31 March 2021

Ini Alasan Pemuda di Bantul Nekat Jerat Leher Bosnya Sendiri Hingga Tewas

Jajaran Satreskrim Polres Bantul mengamankan seorang pegawai di pabrik wajan, berinisial N.

Pemuda berusia 22 tahun ini diamankan polisi lantaran nekat membunuh bosnya sekaligus sepupunya sendiri yakni Budiyantoro (38), warga Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul. 

Warga asal Samarinda, Kalimantan Timur yang berdomisili di Banguntapan ini  mengaku melakukan aksinya karena diancam akan dibunuh gegara dituding sering menggoda istri korban.

Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Ngadi SH MH mengatakan, penangkapan pelaku berawal saat anggota Satreskrim Polres Kulon Progo melakukan patroli di daerah Nanggulan. Selanjutnya polisi memberhentikan mobil mencurigakan yang belakangan diketahui dikemudikan oleh pelaku.

"Saat itu petugas mencurigai kok ada mobil tidak ada pelat nomornya dan kaca mobilnya retak. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata pelaku pembunuhan," kata Ngadi saat jumpa pers di Polres Bantul, Rabu (31/3/2021).

"Kemudian Polres Kulon Progo bekerja sama dengan Polres Bantul berhasil amankan tersangka dan sejumlah barang bukti pagi tadi," lanjutnya.

Ngadi menyebut peristiwa pembunuhan terjadi Selasa (30/3) malam sekitar pukul 23.00-24.00 malam di Kapanewon Banguntapan, Bantul. Di mana saat itu korban bertemu dengan pelaku di pinggir jalan.

"Kemudian di tengah jalan ketemu tersangka ini. Setelah itu tersangka naik mobil (yang disopiri korban), karena saling kenal dan tidak curiga. Dalam keadaan mobil berhenti, tersangka menjerat korban," katanya.

Setelah meninggal, korban ditarik ke belakang kemudian mobil diambil alih oleh pelaku. Pelaku kemudian berkendara berputar-putar dengan maksud untuk menghilangkan barang bukti.

"Dan setelah dilakukan pendalaman ternyata korban dibuang di selokan di Selo Gedong, Sedayu, Bantul. Ditemukan jam 06.11 WIB, setelah didapatkan dari pengakuan tersangka ternyata benar ditemukan mayat," ucapnya.

Dari hasil pemeriksaan, korban dan pelaku sudah saling kenal, bekerja dalam satu perusahaan yang dipimpin oleh korban. Keduanya juga masih ada hubungan keluarga.

"Menurut pengakuan tersangka, ia sering dibully, mau dibunuh oleh korban. Keterangan dari tersangka, dan daripada dibunuh tersangka mending memilih membunuh duluan. Itu keterangan tersangka," ujarnya.

Namun, setelah dilakukan pendalaman, ternyata pelaku sering chattingan dengan istri korban. Akhirnya terjadilah kasus pembunuhan tersebut di atas mobil milik korban yang pada saat itu korban mengendarai mobil.

"Dari keterangan tersangka bahwa untuk menghilangkan barang bukti dibuang random secara acak. Ada yang dibuang di jalan Wates, ada yang di daerah Godean, sebagian di Kulon Progo. Anggota kami menyusuri barang bukti yang dibuang tersebut. HP korban serta uang yang miliki korban diambil pelaku, serta kunci mobil," katanya.

Saat ini polisi masih melakukan penyidikan. Pelaku dijerat dengan pasal pembunuhan berencana.

"Hasil pemeriksaan memang sudah direncanakan, karena mau dibunuh mempersiapkan sudah bawa kawat dipersiapkan," kata Ngadi.

"Untuk itu kita jerat dengan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana. Untuk ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara," imbuhnya.

Sementara itu, pelaku mengaku bahwa dia merasa terancam oleh korban. Oleh sebab itu dia selalu membawa kawat.

"Nggak saya rencanakan. Saya jaga-jaga kalo dia anu (mencelakai) saya, jadi kalau ke mana-mana saya selalu bawa kawat," kata pelaku saat dihadirkan jumpa pers.

Pelaku juga menepis suka menggoda istri korban. Dia mengaku chat itu sebatas terkait pekerjaan.

"Bukan godain, chat masalah pekerjaan. Cuma korban ngomong fitnah nggak benar. Sekalian di chat video call juga," katanya yang mengaku merupakan sepupu korban.

"Nggak (ada rasa). Karena chat nggak sampai tahunan. Baru beberapa bulan, belum ada lima," imbuhnya. (Humas Polres Bantul)


Polsek Dlingo Monitoring Kegiatan Vaksinasi Covid-19 Yang Diperuntukan Bagi Para Guru SD

Kapolsek AKP Abdul Jalil SH melaksanakan monitoring dan pengamanan vaksinasi Covid-19 tahap pertama bagi para guru SD Di Puskesmas Dlingo 1 dan 2, Senin (29/3/2021).

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Puskesmas 1 Dlingo diperuntukkan bagi guru SD yang lingkup kerjanya di wilayah Kalurahan Dlingo, Kalurahan Temuwuh dan Kalurahan Mangunan. Sedangkan di Puskesmas Dlingo 2 diperuntukkan guru SD di wilayah Kalurahan Jatimulyo, Kalurahan Terong dan Kalurahan Muntuk.

Monitoring  ini dilakukan untuk memastikan bahwa vaksinasi tahap pertama bagi guru SD se Kapanewon Dlingo berjalan dengan lancar, aman dan kondusif, serta untuk mensukseskan program pemerintah dalam upaya memutus mata rantai Covid-19.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 tahap pertama berjalan lancar, aman dan tertib dengan menerapkan protokol kesehatan. (Humas Polsek Dlingo)

Unit Sabhara Polsek Bantul Laksanakan Patroli Dialogis

Anggota Unit Sabhara Polsek Bantul melaksanakan kegiatan patroli dialogis di wilayah hukum Polsek Bantul, Rabu (31/3/2021) siang.

Kegiatan patroli kali ini diawaki oleh tiga personel Polsek Bantul, yakni Aiptu Rusiyanto, Bripka Septian Hendra ulva dan Bripka Sulistyo Widodo.

Dalam patroli tersebut petugas menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan imbauam protokol kesehatan sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 kepada warga masyarakat. Disampaikan agar selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak minimal 1 meter. (Humas Polsek Bantul)

Bagren Polres Bantul Adakan Supervisi Di Polsek Sanden

Bagian Perencanaan (Bagren) Polres Bantul yang dipimpin Kepala Bagian Perencanaan Kompol Nunuk Widyastuti melaksanakan supervisi Bidang Fungrengar dan Pelayanan Publik di Polsek Sanden, Rabu (31/3/2020) siang.

Kedatangan Tim Supervisi diterima Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH didampingi oleh seluruh Kanit, Kasi dan Ka SPKT. Pelaksanaan supervisi diawali dengan arahan oleh ketua tim kepada Kapolsek dan seluruh Kanit, Kasi, Ka SPKT yang dilanjutkan pemeriksaan sarana prasarana pendukung pelayanan publik masing-masing fungsi.

Kompol Nunuk mengatakan, pelaksanaan supervisi rutin ini bertujuan untuk memonitor secara langsung hasil pelaksanaan kebijakan pimpinan Polri di bidang pembinaan dan operasional yang dilakukan oleh semua unit kerja sebagai bentuk sarana kontrol dan waskat.

“Hal ini dilakukan agar kinerja satuan bawah sesuai dengan arah kebijakan dan standar prosedur operasional (SOP),” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kompol Nunuk juga menyosialisasikan SOTK Polres Bantul yang baru sesuai dengan Perpol Nomor 2 Tahun 2021. (Humas Polsek Sanden)

Kapolri Putuskan 1.062 Polsek Tidak Lakukan Proses Penyidikan

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan keputusan terkait dengan 1.062 Polsek di seluruh Indonesia tidak bisa melakukan proses penyidikan.

Kebijakan itu berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor: Kep/613/III/2021 tentang Penunjukan Kepolisian Sektor Hanya Untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Pada Daerah Tertentu (Tidak Melakukan Penyidikan), per tanggal 23 Maret 2021 yang ditandatangani langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam keputusan tersebut, Kapolri memperhatikan soal program prioritas Comamnder Wish pada 28 Januari 2021 lalu.

Hal ini juga merupakan program prioritas di bidang transformasi, program penataan kelembagaan, kegiatan penguatan Polsek dan Polres sebagai lini terdepan pelayanan Polri dengan rencana aksi mengubah kewenangan Polsek hanya untuk pemeliharaan Kamtibmas pada daerah tertentu tidak melakukan penyidikan.

"Polsek yang tidak melakukan penyidikan dalam hal kewenangan dan pelaksanaan tugasnya memedomani Surat Kapolri Nomor: B/1092/II/REN.1.3./2021 tanggal 17 Februari 2021 perihal direktif Kapolri tentang kewenangan Polsek tertentu," tulis Sigit dalam surat keputusan itu.

Keputusan itu berdasarkan, Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia,

Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia Sebagaimana telah Diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Polres Bantul dan Awak Media Bertekad Tingkatkan Sinergitas

Kepolisian Resor (Polres) Bantul menggelar silaturahmi kamtibmas bersama awak media di Kabupaten Bantul.

Kegiatan tersebut digelar di aula Wira Pratama Mapolres Bantul, Rabu (31/3/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH yang diwakili oleh Waka Polres Bantul Kompol Noer Alam SIK yang didampingi sejumlah pejabat utama Polres Bantul, Ketua Forum Pewarta Bantul (FPB) Santoso Suparman dan puluhan awak media Kabupaten Bantul baik media cetak, tv maupun elektronik.

Kompol Noer Alam dalam sambutannya mengatakan, bahwa acara ini diselenggarakan dalam rangka memperat tali silaturahmi Polres Bantul bersama para awak media dalam memelihara situasi Kamtibmas di Kabupaten Bantul agar tetap kondusif.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan awak media yang telah bersinergi dengan baik dengan Polres Bantul, dalam memelihara situasi Kamtibmas di Kabupaten Bantul agar tetap kondusif,” kata Noer Alam.

Sementara itu, Ketua Forum Pewarta Bantul (FPB) Santoso Suparman mengatakan, menyambut baik kerja sama yang telah terjalin antara Polres Bantul dengan awak media. Dia berharap, kedepannya kerja sama yang sudah terjalin baik tersebut, dapat terus ditingkatkan.

“Semoga, kedepannya kerja sama yang sudah terjalin baik ini, terus berlanjut dan dapat terus ditingkatkan,” kata pria yang akrap disapa Santos ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. (Humas Polres Bantul)


Polsek Pandak Laksanakan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Di Pasar Gumulan

Polsek Pandak melaksanakan operasi yustisi penertiban dan imbauan protokol kesehatan di Pasar Gumulan, Caturharjo, Pandak, Bantul, Rabu (31/3/2021).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kanit Provos Iptu Rustam Ismadi bersama Kanit Binmas Ipda Tetepana.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan imbauan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 kepada para pedagang dan pengunjung Pasar Gumulan. Antara lain wajib memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. (Humas Polsek Pandak)

Polsek Pandak Laksanakan Operasi Yustisi Penertiban dan Himbauan Protokol Kesehatan di Pasar Gumulan

Polsek Pandak melaksanakan Operasi Yustisi penertiban dan himbauan protokol kesehatan bertempat di Pasar Gumulan, Caturharjo, Pandak, Bantul, Rabu (31/03/2021) jam 09.00 WIB.

Personel Polsek Pandak yang dipimpin Kanit Provos Iptu Rustam Ismadi melaksanakan Operasi YUSTISI berkaitan dengan penertiban dan himbauan penggunaan masker serta himbauan tentang aturan protokol kesehatan kepada pengunjung dan pedagang pasar Gumulan Caturharjo Pandak Bantul guna pencegahan penyebaran Covid-19.

Dalam kegiatan tersebut Kanit Binmas Polsek Pandak Ipda Tetepana berkesempatan menyampaikan himbauan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran covid-19. Dalam penyampaiannya Kanit Binmas menghimbau kepada pengunjung dan pedagang Pasar Gumulan di massa pandemi Covid-19 ini agar selalu mentaati protokol kesehatan dengan Memakai Masker, Menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir atau handsanitizer. Diharapkan dengan telah dilaksanakan protokol kesehatan tersebut dapat mencegah penyebaran covid-19 di masyarakat. (Humas Polsek Pandak)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Ikuti Kegiatan Operasi Pencegahan Penularan Covid-19

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Bripka Eko Rustamaji mengikuti kegiatan operasi pencegahan penularan Covid-19 yang dilaksanakan bersama petugas Tracer di wilayah Kalurahan Trimurti, Srandakan, Bantul, Rabu (31/3/2021).

Kegiatan operasi ini juga melibatkan petugas dari Kapanewon Srandakan, Polsek Srandakan, Koramil Srandakan, Puskesmas Srandakan dan KUA Srandakan.

Sasarannya yaitu Pertokoan, Swalayan, Pasar, Kantor Bank BRI dan tempat keramaian lainnya.

Dalam kegiatan tersebut petugas memberikan teguran lisan dan imbauan kepada warga masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehtan. Selain itu petugas juga membagikan masker kepada warga yang tidak menggunakan masker. (Humas Polsek Srandakan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Hadiri Rakor RKAS TA 2021 SD Gunungsaren

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Bripka Eko Rustamaji menghadiri acara rapat koordinasi di SDN Gunungsaren, Trimurti, Srandakan, Bantul, Rabu (31/3/2021) pagi.

Rapat koordinasi tersebut membahas tentang Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) TA 2021.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Komite Sekolah, Kepala Sekolah dan Guru, Dukuh Celan, Dukuh Lopati, Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti dan tokoh masyarakat. (Humas Polsek Srandakan)

Waka Polres Bantul Hadiri kegiatan Penandatanganan dan Penyerahan Berita Acara Serah Terima Program TMMD Sengkuyung Tahap I TA 2021

Wakapolres Kompol Noer Alam, S.I.K menghadiri kegiatan Penandatanganan dan Penyerahan Berita acara Serah terima Program TMMD Sengkuyung Tahap I TA 2021 di Wilayah Kodim 0729/Bantul dengan Tema "TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri" di Lokasi TMMD Pandes II Wonokromo Pleret Bantul, Rabu (31/3/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kasrem 072 Pamungkas Kolonel Inf Afianto, Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo, SE, Dandim 0729 Letkol Inf Agus Indra Gunawan, Wakapolres Bantul Kompol Nooer Alam, S.I.K, Sekda Kab. Bantul Drs. H. Helmi Jamharis, M.M, Ketua Bhayangkari Cabang Bantul Ny.Ratih Wahcyu, Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Bantul Ny. Devi Noeralam, PLT Panewu Pleret Saryadi, S.Ip, Pasiter Kodim 0729 Kapten Inf Winarto, Danramil 07 Pleret Kapten CZi Suyadi, Kapolsek Pleret AKP Tukirin, Kepala Dinas PPKBPMD Kab. Bantul Dra. Sri Nuryanti, M.Si, Lurah Kalurahan Wonokromo Machrus Hanafi, S.Ag, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Perwakilan Warga Masyarakat.

Kegiatan merupakan Penandatanganan dan Penyerahan Berita acara Serah terima Program TMMD Sengkuyung Tahap I TA 2021 di Wilayah Kodim 0729/Bantul. TMMD dilakukan di wilayah Pandes 2 dengan membangun Talud dan corblok dengan waktu 1 (satu) Bulan.

SAS Talud Panjang 610 M, Tinggi 1.2 M dan tebal 0.3 M. SAS Awal corblok jalan Panjang 500 M, Lebar 3 M dan tebal 0.10 M. Adapun kegiatan dimulai pada 2 Maret 2021 sampai dengan 30 Maret 2021 dan pada tanggal 31 Maret 2021 di lakukan upacara penutupan TMMD dan penyerahan berita acara.

Dalam sambutanya Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo SE menyampaikan apresiasi sekali kepada TNI yang bersinergi dengan Polri dan masyarakat guna membangun suatu jalan yang sangat dirasa manfaatnya oleh masyarakat.

Sambutan Dandim 0729/Bantul menyampaikan terimakasih banyak atas sinergi selama ini dimana sinergitas dalam partisipasi TMMD pada kali ini dan bisa dirasakan oleh masyarakat Bantul pada umumnya wilayah Pleret pada khususnya. (Humas Polsek Pleret)


Pelepasan Purna Tugas Kasium Polsek Pundong Polres Bantul

Kapolsek Pundong AKP Yosephine Iswantari menggelar perpisahan purna tugas Ipda Juwanta Kasium Polsek Pundong yang sudah memasuki masa pensiun bertempat di Mapolsek Pundong pada hari Rabu (31/03/2021).

Acara perpisahan dilaksanakan secara sederhana namun penuh khidmat. Dimana merupakan akhir dari tugas sebagai anggota Polri dan setelah ini Ipda Juwanta akan menjalani masa Purna Tugas. Ipda Juwanta dikenal sosok yang rajin dan disiplin dalam pelaksanaan tugas yang membuat kapolsek dan rekan kerja merasa berat untuk melepas kepergiannya. Kata pamit dan permohonan maaf di sampaikan Ipda Juwanta kepada Kapolsek, anggota dan Polsek Pundong.

Ipda Juwanta mengucapkan terimakasih kepada Kapolsek Pundong AKP. Yosephine Iswantari. S.Psi yang sudah membimbing selama dinas di Polsek Pundong dan Kepada rekan rekan semua terimakasih atas kerjasamanya selama ini. Purna tugas bukan berarti purna juga persaudaraan kita, Walaupun saya sudah purna tugas namun saya mohon kekeluargaan diantara kita agar tetap terjalin, Semoga kedepan Polri Khususnya Polsek Pundong semakin baik…Amiin, demikian tuturnya.

Kapolsek Pundong dan anggota Polsek Pundong terlihat suasana haru ketika melihat dan mendengar penuturan Ipda Juwanta berpamitan karena Purna Tugas sebagai Anggota Polri mengatakan saya dan semua anggota hanya bisa mendoakan semoga dalam menjalani masa purna tugas, Ipda Juwanta selalu di beri kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan hidup…amiiin

Acara dilanjutkan dengan pemberian tali asih oleh angggota Polsek Pundong yang diberikan oleh Kapolsek Pundong sebagai tanda ucapan terima kasih selama pengabdian diri sebagai anggota Polri.

Dengan berjabat tangan, semuanya memberian ucapan slamat jalan kepada Ipda Juwanta. Selamat jalan Senior, terimakasih atas pengabdian bapak selama ini. (Humas Polsek Pundong)


Bhabinkamtibmas Murtigading Sanden Monitoring Imunisasi HPV-2 Siswi SDIT Assalam

Bhabinkamtibmas Murtigading Sanden Bripka Tri Asih SE melaksanakan sambang monitoring giat Imunisasi pelajar di SDIT Assalam Sanden, Selasa (30/3/2021) jam 11.00 WIB.

Imunisasi dilakukan oleh Tim Medis Puskesmas Sanden kepada siswi SDIT Assalam Sanden. Imunisasi yang diberikan adalah HPV-2. Sebanyak 21 siswi kelas 6 mendapatkan imunisasi tersebut.

Hadir dalam giat imunisasi tersebut diantaranya Tim Medis Puskesmas Sanden, Guru pendamping SDIT Assalam Sanden dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Murtigading Bripka Tri Asih SE.

Imunisasi HPV idealnya diberikan kepada anak perempuan usia 9 - 12 tahun untuk mencegah infeksi virus HPV (Human Papilloma Virus). Ini umumnya diberikan kepada perempuan sebelum aktif melakukan seksual.

Dalam kegiatan tersebut, Bripka Tri Asih SE tak lupa memberikan himbauan kepada anak anak untuk membiasakan pola hidup bersih sehat dan pola makan agar diatur dengan baik. (Humas Polsek Sanden)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Wukirsari Hadiri Rakor Bersama Pemerintah Kalurahan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wukirsari Bripka Wahyu Apri Winarto menghadiri rapat koordinasi bersama Pemerintah Kalurahan Wukirsari di Aula Kalurahan Wukirsari Imogiri Bantul, Selasa (30/3/2021).

Kegiatan rapat koordinasi dalam rangka pengesahan Rancangan Peraturan Kalurahan Wukirsari tentang Realisasi Pelaksanaan Anggaran dan Belanja Kalurahan tahum 2020 serta Rancangan Peraturan Kalurahan Wukirsari tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dan Pelaksanaan Posko Penanganan Covid-19 Kalurahan Wukirsari.

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut di antaranya Pendamping Kalurahan, anggota Bamuskal Kalurahan Wukirsari, Lurah Desa Wukirsari (Susilo Hapsoro SE), perwakilan Pamong Kalurahan dan perwakilan Karangtaruna.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Bripka Wahyu Apri Winarto memantau kegiatan rakor serta menghimbau untuk tetap mengikuti protokol kesehatan. (Humas Polsek Imogiri)

Bhabinkamtibmas Murtigading Bripka Tri Asih Takziah Ke Rumah Duka Ny. Sudi Wiyono

Bripka Tri Asih SE anggota Polsek Sanden Polres Bantul yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Kalurahan Murtigading melaksanakan takziah ke rumah warga binaan yang sedang berduka cita karena salah satu anggota keluarganya meninggal dunia, di Dusun Kranggan, Murtigading, Sanden, Bantul, Selasa (30/3/2021).

Kegiatan takziah dilakukan oleh Bripka Tri Asih SH bersama dengan Pamong Kalurahan Murtigading setelah mendengar kabar bahwa ada warganya yang meninggal dunia. Hal ini untuk menjaga silaturahmi dengan warga sebagai anggota Bhabinkamtibmas dan sebagai bentuk kedekatan Bhabinkamtibmas dengan warga di wilayah binaannya.

Hadir dalam rombongan takziah antara lain Carik Murtigading, Ulu Ulu, Kamituwo, Bhabinkamtibmas Kalurahan Murtigading Bripka Tri Asih SE, Dukuh se Kalurahan Murtigading dan Staf Kalurahan Murtigading.

Bhabinkamtibmas Bripka Tri Asih SE beserta rombongan melaksanakan takziah di rumah Ny. Sudi Wiyono/Rubiyem yang merupakan orang tua dari Sukirman Dukuh Kranggan Murtigading.

Atas nama Keluarga Besar Polsek Sanden dan pribadi, Bripka Tri Asih SE mengucapkan turut berbelasungkawa atas meninggalnya Ibu Rubiyem. Semoga almarhumah meninggal husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran.

Selama pelaksanaan takziah tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disediakan alat cuci tangan dan pelayat memakai masker. (Humas Polsek Sanden)

30 March 2021

Arahan Kapolsek Srandakan Saat Apel Pagi

Kapolsek Srandakan Kompol Kuswanto memimpin apel pagi yang dilaksanakan di halaman Mapolsek Srandakan, Selasa (30/3/2021) pukul 08.00 WIB.

Kegiatan apel pagi diikuti para Kanit, Panit, Kasi, Ka SPKT dan anggota Polsek Srandakan.

Dalam arahannya, Kapolsek Srandakan menyampaikan terima kasih kepada anggota yang telah melaksanakan apel pagi, karena apel pagi merupakan kewajiban bagi seluruh personel sebelum melaksanakan tugas sehari-hari.

Lebih lanjut, Kapolsek Srandakan menekankan kepada seluruh personel agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya terutama dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Ia juga berpesan, di masa pandemi Covid-19 sekarang ini diharapkan seluruh anggota tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (Humas Polsek Srandakan)

Bagren Polres Bantul Supervisi di Polsek Srandakan

Bagian Perencanaan (Bagren) Polres Bantul yang dipimpin oleh Paurmin Bagren Penda Titik Lestari melaksanakan supervisi bidang pelayanan publik di Polsek Srandakan Bantul, Selasa (30/3/2020) siang.

Tim Supervisi diterima Kapolsek Srandakan Kompol Kuswanto didampingi oleh Kasium Ipda Kawit serta anggota Polsek Srandakan.

Pelaksanaan supervisi diawali dengan arahan oleh ketua tim kepada anggota Polsek Srandakan, kemudian dilanjutkan pemeriksaan sarana prasarana pendukung pelayanan publik masing-masing fungsi.

Penda Titik mengatakan, pelaksanaan supervisi rutin ini bertujuan untuk memonitor secara langsung hasil pelaksanaan kebijakan pimpinan Polri di bidang pembinaan dan operasional yang dilakukan oleh semua unit kerja sebagai bentuk sarana kontrol dan waskat.

"Supervisi ini adalah kontrol dan waskat dari satuan atas kepada satuan bawah atas kinerja agar sesuai dengan arah dan kebijakan sesuai standar prosedur operasional (SOP)," jelasnya

Ia menambahkan dengan dilaksanakan supervisi ini diharapkan kedepanya pelayanan kepada masyarakat dapat lebih baik. (Humas Polsek Srandakan)


Kapolsek Bantul Lepas Aiptu (Purn.) Murjoko Yang Telah Memasuki Purna Tugas

Kapolsek Bantul Kompol Ayom Yuswandono SH melepasnya anggota Polsek Bantul yang memasuki masa Purna tugas, yakni Aiptu (Purn.) Murjoko. Acara pelepasan dilaksanakan setelah kegiatan Apel pagi di halaman Polsek Bantul, Selasa (30/3/2021).

Aiptu (Purn.) Murjoko sendiri telah mengabdi di Kepolisian selama 38 tahun dan masa purna tugas terhitung mulai tanggal hari kelahirannya.

Dalam sambutannya, Kapolsek Bantul Kompol Ayom Yuswandono SH secara kedinasan maupun pribadi mengucapkan terima kasih serta memberikan penghargaan dan rasa hormat yang setinggi-tingginya kepada Aiptu (Purn.) Murjoko.

“Terima kasih atas pengabdian yang telah dilakukan selama bertugas sebagai anggota Polri. Jangan segan-segan datang ke Polsek Bantul, kami membuka pintu lebar-lebarnya kepada Bapak Murjoko untuk sumbangsihnya terhadap Kepolisian,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek memberikan kenang-kenangan berupa cinderamata dan dilanjutkan dengan ramah tamah. (Humas Polsek Bantul)

Sebanyak 55 Anggota Polsek Piyungan Laksanakan Vaksinasi Covid-19

Sebanyak 55 anggota Polri dari Polsek Piyungan melaksanakan vaksinasi Covid-19 di Polres Bantul, Selasa (30/3/2021) pagi.

Dalam kegiatan tersebut anggota Polsek Piyungan menerima vaksinasi Covid-19 yang dilakukan secara bertahap.

Personel yang mengikuti kegiatan vaksinasi di Klinik Wira Pratama Polres Bantul secara tertib dan disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan dengan air dan sabun serta menjaga jarak.

Dengan vaksinasi anggota Polsek Piyungan diharapkan mampu memutus rantai penyebaran Covid-19 dan bagi masyrakat jangan takut untuk di vaksin covid karena sudah dijamin keamanannya serta kehalalannya. (Humas Polsek Piyungan)


Bagren Polres Bantul Laksanakan Supervisi Di Polsek Pandak

Kapolsek Pandak yang diwakili Kanit Binmas Ipda Tetepana menyambut tim supervisi bidang fungsi anggaran dan pelayanan publik oleh Bagren Polres Bantul di Polsek Pandak, Selasa (30/3/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Paur Subbag Progar Bagres Polres Bantul Aiptu Christina Agus T, Paurmin Bagren Polres Bantul Penda TK I Titik Lestari, personel Bagren Polres Bantul Aiptu Totok Kuntara, Aipda Tedi Mamura dan Bripka Jalis Alkindi, Kanit Binmas Polsek Pandak Ipda Tetepana, Kasium Polsek Pandak Aiptu Darmawan, Kanit Sabhara Polsek Pandak Aiptu Sumpana dan anggota Polsek Pandak.

Kegiatan supervisi tersebut dalam rangka pengawasan dan pemeriksaan yang berkaitan dengan zone integritas pelayanan publik. Paur Subbag Progar Bagres Polres Bantul Aiptu Christina Agus T mengucapkan terima kasih atas pelayanan publik Polsek Pandak yang sudah baik.

Setelah melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan yang berkaitan dengan zone integritas pelayanan publik di Polsek Pandak, tim supervisi melanjutkan ke Polsek jajaran lainnya. (Humas Polsek Pandak)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wonolelo Hadiri Pelatihan P3K

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wonolelo Aiptu Supomo menghadiri kegiatan Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) yang digelar di Aula Kantor Kapanewon Pleret Bantul, Selasa (30/3/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Jawatan Sosial Margi Hidayat, S.Ip, Ketua PMI Kapanewon Pleret Waluyo, Kamituwo se Kapanewon Pleret, PMI Bantul, Bhabinkamtibmas Polsek Pleret, Babinsa Koramil Pleret dan perwakilan TP PKK se Kapanewon Pleret.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh PMI Kabupaten Bantul dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota PMI tingkat Kapanewon Pleret dalam memberikan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan maupun korban lainnya yang bersifat darurat.

Selama kegiatan berlangsung tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan tetap menjaga jarak, mewajibkan memakai masker dan menyediakan tempat cuci tangan. (Humas Polsek Pleret)

Dir Pam Obvit Polda DIY Bersama Kapolres Bantul Pantau Keamanan Depo Pertamina Rewulu

Dir Pam Obvit Polda DIY Kombes Pol Achmadi SIK bersama Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH mengunjungi Depo Pertamina Rewulu yang beralamat di Jl. Wates Km 9,5 Argomulyo Sedayu Bantul, Senin (29/3/2021).

Turut mendampingi antara lain Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana SH MH MM, Kasubbag Bin Ops Polres Bantul Iptu Bayuningram dan Kanit II Sat Intelkam Polres Bantul Aiptu Giyanto SH.

Pada kesempatan tersebut Dir Pam Obvit Polda DIY Kombes Pol Achmadi SIK mengatakan, maksud dan tujuan kunjungannya itu untuk mengecek sistem keamanan obyek vital yang ada di wilayah DIY, salah satunya Depo Pertamina Rewulu.

Menurutnya, diminta ataupun tidak diminta, Polri mempunyai kewajiban untuk mengamankan obyek-obyek vital termasuk di Depo Pertamina Rewulu.

“Kita optimalkan kerjasama yang baik, kita selalu membuka diri dan siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH mengatakan, bahwa Polri mempunyai kewajiban untuk mengamankan dan menjaga obyek vital dari berbagai gangguan.

“Kami berharap jangan sampai terjadi gangguan apapun terhadap Pertamina Rewulu ini,  dan misal terjadi sesuatu kita akan membantu karena Kepolisian pada dasarnya siap untuk  melindungi, mengayomi dan melayani siapapun baik itu masyarakat maupun instansi agar semua kegiatan masyarakat bisa berjalan dengan baik,” kata Kapolres.

Lebih lanjut, ia berharap tetap terjaga hubungan antara Pertamina Rewulu dan Polri untuk bersama-sama menjaga agar tidak ada gangguan apapun kedepan.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengecek lokasi Depo Pertamina Rewulu bersama Head Oficer Depo Pertamina Rewulu, I Nyoman Adi Pradana.

Pada kesempatan tersebut Head Oficer Depo Pertamina Rewulu, I Nyoman Adi Pradana menjelaskan, selama masa pandemi pihaknya telah menjalankan protokol kesehatan Covid-19, baik untuk tamu dan kontraktor yakni dengan melakukan swab test anti body maupun anti gen sesuai asal lokasi kedatangan.

“Screaning suhu juga dilakukan di pintu masuk security dan berlaku untuk semua pekerja yang akan masuk kerja,” katanya.

Dikatakan, terkait kejadian kebakaran di Balong Indramayu tidak terdampak terhadap stok BBM karena Depo Rewulu mendapat pasokan BBM dari Depo Pertamina Cilacap. Stok BBM 50 persen lebih berasal dari Cilacap.

Sedangkan untuk masalah kesiapan bencana atau kebakaran Depo Pertamina Rewulu telah menerapkan standar SOP dengan kemampuan maksimal penanganan pada empat jam pertama. (Humas Polsek Sedayu)

Melalui Spanduk, Aiptu Wisnu Ragil Bantu Kenalkan Usaha Kecil Milik Warga

Dalam upaya membantu meningkatkan usaha kecil milik warga di lingkungan sekitar tempat tinggalnya, Kasi Humas Polsek Jetis Aiptu Wisnu Ragil W membuatkan spanduk untuk nama usaha milik warga.

Berawal dari menyemangati tetangga yang akan membuka usaha warung kecil-kecilan, Aiptu Wisnu Ragil membantu membuatkan spanduk untuk tempat usaha milik tetangganya itu. Setelah spanduk itu sudah jadi dan siap dipasang, Aiptu Wisnu Ragil memberikannya secara cuma-cuma.

Beberapa warung yang sudah dibuatkan spanduk antara lain, Warung Jajan Mbak Nug yang berjualan jajanan pasar dan bubur di Jl. Imogiri Barat (selatan Koramil Jetis), Warung Mini Mbok De War di Padukuhan Kertan Pule Jetis dan Warung Bubur Bu Slamet di Padukuhan Telan Jetis.

Saat ini Aiptu Wisnu Ragil masih terus memproduksi spanduk-spanduk untuk memenuhi permintaan warga sekitar yang memiliki usaha kecil.

“Masih ada beberapa permintaan spanduk untuk warung-warung, dan saat ini masih dalam proses editing,” kata Aiptu Wisnu Ragil saat memberikan spanduk ke salah satu warung di Kertan Pule, Senin (29/3/2021).

Semoga apa yang telah dilakukan oleh Aiptu Wisnu ragil, dapat membantu mengenalkan tempat usaha milik warga kepada khalayak ramai dan bisa meningkatkan penghasilan warga. (Humas Polsek Jetis)

Kapolsek Srandakan Hadiri Rakor Bahas Pemberian Vaksin Untuk Lanjut Usia

Kapolsek Srandakan Kompol Kuswanto bersama 2 Bhabinkamtibmas menghadiri rakor di Kantor Kapanewon Srandakan membahas tentang pemberian vaksin untuk lanjut usia se Kapanewon Srandakan, Senin (29/03/2021) jam 13.00 WIB.

Rakor di pimpin Penewu Srandakan Anton Yulianto, AP, MP dan dihadiri petugas vaksinator Puskesmas Srandakan Windarti, Lurah Trimurti dan Poncosari.

Hasil rakor adalah jumlah lansia yang akan divaksin 5.435 orang. Petugas vaksin sebanyak 20 orang dari Puskesmas Srandakan bertempat di Puskesmas.

Selama giat rakor berjalan aman, tertib dan lancar. (Humas Polsek Srandakan)


Bagren Polres Bantul Supervisi di Polsek Bambanglipuro

Bagian Perencanaan (Bagren) Polres Bantul yang dipimpin oleh Kasubbagdalgar Bagren AKP Murtiningsih melaksanakan supervisi bidang pelayanan publik di Polsek Bambanglipuro Bantul, Senin (29/3/2020) pagi.

Tim supervisi diterima Kanit Binmas Iptu Jaka Sutrisna mewakili Kapolsek didampingi oleh Kasium Aiptu Ariningsih dan Kanit Provos Aiptu Suprihatin serta anggota Polsek Bambanglipuro.

Pelaksanaan supervisi diawali dengan arahan oleh ketua tim kepada anggota Polsek Bambanglipuro, kemudian dilanjutkan pemeriksaan sarana prasarana pendukung pelayanan publik masing-masing fungsi.

AKP Murtiningsih mengatakan, pelaksanaan supervisi rutin ini bertujuan untuk memonitor secara langsung hasil pelaksanaan kebijakan pimpinan Polri di bidang pembinaan dan operasional yang dilakukan oleh semua unit kerja sebagai bentuk sarana kontrol dan waskat.

"Supervisi ini adalah kontrol dan waskat dari satuan atas kepada satuan bawah atas kinerja agar sesuai dengan arah dan kebijakan sesuai standar prosedur operasional (SOP)," jelasnya

Ia menambahkan dengan dilaksanakan supervisi ini diharapkan kedepanya pelayanan kepada masyarakat dapat lebih baik. (Humas Polsek Bambanglipuro)


Bhabinkamtibmas Sidomulyo bersama Tim Medis Puskesmas Bambanglipuro Laksanakan Tracing

Bhabinkamtibmas Sidomulyo Aipda Siswanto bersama Tim Medis Puskesmas Bambanglipuro melaksanakan tracing dan pendataan kepada warga binaan yang kontak erat dengan warga yang terpapar virus Covid-19 di Dusun Ngajaran Sidomulyo Bambanglipuro, Senin (29/3/2021) siang.

Kehadiran Bhabinkamtibmas Sidomulyo Aipda Siswanto guna memberikan keamanan dan kelancaran dalam giat tracing warga yang dilakukan tim medis Puskesmas Bambanglipuro.

Aipda Siswanto bersama petugas medis Puskesmas Bambanglipuro juga  menghimbau kepada warga yang di tracing agar melakukan isolasi mandiri dengan menerapkan protokol kesehatan sambil menunggu hasil swab keluar.

"Kepada warga lainya agar tetap waspada dan disiplin menjalankan prokes sesuai himbauan pemerintah guna mencegah penularan covid-19," imbuhnya. (Humas Polsek Bambanglipuro)


Kapolsek Pundong Pantau Pemberian Vaksin Covid-19 Untuk Anggota FPRB

Kapolsek Pundong AKP Yosephine Iswantari S.Psi memantau langsung pemberian Vaksin Covid-19 jenis Sinovac untuk anggota FPRB Kapanewon Pundong di Aula Puskesmas Pundong, Senin (29/3/2021).

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Panewu Pundong, Dañramil Pundong dan Kepala Puskesmas Pundong dr Jaka Hardalaksana.

Kapolsek didampingi Kanit Binmas Polsek Pundong Ipda Sudarmanta dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Srihardono Aipda Haryanta.

Untuk Vaksin kali ini diberikan kepada anggota FPRB se Kapanewon Pundong sebanyak 53 orang. 

Giat sesuai Prokes dan berakhir dengan aman kondusif. (Humas Polsek Pundong)


Bhabinkamtibmas Srigading Sanden Hadiri Rakor Penanganan Covid-19

Bhabinkamtibmas Kalurahan Srigading Bripka Afif Rudiyanto menghadiri kegiatan rapat koordinasi tingkat Kalurahan Srigading di Aula Kalurahan Srigading Kapanewon Sanden, Senin (29/3/2021) pukul 08.00 WIB.

Rapat koordinasi diselenggarakan oleh Pemerintah Kalurahan Srigading dan dipimpin Lurah Srigading Ir. R. Prabowo Suganda. Hadir dalam rakor diantaranya petugas Kesehatan Puskesmas Sanden, Carik dan Kamituwo Srigading, Tim Tracing, Bhabinkamtibmas Kalurahan Srigading Bripka Afif Rudiyanto serta Babinsa.

Pada kesempatan rapat koordinasi tersebut merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap pekanya guna membahas pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kalurahan Srigading termasuk perkembangan kasus penyebaran Covid-19.

"Kegiatan rakor yang diadakan setiap pekan ini sangat penting guna membahas pembangunan dan kesejahteraan warga masyarakat Srigading apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir," ucap Bripka Afif Rudiyanto.

Selain itu, kasus penyebaran Covid -19 yang belum berakhir diperlukan peran semua masyarakat untuk ikut mencegah, tidak hanya tim satgas saja. Tracing kepada warga kontak erat dengan warga terpapar Covid salah satunya, hal ini demi mencegah penyebaran Covid -19 semakin luas dan harus patuh kepada himbauan pemerintah. (Humas Polsek Sanden)


Pasca Bom Bunuh Diri, Polri Amankan Lima Bom Aktif Dan Tangkap 13 Terduga Teroris Di Jakarta-Makassar-NTB

JAKARTA—- Polri melalui tim Detasemen Khusus (Densus) 88 bergerak cepat usai peristiwa bom bunuh diri di depan Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan jajaranya itu menangkap beberapa terduga teroris. Di Makassar, Densus menangkap empat orang yaitu AS, SAS, MR dan AA.

“Mereka berperan bersama L dan YSM (keduanya pelaku bom bunuh diri) yakni bersama-sama dalam satu kelompok kajian Villa Mutiara,” kata Kapolri dalam keterangan tertulis, Senin (29/3/2021).

Keempat terduga teroris yang ditangkap di Makassar ini, berperan memberikan doktrin dan mempersiapkan rencana jihad serta membeli bahan-bahan peledak untuk disiapkan bom bunuh diri.

Bersamaan dengan itu, sambung Listyo Sigit, tim Densus juga bergerak melakukan penggeledahan dan penangkapan di dua wilayah yakni Condet Jakarta Timur dan Bekasi Jawa Barat. Empat terduga teroris diamankan yakni A, AH, AJ dan BS berikut barang bukti bom dan bahan peledak lainnya.

“Polisi temukan lima bom aktif. Jenis bom sumbu,
5 Toples besar berisi bahan kimia peledak, sulfur, flashfolder dan termometer. Bahan-bahan ini akan diolah menjadi bahan peledak Jumlahnya 4 Kg , kemudian ditemukan bahan peledak lain dengan Jumlah 1,5 Kg,” jelas Kapolri.

Kemudian hasil operasi penangkapan di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) Densus 88 mengamankan lima terduga teroris dari kelompok Jamaah Ansharut Daullah (JAD).

“Total lima pelaku telah diamankan, serta terus dikembangkan, dalam waktu dekat dapat diamankan,” pungkas Listyo Sigit.

Untuk itu, Kapolri meminta agar masyarakat di Jakarta,Makassar, dan Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk melakukan aktivitas seperti biasa dan tetap tenang jangan panik. Ia memastikan, bahwa jajarannya terus mengejar kelompok-kelompok teroris dan mengusut tuntas peristiwa bom bunuh diri ini.

“Saya Himbau masyarakat tetap tenang, tidak usah panik, terkait masalah teroris merupakan tugas kami untuk mengusut tuntas,” Tutup Kapolri

29 March 2021

Bagren Polres Bantul Supervisi Di Polsek Pundong

Tim supervisi yang dipimpin Kasubbag Rengar Bag Ren Polres Bantul AKP Murtiningsih melakukan supervisi di Polsek Bantul, Senin (29/3/2021).

Kedatangannya disambut langsung oleh Kapolsek Pundong AKP Yosephine Iswantari S.Psi beserta para Kanit, Kasi dan anggota Polsek Pundong.

Dengan supervisi tersebut Polsek Pundong dapat melakukan perbaikan dan pembenahan apa saja yang masih kurang. Kegiatan supervisi berjalan lancar dan tetap memnertapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Pundong)

Polsek Bantul Amankan 3 Pelaku Curat

Unit Reskrim Polsek Bantul menangkap tiga pelaku pencurian dengan pemberatan yang terjadi di Manding Sabdodadi Bantul.

Kanit Reskrim Polsek Bantul AKP Heru Suryadi SH menjelaskan, ketiga pelaku diamankan lantaran diduga telah melakukan pencurian 1 unit handphone milik korban Sungadi (58) warga Semanu Gunungkidul yang bermukim di Manding Sabdodai Bantul.

Awal mula kejadian, pada Rabu tanggal 24 Maret 2021 sekitar pukul 05.00 WIB korban yang berprofesi sebagai tukang bakso saat terbangun dari tidur karena mendengar ada orang bercakap-cakap di luar rumah.

Setelah dilihat ternyata mereka adalah tetangganya dan satu orang yang tak ia kenal. Korban kemudian masuk ke dalam rumah dan mengecek handphone miliknya. Ternyata handphonenya sudah tidak ada di tempat semula.

Kemudian korban keluar dan menginterogasi orang tak dikenal tersebut dan menanyakan keberadaan handphonenya.

Orang tak dikenal tersebut, tiba-tiba pamit untuk buang air kecil. Ternyata orang tersebut tidak buang air kecil, melainkan kabur dengan menyeberang sungai dan meninggalkan sepeda motornya.

Korban lantas melaporkan kejadian pencurian tersebut ke Polsek Bantul.

Mendapat laporan tersebut, petugas segera mendatangi TKP dan meminta keterangan saksi yang mengetahui kejadian tersebut.

Berdasarkan barang bukti sepeda motor yang ditinggal di TKP, Polisi akhirnya berhasil mengamankan 3 orang yang diduga kuat telah melakukan pencurian handphone milik korban.

Ketiganya yaitu SK (32) warga Bambanglipuro, HK (32) warga Bantul dan P (34) warga Kasihan Bantul.

Turut diamankan barang bukti handphone Redmi Note 5 milik korban.

“Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian senilai Rp 4 juta,” kata Heru saat menggelar jumpa pers di Mapolsek Bantul, Senin (29/3/2021).

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, ketiga pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan (Curat).

“Ancamannya pidana penjara paling lama 7 tahun,” tandas Heru. (Humas Polsek Bantul)


Unit Lantas Polsek Imogiri Bantu Kelancaran Kelancaran Lalu lintas Pada Acara Takziah

Panit Lantas Polsek Imogiri Iptu Masrudin bersama anggota memasang rambu-rambu water barrier di Jalan Makam Suci Imogiri Dusun Paduresan Imogiri Bantul, Senin (29/3/2021) pagi.

Pemasangan rambu-rambu berupa water barrier dan traffic cone untuk membatu kelancaran arus lalu lintas baik yang akan nenuju wilayah Dlingo maupun sebaliknya. Pasalnya ada sebagian badan jalan yang dipasang tenda untuk persiapan upacara pemakaman salah satu warga.

Iptu Masrudin mengatakan, pemasangan rambu-rambu berupa water barrier sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat dalam membantu kelancaran lalu lintas di wilayah Imogiri. Disamping itu, Unit Lantas juga menempatkan personelnya untuk membatu pengaturan lalu lintas pada saat prosesi pemakaman. (Humas Polsek Imogiri)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Gilangharjo Hadiri Kegiatan Penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Bantul di SMP N 1 Pandak

Bhabinkamtibmas Kalurahan Gilangharjo Aipda Rudi Isgiarto AH menghadiri kegiatan penilaian Lomba Sekolah Sehat tingkat Kabupaten Bantul bertempat di SMP N 1 Pandak Bantul, Senin (29/03/2021) jam 09.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Tim Yuri dari Kabupaten, Panewu Kapanewon Pandak Kusmardiyono, S.Sos, M.Acc, Kepala Puskesmas Pandak I Dr. Agung Prakoso, Bhabinkamtibmas Kalurahan Gilangharjo Aipda Rudi Isgiarto SH, Kepala Sekolah dan Guru Karyawan SMPN 1 Pandak.

Bertempat di SMP N 1 Pandak Bantul telah berlangsung kegiatan Penilaian Lomba Sekolah Sehat tingkat kabupaten Bantul. Dalam pelaksanaan penilaian tersebut team yuri menilai SMPN 1 Pandak dengan penilaian yang telah ditentukan. Adapun hasil dari penilaian tim yuri SMPN 1 Pandak dinyatakan Lolos dan akan mewakili Kabupaten Bantul untuk Maju Ditingkat Provinsi. Dalam kegiatan penilaian tersebut dilaksanakan dengan melaksanakan protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Selama kegiatan berlangsung aman dan lancar. Bhabinkamtibmas Kalurahan Gilangharjo Aipda Rudi Isgiarto SH mengikuti kegiatan sampai dengan selesai. (Humas Polsek Pandak)


Polsek Banguntapan Sosialisasi Penerimaan Polri TA 2021

Kepolisian Negara Republik Indonesia membuka peluang mengajak warga masyarakat untuk bergabung menjadi anggota Polri. Untuk pendaftaran dimulai tanggal 19 Maret 2021 sampai dengan 1 April 2021. Penerimaan Polri terpadu untuk Taruna Akpol, Bintara Polri, Tamtama Polri. Untuk informasi bisa diakses melalui website www.penerimaan.polri.go.id.

Menindak lanjuti hal tersebut, Senin (29/3/2021), anggota Polsek Banguntapan melaksanakan sosialisasi penerimaan anggota Polri di beberapa tempat salah satunya di sekolahan wilayah Kapanewon Banguntapan, Bantul.

Sosialisasi dilakukan oleh Panit Sabhara Aiptu Nanang Hartono SH bersama anggota dengan menempelkan pamflet penerimaan Polri di papan sekolah SMA 1 Banguntapan.

Maksud dan tujuan adalah untuk memberikan informasi dan mengajak warga masyarakat mendaftarkan diri mengikuti seleksi penerimaan Polri. Untuk informasi lebih lanjut dapat membuka website penerimaan Polri atau datang ke Polres setempat.

Silahkan warga memanfaatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi dan bergabung menjadi anggota Polri baik Taruna Akpol, Bintara Polri atau Tamtama Polri. (Humas Polsek Banguntapan)

Kapolres Bantul Imbau Masyarakat Waspada Konten Radikalisme di Media Sosial

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH mengecam aksi bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar. Wachyu menyatakan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk berhati-hati dengan ideologi-ideologi radikal, intoleran yang berujung pada tindakan terorisme.

"Polres Bantul berkomitmen melakukan pencegahan dengan cara-cara menumbuhkan kesadaran di tengah masyarakat dengan melakukan sosialisasi agar masyarakat tidak terlibat dalam radikalisme dan intoleransi yang berujung pada terorisme," kataWachyu di Bantul, Senin (29/3/2021).

Wachyu meminta masyarakat untuk tidak menyebarluaskan konten terkait ledakan bom di Makassar. Dia juga mengimbau masyarakat tidak terpengaruh berita bohong atau hoaks di media sosial setelah ledakan bom atau aksi teror terjadi.

"Tujuan dari mereka terorisme adalah menyebarkan rasa takut di tengah masyarakat. Maka kita harus melawannya, salah satu caranya adalah tidak menyebarkan konten-konten ledakan bom tersebut serta tidak ikut menyebarkan hoaks tentang aksi terorisme ini," ujarnya.


Bhabinkamtibmas Kalurahan Jatimulyo Bersama Satgas Covid-19 Lakukan Penyemprotan Disinfektan Di Rumah Warga

Bhabinkamtibmas Kalurahan Jatimulyo Aiptu Rubiyanta bersama tim relawan Satgas Covid-19 Kalurahan Jatimulyo melakukan penyemprotan disinfektan di rumah warga yang terpapar Covid-19 di Pedukuhan Tegallawas, Jatimulyo, Dlingo, Bantul, Minggu (28/3/2021).

Kegiatan penyemprotan disinfektan juga dilakukan di rumah warga yang kontak erat dengan warga yang terpapar Covid-19. Penyemprotan disinfektan ini dilakukan untuk pencegahan penularan Covid-19 Di wilayah Padukuhan Tegallawas.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Aiptu Rubiyanta memberikan imbauan untuk tetap melakukan isolasi mandiri dan kebutuhan sehari-hari supaya dikoordinasikan dengan RT dan warga setempat sebagaimana PPKM berskala mikro. (Humas Polsek Dlingo)

Personel Polsek Sedayu Amankan Perayaan Paskah Minggu Palma di Gereja ST Theresia

Personel Polsek Sedayu mengamankan giat perayaan paskah minggu palma di Gereja ST Theresia di Dusun Gubug, Argosari, Sedayu, Bantul, Minggu (28/3/2021).

Perayaan Paskah dipimpin oleh Romo Antonius Hadi Cahyono, PR dan dihadiri lebih kurang 298 jemaat.

Dalam pelaksanaan paskah para jemaat yang akan mengikuti kegiatan tersebut menggunakan undangan yang telah diberikan oleh panitia gereja dan apabila tidak mempunyai undangan tidak diperbolehkan masuk dalam gereja untuk mengikuti kegiatan misa.

Dalam situasi pandemi kegiatan pelaksanaan perayaan minggu palma sesuai dengan protokol kesehatan.

Ketua panitia gereja telah meminimalisir jemaat yang hadir demi keamanan bersama.     

Untuk antisipasi dan meminimalisir dari panitia melakukan pemantauan dan pengamanan baik terbuka maupun tertutup agar pelaksanaan kegiatan berjalan aman dan setiap saat selalu dipantau. 

Pelaksanaan minggu palma mendapat pengamanan dari Polsek Sedayu, Koramil Sedayu, Satgas Covid Kalurahan Argosari, Linmas dan Srigala Malam Kapanewon Sedayu. (Humas Polsek Sedayu)


Kapolsek Pundong Sambang Sejumlah Gereja Di Wilayahnya

Untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif, serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga yang akan merayakan Paskah, Kapolsek Pundong AKP Yosephine Iswantari S.Psi bersama anggotanya melaksanakan kegiatan patroli di Gereja yang ada di wilayah Kapanewon Pundong, Senin (29/3/2021).
Kali ini menyambangi Gereja GKJ (Gereja Kresten Jawa) Pundong di Dusun Piring Srihardono Pundong Bantul dan Gereja Katholik St. Lukas Tambran di Dusun Tambran Panjangrejo Pundong Bantul.

Dalam sambang tersebut Kapolsek Pundong bertemu dengan pengurus Gereja Kristen Jawa Pundong, Nuryanto. Sedangkan di Gereja Katholik St. Lukas Tambran bertemu dengan pengurus Gereja, Edi Purwanto.

Pada kesempatan tersebut, Kapolsek Pundong melakukan dialogis dan menyampaikan imbauan-imbauan kamtibmas.

Kapolsek menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Nuryanto yang telah membantu tugas Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan gereja.

“Tetap jaga kerukunan antar umat beragama, saling hormat-menghormati antar pemeluk agama yang berbeda-beda, sehingga terbina kerukunan hidup,” ucapnya.

Kapolsek juga menghimbuau kepada pengurus GKJ Pundong dan Gereja Katholik St. Lukas Tambran agar memasang CCTV, karena CCTV sangat penting untuk memantau situasi di sekitar lingkungan gereja.

Tak lupa, Kapolsek Pundong juga mengajak untuk turut mencegah penularan Covid-19 dengan senantiasa mentaati protokol kesehatan, mengenakan masker, mencuci tangan, jaga jarak dan jangan berkerumun.

Sementara itu, pengurus GKJ Pundong maupun Gereja Katholik St. Lukas Tambran mengaku senang dan mengucapkan terima kasih atas sambang yang dilakukan Kapolsek Pundong dan akan menyampaikan ke Jemaat. (Humas Polsek Pundong)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Sambang Gereja GKJ Gunturgeni

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo melaksanakan sambang tempat ibadah di Gereja GKJ Gunturgeni, Poncosari, Srandakan, Bantul, Minggu (28/3/2021).

Dalam sambangnya, Bhabinkamtibmas Aipda Ali Murtopo bertemu Pendeta GKJ Gunturgeni Samuel Adi Nugroho,S.Th.

Pada kesempatan tersebut, Aipda Ali Murtopo menyampaikan imbauan kepada Pendeta dan pengurus gereja untuk selalu meningkatkan keamanan dan kewaspadaan, serta menginformasikan apabila ada hal-hal yang mencurigakan. (Humas Polsek Srandakan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Sambang Kegiatan Pengendalian Preemtif OPT Tanaman Padi

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Bripka Agustinus Sulistyono SH menyambangi warga yang sedang melaksanakan kegiatan pengendalian preemtif OPT tanaman padi serta demonstrasi drone penyemprotan tanaman padi di Bulak Jetis, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Senin (29/3/2021).

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Bripka Agustinus Sulistyono SH menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada para petani agar selalu berhati-hati serta mengutamakan keselamatan dalam bekerja saat menggunakan mesin pemangkas.

Ia juga mengingatkan akan pentingnya menjaga ketentraman masyarakat, serta tetap mematuhi protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Kasihan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Hadiri Ujian Seleksi Pamong Kalurahan Panggungharjo

Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Aiptu Jedik Paraptowo SH menghadiri pelaksanaan ujian seleksi calon pengisian Pamong Kalurahan Panggungharjo formasi Ulu Ulu dan Dukuh Jaranan, Sabtu (27/3/2021) pagi.

Ujian digelar di Hotel Flory yang beralamat di Jalan Ring Road Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Hadir antara lain Penewu Sewon Drs. Danang Erwanto M.Si, Carik Panggungharjo Yuli Trismiyati, Jogoboyo Panggungharjo M. Ali Yahya SH, Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Aiptu Jedik  prastowo SH dan Babinsa Koramil 04/Sewon Serda Pargiyanto.

Peserta seleksi Ulu Ulu diikuti 19 orang dan peserta seleksi Dukuh Jaranan sebayak 4 orang. Adapun ujian seleksi Pamong Kalurahan Panggungharjo menghadirkan tim penguji dari Kampus APMD Yogyakarta dan Tim 7 Panitia Seleksi dari Kalurahan Panggungharjo.

Ujian seleksi meliputi empat item yaitu tes wawancara, tes tertulis, psikologi dan pratek komputer.

Penewu Sewon Drs. Danang Erwato M.Si dalam sambutannya sekaligus membuka secara simbolis ujian pamong pengisian formasi Ulu Ulu dan Dukuh menyampaikan, bagi peserta yang mengikuti ujian seleksi agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti ujian dan utamakan kejujuran.

“Ikuti setiap tahapan seleksi dan patuhi setiap aturan yang berlaku karena keberhasilan semua terletak pada diri sendiri,” pesannya.

“Dalam seleksi ini hanya diambil satu peserta untuk formasi Ulu Ulu atau yang dulu disebut Kasi kesejahteraan atau Ekbang, sedangkan Dukuh Jaranan juga diambil satu peserta yang lolos seleksi ujian," ungkapnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Aiptu Jedik Paraptowo SH berpesan bagi yang lolos seleksi dan berhasil menduduki jabatan sebagai pamong hendaknya dapat bekerjasama dengan aparat pemerintah dalam hal ini Polsek Sewon di bidang kamtibmas. (Humas Polsek Sewon)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Takziah Atas meninggalnya Warga Binaan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo takziah ke rumah duka salah satu warga binaan yang menginggal dunia di Dusun Bayuran, Poncosari, Srandakan, Bantul, Minggu (28/3/2021).

Warga yang meninggal dunia yaitu Eka Setya Haryono. Almarhum meninggal dunia pada usia 30 tahun.

Dalam kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo atas nama Keluarga Besar Polsek Srandakan menyampaikan turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya almarhum, serta mendoakan semoga almarhum husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan dan kesabaran. (Humas Polsek Srandakan)

Kapolsek Srandakan Pimpin Operasi Cipta Kondisi Di Bunderan Srandakan

Kapolsek Srandakan Kompol Kuswanto memimpin kegiatan operasi cipta kondisi yang digelar Bunderan Srandakan Bantul, Sabtu (27/3/2021) malam.

Kegiatan operasi ini bertujuan untuk menciptakan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Srandakan yang aman, tertib dan kondusif. Adapun sasarannya kendaraan roda dua dan roda empat yang meliputi surat kelengkapan berkendara, knalpot blombongan, narkoba, sajam, handak serta antisipasi kejahatan jalanan dan balap liar.

Dalam kegiatan tersebut petugas juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada para pengendara agar tetap waspada dan hati-hati dalam mengemudikan kendaraan. Selain itu, juga memberikan imbauan tentang  protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Srandakan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pleret Hadiri RAT KUD Pleret

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pleret Bripka Rofik Dwi H menghadiri kegiatan RAT (Rapat Anggota Tahunan) tutup buku tahun 2020 KUD Pleret di Keputren Pleret Pleret Bantul, Senin (29/3/2021) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Dinas KUKMP Kabupaten Bantul Watik, Bhabinkamtibmas Kalurahan Pleret Bripka Rofik Dwi H, Babinsa Sertu Sudarman, Ketua KUD Sarwadi, Dewan Pengawas Jumadi SH, Pengurus dan anggota KUD Pleret.

Dalam sambutanya, Ketua KUD Sarwadi menyampaikan permohonan maaf karena masa pandemi ini hanya perwakilan saja yang diundang. Disampaikan pula untuk laporan SHU tahun ini mengalami penurunan karena masih masa pandemi.

“Semoga kedepan kita bisa meningkatkan kesejahteraan anggota,” pungkasnya.

Selama kegiatan RAT tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menyediakan tempat cuci tangan, mewajibkan memakai masker dan menjaga jarak. (Humas Polsek Pleret)

Tabrak Beton Saat Berkendara, Erik Meninggal Dunia

Kecelakaan tunggal dialami pemuda asal Banguntapan, Bantul bernama Erik Setyawan. Pria yang berprofesi sebagai pegawai swasta ini dinyatakan tewas dalam kecelakaan di Jalan Amat Wahid Dusun Pelem Kidul RT 05, Kalurahan Baturetno, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul.

Kapolsek Banguntapan, Kompol Zainal Supriyatna menjelaskan peristiwa terjadi pada Jumat (26/3/2021) malam. Korban mengendarai motor seorang diri.

"Benar, terjadi laka tunggal yang menyebabkan satu orang korban meninggal dunia. Peristiwa terjadi pukul 21.10 WIB," terang Zainal, Senin (29/3/2021).

Zainal menjelaskan, awal mula peristiwa, korban yang berusia 23 tahun tersebut mengendarai motor bernomor polisi AB 5416 VK. Korban melaju dari arah selatan kearah utara di Jalan Amat Wahid.

"Sesampainya di Tempat Kejadian Perkara (TKP) ada jalanan menikung. Pengendara ini melaju namun diduga kehilangan keseimbangan dan membentur tembok beton di sisi kanan jalan," ujar dia.

Benturan tersebut menyebabkan Erik terlempar hingga kepala membentur aspal. Nahas, korban tak mengenakan helm saat berkendara.

"Dari olah TKP, korban mengemudi tanpa menggunakan helm. Diduga saat terjatuh kepala membentur aspal," ungkap dia.

Korban langsung ditolong oleh warga dan petugas kesehatan. Penyebab kematian, kata Zainal karena cedera kepala berat.

"Korban juga mengalami patah kaki kiri dan patah pinggang. Selanjutnya korban dilarikan ke RS Bhayangkara Polda DIY," jelasnya.

Disinggung apakah ada kelalaian dari pengendara, kompol Zainal belum bisa memastikan.

"Kami belum bisa menyimpulkan itu, hanya saja pengendara harus lebih waspada dan fokus saat berkendara," ujar dia.

Zainal juga tak bisa memastikan, apakah korban dalam pengaruh minuman keras atau tidak.


Ciptakan Situasi Kamtibmas Yang Kondusif, Polsek Jetis Gelar Operasi Imbangan

Polsek Jetis menggelar operasi imbangan yang dipimpin oleh Kapolsek Jetis AKP Hatta A. Amrullah S.Sos MIP di Sempalan Pundong Jalan Parangtritis, Jetis , Bantul, Sabtu (27/3/2021) malam.

Operasi tersebut bertujuan untuk menjaga situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Jetis tetap kondusif. Adapun sasarannya antara lain sajam, narkoba, miras, surat-surat serta kelengkapan kendaraan dan knalpot blombongan.

Pada saat operasi petugas memberikan peringatan berupa teguran kepada pengendara motor yang tidak mengenakan helm. Sementara itu, bagi kendaraan roda empat dilakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan, serta memberikan teguran apabila tidak penggunakan pengemudi ataupun penumpang tidak menggunakan sabuk pengaman. (Humas Polsek Jetis)

Tepergok Curi Handphone, Pria Asal Magelang Dihajar Massa

Kepolisian Sektor Kasihan mengamankan seorang pria yang diduga telah melakukan aksi pencurian di rumah salah seorang warga Dusun Kalipakis, Desa Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan. Pelaku inisial FS (33) warga Kecamatan Magersari, Kabupaten Magelang Selatan, Jawa Tengah.

Kapolsek Kasihan, Kompol Anton Nugroho Wibowo menerangkan, tersangka dibekuk usai kepergok melakukan pencurian sebuah handphone merek Xiomi di rumah Andra Fredianto warga Dusun Kalipakis. Peristiwa itu berlangsung pada Jumat (26/3/2021) sore, sekitar pukul 15.30 WIB.

"Dia jalan melintas di sekitar lokasi, ada pintu rumah terbuka ditengok kosong, masuk mendapati handphone itu dicharge di ruang tamu langsung diambil," ujarnya, Senin (29/3/2021).

Setelah berhasil mengambil handphone seharga Rp 1,9 juta itu tersangka beranjak pergi. Namun apesnya saat akan pergi ia kepergok korban yang keluar dari dalam kamarnya. 

Seketika itu korban teriak maling yang membuat warga sekitar ramai-ramai ke lokasi lalu menangkap pelaku. Sebelum akhirnya diamankan aparat Kepolisian Sektor Kasihan tersangka sempat menjadi bulan-bulanan massa.

"Kita proses, sementara ini masih dalam pemeriksaan," tandasnya.