengendalian bagi personil Polres Bantul Khususnya Polsek Kasihan. Wakapolres Bantul Kompol Sancoko P S, SIK, SH, M.H.  langsung memimpin apel pagi bagi anggota Polsek Kasihan. 

Dalam arahannya  Wakapolres Bantul Kompol Sancoko P S, SIK, SH, M.H Antisipasi pada bulan Ramadhan persedian 9 bahan pokok, kenakalan remaja pada saat menjelang buka puasa dan malam hari dan Deteksi dini masyarakat menjelang bulan Ramadhan .

Kegiatan Berjalan aman dan tertib dengan Protokol Kesehatan. 


Propam Polres Bantul Gelar Operasi Gaktibplin di Polsek Kasihan

Propam Polres Bantul menggelar Operasi Penegakkan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) terhadap personel usai pelaksanaan apel pagi di halaman Mapolsek Kasihan, Senin (29/3/2022).
Kegiatan Gaktiplin ini dipimpin oleh Kasi Propam Polres Bantul, Iptu Parmanta.

Kegiatan ini dalam rangka pembinaan personel dengan sasaran sikap tampang dan kelengkapan personel karena sebagai aparat pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat maka harus bisa menjadi dan memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

“Sasaran pemeriksaan meliputi kelengkapan dokumen perorangan seperti KTP, SIM dan KTA serta surat data diri lainnya dan juga sikap tampang meliputi gampol, atribut, rambut, kuku dan jenggot,“ terang Iptu Parmanta.

Dikatakan, kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap bulannya untuk meningkatkan kedisiplinan personel Polri dan PNS Polri serta mengantisipasi terjadinya pelanggaran dan penyimpangan anggota dari peraturan yang berlaku.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan operasi Gaktibplin seperti ini dapat meminimalisir pelanggaran yang terjadi pada anggota,” tandasnya.

Polri Pastikan Penggunaan Anggaran Belanja Sesuai Amanat Presiden RI

Polri memastikan anggaran belanja untuk barang-barang di Korps Bhayangkara sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan selalu mendukung program pemerintah dalam penggunaan produk dalam negeri.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, sebagian besar kebutuhan Polri menggunakan produk dalam negeri. Menurutnya, persentase anggaran belanja yang dikeluarkan untuk produk dalam negeri mencapai 98%.

Dia menuturkan, alokasi anggaran tersebut sesuai dengan standar dari Kemenko Maritim dan Investasi. Target dari Kemenko Maritim dan Investasi untuk hal tersebut sebesar 40%.

"Sebagian besar belanja barang-barang polri menggunakan produk dalam negeri, sampai 98%. Polri menggunakan produk dalam negeri yang sesuai target dari kementerian manives kan 40%  belanja barang itu harus dibelanjakan untuk produksi dalam negeri polri sudah melampaui itu," kata Dedi saat ditemui Alinea.id di Kompleks Universitas Paramadina, Senin (28/3).

Dedi menjelaskan, 2% dari alokasi anggaran diperuntukkan membeli sejumlah perlengkapan di luar negeri karena belum ada produsen dalam negeri yang membuat perlengkapan tersebut. Kebutuhan yang dimaksud, yakni baju untuk tim Jibom (penjinakkan bom) dengan keamanan standar tinggi.

"Masih ada yang dibeli di luar negeri hanya 2% yang belum diproduksi di dalam negeri, yaitu peralatan jibom. Baju bom itu standar keamanan tinggi dan itu kan pengadannya untuk Gegana yang ada di Mabes Polri dan 34 provinsi di Polda," ujar Dedi.

Selain jibom, kata Dedi, masih ada Unit KBR (Kimia, Biologi, dan Radioaktif) yang memerlukan standar serupa. Sebab, baju tersebut memerlukan ketahanan radiasi yang mumpuni.

"Baju-baju yang tahan radiasi itu yang memproduksi orang-orang atau negara-negara yang pernah berurusan dengan radiasi nuklir karena ini menyangkut keselamatan tinggi anggota," ucap Dedi.

28 March 2022

Operasi Aman Nusa II Progo 2022, Polres Bantul Bagikan Ratusan Masker di Pasar

Polres Bantul melaksanakan kegiatan Operasi Aman Nusa II Progo 2022 dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dengan membagikan masker gratis di Pasar Jodog, Senin (28/3/2022).

Selain membagikan masker, kegiatan yang dipimpin Paur Subbagdalops Bagops Polres Bantul Aiptu Agus Suryanto SH MH ini juga memberikan imbauan protokol kesehatan serta kamtibmas kepada pedagang dan pengunjung Pasar Jodog.

"Kegiatan Operasi Aman Nusa II Progo 2022 ini dalam rangka percepatan penanganan Covid-19, kami mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di luar rumah untuk patuhi prokes," jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut petugas membagikan ratusan masker secara gratis kepada warga pasar. Pihaknya juga memeberikan edukasi serta mengingatkan kembali akan pentingnya melaksanakan prokes untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Humas Polres Bantul)


Polsek Kretek Amankan Kenaikan Tingkat Salah Satu Perguruan Pencak Silat

Kapolsek Kretek Kompol Yosephine Iswantari S.Psi pimpin langsung pelaksanakan tugas pengamanan jalur terkait kegiatan kenaikan tingkat salah satu perguruan pencak silat bertempat di Mako Dit Polairud Polda DIY, Depok, Kretek, Bantul (27/03/2022).

Sebelum memulai pengamanan Kapolsek Kretek memimpin apel kesiapan di Mako Polsek Kretek serta memberikan arahan kepada personel agar dalam melaksanakan tugas pengamanan dilakukan secara humanis dengan rasa tanggung jawab serta tidak arogan.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pengamanan jalur kedatangan dan kepulangan yang dilewati masa dari perguruan pencak silat tersebut.

Dengan adanya kehadiran petugas dalam kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan kelancaran serta rasa aman pada masyarakat khususnya di Kapanewon Kretek. (Humas Polsek Kretek)