31 July 2021

Kejar Herd Immunity, Ditpolairud Polda DIY Gelar Serbuan Vaksinasi bagi Masyarakat Pesisir Pantai

Dit Polairud Polda DIY menggelar vaksinasi massal bagi masyarakat pesisir pantai. Kegiatan bertajuk serbuan vaksinasi ini dilaksanakan di mako Ditpolairud Polda DIY yang berlokasi di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Sabtu (31/7/2021).

Pelaksanaan vaksinasi ini, sebagai upaya menekan angka kasus Covid-19.

Waka Polda DIY Brigjen Pol R. Slamet Santoso SH SIK  didampingi sejumlah Pejabat Utama Polda DIY dan Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK  meninjau langsung kegiatan vaksinasi massal tersebut, mulai dari tahap pendaftaran, penyuntikan hingga observasi pasca-vaksin

"Hari ini, Ditpolairud Polda DIY melaksanakan serbuan vaksinasi bagi masyarakat pesisir pantai," kata Waka Polda DIY.



Waka Polda menuturkan pelaksanakan kegiatan vaksinasi massal ini demi kesehatan warga masyarakat Bantul khususnya, DIY umumnya dan Indonesia untuk lebih luasnya dengan harapan akan segera tercapai herd immunity.

"Apabila herd immunity tercapai, maka ekonomi akan bangkit,” ujarnya.

Sementara itu, Dirpolairud Polda DIY Kombes Pol Nurodin SIK mengatakan kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu 31 Juli & 1 Agustus 2021.

“Target hari ini 1.300, besok 1.300, jadi total target sebanyak 2.600,” kata Kombes Nurodin.

Ditambhakan, kegiatan ini terlaksanaka bersinergi dengan insansi terkait, seperti Pemda Bantul, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kalurahan.

“Diharapkan kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses, sesuai dengan target yang sudah dicanangkan,” tandasnya. (Humas Polres Bantul)

 
 

Kapolsek Sedayu Pelantikan Kepala Urusan Danarta Kalurahan Argorejo

Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala Urusan Danarta Kalurahan Argorejo di Kalurahan Argorejo Sedayu, Jumat (30/7/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Camat Sedayu berkesempatan melantik Kepala Urusan Danarto Kalurahan Argorejo Kapanewon Sedayu  yang baru Maryono menggantikan pejabat lama  Rina Riyakin yang telah memasuki masa purna tugas.

Melalui seleksi yang panjang dalam tahapan pengisian Kepala Usrusan Danarto Argorejo terdapat 45 orang pendaftar, 24 lolos seleksi dan akhirnya melalui proses uji kompetensi dengan nilai terbaik Maryono terpilih sebagai Kepala Urusan Danarto Argorejo yang baru. (Humas Polsek Sedayu)
 

Polsek Srandakan Amankan Pemakaman Jenazah Secara Prokes di Dusun Puluhan Kidul

Banit Intel Polsek Srandakan dan 2 anggota BKO Tracer Polda DIY Bripda Sidiq dan Bripda Nazmi melaksanakan pengamanan giat pemakaman standar prokes di Dusun Puluhan Kidul RT 50 Trimurti Srandakan, Jumat (30/7/2021) jam 14.00 WIB.

Hadir dalam acara tersebut Lurah Trimurti, Agus Purwaka, ST  beserta Pamong, Banit Intel Aipda Bambang S. beserta 2 Anggota Tracer Polda DIY Bribda Sidiq dan Bripda Nazmi, Babinsa Kalurahan Trimurti, Serka Ngadiranto dan koptu Aminudin, Kadus Puluhan Kidul, Bambang Sudarismo,  Relawan FPRB Trimurti, Relawan Dusun Puluhan Kidul.

Almarhumah sebelum meninggal dunia dinyatakan hasil PCR positif Covid-19 dan dirawat di RS. panembahan Senopati Bantul, sehingga keluarga dan masyarakat  menghubungi tim FPRB Kalurahan Trimurti untuk pemakamannya secara prokes.

Selama pelaksanaan pemakaman berlangsung aman dan lancar. (Humas Polsek Srandakan)
 

Polsek Pandak Salurkan Bantuan Sosial Berupa Beras kepada Driver Ojol

Kebijakan Pemerintah dalam Perpanjangan Perberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat tentunya membawa dampak bagi perekonomian masyarakat ekonomi lemah.

Guna meringankan beban dan membantu kebutuhan masyarakat terkait perpanjangan PPKM Darurat level 4 dan Pandemi Covid-19, Pemerintah terus mengucurkan bantuan, diantaranya berupa paket beras yang disalurkan melalui Polri.

Jajaran anggota Polsek Pandak dipimpin Kanit Binmas IPDA Tetepana menyalurkan bantuan 10 paket beras dari pemerintah kepada pedagang kaki lima di sekitar lapangan Gesikan dan Driver Ojek Online. Bantuan paket beras langsung diterima oleh driver Ojek online dan pedagang kaki lima, Sabtu (31/7/2021) siang.

“Pemberian paket beras ini merupakan wujud kepedulian Polsek Pandak kepada pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban ekonomi warga dalam memenuhi kebutuhan hidup, khususnya pedagabg angkringan dan Ojol jelas Kanit Binmas IPDA Tetepana. (Humas Polsek Pandak)
 

Polsek Piyungan Pasang Spanduk Berisi Himbauan Protokol Pencegahan Covid-19

Polsek Piyungan memasang spanduk berisi himbauan protokol pencegahan Covid-19, di beberapa tempat strategis. Sabtu (31/7/2021) siang.

Dalam upaya mengedukasi masyarakat terkait dengan pandemi Covid-19 yang belum kunjung berakhir dan cenderung meningkat.

Personel Polsek Piyungan melakukan himbauan pencegahan penyebaran covid-19 dengan memasang spanduk-spanduk himbauan Protokol Kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di tempat keramaian maupun dikantor pemerintahan.

Panit Binmas Piyungan Iptu Moh Widayadi Sanani mengatakan hal ini dilakukan sebagai langkah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat melalui pemasangan spanduk.

"Pemasangan spanduk mengacu protokol kesehatan serta himbauan kepada warga masyarakat agar selalu mentaatinya dengan harapan dapat mencegah penyebaran covid 19," ujarnya. (Humas Polsek Piyungan)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Laksanakan Pantauan Vaksinasi tahap 2 Warga Kalurahan Bantul

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Kapanewon Bantul Aipda Agus Bandianto melaksanakan Pantauan Vaksinasi tahap 2 Warga Kalurahan Bantul, Sabtu (31/7/2021) 08.00 WIB.

Adapun Team Vaksinator dari Puskesmas Bantul 2 dan berlangsung di Pendopo Kalurahan Bantul Kapanewon Bantul.

Himbauan Prokes disampaikan kepada warga peserta vaksinasi, antara lain Memakai Masker Doble, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak serta tidak bergerombol dan Tertib dalam antrian. (Humas Polsek Bantul)

 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wonokromo Bersama Kasi Trantib dan Babinsa Laksanakan Edukasi Protokol Kesehatan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wonokromo Aipda Gunawan bersama  Kasi Trantib  dan Babinsa  melaksanakan kegiatan edukasi Protokol Kesehatan di Wilayah Karanganom Wonokromo Pleret Bantul, Sabtu (31/7/2021)

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kasi Trantib / Jawatan Keamanan Haryono, S.Ip, Bhabinkamtibmas Kalurahan Wonokromo Aipda Gunawan, Babinsa Kalurahan Wonokromo Serma Mahkardiyono dan Sertu Heri.

Edukasi terkait sesuai dengan instruksi Bupati Bantul dalam penanganan pandemi covid-19 di wilayah Kabupaten Bantul, untuk Hajatan pernikahan tidak boleh dilakukan karena dapat mengundang kerumunan.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Aipda Gunawan menyampaikan bahwa setiap kegiatan wajib memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 dengan tetap mewajibkan memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan dan menjaga jarak. (Humas Polsek Pleret)
 

Jaga Kesehatan Dan Tingkatkan Imun, Polsek Sanden Olahraga Jalan Santai

Personel Polsek Sanden dipimpin Kanit Provos Iptu Suharyanto melaksanakan olahraga lagi dengan jalan santai di lingkungan sekitar kantor Mapolsek Sanden, Jumat (30/7/2021) pagi.

Olahraga jalan santai dilaksanakan setelah apel pagi dan diikuti oleh personil Polsek Sanden baim Kanit, Kasi dan anggota staf dan piket fungsi. Dengan suasana santai dan penuh keakraban, anggota berjalan menyusuri perkampungan penduduk sekitar Mapolsek sekaligus menyapa warga dan menyampaikan himbauan protokol kesehatan.

Kanit Provos Iptu Suharyanto mengatakan bahwa kegiatan olahraga jalan santai ini sangat penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh khususnya bagi anggota Polri di tengah kesibukan menjalankan tugas. Semoga dengan olah raga yang rutin di laksanakan dapat meningkatkan imun bagi tubuh sehingga personil Polsek selalu siap dalam melaksanakan tugas tugas pelayanan di tengah pandemi Covid-19. (Humas Polsek Sanden)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Amankan Vaksinasi Covid-19 Tahap II di Pendhopo Kalurahan Bantul

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Aipda Agus Bandianto melaksanakan pengamanan dan pantauan kegiatan vaksinasi Covid-19 Tahap II di Pendhopo Kalurahan Bantul, Sabtu (31/07/2021) pagi.

Kegiatan ini di hadiri oleh Lurah Kalurahan Bantul, Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul, Tim Nakes Puskesmas Bantul 2, warga peserta vaksin.

Sebelum dilakukan vaksinasi, para peserta vaksin melalui screening pemeriksaan kesehatan awal untuk menentukan boleh dan tidaknya menerima vaksin. (Humas Polsek Bantul)
 

Kanit Binmas Polsek Imogiri Wakili Kapolsek Hadiri Pelantikan dan Sertijab Dukuh Numpukan

Kanit Binmas Polsek Imogiri Iptu Agus Taprihatin mewakili Kapolsek menghadiri  Pelantikan dan serah terima jabatan Dukuh Numpukan, Karangtengah, Imogiri di Gedung Satria Bangsa Kalurahan Karangtengah,  Jumat ( 30/7/2021) siang.

Hadir dalam Pelantikan dan serahterima jabatan Kasubag Pembinaan Administrasi  Pemdes Kab Bantul Margono, SIP. Panewu Imogiri Dra. Sri Kayatun, Danramil Imogiri Kapten CZI Pangestu, Kepala KUA Imogiri Ahmad Roiz Wizda, Panewu Anom Imogiri Sunarto, S.Sos. Lurah Karangtengah Haryanto,bKetua panitia Insan Gunarjo, S.Pd.I.,M.Si.Dukuh se Kalurahan Karangtengah, Ketua Bamuskal Hj. Jazimah, Calon Dukuh terlantik Ahmad Pamuji, Dukuh lama /purna tugas Anwar Raharjo serta Tamu undangan.

Pelaksanaan pelantikan dan serah terima jabatan diawali dengan Pembukaan.dilanjutkan  Menyanyikan lagu Indonesia Raya. Pembacaan doa.serta Laporan Ketua Panitia  Insan Gunarjo, S.Pd.I.,M.Si.

Prosesi Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dukuh Numpukan Ahmad Pamuji oleh Lurah Karangtengah Haryanto dan disaksikan Panewu Anom Kapanewon Imogiri Sunarto, S.Sos dan Ketua Bamuskal Kalurahan Karangtengah Hj. Jazimah periode 2021 dampai dengan 2045

Panewu Imogiri  Imogiri Dra. Sri Kayatun dalam sambutannya Mengapresiasi kepada panitia dan pemerintah Kalurahan Karangtengah yang telah melaksanakan tahapan tahapan dalam pemilihan dukuh Numpukan dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Serta berharap kepada Dukuh terlantik dapat bersinergi dengan pemerintahan kalurahan dan kami berharap juga kepada dukuh dukuh senior tolong kasih bimbingan kepada dukuh yan baru saja terlantik agar supaya nantinya dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Pada masa pandemi ini mari kita selalu menjaga kesehatan dan dengan diberlakukanya PPKM Darurat ini marinkita ikuti peraturan pemerintah dan selalu mematuhi protokol kesehatan semoga Covid 19 ini segera berakhir. ( Humas Polsek Imogiri)
 

Bhabinkamtibmas Srigading Copot Spanduk Zona Merah di Dusun Gedongan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Srigading Bripka Afif Rudyanto SH bersama unsur terkait melepas spanduk dan baner zona merah di Dusun Gedongan Srigading, Jumat (30/7/2021) jam 10.30 WIB.

Pelepasan spanduk dan baner ini dilakukan karena Dusun Gedongan sudah tidak masuk zona merah penularan Covid-19. Warga Gedongan yang dulunya banyak terpapar virus corona saat sudah banyak yang sembuh dan sehat kembali.

Turut serta dalam pelepasan spanduk/baner tanda zona merah diantaranya Lurah Srigading, Carik, Kaur Tata Laksana, Dukuh Gedongan, Bhabinkamtibmas Kalurahan Srigading Bripka Afif, Babinsa, Babinpotmar, Ketua Posko Penanganan Covid Gedongan dan tokoh masyarakat.

Bripka Afif Rudyanto SH dalamkesempatan tersebut berpesan kepada warga untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan 5M sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19. Semoga warga hang saat ini masih sakit segera diberikan kesembuhan dan bisa beraktifitas seperti sedia kala, ujar Afif. (Humas Polsek Sanden)
 

Tim Irwasda Polda DIY tinjau Posko PPKM di Pasar Niten

Tim dari Itwasda Polda DIY  melakukan pengecekan Posko Prokes Terpadu PPKM Level 4 di Pasar Niten, Jumat (30/7/2021) jam 10.00 WIB.

Tim dari Itwasda Polda DIY dipimpin  AKBP Abdul Wahid, S.Pd., MM selaku Irbid 1 Itwasda Polda DIY bersama, Kompol Tri Novi melaksankan pengecekan Posko PPKM di pasar Niten dan diterima oleh Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho W, SH.

Posko PPKM di Pasar Niten tersebut bertujuan untuk memastikan perekonomian masyarakat tetap berjalan sesuai dengan prokes.

Dalam arahannya Tim Itwasda Polda DIY menekankan bahwa keberadaan Posko PPKM di Pasar Bantul dan Pasar Niten ini bertugas untuk memastikan pedagang maupun pengunjung telah menerapkan standar protokol kesehatan yang sesuai dengan penanganan pandemi Covid-19,” jelas AKBP Abdul Wahid, S.Pd., MM.

Oleh karena itu, ia meminta kepada jajarannya dan Lurah Pasar Niten dalam penerapan Posko PPKM di pasar untuk dapat bersinergi dan berkomunikasi dengan seluruh pihak terkait dalam pelaksanaannya. (Humas Polsek Kasihan)
 

Kapolsek Bambanglipuro Sambang Perusahaan di Wilayahnya

Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM menyambangi sejumlah perusahaan yang ada di wilayah Bambanglipuro Bantul, di antaranya PT. Prima Indah Ganjuran dan PT. Kriya Jasa , Jumat (30/7/2021) pagi.

Kegiatan tersebut adalah untuk koordinasi dengan pihak perusahaan sekaligus antisipasi gangguan Kamtibmas. Kapolsek juga menyampaikan, bahwa selama pandemi Covid-19 perusahaan wajib menerapkan standar protokol kesehatan.

Dari pihak perusahaan menerangkan, bahwa perusahaan tetap buka sesuai aturan PPKM level 4 dan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai prosedur terhadap karyawan. Antara lain pengecekan suhu tubuh saat akan melaksanakan kerja dan wajib pakai masker, serta di beberapa lokasi disediakan handsanitizer.

Terkait itu, Kapolsek Bambanglipuro menyampaikan terima kasih atas kerjasamanya dan juga mengingatkan pihak perusahaan agar tetap mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 serta menjaga kamtibmas dan mematuhi PPKM Level 4. (Humas Polsek Bambanglipuro)
 

Kapolsek Bambanglipuro Sambang Pasar Berikan Imbauan Protokol Kesehatan

Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM bersama anggotanya memberikan imbauan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di Pasar Turi Sidomulyo Bambanglipuro, Bantul, Jumat (30/7/2021) pagi.

Kegiatan imbauan tersebut ditujukan kepada para pedagang dan pengunjung Pasar Turi agar tetap memperhatikan protokol kesehatan 5 M di masa PPKM level 4 saat ini.

Selain itu, dimasa PPKM Level 4 ini untuk pasar tradisional kapasitas maksimal pengunjung 50% dan jam operasional pasar sampai dengan pukul 13.00 WIB. (Humas Polsek Bambanglipuro)
 

30 July 2021

Bhabinkamtibmas Kalurahan Gilangharjo Dampingi Kegiatan Pemakaman Jenazah Dengan Protokol Covid-19

Bhabinkamtibmas Kalurahan Gilangharjo Aipda Rudi Isgiarto SH mendampingi kegiatan pemakaman jenazah dengan standar protokol Covid-19 di TPU Dusun Karangasem Gilangharjo Pandak Bantul, Jumat (30/7/2021) pagi.

Pelaksanaan pemakaman dilakukan oleh relawan FPRB Gilangharjo dan dihadiri Bhabinkamtibmas, Babinsa, Dukuh Karangaaem serta Satgas Covid-19 Kalurahan Gilangharjo.

Warga yang dimakamkan tersebut merupakan warga Karangasem RT 02 Gilangharjo Pandak Bantul yang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19. Kemudian Satgas Covid-19 Kalurahan Gilangharjo bersama tim melakukan pengurusan jenazah sesuai protokol kesehatan. (Humas Polsek Pandak)

Jumat Berkah, Polres Bantul Bagikan Beras Kepada Tukang Becak

Melalui program “Jumat Berkah”, Polres Bantul membagikan beras kepada tukang becak yang biasa mangkal di simpang 4 Gose Bantul, Jumat (30/07/2021).

Dalam kegiatan bagi-bagi beras tersebut dipimping langsung oleh Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK.

Ihsan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap sesama di masa pandemi ini, khususnya terhadap masyarakat yang terdampak selama penerapan PPKM Darurat.

“Selain membagikan beras, kita juga menyampaikan kepada warga masyarakat agar mematuhi ketentuan PPKM Darurat yg saat ini diberlakukan di kota Bantul khususnya, dimana pemberlakuan ketentuan tersebut guna mengurangi mobilitas dan membatasi kegiatan masyarakat diluar sektor esensial dan kritikal, dalam rangka menekan laju angka pertambahan kasus covid harian yang semakin meningkat,” katanya.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat .

“Semoga pembagian beras ini bisa membantu meringankan beban mereka di tengah pandemi saat ini,” harapnya.

Ihsan juga mengimbau masyarakat untuk patuh menerapkan protokol kesehatan.

“Kami imbau kepada warga masyarakat agar tetap mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan 5M (Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas dan interaksi), guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (Humas Polres Bantul)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo Dampingi Kegiatan Tracing Warga di Dusun Droco

Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo Aipda Toto Choirudin bersama petugas dari Dinas Kesehatan melakukan tracing di Dusun Dronco, Girirejo, Imogiri, Bantul, Jumat (30/7/2021).

Turut dalam kegiatan tersebut Puskesmas Imogiri 1, Babinsa, tim BPKP, Dukuh Dronco serta Bintara Remaja Tracing Polsek Imogiri.

Bhabinkamtimas Aipda Toto Choirudin mengatakan, kegiatan tracing dilakukan kepada warga binaan yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19. Pada kegiatan itu, petugas kesehatan juga melakukan swab terhadap pasien positif Covid-19 serta menyuplai obat-obatan dan vitamin. (Humas Polsek Imogiri)

Polsek Sewon Gelar Patroli Malam dan Berikan Imbauan ke Warga

Polsek Sewon mempunyai kewajiban untuk melindungi warga masyarakat dan memberikan rasa aman serta nyaman dalam situasi pandemi Covid 19. Seperti dengan kegiatan imbauan tentang protokol kesehatan dan aturan PPKM Darurat saat melaksanakan patroli wilayah. Kamis (29/7/2021) malam.

Dalam patroli yang dipimpin Iptu Harjana itu, petugas menyampaikan himbauan tentang kamtibmas dan edukasi protokol kesehatan 5M, yakni menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas, serta mematuhi PPKM Darurat.

Selain itu, petugas patroli juga menghimbau kepada warga masyarakat untuk selalu mentaati aturan berlalu lintas, tertib di jalan dan mengutamakan keselamatan sebagai kebutuhan. (Humas Polsek Sewon)

Saat Tinjau Posko PPKM di Pasar Bantul dan Pasar Niten, Kapolres Bantul Bagikan Bantuan Beras dan Masker ke Pedagang

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK membagikan bantuan beras dan masker kepada para pedagang saat melakukan pengecekan Posko Prokes Terpadu PPKM Level 4 di Pasar Bantul dan Pasar Niten, Jumat (30/7/2021) pagi.

AKBP Ihsan SIK membagikan bantuan tersebut bersama jajarannya. Pemberian bantuan dilakukan untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Sementara itu, terkait keberadaan Posko PPKM di pasar-pasar tradisional tersebut bertujuan untuk memastikan perekonomian masyarakat tetap berjalan sesuai dengan prokes.



“Keberadaan Posko PPKM di Pasar Bantul dan Pasar Niten ini bertugas untuk memastikan pedagang maupun pengunjung telah menerapkan standar protokol kesehatan yang sesuai dengan penanganan pandemi Covid-19,” jelas Kapolres.

Oleh karena itu, ia meminta kepada jajarannya dalam penerapan Posko PPKM di pasar untuk dapat bersinergi dan berkomunikasi dengan seluruh pihak terkait dalam pelaksanaannya.

Tak hanya itu, di Posko PPKM Pasar Bantul menurut rencana juga akan digelar vaksinasi Covid-19 dalam rangka percepatan pembentukan Herd Immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus corona.

“Diharapkan masyarakat agar tidak takut dan khawatir melakukan vaksinasi Covid-19. Selain dijamin aman dan halal, vaksinasi merupakan langkah cepat untuk mengakhiri pandemi Covid-19,” ujar Kapolres. (Humas Polres Bantul)

Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Tubuh, Anggota Polsek Bantul Laksanakan Olah Raga Senam

Sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus di masa pandemi pada level IV PPKM Darurat khususnya di wilayah hukum Polsek Bantul, pelaksanaan Olah Raga anggota Polsek Bantul dilaksanakan di tempat (tidak keluar Mako) Jum'at 30/7/2021.

Hal ini dilakukan dengan tujuan menjaga merebaknya virus bisa ditekan sekecil mungkin, karena anggota tetap berada di lingkungan dinas Mako, serta giat berjemur bisa dilakukan dengan maksimal, sebagai upaya menjaga kesehatan serta imun pada tubuh. (Humas Polsek Bantul)


Forkopimkap Kretek Gencarkan Operasi Yustisi

Petugas gabungan dari Polsek Kretek, Koramil Kretek, Satgas Covid 19 Kapanewon Kretek dan Kalurahan Donotirto kembali melaksanakan giat operasi yustisi dalam rangka PPKM Level 4 di simpang empat Angkruksari pada Jumat (30/07/2021) pukul 08.00 WIB.

dalam operasi ini dihimbau terus menerapkan protokol kesehatan terus dilakukan mengingat angka penyebaran Covid-19 masih terbilang tinggi.

Dengan gencarnya diadakan giat tersebut diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid 19

Dalam giat operasi yustisi kali ini terdapat 8 teguran tertulis dan 5 Teguran lisan serta membagikan sebanyak 30 masker kepada warga masyarakat pengguna jalan. (Humas Polres Bantul)


Polsek Bantul Pasang Stiker di Rumah Warga Yang Sedang Menjalani Isoman

Jajaran Polsek Bantul dipimpin Kapolsek Bantul Kompol Ayom Yuswandono SH menyambangi beberapa keluarga yang sedang menjalani isolasi mandiri akibat terkonfirmasi positif Covid-19 di Dusun Bogoran Trirenggo Bantul, Kamis (29/7/2021).

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada warga yang terpapar serta penanganan serius atas pandemi Covid-19.

Adapun kehadiran Polsek Bantul dengan memberikan bantuan sembako dengan harapan dapat membantu atas kebutuhan pokok sehari-hari, sehingga dapat dengan tenang menjalani isoman. Selain itu, melakukan pemasangan stiker tanda bahwa keluarga tersebut sedang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing warga.

Pada kesempatan tersebut, Kapolsek Bantul juga menyampaikan himbauan dan edukasi agar warga yang terkobfirmasi positif Covid-19 tetap taat prokes dalam menjalani isoman sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku. (Humas Polsek Bantul)

Kapolsek Jetis bersama Kasat Binmas Polres Bantul Bagikan Beras dan Pasang Stiker di Rumah Warga Isoman

Kapolsek Jetis AKP  Hatta A Amrullah S.Sos MIP bersama dengan Kasat Binmas Polres Bantul AKP Antu Nugrahanto melaksanakan kunjungan kepada warga yang sedang melaksanakan isolasi mandiri di Dusun Kertan Sumberagung Jetis Bantul, Jumat (30/7/2021).

Kapolsek Jetis dan Kasat Binmas Polres Bantul mengunjungi sejumlah warga yang sedang melaksanakan isolasi mandiri dikarena terinfeksi Covid-19.

Keduanya memberikan semangat kepada warga isoman dan mendoakan agar cepat sembuh.

Rombongan membagikan beras dan menempelkan stiker di rumah warga yang isolasi mandiri.

Harapannya dengan adanya stiker yang ditempel warga masyarakat di lingkungan sekitarnya peduli dengan adanya warga yang sedang melaksanakan isolasi mandiri. (Humas Polsek Jetis)


Polsek Pleret Giat Kerja Bakti Bersihkan Lingkungan Mako

Kapolsek Pleret AKP Tukirin memimpin langsung kegiatan kerja bakti lingkungan Mako di Polsek Pleret, Jumat (30/7/2021) pagi.

Kegiatan tersebut diikuti oleh para Kanit, Kasi dan anggota Polsek Pleret.

Adapun kegiatan kerja bakti dilakukan untuk menjaga kebersihan Mako Polsek Pleret, sebab lingkungan yang bersih dan sehat akan berdampak pada kesehatan anggota dalam tugas melayani masyarakat.

Selama kegiatan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan mewajibkan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (Humas Polsek Pleret)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Kapanewon Bantul Edukasi Warga Jelang Hajatan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Kapanewon Bantul, Aiptu Sugiyanto, SH bersama Lurah dan Kamituwo melaksanakan Edukasi warga di Pedukuhan Gemahan dan Mandingan, yang akan melaksanakan hajatan, Kamis 29/7/2021 14.30 WIB.

Adapun dalam edukasinya, Aiptu Sugiyanto, SH menghimbau dan menyarankan agar tidak mengadakan pesta maupun tasyakuran yang melibatkan banyak warga, karena rentan menyebabkan penularan maupun penyebaran virus Covid-19

“Saya harap masyarakat dapat bersikap bijak dalam situasi pandemic seperti ini,” pesan Aiptu Sugiyanto. (Humas Polsek Bantul)


Polsek Sanden Berikan Bantuan Beras Kepada Kelompok Kesenian Gejog Lesung Ngunan Unan

Kebijakan Pemerintah dalam Perpanjangan Perberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat tentunya membawa dampak bagi perekonomian masyarakat ekonomi lemah.

Guna meringankan beban dan membantu kebutuhan masyarakat terkait perpanjangan PPKM Darurat dan Pandemi Covid-19, Pemerintah terus mengucurkan bantuan, diantaranya berupa paket beras yang disalurkan melalui Polri.

Jajaran anggota Polsek Sanden dipimpin Kapolsek AKP Haryanto SH menyalurkan bantuan 15 paket beras dari pemerintah kepada kelompok kesenian gejog lesung di Dusun Ngunan Unan Srigading Bantul. Bantuan paket beras secara simbolis diterima Suripno selaku Ketua Kelompok Kesenian Gejog Lesung Ngunan Unan, Kamis (29/7/2021) siang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kanit Sabhara Polsek Sanden Ipda Suparman, Kanit Intelkam Polsek Sanden Aiptu Sumaryanto, Bhabinkamtibmas Srigading Bripka Afif Rudyanto SH, Dukuh Ngunan Unan Endartono, Ketua Kelompok Kesenian Gejog Lesung Bapak Suripno beserta anggota.

“Pemberian paket beras ini merupakan wujud kepedulian Polsek Sanden kepada pelaku seni yang tidak bisa pentas akibat pandemi Covid-19. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban ekonomi warga dalam memenuhi kebutuhan hidup, khususnya pelaku kesenian gejog lesung Ngunan Unan,” ujar AKP Haryanto SH. (Humas Polsek Sanden)

Kapolres Bantul Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi di PT Maesindo

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK didampingi Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho Wibowo SH meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 di PT Maesindo Bangunjiwo Kasihan Bantul, Kamis (29/7/2021) siang.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 ini diselenggarakan oleh Polres Bantul bekerjasama dengan PT Maesindo Indonesia dengan sasaran para karyawan. Adapun jumlah kuota dalam vaksinasi kali ini sebanyak 130 peserta.

Kapolres mengatakan, kegiatan ini dilaksankan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia maju.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga menghimbau kepada peserta vaksin agar tetap menjaga imunitas tubuh dan mematuhi protokol kesehatan, sehingga kita semua dapat meminimalisir resiko penularan Covid-19.

“Dengan begitu, besar harapan kami agar lonjakan Covid-19 di Indonesia, khususnya di Bantul ini dan DIY dapat segera berakhir,” ujarnya. (Humas Polsek Kasihan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Edukasi Warga Terkonfirmasi Positif Covid-19

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Kapanewon Bantul Aiptu Sugiyanto SH menghimbau dan mengedukasi warga binaannya di Pedukuhan Bantulkarang Bantul yang terkonfirmasi positif Covid-19, Kamis (29/7/2021).

Himbauan tersebut diberikan agar bersedia melaksanakan isolasi mandiri serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, Aiptu Sugiyanto SH bersama Dukuh Bantulkarang dan relawan melaksanakan penyemprotan dan pengasapan di rumah warga terkomfirmasi positif Covid-19. (Humas Polsek Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo Laksanakan Pemantauan Pendistribusian Bansos Beras dari Kemensos

Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo Aipda Toto Choirudin melaksanakan pemantauan Pendistribusian Bansos Beras dari Kemensos di pendopo Kalurahan, Kamis (29/7/2021) pagi.

Pelaksanaan Bansos beras tersebut berasal dari Kemensos RI bekerja sama dengan  BUMN serta Dinsos DIY sampai level terbawah tingkat Kalurahan.

Senumlah  414 orang Warga Girirejo secara bergantian mengambil bantuan beras masing masing mendapat 10 Kg beras, dengan sistim bergantian sesuai waktu undangan yang diberikan Penerintah Kalurahan. 

Hadir dalam pendistribusian Beras  Lurah Girirejo Dwi Yuli Purwanti SH,  Pamong dan staf pegawai PT Pos Imogiri, Pendamping PKH.

Menurut Lurah Girirejo pendistribusian Bantuan beras di laksanakan dengan cara undangan yang dan di beri waktu pengambilan untuk mengurangi kerumunan. (Humas Polsek Imogiri)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Sidomulyo Bersama Babinsa Sambang Warga Isolasi Mandiri

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sidomulyo Aiptu Siswanto bersama Babinsa Kopda Usman mengunjungi keluarga yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman) di wilayah Kalurahan Sidomulyo Bambanglipuro Bantul, Kamis (29/7/2021) pagi.

Isolasi mandiri selama 14 hari dilakukan setelah ada riwayat kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

Kedatangan Bhabinkamtibmas bersama Babinsa selain untuk memantau warga isoman, juga memberikan bantuan kebutuhan bahan makanan untuk warga yang sedang isolasi mandiri.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Sidomulyo memberikan motivasi kepada keluarga yang sedang melakukan isolasi mandiri dan berpesan selama isolasi mandiri agar selalu mematuhi protokol kesehatan, berdiam diri di rumah serta tetap sabar dalam menghadapi pandemi ini. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Mulyodadi Bagikan Beras Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Bhabinkamtibmas Kalurahan Mulyodadi Aiptu Sukaryadi membagikan bantuan sosial (bansos) berupa beras untuk membantu masyarakat kurang mampu terdampak pandemi virus corona atau Covid-19 di wilayah Kalurahan Mulyodadi Bambanglipuro Bantul, Kamis (29/7/2021) siang.

Diharapkan dengan bantuan tersebut masyarakat bisa merasakan kehadiran Polri di tengah masyarakat dalam situasi pandemi Covid-19 ini.

“Kami berharap melalui bansos ini mudah-mudahan dapat membantu meringankan beban warga yang kurang mampu,” ucapnya.

Bansos tesebut ditujukan kepada warga masyarakat terdampak Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Mulyodadi juga memberikan himbauan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, yakni dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Polsek Sanden Bersama Jajaran Rayon II Laksanakan KRYD di Jalan Samas

Personel gabungan Rayon II yakni Polsek Sanden, Polsek Srandakan, Polsek Bambanglipuro dan Polsek Kretek melaksanakan patroli KRYD di Jalan Samas wilayah Sanden Bantul, Kamis (29/7/2021) malam.

Patroli KRYD gabungan Rayon II dipimpin piket Pawas Polsek Sanden Aiptu Mohtar. Sebelum kegiatan terlebih dahulu dilaksanakan apel di halaman Mapolsek Sanden guna perencanaan dan teknis pelaksanaan tugas.

Dalam KRYD tersebut dilakukan dengan memberikan himbauan protokol kesehatan 5M kepada warga dan sosialisasi kepatuhan PPKM Darurat. Adapun himbauandiberikan kepada pelaku usaha untuk mengikuti kebijakan dari pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Sanden)

Tinjau Posko Pasar Modern BSD, Kapolri Ingin Prokes Ditegakan Guna Menurunkan Level PPKM

JAKARTA - Pemerintah telah memutuskan memperpanjang PPKM Level 4, dengan memberikan kelonggaran terhadap pusat perekonomian masyarakat seperti pasar agar tetap beroperasi dengan protokol kesehatan yang ketat.

Begitu yang disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau Posko PPKM di Pasar Modern BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (29/7/2021).

“Oleh karena itu tadi kami meninjau langsung untuk memastikan bahwa terkait dengan beraktivitasnya pasar, tentunya pengaturan terkait protokol kesehatan harus dilaksanakan,” kata Sigit.

Sigit menekankan sebagaimana Instruksi Mendagri No 24/2021 terdapat Level dalam penerapan PPKM mulai dari 1-4, yang dimana setiap level berebeda aturan pengetatannya. Untuk itu, Sigit mengingatkan penurunan Level dalam penerapan PPKM merupakan tanggung jawab bersama antara Pemerintah dan masyarakat dengan tetap menegakan protokol kesehatan.

“Ini adalah kesempatan untuk kita semua bagaimana seluruh wilayah bisa menurunkan level. Dengan menurunkan level otomatis akan ada peningkatan pelonggaran sehingga aktivitas ekonomi bisa lebih baik di level yang diturunkan,” tekan mantan Kapolda Banten ini.

Nantinya, lanjut Sigit, akan ada asesment setiap minggunya oleh Kementerian Kesehatan bagi wilayah yang memang memenuhi syarat untuk diturunkan level PPKM-nya. Oleh karena itu, Sigit mendorong agar masyarakat dan Pemda dengan dikawal TNI-Polri, untuk memastikan kepatuhan protokol kesehatan yang kuat, seperti memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun.

"Dengan prokes yang kuat tentunya akan menurunkan angka positif harian dan mingguan atau positivity rate, menurunkan angka kematian, meningkatkan angka kesembuhan, menurunkan BOR rumah sakit," kata Sigit.

Menurut Sigit, apabila penegakan protokol kesehatan dilakukan secara disiplin, hal itu akan menurunkan tingkat level PPKM. Dengan begitu, pembatasan berkurang dan perekonomian masyarakat akan kembali bergerak.

"Dengan posisi begitu maka suatu wilayah akan turun level, dan saat turun level maka pembatasan juga akan berkurang disesuaikan dengan level yang baru, artinya pergerakan disektor ekonomi untuk pedagang dan kelompok yang ditentukan juga akan semakin meningkat karena adanya kurangnya pembatasan sesuai dengan level," ucap Sigit.

Sigit menyebut, untuk menurunkan level PPKM tersebut diperlukan kerjasama seluruh stakeholder masyarakat dengan Satgas Covid-19 Pemda, TNI dan Polri.

"Ini perlu kerjasama antara masyarakat dan seluruh stakeholder terkait, Pemda di backup satgas, TNI-Polri, dan lainnya, sehingga angka covid menurun dan kegiatan perekonomian meningkat," tutur Sigit.

Dalam asesmen mingguan, di seluruh Provinsi Indonesia masih berada di level 3 dan 4. Atau dengan kata lain, penerapan protokol kesehatan masih harus terus dilaksanakan secara disiplin dan ketat. Penentuan asesmen situasi sendiri menggunakan dua perbandingan yakni, indikator transmisi komunitas dan indikator kapasitas respon.

Pada penentuan tingkat transmisi komunitas, menggunakan jumlah kasus, jumlah kasus rawat, dan jumlah kematian yang dihitung per 100 ribu penduduk per minggu sebagai indikator utama. Pemerintah telah menetapkan nilai-nilai ambang untuk masing-masing indikator sehingga dapat membagi indikator ke dalam tingkat transmisi tertentu.

Misalnya, kasus konfirmasi di bawah 20/100.000 penduduk/minggu dikategorikan sebagai transmisi komunitas tingkat 1. Sedangkan kematian di atas 5/100.000 penduduk/minggu dikategorikan sebagai transmisi komunitas tingkat 4. Kesimpulan tentang tingkat transmisi komunitas diambil berdasarkan indikator dengan tingkat transmisi tertinggi.

Sementara untuk kapasitas respons kesehatan dikategorikan memadai, sedang, atau terbatas berdasarkan tiga indikator, yakni positivity rate dari testing dengan mempertimbangkan rasio testing, rasio kontak erat yang dilacak untuk setiap kasus, dan keterisian tempat tidur perawatan.

Oleh sebab itu, Sigit menekankan soal kepatuhan terhadap protokol kesehatan di Pasar Modern BSD tetap dipertahankan. Pelonggaran terhadap sektor perekonomian masyarakat ini, menurut Sigit harus dipertanggungjawabkan secara bersama-sama dengan betul-betul memperhatikan kapasitas pengunjung pasar yang diperbolehkan hanya 50 persen dan mengatur alur masuk pengunjung.

Dalam tinjauannya, Sigit juga menyempatkan berinteraksi pemilik tempat pangkas rambut atau Barber Shop. Ia menyosialisasikan soal pentingnya protokol kesehatan agar pengelola dan pengunjung aman dari virus corona.

"Nanti yang potong rambut harus pakai APD ya. Ada APD nya kan. Karena kan yang dipotong dibuka tuh. Biar aman semuanya ya," kata Sigit saat beriteraksi dengan pemilik Barber Shop.

Selanjutnya, Sigit juga menyapa para pedagang di Pasar Modern BSD. Warga yang berjualan pun menyampaikan ke Sigit bahwa penghasilannya sedikit berkurang, namun tetap bersyukur saat ini diperbolehkan untuk kembali beraktivitas.

"Sedikit ya. Tapi alhamdulillah yang penting sekarang masih bisa kerja ya, terima kasih," ujar Sigit.

Dalam kesempatan yang sama, Sigit menyalurkan bantuan sosial PPKM Level 4 kepada pengelola pasar dan masyarakat lainnya. Hal itu dilakukan untuk mengurangi beban di tengah Pandemi Covid-19.

Diketahui, posko PPKM di pasar terdapat vaksinasi mobile dalam rangka percepatan pembentukan Herd Immunity atau kekebalan kelompok terhadap Covid-19 yang target sasaranya pengunjung pasar dan pedagang dengan kuota 50 orang perhari.

Posko PPKM di pasar itu nantinya juga menyiapkan bantuan sosial (bansos) PPKM level 4 dari pemerintah. Pembentukan posko PPKM di pasar itu mulai dilakukan pada Selasa (27/7). Tercatat, sudah ada 9.213 posko PPKM di seluruh Indonesia. Jumlah itu berasal dari unsur TNI, Polri dan relawan.
 

Tinjau Vaksinasi Buruh, Kapolri Harap Pertumbuhan Ekonomi Membaik

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau vaksinasi massal para pekerja atau buruh pada hari ini, Kamis (29/7). Vaksinasi massal ini diselenggarakan oleh PT. Ching Luh bekerja sama dengan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dan Polri mulai tanggal 28 Juli hingga 4 Agustus 2021.

Kapolri menyampaikan para pekerja atau buruh yang tergabung dalam perusahaan sektor esensial dan kritikal diberi kesempatan tetap melakukan produksi, dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Untuk memaksimalkan kegiatan produksi tersebut, Kapolri menuturkan bahwa perlunya program vaksinasi untuk memperkuat proteksi para pekerja dan buruh agar tak terpapar virus COVID-19.

"Kita tahu bahwa saat ini rekan-rekan buruh khususnya yang tergabung dalam perusahaan ekspor diberi kesempatan melakukan produksinya dengan mengikuti prokes. Salah satu upaya lain kegiatan agar maksimal dengan melaksanakan program vaksinasi dan diharapkan rekan-rekan memiliki tingkat kekebalan yang lebih tinggi terharap serangan COVID," kata Kapolri.

Menurut Kapolri, peran buruh sangat diperlukan untuk sama-sama menanggulangi Pandemi Covid-19 di Indonesia, sebagaimana kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah. Mengingat, dalam memerangi virus corona dewasa ini diperlukan sinergitas dan saling bergandengan tangan dengan seluruh stakeholder.

Disisi lain, kata Kapolri, untuk mencegah dan menekan laju pertumbuhan Covid-19, seluruh elemen termasuk buruh juga harus melaksanakan protokol kesehatan dengan sangat disiplin. Misalnya seperti 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi).

Dengan adanya program vaksinasi para buruh ini, mantan Kabareskrim Polri ini berharap para pekerja atau buruh dapat bekerja secara maksimal, sehingga pertumbuhan ekonomi semakin membaik.

"Program ini kita sesuaikan tidak hanya di sini tapi di daerah juga untuk sama-sama melaksanakan akselerasi vaksinasi rekan buruh dan kita harapkan rekan buruh bisa bekerja optimal dan pertumbuhan ekonomi semakin baik," ujarnya.

Meskipun sudah divaksin, Kapolri tetap meminta para pekerja atau buruh mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Sementara itu Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea mengucapkan terima kasih kepada Polri atas kerja sama program vaksinasi. Ia pun menyampaikan program vaksinasi ini akan dilakukan di daerah-daerah lainnya.

"Terima kasih pak Kapolri. Program ini akan dilakukan di beberapa daerah. Vaksin presisi ini sangat membentuk herd immunity. Salut untuk Polri," katanya.

Adapun total target vaksinasi sebanyak 14.600 orang dengan target vaksinasi harian sebanyak 1.250 orang yang berasal dari masyarakat umum, karyawan PT Victory Ching Luh Pasar Kemis, dan anggota KSPSI.

Total vaksin yang dipersiapkan dalam kegiatan ini sebanyak 19.500 dosis jenis Sinovac yang berasal dari Biddokes Polda Metro Jaya 5.000 dosis, Mabes Polri 5.000 dosis, Pemda Kabupaten Tanggerang 9.500 dosis.

Jumlah vaksinator yang dilibatkan dalam kegiatan ini sejumlah 57 orang yang terdiri dari Polri sebanyak 25 vaksinator dan relawan sebanyak 32 vaksinator. Dalam kegiatan ini juga disalurkan bantuan sosial sebanyak 2.500 paket kepada pekerja atau buruh serta masyarakat umum.
 

29 July 2021

Polisi Pasang Stiker "Mohon Doa dan Suport" di Rumah Warga yang Sedang Jalani Isoman

Polres Bantul memasang stiker di rumah warga yang tengah menjalani isolasi mandiri. 

Stiker yang ditempel di depan rumah warga itu bertuliskan “mohon doa dan support, kami sedang menjalani isolasi mandiri”. 

Selain memasang stiker, petugas juga memberikan bantuan berupa beras kepada keluarga yang sedang menjalani isoman.

Tentu saja pemasangan stiker itu beralasan. 

Dengan penanda itu, warga sekitar dan pemilik rumah diharapkan lebih peduli untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan memperketat Prokes. 

Tanggal isolasi juga dicantumkan sebagai pengingat bagi pemilik rumah.



Sehingga mereka menjaga lingkungan sekitar dengan tidak pergi ke mana-mana selama masa isolasi belum berakhir. 

Masyarakat pun diharap tidak lantas memberikan label negatif kepada pemilik rumah yang tengah menjalani isolasi. 

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK mengatakan, warga yang sedang menjalani isolasi mandiri baiknya diberikan semangat.

Meski demikian, masyarakat tetap harus jaga jarak dengan mereka yang terpapar karena Covid-19 bisa menular. 

"Jika ditandai dengan stiker, malah bagus. Warga yang melihat bisa ikut peduli. Harapannya seperti itu," jelas AKBP Ihsan, Kamis (29/7/2021) 

Setelah melihat stiker dan mengetahui status kesehatan pemilik rumah, kepedulian tetangga atau warga setempat diharapkan bisa tumbuh.

Mereka bisa mengirimkan makanan atau kebutuhan lainnya untuk warga yang terhambat aktivitasnya karena  sakit. 

Jika ada kerabat atau teman ingin bertamu ke rumah berstiker itu pun dhiharapkan bisa lebih waspada. (Humas Polres Bantul)


Polres Bantul Gelar Vaksinasi Covid-19 Bagi Karyawan PT Maesindo

Polres Bantul menggelar vaksinasi Covid-19 dengan membuka Gerai Vaksin Presisi di halaman PT Maesindo, Bangunjiwo, Kasihan Bantul, Kamis (29/7/2021).

Kegiatan vaksinasi kali ini merupakan pemberian vaksin dosis pertama bagi seluruh karyawan PT Maesindo dengan target 130 vaksin. Adapun petugas vaksin melibatkan petugas dari Urkes Polres Bantul.

“Mereka yang divaksin merupakan karyawan PT Maesindo,” kata Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK di sela meninjau kegiatan vaksinasi tersebut.

Dijelaskan, Polres Bantul terus menggelar Gerai Vaksin Presisi guna mempercepat program vaksinasi kepada masyarakat di Kabupaten Bantul. Vaksinasi diberikan secara gratis dan difasilitasi Polres Bantul bekerjasama dengan PT Maesindo. Hal ini sebagai bagian dari instruksi Kapolri yang mempertahankan target vaksinasi satu juta vaksin sehari di Indonesia.



"Untuk Gerai Vaksin Preisisi masih terus kami adakan, namun pelaksanaannya bergantian. Menyesuaikan dengan stok vaksin yang ada," lanjut Kapolres.

Dirinya berharap kegiatan Gerai Vaksin Presisi ini dapat bermanfaat untuk masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. (Humas Polres Bantul)

Kapolres Bantul Melayat ke Rumah Duka Kasat Polairud AKP Gandung Triyono

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK melayat ke rumah duka Kasat Polairud AKP Gandung Triyono di Ngipik Baturetno Banguntapan Bantul, Kamis (29/7/2021).

Seperti diketahui, Kasat Polairud Polres Bantul AKP Gandung Triyono meninggal dunia pada Kamis 29 Juli 2021, dini hari.

Gandung meninggal di Rumah Sakit karena sakit.

Kehadiran Kapolres Bantul disambut Waka Polres Bantul Kompol Noer Alam SIK yang lebih dahulu tiba.

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, AKBP Ihsan menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya almarhum.

"Keluarga besar Polres Bantul mengucapkan turut berbelasungkawa. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan karena semua ini adalah kehendak Allah Subhanahu wata’ala," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Bantul juga menyerahkan tali asih yang diterima istri almarhum. (Humas Polres Bantul)


Kapolsek Sedayu Hadiri Rakor Terkait Penanganan Covid-19

Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana SH MH MM bersama Forkopim Kapanewon Sedayu melaksanakan rapat koordinasi berkaitan penanganan Covid-19, di Pendopo Kalurahan Argosari Sedayu Bantul, Kamis (29/7/2021).

Hadir antara lain Panewu Sedayu Sarjiman SIP ME, Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartan SH MH MM, Lurah Argosari Drs. Hidayaturrohman, Bhabinkamtibmas Kaluerahan Argosari Aipda Agus Muslim serta Dukuh se Kalurahan Argsosari.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Sedayu menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan oleh Polri untuk membantu pemerintah dalam penanganan dan penanggulangan Covid-19. Di antaranya dengan kegiatan vaksinasi massal, memberikan bantuan beras kepada masyarakat terdampak Covid-19 dan PPKM Darurat, serta melakukan imbauan-imbauan prokes baik secara langsung maupun melalui spanduk. (Humas Polsek Sedayu)

Kapolsek Piyungan Jenguk Anak Anggotanya Yang Sedang Sakit

Sebagai wujud kepedulian terhadap anggota, Kapolsek Piyungan Kompol Suraji SH beserta anggotanya menjenguk anak salah satu anggota Polsek Pyungan yang sedang sakit, Kamis (29/7/2021).

Anshori Fashoha Prabowo (15) merupakan anak sulung dari Aipda Edi Pardiyantoro yang tengah menjalani perawatan di rumah karena patah tulang akibat kecelakaan lalu lintas.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Piyungan memberikan tali asih, serta mendoakan kepada putra dari Aipda Edi agar segera diberikan kesembuhan.

“Kami semua anggota dari Polsek Piyungan mendoakan agar putranya segera sembuh dan dapat beraktvitas seperti sedia kala,” ucap Kapolsek.

Kapolsek menambahkan bahwa apa yang kami lakukan sebagai dukungan moril dan wujud kepedulian serta kebersamaan baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam hubungan kekeluargaan.

“Kegiatan ini selain sebagai wujud kepedulian sosial kepada anggota, sekaligus menjalin hubungan silaturahmi dan kebersamaan antara anggota dengan Polsek Piyungan,” ujarnya.

Atas kunjungan tersebut, Aipda Edi Pardiyantoro beserta istri menyampaikan ucapan banyak terima kasih atas kepedulian Keluarga Besar Polsek Piyungan yang telah menyempatkan waktu untuk menjenguk putranya. (Humas Polsek Piyungan)

Polsek Pandak Bagikan Masker di Pasar Gumulan

Personel Polsek Pandak dipimpin Kanit Binmas Ipda Tetepana melaksanakan himbauan kepada pedagang dan pengunjung di Pasar Gumulan Caturharjo Pandak Bantul, Kamis (29/7/2021).

Kegiatan tersebut dalam rangka pelaksanaan PPKM Darurat level 4 di Kabupaten Bantul untuk pengendalian penyebaran Covid-19 di wilayah Kapanewon Pandak , khusunya di Pasar Gumulan.

Dalam kegiatan tersebut personel Polsek Pandak juga membagikan masker kepada pedagang maupun pengunjung Pasar Gumulan dan diharapkan dengan pemberlakuan PPKM Darurat Level 4 ini dapat menekan angka penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Pandak)

Polsek Srandakan Lakukan Pengamanan Vaksinasi di Puskesmas Srandakan

Anggota Polsek Srandakan yang dipimpin Kasikum Aiptu Yus Ediyanto melaksanakan pengamanan kegiatan vaksinasi di Puskesmas Srandakan Bantul, Kamis (29/7/2021).

Pada kesempatan tersebut Kasikum Polsek Srandakan memberikan imbauan kepada peserta untuk mematuhi protokol kesehatan 5M sebagai kebijakan pemerintah dalam penanggulangan dan pemutusan penyebaran Covid-19 dengan menghindari kerumunan, mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak serta mengurangi mobilitas.

Adapun jenis vaksin yang digunakan yaitu sinovac dengan target vaksin sebanyak 200 vaksin. Dari 200 orang peserta vaksin yang hadir, sebanyak 192 orang di antaranya lolos mengikuti vaksinasi, sementara 8 orang lainnya ditunda. (Humas Polsek Srandakan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Edukasi Warga Untuk Patuhi Prokes 5M

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Aiptu Sugiyanto SH bersama Lurah, Kamituwo dan relawan Kalurahan Ringinharjo melaksanakan penyemprotan dan pengasapan di rumah warga Pedukuhan Bantulkarang dan Pedukuhan Mandingan Kalurahan Ringinharjo Bantul yang terkonfirmasi positif Covid-19, Rabu (28/7/2021).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di lingkungan warga sekitar.

Pada kesempatan tersebut Aiptu Sugiyanto juga mengedukasi warga masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan 5M, serta bagi warga yang terpapar Covid-19 agar bersedia menjalani isolasi mandiri sesuai ketentuan. (Humas Polsek Bantul)

Kapolsek Jetis Bersama Anggotanya Bagikan Sembako dan Masker Kepada Masyarakat

Kapolsek Jetis AKP Hatta A Amrullah S.Sos MIP memimpin kegiatan patroli antisipasi gangguan kamtibmas di wilayah hukumnya, Rabu (28/7/2021).

Selain menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, Kapolsek Jetis juga memberikan imbauan protokol kesehatan 5M dan PPKM Level 4 kepada masyarakat.

Pada kesempatan itu pula, sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat dilakukan pembagian paket sembako dan masker kepada warga masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. (Humas Polsek Jetis)

Petugas Gabungan Adakan Operasi Yustisi di Simpang Angkruksari Kretek

Petugas gabungan dari Polsek Kretek, Koramil Kretek, Kapanewon Kretek serta Pamong Kalurahan Donotirto melaksanakan operasi yustisi PPKM Level 4 dengan memberikan edukasi 5M kepada masyarakat pengguna jalan di Simpang empat Angkruksari Kretek Bantul, Kamis (29/7/2021) pagi.

Dalam kegiatan tersebut petugas gabungan juga membagikan puluhan masker kepada warga masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker, atau warga yang menggunakan masker namun kurang layak pakai.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Kretek Kompol S. Parmin mengatakan, dalam operasi tersebut petugas memberikan teguran kepada 26 orang yang tidak mematuhi prokes.

Adapun operasi yustisi ini dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran serta penularan Covid-19. (Humas Polsek Kretek)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wonokromo Dampingi Pemakaman Jenazah Dengan Standar Protokol Covid-19

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wonokromo Aipda Gunawan mendampingi kegiatan pemakaman jenazah dengan standar protokol Covid-19 di TPU Dusun Ketonggo Wonokromo Pleret Bantul, Kamis (29/7/2021) pagi.

Pelaksanaan pemakaman dilakukan oleh relawan FPRB Wonokromo dan dihadiri Lurah Wonokromo, Kamituo Kalurahan Wonokromo, Babinsa, Dukuh Ketonggo serta Satgas Covid-19 Kalurahan Wonokromo.

Warga yang dimakamkan tersebut merupakan warga Wonokromo, yang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 dan  meninggal dunia. Kemudian Satgas Covid-19 Kalurahan Wonokromo bersama tim melakukan pengurusan jenazah sesuai protokol kesehatan. (Humas Polsek Pleret)

Kapolsek Jetis Berikan Penghargaan Kepada Iptu Budiono Yang Akan Purna Tugas

Bertempat di halaman Mapolsek Jetis, Kapolsek Jetis AKP Hatta A. Amrullah S.Sos M.IP memberikan penghargaan dan pelepasan anggota Polsek Jetis yang akan memasuki masa purna tugas, Rabu (28/7/2021) pagi.

Adapun anggota yang akan purna tugas yakni Kanit Provos Polsek Jetis, Iptu Budiono.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Jetis menyampaikan atas nama Polri khususnya Polsek Jetis mengucapkan selamat purna tugas dan selamat kembali ke masyarakat kepada Iptu Budiono, semoga selalu diberikan kesehatan dan tali silaturahmi agar tetap terjaga.

“Terima kasih atas pengabdian dan dedikasinya di Polsek Jetis, serta sumbangsihnya untuk organisasi Kepolisian sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat,” ucap Kapolsek.

Selanjutnya atas nama Keluarga Besar Polsek Jetis, AKP Hatta A. Amrullah S.Sos M.IP memebrikan tali asih kepada Iptu Budiono. (Humas Polsek Jetis)

Kapolsek Pundong Pantau Pembagian Bantuan dari Kemensos RI

Kapolsek Pundong AKP Yosephine Iswantari, S.Psi bersama Bhabinkamtibmas Kalurahan Seloharjo Aipda Sutriyono memantau pembagian bansos berupa beras dari Kemensos RI di halaman Kantor kapanewon Pundong Bantul, Rabu (28/7/2021).

Adapun penerima bantuan beras saat ini sebanyak 900 warga yang masuk dalam daftar penerima bantuan BST dan PKH.

Selama kegiatan berjalan aman dan lancar serta tetap mematuhi protokol kesehatan 5M. (Humas Polsek Pundong)

Polsek Kasihan Laksanakan Imbauan PPKM Darurat di Pasar Niten

Personel Polsek Kasihan Dipimpin Ipda Sigit Budi H, melaksanakan imbauan di sejumlah warung , di Pasar Niten Tirtonirmolo, Kasihan , Bantul, Rabu (28/7/2021).

Kegiatan tersebut dalam rangka pelaksanaan Instruksi Bupati Nomor 18/instr/2021 Tentang PPKM Darurat di Kabupaten Bantul untuk pengendalian penyebaran Covid-19 di wilayah Kapanewon Kasihan Khusunya di Pasar Niten Baru Tirtonirmolo Kasihan Bantul.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan bahwa mulai tanggal 03 Juli sampai dengan tanggal 20 Juli 2021 telah berlangsung PPKM Darurat untuk wilayah Jawa dan Bali. Diharapkan dengan pemberlakuan PPKM Darurat ini dapat mencegah penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Kasihan)


Kapolsek Sewon Cek Kesiapan Vaksinasi Masal di Pasar Seni Gabusan

Guna memastikan dan mendukung program Vaksinasi masal yang di prakarsai oleh Dinas Koperasi Dan UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta, yang di langsungkan di Kompleks Pasar Seni Gabusan ( PSG ), maka Kapolsek Sewon Komisaris Polisi Suyanto SH di dampingi oleh Panit Binmas Iptu Sujarwo melaksanakan pemantauan kesiapan vaksin massal, Rabu (28/07/2021), siang.

Disela pengecekan tersebut Kapolsek mengungkapkan guna kelancaran dan keamanan selama kegiatan berlangsung Polsek Sewon menempatkan beberapa personil.

"Kita sengaja menempatkan beberapa personil guna membantu kelancaran dan keamanan selama kegiatan vaksinasi masal, hal ini di lakukan mengingat banyaknya peserta yang ingin berpartisipasi dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti saat pendaftaran ditutup karena kuwota terpenuhi, sedangkan peserta masih banyak yang belum bisa mendaftar, hal ini tentunya akan menimbulkan masalah" jelasnya.

Sementara itu Panit II Sabhara Polsek Sewon Iptu Harjana yang memimpin pengamanan vaksinasi masal tersebut mengatakan antusias masyarakat untuk mengikuti vaksinasi cukup besar terbukti pelaksanaan dari pagi mulai pukul 08.00 wib sampai ditutup pada pukul 16.00 wib, masih banyak warga yang datang dan menanyakan tentang pelaksanaan vaksinasi masal selanjutnya, dan tidak sedikit pula yang harus kembali karena kuota sudah terpenuhi.

"Jumlah peserta yang hadir 652 orang dan yang tervaksin sebanyak 650 orang, namun secara umum pelaksanaan kegiatan vaksinasi berjalan dengan lancar dan aman" tutup Iptu Harjana. (Humas Polsek Sewon)