28 February 2019

Pengamanan Giat Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Di Taman Glugut

Personil Polsek Pleret mengamankan giat Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2019 di Taman Glugut, Wonokromo, Pleret. Kamis (28/2/2019). Giat ini sengaja digelar oleh Pemerintah Kabupaten Bantul dalam rangka upaya mensukseskan Bantul Bersih Sampah 2019.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul Ari Budi Nugroho, ST. M.Sc, tujuan dari pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 yaitu, sebagai upaya membangun kesadaran bersama untuk hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah, mendorong budaya bersih dan produktif di tengah masyarakat dengan dinamika dan partisipasi masyarakat sebagai modal sosial, sebagai upaya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas tentang permasalahan dan solusi dalam penanganan sampah sejak dari sumbernya serta sebagai upaya untuk mendukung Bantul Bersih Sampah 2019.

Dalam sambutanya Bupati Bantul menyampaikan, Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) merupakan momentum seluruh pihak untuk mewujudkan kesamaan langkah dan kepedulian dalam pengelolaan sampah. Dengan kegiatan ini diharapkan akan dapat dijadikan parameter bagi seluruh lapisan masyarakat untuk selalu peduli dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik lagi untuk masa yang akan datang.

"Jadikan budaya hidup kita, untuk terus peduli dan menjaga Kabupaten Bantul supaya bersih dan indah, mulai dari diri kita dan lingkungan tempat tinggal kita serta tempat kerja kita," pesan Bupati.

Bupati Bantul menambahkan, beberapa komunitas dan kelompok masyarakat di kabupaten Bantul sudah melihat sampah sebagai komoditas. Mereka mengolah sampah menjadi barang yang mempunyai nilai dan bisa dijual karena memiliki cita rasa seni yang bagus. Itu semua bisa dilakukan bila kita memulainya dengan memilah sampah. Mana sampah yang bisa diolah mana yang tidak bisa diolah.

"Kita semua juga harus mulai mengajarkan pada anak-anak kita untuk memilah dan memilih sampah-sampah tersebut. Dengan mengajarkan sejak dini, maka saat dewasa nanti kita harapkan mereka akan lebih baik dalam mengelola sampah," lanjut Bupati.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada juara Lomba Melukis Tingkat SD/MI, dan juara Lomba Kebersihan Lingkungan Desa Tingkat Kabupaten Bantul. (Humas Polsek Pleret)

Mbah Pawiro Inagun Ditemukan Terapung Di Kolam Ikan

Seorang nenek renta warga Dusun Dayu RT 01 Gadingsari, Sanden, Bantul yakni Mbah Pawiro Inagun alias Temu (80) ditemukan dalam keadaan meninggal dunia terapung di kolam ikan dekat rumahnya, Kamis (28/02/2019) sekitar pukul 09.00 Wib.

Korban pertama kali ditemukan oleh Ibu Juminah (55) warga Buyutan RT 04 Gadingsari, Sanden yang sehari-hari merawat korban bersama Muh Ichsan adik ipar korban.

Menurut keterangan adik ipar korban, Muh Ichsan (75) warga Dayu RT 01 Gadingsari yang setiap hari merawat korban dan kebetulan rumahnya juga berdekatan dengan rumah korban, pagi itu setelah Subuh masih melihat korban di rumah, setelah itu Ichsan sudah tidak melihat korban. Mengetahui hal itu, Muh Ichsan bersama Juminah mencari korban ke berbagai tempat di sekitar rumah korban sampai lingkungan yang jauh namun belum ditemukan.

Baru sekitar jam 09.00 Wib, Juminah menemukan korban sudah meninggal dunia mengapung di kolam ikan pekarangan Bapak Ihsan Dusun Kenteng, Gadingsari yang berjarak sekitar 50 meter dari rumah korban. Penemuan ini langsung disampaikan warga sekitar yang diteruskan ke Polsek Sanden.

Mendapat laporan adanya orang meninggal dunia terjebur kolam, anggota Polsek Sanden yang dipimpin Kapolsek Sanden AKP Riwanta bersama Unit Inafis Polres Bantul dan tim medis Urkes Polres Bantul bersama Puskesmas Sanden langsung menuju lokasi kejadian guna melaksanakan olah tkp. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Unit Inafis Polres Bantul bersama tim medis Urkes Polres Bantul dan dr Nurul dari Puskesmas Sanden, tidak ditemukan adanya bekas penganiayaan, korban meninggal murni karena kecelakaan terjebur kolam.

"Keadaan simbah sudah tidak bisa melihat dan mendengar. Setiap hari sering keluar jalan-jalan dan kami sering menjaganya agar tidak keluar jauh", ujar Muh Ichsan adik ipar korban kepada petugas Polsek Sanden.

Atas kejadian ini, pihak keluarga yang diwakili Muh Ichsan sudah menerima dan akan segera memakamkan korban. (Humas Polsek Sanden)

Pengamankan Peresmian Pembangunan Pasar Kuliner Di Dusun Angkruksari

Personil Polsek Kretek dipimpin Ps Kanit Sabhara Iptu Sabar PR melaksanakan pengamankan jalannya peresmian pembangunan Pasar Kuliner di dusun Angkruksari, Donotirto Kretek, Bantul. Kamis, (28/02/2019) pagi.

Kegiatan peresmian pasar kuliner tersebut dihadiri oleh Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, Staf ahli Bambang Guritno, Anggota Dewankabupaten Bantul Fraksi PKB Suradal, Kapolres Bantul yang diwakili oleh Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak, mewakili Camat Kretek Muji Sungkono SE, Peltu Jumiran mewakili Danramil, Kepala Perdagangan Kabupaten Bantul Ir Subiyanto Hadi MM, Kabid pengembangan perdagangan Ir Agus Riyadmadi, Kepala pengembangan Pasar Arum Hidayati S.I.P M.Pa, Kasi Pendapatan Sari Mumpuni SE M.S, Kasi Promosi Dra Kun Ernawati M.Si, Kasi Sarpras Haryono SE, Kasi Pendaftaran perusahaan dan kelembagaan Sri Rusminiwati, Lurah desa sekecamatan Kretek, para tokoh masyarakat, toga, tomas dan tamu undangan serta puluhan pedagang kaki lima.

Bupati Bantul dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan pasar kuliner ini merupakan wujud kepedulian dan tanggung jawab pemda kabupaten Bantul dalam upaya mensejahterakan rakyatnya.

Diharapkan pasar kuliner ini tetap eksis sehingga mampu memberikan kebutuhan masyarakat kususnya sneck atau makanan ringan, sehingga ini menjadi akses ekonomi pedagang kaki lima dan diharapkan juga agar para pedagang menjaga kebersihan dan konsisten menjaga kwantitas maupun kwalitas.

Lebih lanjut disampaikan pesan dan harapan agar para pedagang rajin dalam merawat kebersihan dagangannya maupun lingkungannya sehingga pengunjung merasa nyawan berblanja, pungkasnya.

Selesai memberikan sambutannya Bupati Bantul Drs. H. Suharsono berkenan memotong pita dan menandatangani prasasti sebagai pertanda telah dibuka pengoprasiannya secara resmi pasar kuliner Angkruksari Donotirto, Kretek.

Kegiatan berakhir pukul 11.30 wib dalam situasi aman lancar dan kondusif dengan pengamanan oleh personil Polsek Kretek yang dibantu Sat Pol.PP, Koramil, LLAJR, Linmas dan Pasikaton. (Humas Polsek Kretek)

Operasi KKYD Rayon III Di Pleret

Operasi KKYD (Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan) digelar di wilayah Pleret oleh Rayon III gabungan dari Polsek Pleret, Polsek Banguntapan, Polsek Piyungan dan Polsek Dlingo. Rabu (27/2/2019) malam.

Kali ini, Operasi KKYD dilaksanakan di Jalan Keputren Pleret (depan Mapolsek Pleret) yang dipimpin oleh Pawas Iptu Sukardi. Sebelum pelaksanaan, terlebih dahulu dilakukan Apel di halaman Mapolsek Pleret guna mendapat arahan dari Pawas.

Selanjutnya dalam operasi tersebut, para petugas melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan-kendaraan yang melintas, baik motor maupun mobil, meliputi surat-surat kendaraan serta barang bawaan. Adapun sasarannya senjata tajam, miras dan narkoba, serta mengantisipasi tindak kejahatan terutama kejahatan jalanan.

Selesai giat operasi KKYD, kemudian dilanjutkan kegiatan patroli di wilayah hukum Polsek masing-masing. (Humas Polsek Pleret)

Panit Binmas Polsek Imogiri Ikuti Musyawarah Penyusunan RPJMDES Desa Wukirsari

Panit II Binmas Polsek Imogiri Aiptu Parwoto mengikuti musyawarah penyusunan RPJMDES (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa wukirsari) periode 2019-2024 di joglo Desa Wukirsari Imogiri, Bantul, Rabu  (27/02/2019) pukul 20.00 WIB.

Hadir dalam musyawarah Camat Imogiri diwakili oleh Kasie Pem Kec Imogiri, bapak Sukendro, S,Sos, Kapolsek Imogiri diwakili Panit II Binmas Polsek Imogiri, Aiptu Parwoto, Danramil Imogiri Kapten Surono, Pendamping Desa Wukirsari, Lurah Desa Wukirsari, Ketua BPD Wukirsari, Anggota BPD Wukirsari, Bapak Ibu Pamong Desa Wukirsari, Tokoh Masyarakat Desa Wukirsari, Bhabinkamtibmas Desa Wukirsari , Babinsa Wukirsaridan para tamu undangan.

Dalam musyawarah, Panit Binmas II Aiptu Parwoto mewakili kapolsek menyampaikan bahwa dalam Penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) yang sudah direncanakan untuk dijalankan sesuai dengan peruntukannya jangan sampai ada penyimpangan.

Dan dalam pelakasanaan pembangunan dana yang digunakan agar transparan supaya diumumkan di sebuah spanduk agar masyarakat melihat dan harapannya agar dapat dipertanggungjawabkan secara administratif maupun secara hukum.(Humas Polsek Imogiri)

Kapolres Bantul Hadiri Giat Pencanangan Kejaksaan Negeri Bantul Mempertahankan Predikat Wilayah Bebas Dari Korupsi

Kapolres Bantul AKBP M Sahat Hasibuan, SIK, MH menghadiri giat pencanangan Kejaksaan Negeri Bantul mempertahankan predikat Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) menuju prediksi birokrasi bersih dan melayani di Kantor Bantul Jln. R.A Kartini No. 45 Trirenggo Bantul.

Acara ini juga dihadiri Kepala Kejati Yogyakarta diwakili Asisten Bidang Pembinaan Ibu Anik Anifah,SH M.H, Wakil Bupati Bantul Bp H Halim Abdul Muslih, Kejari Bantul Bp Zulhandi S.H.M.H, Kapolres Bantul AKBP M Sahat Hasibuan, Dandim Bantul diwakili Kapten Suyadi, Ketua Pengadilan Negeri Kab. Bantul, Ketua Pengadilan Agama Kab. Bantul, Pejabat Struktural Kejaksaan Bantul, Karyawan Kejari Bantul dan 17 Kepala Desa Binaan Kejaksaan Bantul

“Perancanangan Zona Integritas menuju WBBM dilingkungan Kejari Bantul ini sebagai bagian dari kesungguhan instansi dalam ukuran diri sebagai lembaga yang mempunyai komitmen untuk mencegah terjadinya korupsi disertai dengan upaya mewujudkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani.” jelas Kejari Bantul Bp Zulhandi S.H.M.H dalam sambutanya.

Penerapan zona integrasi ini merupakan salah satu formula yang tepat untuk mewujudkan aparatur penegak hukum yang sesuai dengan visi dan misi Kejaksaan RI sebagai lembaga penegak hukum yang bersih efektif efisien transparan dan akuntabel.

Bahwa saat ini Kejaksaan Negeri Bantul telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan public sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat, di samping peningkatan kualitas pelayanan public dilakukan untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pelayanan publik dalam rangka menegakkan hukum dengan menjadikan keluhan masyarakat sebagai sarana untuk melakukan perbaikan pelayanan public.

Kejaksaan Negeri Bantul telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan public seperti pelayanan SMS gateway tilang dan barang bukti antar pengembalian barang bukti delivery tilang pelayanan hukum keliling dan pada minggu ke-2 dan ke-4 di setiap Kecamatan tilango On The Spot di setiap minggu pertama di Stadion Sultan Agung. Kami mengharapkan dukungan semua pihak dalam melaksanakan tugas untuk mewujudkan Kejaksaan Negeri Bantul yang bersih dan melayani.

Seusai sambutan acara dilanjutkan penandatanganan deklarasi pakta integritas oleh Kajari Bantul dan kepala Instansi terkait dan dilanjutkan dengan Penyematan tanda pencanangan Kejaksaan Negeri Bantul menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani oleh Kajari Bantul. (Humas Polres Bantul)

Kanit Binmas Polsek Pajangan Antar Orang Tersesat

Kanit Binmas Polsek Pajangan Ipda Tetepana beserta Kasi Humas Aiptu Purnama Eka mengantar orang yang tersesat di jalan. Orang ini ditemukan oleh warga sedang kebingungan di dusun Manukan Sendangsari Pajangan pada Kamis (28/02/2019) pukul 08.30 WIB.

Setelah ditanya oleh petugas, orang tersebut mengaku bernama mbak Tentrem alias Gempita (41) warga Dusun Ngabean RT 01 Dukuh Gunturan Desa Triharjo Pandak Bantul.

Setelah terang nama dan alamatnya kemudian petugas langsung mengantarkan ke rumanya. Kedatangan Kanit Binmas diterima Kakak kandungnya, Ibu Alfini.

"Kami selaku keluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada Polsek Pajangan yang telah bersedia mengantar pulang adik kandung saya sampai ke rumah, semoga menjadi amal kebaikan Bapak Bapak ", ucap Ibu Alfini.

Menurut keluarganya korban termasuk orang yang berkebutuhan khusus dimana selalu minum obat secara rutin dari Puskesmas Pandak. (Humas Polsek Pajangan)

Anggota Polsek Sedayu Mengamankan Tabur Bunga Dan Sarasehan

Anggota Polsek Sedayu mengamankan giat tabur bunga dan sarasehan di Taman Makam Somenggalan Argomulyo Sedayu Bantul, Kamis, 28 Februari 2019 pukul 07.30 WIB.

Kegiatan ini mengambil tema "Menegakkan Kedaulatan NKRI" serta Peringatan Serangan Umum 1 Maret 1949 dengan tema "Dari Yogyakarta RI Kembali Berdaulat" dihadiri oleh Kolonel Arm Heri Purwanto (Kepala Badan Pelaksana Pusat Museum Monumen Pusat Dinas Sejarah TNI AD / Balakmusmonpus Disjarahad Yogyakarta), Letkol Kav Didi Carsidi, S.Sos, M.IPol (Dandim 0729/Bantul), Letkol Heri (Kasi Koleksi Musium Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Lanud Adisutjipto Yogyakarta), Yulius Suharta, S.Sos (Kasatpol PP), Suharjo (Keluarga Cendana), Para purnawirawan,  Undangan dan Peserta Upacara lk 150 orang.

Dalam sambutanya, Bupati Bantul yang diwakili oleh Kasatpol PP menyampaikan Serangan Umum 1 Maret dilancarkan oleh TNI didukung oleh rakyat dan berhasil menduduki Yogyakarta selama 6 jam dan membuktikan keberadaan Negara Indonesia.

Serangan Umum tersebut berhasil karena bulatnya tekad rakyat Indonesia yang dibalut dalam semangat yang tinggi.

Saat ini Bangsa Indonesia juga berjuang untuk membangun dan meningkatkan kesejahteraan Rakyat Indonesia, namun semangat perjuangan tetap dijalankan agar pembagunan berjalan dengan lancar. (Humas Polsek Sedayu)

Patroli Rutin Di Wilayah Dlingo

Untuk menjaga keamanan, anggota polsek Dlingo melaksanakan patroli rutin setiap harinya seperti apa yang lakukan oleh Bripka Hermansyah dan dua anggota lainnya. Selasa 26 Pebruari 2019.

Patroli rutin hari ini mengambil rute kearah desa Terong, Mini Market Galeh Sono dan warung olahan yang berada didesa Terong kemudian dilanjut kearah jalan Playen.

Patroli dengan sasaran perkantoran, tempat tempat ibadah, sekolah sekolah, obyek wisata, pertokoan dan kantor perbankan serta pemukiman penduduk.

Selain patroli rutin anggota juga melaksanakan sambang  kepada penjaga kantor perbankan dan berdialogis dengan penjaga kantor tersebut dan menyampaikan pesan pesan kamtibmas, agar selalu waspada dan hati hati dalam melaksanakan dinas.

Dengan  kehadiran patroli kepolisian diharapkan warga merasa aman dan tentram serta dapat melaksanakan aktifitasnya dengan lancar dan nyaman. (Humas Polsek Dlingo)

Mediasi Sengketa Tanah Di Mapolsek Imogiri

Panit Reskrim polsek Imogiri Iptu Sigit Teja Sukmana, SIP, MIP memediasi masalah sengketa tanah antara Bu SP dengan  Pak BG dan keluarga SW ketiganya warga Wolosono Rt 1 Kebonagung Imogiri Bantul diruang Unit Reskrim polsek Imogiri. Selasa (26/02/2019).

Mediasi dihadiri oleh Panit Reskrim Polsek Imogiri Iptu Sigit Teja Sukmana ,SIP. MIP., Banit Reskrim AipdaSuyanto, Aipda Suharyanto, SH, Bhabinkamtibmas Desa Kebonagung Aipda  Arri Sulistiyo, Kasi Pemerintahan Desa Kebonagung Nugroho  Hadibroto, Dukuh Mandingan Kebonagung Suradi Wiyono dan pihak yang sengketa.

Menurut Iptu Sigit Teja Sukmana, bahwa kami selaku petugas kepolisian fungsi Reskrim kami melaksanakan giat Problem Solving  Mediasi Permasalahan Keluarga BG, SP, dan SW sehingga tercipta kerukunan dan kamtibmas.

Pokok permasalahannya bahwa sertifikat tanah milik keluarga BG dikuasi oleh  keluarga SP. Bahkan sertifikat tersebut sudah di balik nama atas nama TK yang tidak lain adalah anak ibu SP sendiri.

Atas permasalahan tersebut keluarga BG menuntut kembali sertifikat tanah tersebut berikut keluarga SW juga menuntut Hak nya karena obyek tanah tersebut ada sebagian yang di jual ke Keluarga SW.

Kemudian atas tuntutan dari kedua keluarga tersebut, pihak Keluarga SP mengakui dan akan mengembalikan sertifikat tanah tersebut serta meminta waktu 6 bulan untuk mengembalikannya karena sertifikat tanah tersebut masih dalam jaminan hutang di Bank Mandiri.

Kemudian keluarga SP membuat surat pernyataan kesanggupan untuk mengenbalikan sertifikat yang di buat langsung oleh SP dihadapan kedua Keluarga disaksikan oleh hadirin kemudian kedua keluarga menerima pernyataan dan kesanggupan SP untuk mengembalikan Sertifikat Tanah tersebut situasi aman tertib. (Humas Polsek Imogiri)

Siwas Polres Bantul Kunjungi Polsek Pajangan

Siwas Polres Bantul dipimpin oleh Kasiwas Iptu Alfan Sukroni melaksanakan kunjungan kerja di Polsek Pajangan, Selasa siang (26/02/2019).

Kedatangan tim Siwas diterima Kanit Sabhara Polsek Pajangan Iptu Darobi karena Kapolsek Pajangan AKP Sri Basariah, SAP sedang ada rapat di Polres Bantul. Kunjungan kerja ini dimaksudkan untuk pengawasan dan pemantauan terhadap administrasi pelaksanaan operasioanal dan kinerja yang dilaksanakan oleh semua fungsi, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kinerja. Selain itu untuk mempersiapkan Polsek Pajangan menghadapi kunjungan wasrik dari Polda D.I. Yogyakarta dan BPK.

Kasiwas Polres Bantul Iptu Alfan Sukroni dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah dalam rangka untuk melihat kesiapan Polsek terkait dengan pelaksanaan tugas sehari-hari dan pertanggung jawaban rencana serta  penggunaan anggaran yang telah diberikan untuk Polsek Pajangan tahun 2019.

Dari supervisi ini Polsek Pajangan dinilai tertib administrasi dan harus tetap dipertahankan serta ditingkatkan. (Humas Polsek Pajangan)

Pembinaan Satpam UMY Oleh Tim Dit Binmas Polda DIY

Bhabinkamtibmas  Desa Tamantirto  Brigadir Agustinus Sulistiyono, SH mendampingi giat pembinaan Satuan Pengamanan (Satpam) UMY  dari Tim Dit Binmas Polda DIY di Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Kasihan Bantul, Rabu, 27 Februari  2019 pukul 09.00 wib.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dit Binmas Polda DIY dalam rangka melaksanakan pembinaan dan penyuluhan berkala serta Penyampaian pesan kamtibmas menjelang Pemilu 2019 dengan ketua Tim AKBP Suryatama dengan anggota  Kompol Ikhauliyah,   Akp Hanna,  Bripka Agung Budi dan  Bripka Dasty Adtya.

Hadir  juga Team Penyuluhan dari Polres Bantul  Iptu Dedy Tunandi,  Ipda Sri Martono,  Aiptu Lungsi dan 2 Anggota. Serta Team Penyuluhan dari Polres Kulon Progo Ipda Langgeng,  2 anggota Binmas Polres Kulon Progo serta Perwakilan Satpam dari wilayah Kabupaten Bantul dan Kulonprogo.

Kegiatan pembinaan Satpam UMY dari tim Dit Binmas polda DIY terlaksana dengan aman dan kondusif. (Humas Polsek Kasihan)

Pengamanan Giat Simpatisan Partai PDI-P Dan PPP Di Kasihan

Kapolsek Kasihan Kompol Y. Tarwoco Nugroho, SH pimpin pengamanan jalur serta  titik kumpul massa Simpatisan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) diwilayah Kecamatan Kasihan, Bantul, Rabu (27/02/2019) siang.

Pengamanan ini dalam rangka Rombongan REPNAS Jokowi-Ma’ruf yang akan makan siang di Soto Kadipiro Jl. Wates Desa Ngestiharjo dan giat Pasangan Prabowo –Sandi menghadiri acara bersama relawan dan purnawirawan TNI-Polri di Grand Pasific Hall Jl. Magelang KM 4,5 Sleman.

Dalam giat tersebut personil ditempatkan di penggal penggal jalan sebagai berikut Simpang 4 Kasongan - S.3 Ringin Kasongan – Simpang Madukismo – Simpang Tamantirto – Jalan Bugisan – Lokasi Soto Kadipro Jl. Wates – Simpang Jujur dan sebagainya.

Selama kegiatan simpatisan partai berlangsung personil Polsek Kasihan bersama Pleton Perintis Polres Bantul dipimpin Langsung oleh Kabag Ops dan Kasat Sabhara  melaksanakan pengamanan, Patroli, Pengawalan serta pantauan sampai acara selesai dalam keadaan aman dan kondusif. (Humas Polsek Kasihan)

Kanit Binmas Polsek Jetis Hadiri Loka Karya Mini Keluarga Berencana

Kapolsek Jetis diwakili Kanit Binmas Ipda Budiyono hadiri loka karya mini Keluarga Berencana di ruang meeting Kecamatan Jetis, Bantul, Rabu, 27 Februari 2019 pukul 10.00 wib.

Nampak hadir Kepala KUA Jetis Ikhsan MPDi, Kasi kesejahteraan kecamatan Jetis Sumarjo, Kanit Bhimas Ipda Budiyono, Koramil Jetis Pelda Rohadi, Bhabin dan Babinsa Trimulyo, Dukuh dusun Cembing Widodo Sag dan Anggota Pok giat dusun Cembing.

Membuka acara Kasi Kecamatan Jetis Sumarji, menyampaikan "Program KB merupakan program Nasional untuk mengendalikan perkembangan populasi manusia. Kegiatan seperti ini untuk silaturahmi dan dapat menunjang program Kampung KB agar lebih bermanfaat dan terencana. Untuk Kecamatan Jetis sudah berjalan ditetapkan Kampung KB (Keluarga Berencana) adalah Dusun Cembing Desa Trimulyo.

Sebagai tuan rumah kampung KB, Dukuh dusun Cembing Widodo Sag menyampaikan saat ini sudah banyak perkembangan di kampung KB Cembing dengan adanya program kampung KB. Kampung KB Cembing saat ini sudah berkerja sama dengan lintas sektor pemerintahan dan Pukesmas Jetis 1 dalam masalah kesehatan, antara lain rumah sehat bebas rokok, jamban sehat.

Dengan harapan kampung KB Cembing harus terus berbenah dan dapat menjadi percotohan kampung KB dari wilayah lainya. Penyampaian program kerja sama pukesmas Jetis 1 dengan Kampung KB Cembing oleh ibu Dalin antara lain, Pukesmas Jetis akan siap dan mendukung segala hal terkait dengan adanya Kampung KB Cembing dan lakukan konsolidasi program bersama agar segera nyata dan terlaksana dengan sebaik-baiknya.

Kedepan wacana kerjasanma dengan pihak luar akan kita buat resto makan bebek karena Cembing banyak peternak unggas bebek,monggo jika terlaksana kita ramaikan bareng bareng apapun acara kantor maupun pribadi keluarga kita adakan disana. Dukuh Cembing sebagai tuan rumah kampung KB menyampaikan pula  telah ikut mensukseskan program larangan rokok dalam forum,pembuatan jamban,pemanfaat lahan kosong sebagai penanaman sayur mayur, tegasnya. (Humas Polsek Jetis)

Kapolsek Pundong Ikuti Pengajian Rutin Forkompincam Pundong

Kapolsek Pundong AKP Haryanto SH beserta anggota Polsek Pundong mengikuti pengajian rutin Forkompincam, Dinas Instansi, Aparat Pemerintah Kecamatan Pundong dan Desa se Kecamatan Pundong di aula Kecamatan Pundong, Rabu (27/2/2019).

Giat diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Pundong dalam rangka membina iman dan taqwa keluarga besar Forkompincam Pundong.

Hadir dalam giat ini Pembicara Bapak Abdul Rozak dari Penyuluh KUA Pundong, Camat Pundong Ibu Sri Umayati SH, Kepala Instansi se Kecamatan Pundong, perwakilan karyawan dan staf instansi se Kecamatan Pundong lebih kurang 70 orang.

Disampaikan oleh Pembicara Bapak Abdul Rozak Sunnah harian Rasulullah adalah Shalat Tahajud, merupakan ciri orang yang soleh dan ikhlas sekaligus merupakan obat hati.

Dari awal sampai berakhirnya kegiatan berlangsung aman dan lancar. (Humas Polsek Pundong)


Kapolsek Kretek Tekankan Anggota Pada Hari Libur Masuk Dinas Seperti Biasa

Selesai pelaksanaan apel pagi, Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak memberikan pengarahan terhadap seluruh anggota di ruang Sabhara. Rabu, (27/02/2019) pagi.

Dalam arahanya, Kapolsek Kretek menyampaikan bahwa dalam minggu ini wilayah Kretek sedang banyak kegiatan, oleh karena itu untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas maka pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 2,3 Maret seluruh anggota ditekankan masuk dinas seperti biasa.

Lebih lanjut Kompol Leo Fasak mengucapkan terimakasih kepada anggota dalam menjalankan tugas, sehingga situasi kamtibmas di wilayah Kretek dalam keadaan kondusif, namun demikian kita harus tetap meningkatkan kinerja dan kewaspadaan serta mengedepankan kebersamaan, sehingga tugas kita terasa ringan, tutupnya. (Humas Polsek Kretek)

Kanit Binmas Polsek Pandak Pimpin Apel Pagi

Kanit Binmas Polsek Pandak Iptu Subiantoro pimpin apel pagi di halaman Mako Polsek Pandak, Rabu (27/02/2019) jam 08.00 Wib.

Sebelum melaksanakan tugas sehari-hari, seluruh anggota Polsek Pandak terlebih dahulu melaksanakan apel pagi. Apel pagi ini merupakan sarana pengecekan kuat personil, perlengkapan personil, sikap tampang serta penyampaian arahan kebijakan pimpinan, agar tugas yang diemban dapat dilaksanakan sesuai dengan Tupoksi dan arah kebijakan pimpinan POLRI. Selain itu Apel pagi ini dapat membentuk mental kepribadian yang baik dalam pelaksanaan tugas selaku Pelindung, pengayom dan pelayan Masyarakat.

Dalam arahannya Kanit Bimmas Polsek Pandak Iptu Subiantoro mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan pengaturan lalulintas pagi di wilayah Pandak. Saya juga berpesan agar dalam pelaksanaan tugas harus dilandasi dengan tanggungjawab dan juga dalam tugas harus menjaga keselamatan diri juga rekan kerja. (Humas Polsek Pandak)

Kanit Binmas Hadiri Rapat Rekapitulasi Dan Verifikasi Pelaksanaan 5 Pilar Stbm Di Desa Gilangharjo

Kanit Binmas Polsek Pandak Iptu Subiantoro menghadiri rapat rekapitulasi dan verifikasi pelaksanaan 5 pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) di Aula Balai Desa Gilangharjo, Pandak, Bantul, Rabu (27/01/2019) jam 09.00 Wib.

Hadir dalam acara tersebut Camat Pandak diwakili Kasikemas Suwardi S.Pd, Kanit Binmas Polsek Pandak Iptu Subiyantara, Kepala Puskesmas Pandak I Dr.Joko Agung Prakoso, Lurah Desa Gilangharjo diwakili Kasi Pelayanan, Bhabinkamtibmas Desa Gilangharjo Bripka Rudi Isgiarto SH, Dukuh dan Kader PKK se Desa Gilangharjo.

Dalam kegiatan ini dibahas mengenai sistem Sanitasi yang ada di wilayah Puskesmas Pandak 1 yaitu Desa Gilangharjo ini sudah berjalan dengan baik dan bersih atau belum karena sanitasi lingkungan sangat berperan penting bagi kehidupan kita.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka verifikasi tentang Sanitasi Total Berbasis masyarakat (STBM) untuk menuju perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). STBM terdiri dari 5 pilar yaitu Stop buang air besar sembarangan, Cuci tangan pakai sabun, Pengelolaan air minum/makanan rumah tangga, Pengelolaan sampah rumah tangga, Pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Untuk mewujudkan sanitasi lingkungan yang sehat bisa dilakukan dengan upaya Menyediakan air bersih yang cukup, memperhatikan saluran pembuangan, membuang sampah pada tempatnya, pisahkan sampah organik dan non organik dan memperbaiki system pembuangan. (Humas Polsek Pandak)

Pengamanan Lomba Sekolah Sehat Di TK Pertiwi Canden Jetis

Kanit Binmas Polsek Jetis Ipda Budiyono hadiri lomba sekolah sehat  Tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2019 di TK Pertiwi Canden Jetis Bantul. Rabu, 27 Februari 2019 pukul 08.40 Wib.

Nampak hadir Tim Juri sekolah Sehat Kabupaten Bantul, Forkompimcam Kecamatan Jetis, Kepala  Puskemas II Patalan dan Canden, Lurah Desa dan perangkat Canden  Tomas, Toga, wali murid dan para tamu undangan.

Kepala sekolah TK Pertiwi Puji Astuti, Spd Paud dalam laporanya menyampaikan  pemaparan profile sekolah TK Pertiwi dihadapan dewan juri terkait situasi Lingkungan dan Pencapaian  TK Pertiwi hingga saat ini yang memiliki beberapa fasilitas penunjang yang cukup memadai bagi kegiatan belajar mengajar  TK maupun Paud.

Selesai menerima laporan selanjutnya tim Juri melakukan penilaian di masing masing ruangan dan tinjauan ke lingkungan TK Pertiwi. (Humas Polsek Jetis)

Bupati Bantul Canangkan Desa Bebas Money Politik Tahun 2019 di Desa Srigading

Bupati Bantul Drs. H. Suharsono yang diwakili Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bantul Drs. Fatoni melaksanakan Pencanangan Desa Bebas Money Politik Tahun 2019 di Desa Srigading, Sanden, Bantul, Rabu (27/02/2019) jam 20.30 Wib.

Pencanangan Desa Bebas Money Politik ini dihadiri Kepala Bawaslu DIY Bagus Sarwono, Kepala Bawaslu Bantul, Bupati Bantul yang diwakili Kepala Kantor Kesbangpol Bantul Drs. Fatoni bersama perwakilan Forkompinda Bantul, anggota DPRD Bantul, KPU Bantul, Kapolsek Sanden AKP Riwanta beserta jajaran Forkompincam Sanden, Lurah Desa se-Sanden, Bhabinkamtibmas Desa Srigading Brigadir Afif Rudiyanto, Caleg Dapil V serta tokoh masyarakat Desa Srigading.

Kepala Kesbangpol Bantul Drs. Fatoni dalam sambutannya mengatakan, atas nama Kabupaten Bantul menyambut baik dan memberikan apresiasi acara pencanangan desa bebas money politik. Ini adalah langkah kongkrit untuk mengonstruksi Pemilu yang berkualitas dan berintegritas bagi kemajuan bangsa.

Politik uang/money politik adalah musuh demokrasi kita yang harus dilawan bersama. Memgatasi praktik politik uang tidak cukup hanya dengan pendekatan hukum namun dibutuhkan partisipasi masyarakat. Pemerintah Kabupaten Bantul akan mendorong partisipasi masyarakat untuk bersama-sama berani mengatakan "No Money Politics". Mari kita lawan NPWP (Nomor Piro Wani Piro).

Sejalan dengan itu, Drs. Fatoni meminta kepada Bawaslu untuk bertindak tegas apabila mnegetahui adanya praktik politik uang khususnya di Kabupaten Bantul. Lebih lanjut Fatoni berharap, aparat Kepolisian bisa membantu memerangi praktik politik uang di Kabupaten Bantul, pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bawaslu Propinsi DIY Bagus Sarwono dalam kesempatannya mengatakan bahwa deklarasi/pencanangan desa bebas politik uang/anti politok uanv merupakan peristiwa yang penting. Karena untuk mencapai tingkat ini tidak mudah. Politik uang sudah menjadi kultur yang merusak/racun demokrasi kita dalam proses pemilu maupun pilkada serta pemilihan lainnya. Itu sebagai virus yang harus kita perangi bersama, ujarnya.

Bagus Sarwono mengucapkan selamat dan menyambut gembira, Desa Srigading sudah berani mendeklarasikan sebagai desa bebas politik uang.  Kita sepakat money politik adalah penyakit dalam semua pemilihan, ini tidak mudah karena bagi masyarakat merasa senang ada yang memberikan uang/barang tetapi itu bisa menyesatkan. Bila masyarakat menerima dan menjatuhkan pilihan karena diberikan uang berarti investasi buruk telah dilakukan karena yang terpilih dengan politik uang akan berfikir bagaimana caranya balik modal yang salah satunya dengan cara ilegal ataupun korupsi, ujar Kepala Bawaslu DIY Bagus Sarwono.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan deklarasi bersama dan penandatanganan deklarasi anti politik uang oleh semua Caleg Dapil V yang hadir. Acara diakhiri dengan hiburan Pentas Seni Dagelan Mataraman dengan lakon slintut yang menampilkan Sugeng Iwak Bandeng, Aldo Iwak Kebo, Sihono, Pur Bonsai dan Nananina.

Guna menjaga keamanan dan ketertiban selama acara berlangsung, anggota Polsek Sandrn melaksanakan pengamanan. (Humas Polsek Sanden)

Polsek Pleret Gelar Patroli Bersama Koramil Pleret

Kegiatan patroli terus ditingkatkan oleh Polsek Pleret dengan menggelar patroli bersama anggota TNI dari Koramil Pleret, Selasa (26/2/2019) malam.

Dengan menggunakan mobil patroli Polsek Pleret, petugas gabungan langsung menyapa masyarakat, sambang ke pemukiman warga, obyek vital dan pantauan jalan raya.

Dalam giat patroli yang dipimpin Ka SPKT Aiptu Gatot Suharyadi itu, petugas juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, baik kepada warga yang melaksanakan ronda, penjaga malam sekolahan maupun security di perkantoran dan obyek vital lainnya.

Diharapkan dengan kegiatan tersebut dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Selain itu, kegiatan patroli bersama juga dapat meningkatkan sinergitas antara TNI dan Polri dalam menciptakan kamtibmas yang kondusif, khususnya di lingkungan masyarakat wilayah Kecamatan Pleret. (Humas Polsek Pleret)

Sebelum Apel Pagi Anggota Polsek Pleret Rutin Pos Pagi

Sebelum Apel pagi, anggota Polsek Pleret melaksanakan giat rutin pos pagi di penggal-penggal jalan wilayah Pleret, Rabu (27/2/2019) pagi.

Pos pagi yang tergelar diantaranya di Jl. Imogiri Timur, Jl. Pleret-Jejeran dan Jl. Pleret.

Dalam pos pagi tersebut, para petugas dengan gerakan turlalin serta bunyi peluit, mengatur arus lalu lintas dan membantu menyeberangkan anak-anak sekolah maupun pengguna jalan lainnya.

Selain itu, petugas juga memberikan imbauan kepada pengguna jalan agar selalu mematuhi aturan lalu lintas dan mengutamakan keselamatan di jalan raya.

Diharapkan dengan kegiatan pos pagi dapat tercipta kamseltibcar lantas, sehingga masyarakat pengguna jalan merasa aman dan nyaman, serta tidak terhambat sampai ke tujuan. (Humas Polsek Pleret)

Kapolsek Sanden Hadiri Lokmin Puskesmas Sanden

Kapolsek Sanden AKP Riwanta menghadiri Lokakarya Mini Lintas Sektoral se-Kecamatan Sanden di Aula Puskesmas Sanden, Bantul, Rabu (27/02/2019) pukul 08.30 WIB.

Lokakarya mini diselenggarakan oleh Puskesmas Sanden dan dihadiri Kepala Puskemas Sanden Drg Suyatmi, Kapolsek Sanden AKP Riwanta, Kepala KUA Sanden Abdul Aziz, Sat Polair, Posal Samas, Babinsa Sanden, TP PKK Kecamatan Sanden dan Desa, BPP Sanden dan UPK Sanden.

Kepala Puskesmas Sanden Drg Suyatmi menyampaikan bahwa lokakarya mini diadakan 4 kali dalam setahun dan ini adalah yang pertama. Kegiatan ini untuk evaluasi dan menyampaikan program kegiatan Puskermas Sanden, jelasnya.

Dijelaskan bahwa visi misi Puskesmas Sanden adalah memberikan pelayanan kesehatan pertama yang bermutu dan terjangkau. Dalam kesempatan tersebut, Drg Suyatmi mempresentasikan tentang pelayanan, target dan program kegiatan Pukesmas Sanden untuk masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Sanden tahun 2019. Kami mohon dukungan, masukan, kritik dan saran untuk meningkatkan pelayanan kesehatan Pukesmas Sanden, harap Kepala Puskesmas Sanden.

Sementara itu, Kepala KUA Sanden Abdul Aziz menanggapi tentang adanya anak anak yang tidak mau diimunisasi, pihak KUA akan melakukan pendekatan kepada keluarga mengenai hukum imunisasi menurut agama, tentang obat atau dosis dan manfaat bagi anak anak. Terkait dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Abdul Aziz berharap agar prosedur dan layanan prima bisa disingkronkan.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab oleh para peserta lokakarya mini dengan Kepala Puskesmas Sanden. (Humas Polsek Sanden)

Personel Polsek Sanden Amankan Keberangkatan Laskar ke Sleman

Personel Polsek Sanden yang tergabung dalam Subsatgas Bantuan Polsek OMB melaksanakan pengamanan pemberangkatan laskar maupun organisasi yang akan mengikuti acara Paslon Capres 02 di Grand Pacific Hall, Sleman, Rabu (27/02/2019) pukul 09.00 WIB.

Pengamanan dilaksanakan di titik-titik kumpul para anggota laskar yang ada di wilayah Kecamatan Sanden.

Koppasandi berkumpul di Simpang tiga Cakruk Ijo Pedukuhan 15 Sanden, Murtigading sekitar 20 ornag dibawah koordinator lapangan H. Jawani berangkat ke Yogyakarta menggunakan bus. Sedangkan Laskar Izroil zona selatan dengan koordinator lapangan Ismak berkumpul di rumah Joko Kurahan, Murtigading sekitar 10 orang dengan mengendarai sepeda motor. Mereka berangkat ke Grand Pasific Hall Jalan Magelang Yogyakarta guna mengikuti kegiatan Prabowo Menyapa Masyarakat dan Purnawirawan TNI-POLRI Jateng dan DIY.

Seluruh anggota laskar izroil yang berangkat berlaku tertib dengan mematuhi atutan lalu lintas, semuanya memakai helm pengaman dan tidak ada yang menggunakan sepeda motor dengan knalpot blombongan.  Dalam kesempatan tersebut, anggota Polsek Sanden melaksanakan pengamanan di kedua tempat titik kumpul. Pengamanan dilakukan guna menjaga keamanan dan kelancaran laskar Izroil zona selatan dan Koppasandi yang akna berangkat ke wilayah Yogyakarta. (Humas Polsek Sanden)


27 February 2019

Personel Polsek Kretek Amankan Pentas Seni Organ Tungggal di Gumuk Pasir

Personel Polsek Kretek mengamankan pentas seni organ tungggal di kawasan wisata Gumuk Pasir Parangtritis Kretek Bantul, Selasa (26/02/2019) malam.

Acara ini diselenggarakan oleh  masyarakat Pedukuhan Grogol VIII Parangtritis Kretek Bantul dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Paguyuban Pengelola Wisata Gumuk Pasir.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh mewakili Kapolsek Kretek Iptu Tujiyanto, mewakili Lurah Desa Parangtritis Wursidi, Kadus Grogol VIII Rukito, Bhabinkamtibmas Desa Parangtritis Aiptu Sukarso, puluhan pengurus Paguyuban Wisata Gumuk Pasir dan sekira 100 tamu undangan.

Iptu Tujiyanto mewakili Kapolsek Kretek dalam sambutannya secara umum menyampaikan pesan Kamtibmas baik itu gangguan Kamtibmas maupun masalah Lalulintas di wilayah Kecamatan Kretek.

Dalam mengakhiri sambutannya Iptu Tujiyanto mengajak kepada masyarakat khususnya kelompok paguyuban Wisata Gumuk Pasir untuk tertib berlalulintas karena dengan tertib berlalulintas akan mengurangi angka pelanggaran dan laka lalu lintas,ajaknya.

Dalam kegiatan malam tasyakuran HUT Paguyupan Wisata Gumuk Pasir Grogol VIII Parangtritis juga telah dilaksanakan serah terima ketua Paguyuban kepada Ketua Baru Suparno dan diakhiri dengan doa bersama.

Selama berlangsungnya kegiatan situasi berjalan lancar dan kondusif. (Humas Polsek Kretek)

Pelaku Pembobol Konter Handphone di Kasihan, 15 tahun Lalu Pernah Dua Kali Dipenjara

Pedagang rosok, berinisial SM (44) warga Luwang Gatak Sukoharjo Jawa Tengah yang diringkus petugas Satreskrim Polres Bantul lantaran menggasak konter handphone di wilayah Tamantirto, Kasihan, Bantul merupakan seorang residivis. Ia pernah dua kali dihukum, masing-masing selama 4 bulan kurungan, karena kasus pencurian.

"Yang bersangkutan ini seorang residivis. Dia sudah dua kali mencuri. Ini kasus yang ke-tiga. Pencurian dilakukan sendiri, tidak ada teman dan tidak ada yang membantu. Hanya menggunakan sepeda onthel," kata Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Rudy Prabowo didampingi Kasubag Humas Polres Bantul AKP Sulistyaningsih, saat jumpa pers di Mapolres Bantul, Senin (25/2/2019)

Pelaku, kata Rudy, diketahui lima belas tahun silam pernah dihukum penjara selama empat bulan. Karena melakukan pencurian kabel proyek di wilayah Kulon Progo.

"Setelah lima belas tahun. Ia kini melakukan pencurian lagi," tuturnya.

Adapun pencurian di konter handphone, kata Rudy, karena pelaku bekerja di pengepul rongsokan di wilayah Gamping dan sering melewati jalan depan konter. Sehingga terbesit rencana untuk mengambil barang-barang yang ada di dalam konter.

Dalam melancarkan aksi pencurian, lelaki 44 tahun itu terbilang nekat. Ia memanjat bagian atap konter, merusak genting, kemudian masuk ke dalam bangunan dengan cara melobangi eternit.

Di dalam konter, SM kemudian mengambil puluhan handphone dan aksesoris. Barang curian dibawa dan disimpan di kawasan pemakaman.

"[Handphone curian] sempat disimpan di pemakaman sampai satu hari. Ada yang sebagian udah dijual dan sebagian disimpan," jelas Rudy.

Di depan petugas dan awak media, SM mengaku sejak dihukum lima belas tahun lalu, sebenarnya sudah kapok tidak mau mencuri lagi. Apalagi sudah bekerja rongsokan di proyek. Namun karena ada tekanan dan kebutuhan ekonomi. Bapak tiga anak itu akhirnya nekat mencuri.

"Saya khilaf. Karena ada tekanan. Butuh uang, kemudian terpikir untuk mencuri," ujar dia.

Sebagian handphone dari hasil curian diakuinya sudah dijual kepada teman-temannya. Dapat uang Rp 300 ribu.

"Uangnya habis untuk ongkos, untuk makan dan rokok," ucap dia.

Atas perbuatannya, SM disangkakan telah melanggar pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (Humas Polres Bantul)

Polres Bantul dan Dinsos Akan Bekerja Sama Pendistribusian PKH dan BPNT

Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH mengikuti vicon dalam rangka arahan dan anev dari Koorsahli Kapolri selaku Kasatgas Bansos bertempat di aula Mapolres Bantul, Senin (25/2/2019) sore.

Giat ini juga diikuti Kasat Binmas, Kapolsek Jajaran, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bantul, Koorwil, TPSK, Pendamping PKH dan BPNT Desa.

Kepala Dinsos P3A, Didik Warsito, mengatakan Dinas Sosial (Dinsos) P3A Bantul bekerja sama dengan Polres Bantul untuk pendistribusian Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Hal tersebut sesuai MoU antara Kementerian Sosial dan Kepolisian RI untuk pengawalan distribusi tersebut.

“Kerja sama tersebut terkait beberapa hal seperti data hingga distribusi bantuan, menyangkut akurasi data dan menjamin distribusi sampai ke penerima," kata Didik pada rapat koordinasi di Polres Bantul.

Lanjut Didik, kerja sama untuk pengamanan distribusi diperlukan karena kepolisian ada yang menerima aduan masyarakat yang merasa tidak mendapat bantuan.

"Jadi ada yang merasa tidak mendapat bantuan, dia merasa lebih berhak diberi bantuan. Yang kedua memang terjadi masalah saat distribusi," terang Didik.

Untuk itu, perlu diadakan kerja sama.

"Jadi perlu MoU dengan juga dengan pusat. Ini untuk BPNT dan PKH," ujarnya.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Bantul AKP Partuti Wijayanti menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan para pendamping PKH.

"Kami ada satgas binmas untuk pendataan dan sosialisasi," kata Partuti.

Satsabhara juga dilibatkan untuk pengamanan pendistribusian dan memantau ketersediaan barang yang akan didistribusikan.

"Bagaimana ketersediaannya di warung-warung seperti apa juga dipantau," tuturnya.

Satgas lidik dari reskrim juga dikerahkan untuk memantau kerawanan terhadap korupsi bantuan tersebut.

Lanjutnya, kerja sama ini dimulai dari Januari yang lalu.

"Sudah dimulai Januari kemarin, tanggal 25," ujarnya. (Humas Polres Bantul)


Pengamanan Senam Massal Di Halaman Gedung MWCNU Dusun Tilaman

PLH Kapolsek Imogiri Kompol Anom YSW SH pimpin  pengamanan senam massal di Halaman Gedung MWCNU dusun Tilaman,Wukirsari Imogiri Minggu (24/02/2019) jam 07.00 Wib.

Acara ini diselenggarakan  oleh Dispora kabupaten Bantul bekerja sama dengan karang Taruna  warga dusun Tilaman Imogiri.

Senam massal ini merupakan kegiatan dalam rangka pemassalan olah raga. Seluruh peserta mengikuti kegiatan senam dengan sangat antusias. Setelah selesai kegiatan senam acara dilanjutkan dengan pembagian door prize oleh panitia.

Kegiatan senam masal ini bertujuan untuk mengajak masyarakat  agar lebih hidup sehat dan juga untuk ajang silaturahmi. Selama kegiatan senam berlangsung aman dan lancar.

Anggota Polsek Imogiri melaksanakan pengamanan sampai dengan acara selesai. (Humas Polsek Imogiri)

Polsek Imogiri Amankan Acara Flashmob Partai PKS DPC Imogiri

Minggu pagi (24/02/2019) Personel Polsek Imogiri  melaksanakan pengamanan giat kampanye dari Partai Keadilan Sosial (PKS). Pelaksanaan kampanye dilakukan dalam bentuk Flashmob dari DPC PKS Kec. Imogiri Kab. Bantul beserta 50 simpatisan. Giat kampanye berlangsung di Pertigaan Pos LLAJ  Depan Kantor Kecamatan Imogiri.

“Pengamanan dilakukan untuk menjamin kegiatan berjalan aman. Dengan harapan semuanya berjalan lancar tidak terjadi gangguan kamtibmas mapun kemacetan arus lalu lintas mengingat kegiatan dilaksanakan di Jalur wisata yang mengarah ke arah wisata Makam Raja Raja Imogiri dan Wisata Wilayah Kecamatan Dlingo.” ujar PLH Kapolsek Imogiri Kompol Anom YSW ,SH.

Adapun bentuk kampanye berupa Flashmob  tersebut  dilakukan dengan cara membunyikan sound sistem (lagu dan berdiri menghadap ke jalan raya serta menunjukkan APK yang bergambar Caleg PKS serta membagikan brosur dan stiker PKS kepada masyarakat yang melintas dijalan raya pertigaan Pos LLAJ Depan Kantor Kecamatan Imogiri.

Dengan adanya pengamanan dari Polsek Imogiri, selama kegiatan kampanye Flash mob dari awal hingga acara berakhir berjalan lancar, aman dan kondusif. (Humas Polsek Imogiri)

Bhabinkamtibmas Desa Mangunan Sosialisasikan Saber Pungli Dipertemuan Pokmas

Anggota polsek Dlingo melaksanakan kegiatan kepolisian setiap harinya seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Mangunan Aiptu Ari Azhari menghadiri pertemuan Pokmas  (kelompok masyarakat) desa Mangunan kecamatan Dlingo kabupaten Bantul.  Selasa 26 Pebruari 2019.

Pertemuan kelompok masyarakat ini diselenggarakan di pendopo balai desa Mangunan untuk tindak lanjut progam  PTSL (permohonan tanah sistim lengkap) yang diadakan oleh BPN (badan pertanahan nasional) kabupaten Bantul agar segera terealisasi.

Untuk kabupaten Bantul sendiri mendapatkan jatah 20.000 sertifikat tanah yang diperuntukkan di beberapa kecamatan yang ada di Bantul termasuk kecamatan Dlingo dan dari kecamatan Dlingo desa Mangunan termasuk desa yang mendapatkan jatah progam PTSL tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Aiptu Azhari memberikan penyuluhan saber pungli kepada  kelompok masyarakat atau Pokmas dan kepada seluruh warga yang hadir dalam pertemuan tersebut, Agar dalam pelaksanaan progam PTSL bebas dari pungutan liar.

Acara di hadiri oleh lurah desa Mangunan H.Jiyono ihsan S. Sos, bhabinkamtibmas desa Mangunan Aiptu Ari azhari, para kadus sedesa  Mangunan dan seluruh Pokmas desa Mangunan. Acara berjalan dengan aman dan lancar dan diakhiri dengan sesi poto bersama. (Humas polsek Dlingo) 

Muspika Banguntapan Sebagai Nara Sumber Sarasehan Ciptakan Pemilu Damai Dan Sejuk

Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi SH MH hadiri giat sarasehan dan silaturahmi bersama KNPI dan OKP (organisasi kepemudaan)  sekecamatan Banguntapan serta 10 elemen masyarakat di pendopo Kecamatan Banguntapan, Bantul. Selasa, 26 Februari 2019 mulai pukul 20.00 wib.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Banguntapan menyampaikan tahun 2019 merupakan tahun politik, dimana pada hari rabu tanggal 17 April 2019 akan dilaksanakan pemilu serentak 2019 untuk memilih DPRD Kabupaten/kota (hijau) , DPRD Propinsi (biru),  DPR-RI (kuning), DPD (merah), Presiden dan Wakilnya (abu-abu).

Namanya pilihan sudah tentu masing-masing mempunyai pilihan berbeda-beda. Kami dari muspika mengajak pada semua elemen warga / OKP / KNPI menjaga keberagaman dalam perbedaan namun tetap satu kesatuan. Mari kita berikan contoh saling menghormati dalam perbedaan sehingga tercipta kamtibmas aman damai dan sejuk, baik sebelum pelaksanaan pemilu maupun setelah pemilu 2019.

Saat ini tahapan pemilu sudah memasuki masa kampanye para caleg, kami Polsek Banguntapan dibantu dari TNI (koramil) siap menjaga keamanan kamtibmas wilayah, dan kerjasamanya dengan OKP menciptakan suasana yang nyaman dan damai. Jangan mau di adu domba dan jangan mudah terprovokasi adanya pesan broadcats dari medsos, telaah sumber beritanya. Stop hoax dan kampanye gelap, tutupnya.

Camat Banguntapan menambahkan agar semua warga turut berperan mensukseskan pemilu serentak damai dan sejuk. Gunakan hak pilih sesuai hati nurani. Serta agar cek apakah sudah terdaftar sebagai DPT pemilu 2019.

Danramil Banguntapan Kapten Nuryanto melengkapi jika menemukan adanya berita yang menyudutkan salah satu calon baik legislatif maupun eksekutif (black campaign), ataupun money politik silahkan sampaikan ke panwaslu setempat, jangan bertindak sendiri apalagi main hakim sendiri. Mari bersama kita sukseskan pemilu serentak 2019 dengan aman damai dan sejuk. (Humas Polsek Banguntapan)

Anggota Polsek Kasihan Takziah Ke Rumah Duka Almarhumah Ibu Sumiyati

Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo Bripka Rista Faruliyanta bersama anggota Polsek Kasihan melayat ke rumah duka Almarhumah Ibu Sumiyati di dusun Kembang Rt 05, Kalipucang, Bangunjiwo Kasihan Bantul, Selas (26/02/2019) pukul 10.00 wib.

Almarhumah meninggal dunia di usia 38 tahun pada hari Senin tanggal 25 Pebruari  pukul 20.30 WIB di RSUD Panembahan Senopati Bantul karena sakit DB.  Almarhumah adalah Istri dari bapak Jaka Prasetya Penjaga Malam BRI Unit Ngastiharjo Kasihan Bantul. Rencananya jenazah akan dikebumikan pada hari ini Selasa tanggal 26 Pebruari 2019 pukul 13.00 wib di pemakaman Kalongan , Kalipucang, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.

Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo menyampaikan atas nama pribadi maupun dinas menyampaikan turut belasungkawa kepada keluarga atas meninggalnya almarhumah Ibu Sumiyati. Semoga amal ibadahnya diterima disisi Allah SWT, dan diampuni segala dosanya sehingga meninggal dalam keadaan khusnul khotimah, sedang keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan ketabahan dan keiklasan dalam menerima musibah ini. (Humas Polsek Kasihan)

Pengamanan Peresmian Pembangunan Rehap Enam Pasar Yang Di Pusatkan Di Pasar Turi

Anggota Polsek Bambanglipuro mengamankan peresmian pembangunan rehap Pasar yang di pusatkan di Lokasi Pasar Turi di Desa Sidomulyo Kecamatan Bambanglipuro Bantul, Selasa (26/2/2019) pukul 10.00 Wib.

Adapun enam Pasar yang di lakukan rehab pembangunan berupa sarana prasarana los antar lain Pasar Turi, Pasar Jodog, Pasar Bendosari, Pasar Gumulan, Pasar Gatak dan Pasar Bantul.

Hadir dalam kegiatan peresmian tersebut Kapolres Bantul diwakili oleh Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH, Badan Inspektorat Kabupaten Bantul Hermawan Setiaji S.I.P  M.H, Kepala Perdagangan Kabupaten Bantul Ir Subiyanto Hadi MM, Kabid pengembangan perdagangan Ir Agus Riyadmadi, Kepala pengembangan Pasar Arum Hidayati S.I.P M.Pa, Kasi Pendapatan Sari Mumpuni SE M.S, Kasi Promosi Dra Kun Ernawati M.Si, Kasi Sarpras Haryono SE, Kasi Pendaftaran perusahaan dan kelembagaan Sri Rusminiwati, Danramil Bambanglipuro diwakili Pelda Masijo, Dukuh Turi, Ketua APSI Pasar Turi Sujito, para tokoh masyarakat, toga, tomas dan tamu undangan.

Sebelum meresmikan, Bupati Bantul menyempatkan diri berkeliling pasar rakyat yang baru selesai di renovasi tersebut.Beliau juga sempat berdialog dengan para pedagang yang sebagian besar berjualan sayuran, sembako, makanan kecil dan barang kebutuhan sendiri.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul Ir Subiyanto Hadi M.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa rehap Pembangunan enam pasar tersebut dilakukan pada tahun 2018 dan Lima Pasar tradisional yaitu Pasar Turi, Pasar Jodog, Pasar Bendosari, Pasar Gumulan dan Pasar Gatak. Kelima pasar tersebut direhap menggunakan Dana Alokasi Khusus ( DAK) senilai Rp 5,3 Milyar lebih. Dari lima pasar itu masing-masing pasar mendapatkan anggaran sekitar 1 milyar lebih.

Bupati Bantul dalam sambutannya mengharapkan, pasar tradisional tetap eksis sehingga mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat."Pasar yang mengelolanya harus memberikan manfaat kepada masyarakat.

Bupati juga berharap dengan adanya rehab pembangunan ini maka pasar rakyat nantinya dapat mengubah stigma di mata masyarakat.

" Pasar rakyat yang dulunya kumuh, becek panas dan pengap nantinya bisa sehat dan bersih.Para pedagang dan pembeli bisa betah berbelanja" ujar Bupati Bantul.

Selama kegiatan peresmian Pasar Turi Desa Sidomulyo berlangsung, Polsek Bambanglipuro melaksanakan pengamanan kegiatan tersebut. Selain menempatkan anggotanya di lokasi, Kapolsek Bambanglipuro juga menempatkan personelnya di rute-rute yang dilalui oleh rombongan Bupati Bantul. Kegiatan peresmian Pasar Turi Desa Sidomulyo berakhir pada pukul 12.00 Wib dan berjalan dengan aman. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Pelajar SMA Gagal Duel Satu Lawan Satu

Selasa tanggal 26 Februari 2019. Beberapa pelajar Tingkat SMA di wilayah Jetis terpaksa harus berurusan dengan Polsek Jetis karena ketahuan akan melakukan perkelahian satu lawan satu (duel) di salah satu perbukitan sindet Trimulyo Jetis beberapa waktu yang lalu.

Seperti disampaikan Kanit Binmas Polsek Jetis Ipda Budiyono "beberapa waktu lalu kami mendapatkan informasi akan adanya perkelahian satu lawan satu, antara pelajar di salah satu SMA di Kecamatan Jetis dan pelajar di Kecamatan Imogiri, namun kejadian perkelahian itu, dapat segera dicegah berkat kesiapan aparat keamanan".jelas Ipda Budiyono.

Selanjutnya Kapolsek Jetis bersama Unit Binmas dan Reskrim Polsek Jetis melakukan pembinaan dan pemanggilan terhadap siswa yang akan melakukan perkelahian satu lawan satu dengan menghadirkan orang tua murid.

Menurut keterangan salah satu siswa tersebut rencannya perkelahian satu lawan satu akan dilakukan hari sabtu 16 februari 2019. Yang menjadi pemicu rencana perkelahian satu lawan satu, karena permasalahan  tidak hadirnya beberapa siswa SMA diwilayah Jetis, dalam acara yang di gelar bersama pelajar di wilayah di Imogiri.

Dengan didampingi orang tua murid, Kapolsek Jetis, Kanit Binmas memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada beberapa Siswa  SMA ini, dengan membuat pernyataan tertulis, tidak akan melakukan perkelahian satu lawan satu, dengan Sekolah manapun, dan tidak akan melakukan perbuatan yang melanggar hukum serta perbuatan yang meresahkan masyarakat. Selain itu  para pelajar SMA ini, sanggup untuk membubarkan Genk yang ada di sekolahnya karena tidak ada manfaatnya.

Kapolsek Jetis AKP M. Sholeh, SH, MM Secara khusus "menyampaikan pesan kepada orang tua siswa pelajar yang bermasalah, "agar anak anaknya, mendapatkan perhatian baik saat dirumah maupun saat bergaul di lingkungannya, pergaulan anak anak kita akan sangat dipengaruhi oleh lingkungan bermain dan teman bermain. Sebagai generasi penerus bangsa diharapkan anak anak ini, tidak terlibat dlm tindakan kejahatan atau kriminalitas, serta menjauhi Kelompok kelompok yang akan menyesatkan masa depan anak anak kita sendiri ”tegasnya.

Diakhir pembinaan para siswa wajib memohon maaf kepada sesama mereka dan orang tuanya masing masing dengan mencium tangan orang tua mereka. (Humas Polsek Jetis)

Unit Binmas Polsek Kasihan Sambang Desa Bangunjiwo

Unit Binmas Polsek Kasihan Panit Binmas I Aiptu Markuwat, Panit Binmas II Iptu Budi Sunarna, bersama Bhabinkamtibmas Desa Se-Kecamatan Kasihan dipimpin Kanit Binmas AKP Sukris Sigit Purnomo melakukan Sambang di Kelurahan Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Selasa,  26 Februari 2019  pukul 10.30 wib

Kedatangan Unit Binmas Polsek Kasihan disambut dengan ramah tamah oleh Lurah Desa bapak H. Parjo, ST. M.Si., Carik Desa bapak Sukarman dan Para Pamong Desa Bangunjiwo.

Kegiatan sambang tersebut dalam rangka memupuk serta memelihara kedekatan Polri dengan tokoh masyarakat dan guna kelancaran penyampaian himbauan serta pesan kamtibmas.

Dalam kegiatan sambangnya, Kanit Binmas kasihan AKP Sukris Sigit Purnomo melakukan koordinasi kamtibmas dan menyampaikan himbauan tentang antisipasi gangguan kamtibmas khususnya curas, curat, curanmor dan keamanan menjelang Kampanye terbuka Pemilu 2019 (Pilpres dan pileg) supaya tidak lengah terhadap orang yang tidak bertanggung jawab.

AKP Sukris Sigit Purnomo juga berharap agar himbauan dan pesan yang telah disampaikan dapat diteruskan kepada warga masyarakat,  sehingga masyarakat juga memiliki kesadaran tentang upaya pemeliharaan kamtibmas.

“Kita juga akan laksanakan patroli secara rutin pada jam-jam rawan untuk menekan terjadinya tindak kejahatan demi terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polsek Kasihan,” ujar Akp Sukris Sigit Purnomo. (Humas Polsek Kasihan)

Pengamanan Sidang Terkait Kasus Penganiayaan Almarhum M. Iqbal Setyawan

Personil Polsek Bantul mengamankan Sidang terkait Kasus kekerasan dan atau penganiayaan sebagai mana di atur dan di ancam pidana dengan pasal 170 ayat 2 KUHP atau pasal 351 ayat 2 KUHP jo pasal 55 ayat 1 KUHP (penganiayaan yang mengakibatkan korban meninggal). Selasa, 26 Februari 2019 pukul 13.45 Wib.

Adapun korban adalah almarhum M. Iqbal Setyawan dan terdakwa Wahyu Timur Pribadi, Lutfan Gian Firdaus dan Hawinta Akhsani Taqwin.

Perangkat sidang adalah Hakim Ketua Sri Wijayanti Tanjung SH, Hakim Anggota  1 R. Rajendra Mohni, Hakim Anggota 2  Iswoyokusumo SH MH, Penitera Pengganti : Daru Buana Sejati SH, Penuntut Umum Afif panji wilogo, Kuasa Hukum Terdakwa : Budi Santoso, SH dan Natalia, SH

Keterangan terdakwa Wahyu timur Pribadi di depan hakim menyampaikan pada saat itu saya kehilangan helm dan merasa jengkel dan saya melihat kerumunan orang dikeroyok kemudian saya ikut mengeroyok. Bahwa korban menurut saya adalah suporter PSS Sleman. Saya menonton di SSA untuk mendukung PSIM melawan PSS Sleman dan tidak tau persis korban pendukung PSS atau bukan.

Sedangkan Lutfan Gian Firdaus didepan hakim menyampaikan karena merasa berbeda suporter saya ikut mengeroyok korban. Saya ikut melakukan pengeroyokan ke korban dengan cara menendang korban. Saya menyesal ikut mengeroyok korban dan saya tidak tergabung dalam kelompok suporter PSIM.

Sementara Hawinta Akhsani Taqwin didepan hakim menyampaikan bahwa sebelum ke stadion sempat minum miras. Pada saat kejadian saya memang berada di lokasi kejadian dan ikut menendang korban. Saya ikut mengeroyok korban karena spontanitas. Saya menyesal atas kejadian ini.

Sidang berakhir pukul 15.45 wib dengan aman dan lancar. Sidang akan dilanjutkan pada hari Selasa tanggal 12 Maret  2019 pukul 09.00 wib dengan agenda sidang tuntutan kepada terdakwa. (Humas Polsek Bantul)

Kanit Binmas Polsek Pajangan Hadiri Sosialisasi Peraturan Daerah No 13 Tahun 2015 Di Balai Kampung Dusun Kadireso

Kanit Binmas Ipda Tetepana mewakili Kapolsek Pajangan menghadiri Sosialisasi Peraturan daerah No 13 tahun 2015 sebagai pengganti Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 8 tahun 2010 tentang penanggulangan bencana bertempat di Balai Kampung Dusun Kadireso RT 05  Triwidadi Pajangan Bantul, Selasa (26 /02/2019) pukul 10.00 wib.

Hadir dalam acara ini Kepala BPBD Kabupaten Bantul Bapak Dwi Daryanto, Komisi A DPRD Propinsi DIY Bapak Agus Sumartono, Kapolsek Pajangan diwakili Kanit Binmas Ipda Tetepana, Lurah Triwidadi Bapak Slamet Riyanto, Bapak Ibu Tamu Undangan warga desa Triwidadi sekitar 100 orang. 

Bapak Agus Suhartono selaku anggota Komisi A   DPRD Provinsi DIY menyampaikan bahwa sesuai aspirasi warga desa Triwidadi bahwa Desa Triwidadi salah satu yang diusulkan menjadi Desa Tanggung Bencana. Salah satu menjadi tugas Komisi A adalah melaksanakan sosialisasi peraturan daerah disamping membuat perda dan rencana anggaran.

Tujuan sosialisasi ini adalah agar masyarakat mengetahui dasar hukum cara cara penanggulangan bencana  sehingga mampu meminimalisir akibat terjadinya bencana baik dari segi korban harta benda maupun dari segi korban nyawa, supaya jelas masyarakat lebih siap dan tanggung menghadapi segala kemungkinan bencana yang terjadi.

Acara inti Sosialisasi Perda No 13 Tahun 2015 dijelaskan oleh Kepala BPPD Kabupaten Bantul Bapak Dwi Daryanto bahwa intinya Perda ini mengatur apa yang menjadi kewajiban pemerintah dan apa yang menjadi hak masyarakat dan sebaliknya. Kita semua jangan takut bencana , tapi yang terpenting kita harus siap siaga menghadapi segala kemungkinan bencana karena secara faktor demografi bahwa di Indonesia ada 129 Gunung berapi yang aktif. Di  wilayah Desa Triwidadi adalah daerah yang berbukit bukit maka yang lebih diperhatikan adalah kemungkinan tanah longsor. Yang tidak bisa diprediksi adalah Bencana Gempa Bumi, karena  gempa ada yang bisa dirasakan,  ada yang tidak bisa dirasakan. Secara sadar bahwa gempa itu tidak membunuh, yang membunuh adalah bangunan rumah  yang merobohi kita. Maka yang perlu diantisipasi adalah struktur bangunan yang tahan gempa.

Tiga  Pilar yang bertanggung jawab dan berperan terhadap bencana yang terjadi

1. Pemerintah mulai Desa, Kecamatan, Kabupaten Provinsi sampai pemerintah Pusat.
2. Dunia Usaha, sektor industri juga harus turut serta berpartisipasi jika terjadi bencana alam.
3. Masyarakat juga sangat penting karena yang pertama kali menghadapinya.

Akhir kata saya selaku kepala BPBD berpesan kepada warga supaya "SIAP, TANGGAP, TANGGUNG" terhadap segala kemungkinan bencana alam.  Acara selesai sampai pukul 12.30 wib berjalan lancar. (Humas Polsek Pajangan)

Pengamanan Pagelaran Wayang Kulit Di Pasar Turi Sidomulyo Bambanglipuro

Dalam rangka acara puncak kegiatan peresmian rehap Pasar Turi Sidomulyo Bambanglipuro telah digelar pagelaran Wayang Kulit di Lokasi Pasar Turi Sidomulyo Bambanglipuro Bantul, Selasa  (26/2/2019) jam 20.00 Wib. Acara ini bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul.

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Kabupaten Bantul Komisi B Suradal, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul Ir. Subiyanto Hadi MM, Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH serta tamu undangan dan penonton sekitar 150 orang.

Anggota DPRD Kabupaten Bantul Suradal dalam sambutannya mengucapkan terimasih atas kegiatan pagelaran wayang kulit malam ini yang merupakan rangkaian dari peresmian rehap pasar rakyat sejak tadi pagi.

Atas nama wakil dari komisi B mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada pelaksana pemda Kabupaten Bantul atas kegiatan rehap pasar tradisional sehingga dapat membantu para pedagang dan masyarakat. Mudah - mudahan atas pembangunan ini akan selalu dilanjutkan untuk menjadikan Pasar Turi dengan sempurna.

Kami di DPRD Bantul akan selalu mendukung agar terwujudnya pasar tradisional yang sempurna dan berguna. Rangkaian kegiatan hiburan  peresmian hari ini merupakan puncak dari seluruh kegiatan peresmian pasar rakyat yang terselenggara atas kerjasama komisi B dengan Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul melalui dana aspirasi.

Ir Subiyanto Hadi MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa pagelaran wayang kulit ini disamping untuk mengayubagiyo telah selesainya rehap pasar Turi beserta Lima pasar lainya juga ikut nguri uri kebudayaan jawa yang hampir punah.

Lebih lanjut Ir Subiyanto Hadi MM berharap pasar rakyat ini bisa meningkatkan perekonomian rakyat pedesaan sehingga kesejahteraanpun bisa meningkat. Pagelaran wayang kulit merupakan tontonan dan tuntunan yang baik, untuk itu marilah kita ambil hikmahnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya Ir Subiyanto Hadi MM menyerahkan wayang tokoh Semar kepada dalang Ki Seno Nugroho tanda dimulainya pagelaran.

Kegiatan dilanjutkan dengan hiburan wayang kulit oleh dalang Ki Seno Nugroho dengan lakon " Pasar Anyar Wirotho.

Selama kegiatan berlangsung anggota Polsek Bambanglipuro melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman dan tertib. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Personil Polsek Sanden Pantau Di E Warung Pendistribusian PKH

Bhabinkamtibmas Desa Gadingharjo Brigadir Tohari bersama Bamin Unit Sabhara Polsrk Sandrn Bripka Triasih menyambangi toko E Warung milik Sariono dan Ibu Wahyudiyanti RPK (Rumah Pangan Kita) di Dusun Merten RT 04 Gadingharjo, Sanden, Bantul, Selasa (26/02/2019) pukul 10.00 Wib.

Giat sambang dilakukan dalam rangka pengecekan bantuan sekaligus pantauan penerimaan pendistribusian PKH kepada warga masyarakat. Saat melaksanakan sambang, Brigadir Tohari bersama Bripka Triasih menghimbau kepada Bapak Sariono dan Ibu Wahyudiyanti selaku pemilik Toko/Warung yang ditunjuk untuk menyalurkan bantuan agar sembako yang diberikan berkwalitas yang baik, jangan sampai mengambil kesempatan dalam kesempitan agar program PKH benar-benar bermanfaat bagi masyarakat dengan mendapatkan sembako yang layak konsumsi.

Dalam kesempatan tersebut, petugas dari Polsek Sanden mengajak kepada warga masyarakat Desa Gadingharjo untuk mendukung program Pemerintah dalam penyaluran bantuan ini dan berharap agar program BPNT tepat sasaran serta pada saat pengambilan bantuan agar warga untuk mengantri agar penyaluran bantuan dapat berjalan aman dan Iancar.

Sampai dengan hari ini, KPM yang mengambil bantuan di Warung Bapak Sariono Dusun Merten Rt 04 Gadingharjo Sanden sudah ada 259 orang.  (Humas Polsek Sanden)

Bhabinkamtibmas Memberikan Pembinaan Kepada Siswa SMPN 4 Pandak

Bhabinkamtibmas Desa Gilangharjo Bripka Rudi Isgiarto SH melaksanakan Bintibmas di SMP N 4 Pandak Bantul, Selasa (26/02/2019) jam 07.00 Wib.

Dalam kegiatan tersebut minimal bisa memberikan pembelajaran-pembelajaran yang positif baik dalam kedisiplinan maupun dalam pergaulan, di usia yang masih belia menginjak remaja sangat rentan sekali anak-anak terpengaruh dengan hal-hal yang buruk, seperti halnya dengan banyaknya anak-anak Punk yang ada di jalan-jalan kebanyakan mereka masih duduk di bangku SMP.

Di SMP N 4 Pandak Bantul di sinyalir banyak sekali siswa yang berangkat sekolah dengan mengendarai sepeda motor, maka dari itu siswa sangat perlu sekali di berikan arahan-arahan tentang Lalu lintas agar para Siswa mengetahui dan paham tentang aturan-aturan dan syarat untuk mengendarai sepeda motor, walaupun susah sekali memberikan arahan-arahan kepada siswa namun sebagai Bhabinkamtibmas akan selalu rutin memberikan pembinaan kepada anak-anak Sekolah lambat laun pasti mereka akan tahu dan sadar bahwa di usia belia mereka belum boleh mengendarai sepeda motor. (Humas Polsek Pandak)

Cegah Konflik Sosial, Kanit Binmas Polsek Imogiri Berikan Penyuluhan Tentang Konflik Sosial Dan Penyelesaiannya

Kanit Binmas Polsek Imogiri AKP Suhariyono Memberikan penyuluhan dengan materi tentang Konflik Sosial kepada anggota linmas di aula Kecamatan Imogiri Bantul, Kamis (21/02/2019). Acara Ini diselenggarakan oleh Trantib kecamatan Imogiri.

Acara ini dihadiri oleh Camat Imogiri, Kepala trantip kec Imogiri, Danramil Imogiri, Kanit Binmas Polsek Imogiri, Bhabinkamtibmas, Babinsa, lurah seimogiri, dan Linmas Sekecamatan Imogiri  peserta kurang lebih 50 peserta.

Kanit Binmas Polsek Imogiri AKP Suhariyono dalam paparannya menjelaskan beberapa poin penting diantaranya, memberikan penerangan kepada peserta dan tamu undangan mengenai konflik sosial, menjelaskan apa yang di maksud dengan konflik sosial, apa saja yang dapat menimbulkan terjadinya konflik sosial di masyarakat, bagaimana pencegahan timbulnya konflik sosial. Beberapa poin tersebut di sampaikan Kanit Binmas kepada peserta yang hadir secara jelas dan detail. (Humas Polsek Imogiri)