31 May 2021

Polres Bantul Launching Kampung Tertib Lalu Lintas

Polres Bantul melaunching Kampung Tertib Lalu Lintas (KTL) yang dipusatkan di Kalurahan Singosaren Banguntapan Bantul, Senin (31/5/2021).

Peresmian Kampung Tertib Lalu Lintas  dilakukan oleh Wakil Bupati Bantul Drs. Joko B. Purnomo didampingi Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH dan Dandim Bantul Letkol Inf. Agus Indra Gunawan.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda DIY AKBP Winar, Kepala Dinas PU Kabupaten Bantul, Kepala Dishub Kabupaten Bantul, Panewu Banguntapan Drs. Fauzan Muarrifin, Kasat Lantas Polres Bantul AKP Amin Ruwito SE SIK, Kasubbag Humas Polres Bantul Iptu Sumaryata, Kapolsek Banguntapan Kompol Zaenal Supriyatna SH, Danramil Banguntapan, Pimpinan Jasa Raharja, Lurah Singosaren H. Joko Prayitno dan tamu undangan.

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH dalam sambutannya menyampaikan, launching Kampung Tertib Lalu Lintas bertujuan sebagai sarana edukasi dan menjadi barometer untuk masyarakat bagi kampung yang lainnya menjadi kampung yang tertib berlalu lintas.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Bantul merupakan salah satu tertinggi di Indonesia.

“Tahun 2020 tercatat 26 orang meninggal dan tahun 2021 sampai bulan Maret sudah terdapat 28 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas, bahkan ini lebih tinggi dari penyakit jantung dan HIV,” ungkapnya.

Untuk itu, Kapolres Bantul berharap semua pihak konsen dan memperhatikan hal tersebut, salah satunya cara agar masyarakat sadar lalu lintas adalah kita bangun kampung tertib lalu lintas.

Menurutnya, angka kecelakaan lalu lintas yang tinggi tidak lepas dari kurangnya aspek pembangunan, antara lain inftrastruktur jalan, rambu-rambu lalu lintas serta kesadaran masyarakat itu sendiri.

“Kita berharap Kalurahan Singosaren ini menjadi pioner dan menjadi percontohan Kampung Tertib Lalu Lintas di wilayah Kabupaten Bantul,” ucap Kapolres.

Mengakhiri sambutannya, Kapolres Bantul mengucapkan terima kasih kepada perangkat dan masyarakat Kalurahan Singosaren yang telah berpatisipasi aktif membantu terbentuknya Kampung Tertib Lalu Lintas di Singosaren.

Sementara itu, sambutan Wakil Bupati Bantul Drs. Joko B. Purnomo atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul memberikan apresiasi rasa hormat dan terima kasih yang sangat tinggi kepada Kepolisian Republik Indonesia yang mempunyai terobosan Kampung Tertib Lalu Lintas.

Disampaikan, bahwa Kampung Tertib lalu Lintas memberikan edukasi terhadap masyarakat dan merupakan investasi tinggi bagi Pemkab Bantul karena akan menghasilkan masyarakat Bantul yang tidak hanya tertib lalu lintas, tetapi juga sadar dengan mengedepankan keselamatan di jalan raya.

“Kami siap memberikan dukungan kepada jajaran Polres Bantul, terutama terkait dengan Kampung Tertib Lalu Lintas. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk bekerjasama dengan Satlantas Polres Bantul dalam mewujudkan keselamatan masyarakat di jalan raya,” kata Wakil Bupati.

Masih dalam sambutannya, Wakil Bupati Bantul mengucapkan selamat kepada Kalurahan Singosaren yang terpilih mewakili Bantul menjadi wakil pada lomba tingkat DIY. Harapannya semoga bisa maju di tingkat nasional.

“Harapan kita kedepan semangat lomba ini harus diikuti oleh masyarakat kita di Bantul dan akan betul-betul dilakukan dengan target angka kecelakaan lalu lintas turun,” tutupnya.

Pada kesempatan tersebut dilakukan peninjauan pelayanan SIM Keliling di Balai Kalurahan Singosaren dan lokasi percontohan KTL di RT 03 dan RT 04 Pedukuhan Singosaren I.

Selanjutnya Wabup Bantul didampingi Kapolres Bantul beserta Dandim Bantul serta tamu undangan meresmikan Kampung Tertib Lalu lintas yang ditandai dengan pengguntingan pita, dilanjutkan meninjau lokasi KTL. (Humas Polsek Banguntapan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Dampingi Tim Pemantau Kesehatan Puskesmas Srandakan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo mendampingi Tim Pemantau Kesehatan Puskesmas Srandakan untuk Pasien Covid-19 di Dusun Wonotingal, Senin (30/5/2021) jam 13.00 WIB.

Tim melaksanakan kunjungan dan pendistribusian obat serta vitamin untuk pasien penderita Covid-19 yang menjalani karantina mandiri. 

Hadir dalam acara tersebut Dokter Puskesmas Srandakan, Tim Tracer Puskesmas Srandakan, SATGAS Dusun Wonotingal serta Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo.

Giat berjalan lancar aman terkendali sesuai dengan Protokol Kesehatan Covid-19. (Humas Polsek Srandakan)


Kapolsek Srandakan Hadiri Lokakarya Mini Tentang Penanganan Covid-19

Kapolsek Srandakan Kompol Kuswanto menghadiri undangan Lokakarya Mini tentang Penanganan Covid-19 di Lintas Sektor Kapanewon Srandakan di Aula Puskesmas Srandakan, Senin (31/5/2021) jam 08.30 WIB.

Hadir dalam acara tersebut Panewu Kapanewon Srandakan Anton Yulianto Ap,Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Bripka Eko Rustamaji, Danramil 17 Srandakan Kapten Inf.Hermanto, Lurah Kalurahan Trimurti Agus Purwaka ST, Lurah Kalurahan Poncosari Supriyanto, Perwakilan Kadus dan Toga wilayah Srandakan serta Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Bripka Eko Rustamaji.

Kegiatan tersebut untuk memberikan Pengertian pada masyarakat Bahaya Covid 19 dan Bagaimana Cara Penekanan Penyebaran Virus Corona tersebut dengan Kerjasama Lintas Sektor dan Masyarakat .

Giat berjalan aman terkendali dengan memperhatikan Prokes Covid-19. (Humas Polsek Srandakan)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Dampingi Tim Pemantau Kesehatan Puskesmas

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Bripka Eko Rustamaji mendampingi Tim Pemantau Kesehatan Puskesmas Srandakan  melaksanakan kunjungan ke rumah Pasien Covid 19 yang melakukan Isolasi Mandiri dan Pemberian Obat serta Vitamin di Dusun Bendo, Senin (31/5/2021) jam 12.30 WIB.

Hadir dalam acara tersebut Dokter Puskesmas Srandakan, Tim Tracer Puskesmas Srandakan, SATGAS Dusun Puron, Tracer Polsek Srandakan Aipda Tony Exfan serta Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Bripka Eko R.

Giat berjalan lancar aman terkendali sesuai dengan Protokol Kesehatan Covid-19. (Humas Polsek Srandakan)


Kanit Binmas Laksanakan Sambang Dan Silaturahmi Di Pondok Pesantren Al Muhajirin

Kanit Binmas Polsek Pandak Ipda Tetepana Melaksanakan sambang dan silaturahmi di Pondok Pesantren Al Muhajirin Dusun Banyuurip, Caturharjo, Pandak, Bantul, Senin (31/05/2021) jam 09.00 WIB.

Kanit Binmas Polsek Pandak Ipda Tetepana bersama Lurah Caturharjo  Wasdiyanto S.Si dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Caturharjo melaksanakan Sambang dan silaturahmi dengan pengurus Pondok Pesantren Al Muhajirin di Padukuhan Banyuurip, Caturharjo, Pandak, Bantul. Dalam kesempatan tersebut Kanit Binmas diterima oleh Pengasuh Ponpes Al Muhajirin Bapak H.Aminnudin. Kegiatan tersebut merupakan langkah untuk lebih mendekatkan Polsek Pandak dengan masyarakat dan juga sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas. Selain itu juga untuk menjalin kemitraan dengan POLRI sehingga setiap permasalahan bisa diselesaikan dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut Kanit Binmas Ipda Tetepana berkesempatan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan juga pencegahan penyebaran covid-19. Dalam penyampaiannya Kanit Binmas mengajak kepada pengurus Pondok Pesantren Al Muhajirin mensosialisasikan kepada masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Diharapkan selalu memakai masker dan tetap menerapkan social distance. Selain itu juga selalu menjaga kebersihan diri dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir atau menggunakan hand sanitaizer. Diharapkan dengan telah dilaksanakan protokol kesehatan tersebut dapat mencegah penyebaran covid-19.

Kami juga berharap agar Masyarakat dapat bekerjasama dan selalu berkordinasi dengan pihak Kepolisian dalam hal ini Polsek Pandak apabila ada gangguan kamtibmas dalam masyarakat. (Humas Polsek Pandak)


Jambret Kalung, Seorang Pria Babak Belur Dihajar Massa

Seorang pria pelaku pejambretan babak belur usai dihajar massa pada Sabtu (29/5/2021) siang di wilayah Padukuhan Kanutan, Kalurahan Sumbermulyo. Pelaku diketahui berinisial Twr (41) warga Kalurahan Triharjo, Kapanewon Pandak.

Kapolsek Bambanglipuro, AKP Khobibullah menerangkan, pelaku ditangkap massa usai beraksi di Jalan Kedon Bebekan Padukuhan Sumbermulyo Sabtu siang sekitar pukul 10.30 WIB. Korban seorang wanita bernama Sinta (32) warga Padukuhan Krekah, Kalurahan Gilangharjo, Pandak.

Kala itu korban mengendarai sepeda motor Suzuki Smash hendak pulang usia belanja di Pasar Gatak Gilangharjo, Pandak. Sesampainya di lokasi kejadian, tiba-tiba dari arah belakang muncul pelaku yang mengendarai sepeda motor Yamaha Vega.

Pelaku lantas memepet korban kemudian menarik paksa kalung seberat 2 gram yang dipakai oleh korban.

"Setelah berhasil merampas kalung, pelaku kemudian kabur. Korban yang panik kemudian teriak teriak jambret," ujar Kapolsek.

Warga yang kebetulan melintas menjumpai korban teriak bergegas melakukan pengejaran. Alhasil pelaku berhasil diamankan oleh masyarakat di wilayah Padukuhan Kanutan, Kalurahan Sumbermulyo. 

Warga yang geram dengan ulah pelaku itu pun sempat menghakiminya. Beruntung personil Kepolisian Bambanglipuro tiba tepat waktu sehingga emosi massa berhasil diredam.

"Untuk mencegah aksi anarkis, pelaku kemudian kita evakuasi ke Mapolsek. Yang bersangkutan hingga kini masih diperiksa oleh penyidik," tandasnya.


Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Hadiri Kegiatan Peningkatan Kapasitas Linmas

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Aiptu Lanji mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas Linmas untuk penangulangan penyebaran Covid-19, di Aula Kalurahan Sabdodadi Bantul, Senin (31/5/2021).

Kegiatan ini dihadiri Satpol PP Kabupaten Bantul, anggota DPRD Kabupaten Bantul Jumakir, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dr. Fauzan, Lurah Sabdodadi Siti Fatimah, anggota Linmas Kalurahan Sabdodadi, Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi dan Babinsa.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan tentang kamtibmas, penanganan penyebaran Covid-19 dan kesehatan oleh narasumber. (Humas Polsek Bantul)  

Kapolsek Sanden Hadiri Acara Syawalan Bersama Gubernur Dan Wakil Gubernur DIY Secara Virtual

Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH dan jajaran Forkopim Kapanewon Sanden mengikuti kegiatan Syawalan Idul Fitri 1442 H bersama Gubernur dan Wakil Gubernur DIY yang digelar secara virtual di Aula Kapanewon Sanden, Senin (31/5/2021).

Hadir dalam acara tersebut antara lain Panewu Sanden Drs. Bangun Rahina MM, Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH, Kepala Puskesmas Sanden drg. Suyatmi MM, Kepala KUA Sanden, Danposal Samas, Lurah se Kapanewon Sanden, Ketua MUI Sanden, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Acara syawalan Idul Fitri 1442 H bersama Gubernur dan wakil Gubernur DIY diselenggarakan dalam rangka silaturahmi dengan OPD, Bupati dan Wakil Bupati serta masyarakat yang digelar secara virtual dari kantor masing-masing.

Kegiatan sendiri dilaksanakan virtual langsung dari Gedung Pracimasan, Komplek Kepatihan Yogyakarta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (Humas Polsek Sanden)

Kapolsek Kasihan Laksanakan Silaturahmi dan Syawalan Anggota FKPM Pandawa Kelurahan Ngestiharjo

Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho Wibowo,SH  melaksanakan giat Silaturahmi dan syawalan anggota FKPM Pandawa Kelurahan Ngestiharjo, di Joglo FKPM Padawa Ngestiharjo (30/05/2021) 19.30 WIB.

Dalam giat silaturahmi dan syawalan serta pembinaan dan penyuluhan ini dilaksanakan untuk penyampaian pesan kamtibmas Khususnya dalam masa pademi Covid 19 yang sedang melanda . Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Kasihan dalam kedempatan ini memberikan apresiasi dan terimakasih kepada  FKPM  Pandawa Kelurahan Ngestiharjo yang sudah dalam menjaga keamanan, ketertiban di tengah lingkungan masyarakat di wilayah Kalurahan Ngestiharjo.

FKPM ini juga bertujuan membantu dalam menjaga keamanan, ketertiban di tengah lingkungan masyarakat, keamanan merupakan beban bersama, meski ada peran serta masyarakat agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Tak lupa saya selaku Kapolsek Kasihan juga  dalam kesempatan itu pula juga menghimbau agar kiranya apa bila ada permasalahan yang muncul di tengah tengah masyarakat agar bersama sama dengan Bhabinkamtibmas dan aparat desa untuk menyelesaikan masalah tersebut secara bersama sama dengan harapan permasalahan tersebut cepat tertangani.

Dalam menciptakan kamtibmas di wilayah bukanlah semata-mata tugas Polri, tetapi merupakan tanggung jawab semua pihak termasuk masyarakat, dengan lahirnya Polmas diharapkan akan tercipta kamtibmas yang kondusif dimasyarakat.

Untuk itu dukungan pemerintah daerah dan masyarakat sangat penting dalam menciptakan kamtibmas dimasyarakat. (Humas Polsek Kasihan)


Anggota Polsek Pleret Bersama Sat Pol PP Laksanakan Operasi Yustisi

Anggota Polsek Pleret Bersama dengan Sat pol PP Kabupaten Bantul serta Koramil 07 Pleret melaksanakan operasi Yustisi Pencegahan Penyebaran covid-19 wilayah Kalurahan Wonokromo Pleret Bantul di Depan SMK N 1 Pleret Bantul, Senin (31/5/2021).

Hadir dalam kegiatan antara lain Lurah Wonokromo Machrus Hanafi, S.Ag. Jawatan Keamanan Haryono, S.Ip, Kanit Sabhara Polsek Pleret Iptu Dalhari, Kanit Lantas Polsek Pleret Ipda Mugiyono, Sismadi SH Kabid Penegakkan Perda, Fitri Suwondo, M.s.i Kasi Pam Patroli, Bimo Aryo Tejo, SH Kasi Penindakan Sat Pol PP, Anggota Satpol PP sebanyak 27, Koramil 5 Personil dan Polsek 5 personel.

Sasaran operasi pengendara yang melintas Jalan Imogiri Timur yang tidak memakai masker, adapun bagi yang didapati tidak memakai masker diberikan pembinaan dan sanksi surat teguran sebanyak 44 surat agar tidak mengulangi lagi. (Humas Polsek Pleret)


Aipda Mochlis Berikan Himbauan Kepada Wisatawan Pantai Goa Cemara

Bhabinkamtibmas Kalurahan Gadingsari Aipda Mochlis Humavianto S.Pd memberikan himbauan kepada pengunjung objek wisata Pantai Goa Cemara untuk mentaati kepada Protokol Kesehatan dan melarang mandi di laut, Minggu (30/5/2021) siang

Aipda Mochlis Humavianto S.Pd yang berjaga di objek wisata bersama dengan Pokdarwis Pantai Goa Cemara dan Tim SAR Korwil X mengatakan bahwa kegiatan memberikan himbauan kepada wisatawan merupakan tanggung jawab dan kepedulian kepada masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid -19 dan keselamatan bagi wisatawan itu sendiri.

Di samping itu, kegiatan himbauan dan pendisiplinan masyarakat yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas adalah dalam rangka menghimbau dan mengajak masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan demi melindungi diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitar di tengah pandemi Covid -19 yang masih terjadi.

"Semoga masyarakat tumbuh kesadaran diri sendiri dan mempunyai peran untuk mengatasi Covid-19 bersama sama, bergotong royong dengan patuh protokol kesehatan". (Humas Polsek Sanden)


Personel Polsek Kretek Lakukan Pengaturan Lalu Lintas Urai Kemacetan

Mengetahui kondisi arus lalu lintas di Jalan Parangtritis sangat padat (Simpang empat Angkruksari hingga TPR Induk Parangtritis) sangat padat pada Minggu (30/5/2021) sore, personel Polsek Kretek turun ke jalan melakukan pengaturan lalu lintas.

Aiptu arisna mengatakan, pengaturan lalu lintas dilakukan sebagai upaya untuk mengurai kemacetan yang cukup panjang.

Menurutnya, kemacetan disebabkan oleh banyaknya wisatawan yang mengunjungi obyek wisata Parangtriris pada libur akhir pekan. Tercatat jumlah wisatawan mencapai 20 ribu orang. (Humas Polsek Kretek)

Kanit Binmas Polsek Sewon Hadiri Acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Baitul Mukhlisin

Kanit Binmas Polsek sewon AKP Dalimin mewakili Kapolsek Sewon menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Baitul Mukhlisin di Dusun Banyon, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Minggu (30/5/2021).

Acara peletakan batu pertama dihadiri oleh Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Pj. Danramil Sewon diwakili Bati tuud Peltu Surajiana, Lurah Pendowoharjo H. Hilmi Hakimuddin, Pengasuh Majelis An-Nur Bantul Habib Musthofa Sayyidi Baraqbah, Pimpinan Majelis An-Nur Habib Umar Quthban, Pengasuh Ponpes Hidayatul Mustadiin Tajeman Bantul Gus Afid Yasin, Dukuh Banyon M. Zuhuda, Ketua Takmir Masjid Baitul Muslikhin Ananto, Ketua Panitia H. Suwantoro, Pewakaf Tanah Masjid Baitul Mukhlisin Zaroh Mustaqimah, Toga dan Tomas Banyon beserta tamu undangan.

Dalam sambutannya H. Suwantoro selaku panitia pembangunan Masjid Baitul Mukhlisin menyampaikan, pembangunan Masjid Baitul Muslikhin ini dari tanah wakaf Bapak Zaroh Mustakim dengan luas tanah sekitar 250 meter persegi dan anggaran untuk pembangunan masjid diperkirakan akan menghabiskan anggaran Rp 1.012.000.000,- terdiri dari swadaya masyarakat, kas masjid dan donasi masyarakat umum.

Sambutan dari Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih mengharapkan dengan dibangunya Masjid Baitul Muslikhin ini, selain untuk kegiatan ibadah juga digunakan untuk kegiatan rohani dan kegiatan positif lainnya.

Lebih lanjut, pada kesempatan tersebut Bupati Bantul jutga ikut berpatisipasi dalam proses renovasi dan pembangunan induk Masjid Baitul Muslikhin dengan memberikan sumbangan berupa 100 sak semen.

Acara dilanjutkan dengan doa bersama oleh Pengasuh Majelis An-Nur Bantul Habib Musthofa Sayyidi Baraqbah. Kemudian peletakan batu pertama pembangunan Masjid Baitul Muslikhin secara simbolis dilakukan oleh Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih. (Humas Polsek Sewon)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Pantau Giat Hajatan Warga

Dimasa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Bantul, Aiptu Sugiyanto, SH secara rutin menyampaikan himbauan & edukasi Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 kepada warga binaannya.

Pada hari Minggu (30/5/2021) Aiptu Sugiyanto, SH aktif berpartisipasi dalam pencegahan penularan Virus Corona pada kegiatan Masyarakat, membantu mensteril lokasi Hajatan Warga Dsn.Gayam Gumuk Ringinharjo Bantul, dengan sistim pengasapan Voging & Ozon, sebelum & sesudah acara, agar penularan virus bisa dicegah seminim mungkin.

Selain itu, Sugiyanto, SH kembali aktif menyampaikan himbauan protokol kesehatan & mencegah agar tidak terjadi kerumunan serta tetap menjaga jarak satu sama lain yang berada di lokasi.

Terpantau di lokasi tersebut, Aiptu Sugiyanto, SH memberikan edukasi pentingnya disiplin menjalankan anjuran 5M.

Demi lancarnya kegiatan hajatan warga, Bhabinkamtibmas Sugiyanto, SH memantau hingga acara selesai & memastikan lokasi telah aman.

Sebagai Bhabinkamtibmas, Aiptu Sugiyanto, SH berkewajiban memberikan edukasi kepada warga binaanya & berharap seluruh masyarakat turut aktif bersama-sama berpartisipasi menekan penyebaran Covid-19 dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. (Humas Polsek Bantul)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Wukirsari Dampingi Tim Satgas Covid-19 Laksanakan Pemakaman Jenazah Covid

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wukirsari  Bripka Wahyu Apri Winarto mendampingi Tim Satgas Covid-19 Kalurahan Wukirsari  yang akan melaksanakan pemakaman jenazah salah satu warga yang meninggal dunia akibat Covid-19, Minggu (30/5/2021) petang

Jenazah pasien Covid-19 tersebut dimakamkan di TPU Dusun Tilaman  Kalurahan Wukirsari  , Kapanewon Imogiri  Bantul. Proses pemakaman dilakukan sesuai dengan protokoler Covid-19. Sebelum meninggal dunia, korban Covid-19 sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Turut hadir dalam pemakaman Lurah Wukirsari Susulo Hapsoro SE, Dukuh Pundung, Dukuh Tilaman, Tim Bolo kubur FPRB, dan perwakilan keluarga. (Humas Polsek Imogiri)


30 May 2021

Sempat Minta Tolong, Kakek 72 Tahun Meninggal Dunia Di Pekarangan Warga

Seorang kakek bernama Sawab (72) warga Lemahrubuh RT 02 Selopamioro Imogiri Bantul meninggal dunia secara mendadak di pekarangan milik warga, di Dusun Sroyo, Srihardono, Pundong, Bantul pada Sabtu (29/5/2021) sekitar pukul 07.30 WIB.

“Sebelum meninggal dunia, Sawab sempat minta tolong kepada warga karena mengeluh sakit perut,” kata Kapolsek Pundong AKP Yosephine Iswantari S.Psi.

AKP Yosephine Iswantari menjelaskan, awalnya salah seorang saksi Sriyono (40) warga setempat saat sedang duduk-duduk di depan rumahnya tiba-tiba mendengar suara orang minta tolong. Lantas ia mencari sumber suara itu.

“Setelah ia cari, tak jauh dari tempatnya semula berada, ia melihat ada seorang kakek yang mengenakan baju batik lengan panjang tergeletak di tanah. Kemudian ia berusaha menolong kakek itu dengan memapahnya,” tuturnya.

Pada saat itu, lanjutnya, korban mengeluh sakit di bagian perut dan meminta tolong kepada Sriyono untuk dikeroki dan diolesi balsam. Namun beberapa saat kemudian korban terlihat semakin lemah dan tidak sadarkan diri. Setelah itu, banyak warga yang datang dan berusaha membantu menolong, namun tak berselang lama korban meninggal dunia. Kemudian warga melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Pundong.

Dari hasil pemeriksaan dr. Ana Sulistyorini dari Puskesmas Pundong bersama Tim Inafis Polres Bantul dipimpin Bripka Yuli Suryadi SH menyatakan tidak ditemukan tanda-tanda bekas kekerasan pada tubuh korban dan diperkirakan korban sudah meningal dunia sekitar satu jam sebelum dilakukan pemeriksaan dokter.

Sementara itu, berdasarkan keterangan dari pihak keluarga bahwa korban memiliki riwayat sakit hipertensi dan penyumbatan jantung. Pada lima tahun yang lalu sedianya akan dilakukan pemasangan ring jantung namun belum terlaksana. (Humas Polres Bantul)

Polsek Pandak Laksanakan Patroli Antisipasi Gangguan Kamtibmas Malam Hari

Anggota Polsek Pandak yang dipimpin Ka SPKT Ipda Pujiharta melaksanakan patroli antisipasi ganguan kamtibmas malam hari di wilayah Kapanewon Pandak, Bantul, Minggu (30/5/2021) dini hari.

Kegiatan patroli ini dilaksanakan secara rutin untuk mengantisipasi kejahatan dan gangguan kamtibmas terutama pada malam hari.

Adapun tujuan dari kegiatan patroli ini agar masyarakat merasa aman dan nyaman dalam setiap aktivitas dengan hadirnya Polri di tengah-tengah masyarakat.

Dalam kegiatan patroli tersebut Ka SPKT Ipda Pujiharta juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan imbauan kepada warga masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan diri dan selalu memakai masker. Masyarakat juga dihimbau di masa pandemi Covid-19 ini agar tidak mengadakan kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan. (Humas Polsek Pandak)

Motor Tabrak Penjual Sate Keliling Di Jalan Yogya - Wonosari

Kecelakaan lalu lintas (laka lantas) terjadi di Jalan Yogya - Wonosari atau tepatnya di depan toko swalayan WS Piyungan, Dusun Payak Cilik, Srimulyo, Piyungan, Bantul pada Sabtu (29/5/2021) sore.

Laka lantas tersebut terjadi antara sepeda motor Honda Beat nopol AB 4174 OH yang dikemudikan Ongki N (22) warga Paldas Rantau Bayur Banyuasin Sumatera Selatan dengan seorang pejalan kaki, Maryati (50), warga Kali Winih Berbah Sleman.

Bripka Jumad dan Bripka Danang petugas yang mendatangi TKP menjelaskan, insiden tersebut terjadi sekitar pukul 15.20 WIB.

Menurut keterangan dari salah seorang saksi, kejadian tersebut bermula ketika korban yang sehari-hari berprofesi sebagai penjual sate keliling itu berjalan kaki dari arah timur ke barat. Namun sesampainya di depan toko swalayan tersebut tiba-tiba dari arah belakang, korban tertabrak sepeda motor.

Akibatnya korban jatuh dan mengalami luka pada kepala bagian kiri, serta luka memar pada tubuh. Sementara pengemudi sepeda motor mengalami patah tulang pada hidung dan lecet lecet.

"Untuk korban sudah kita bawa ke RSUD Prambanan dan dugaan sementara penyebab kecelakaan karena pengemudi sepeda motor mengantuk sehingga hilang konsentrasinya," ujar Bripka Jumad. (Humas Polsek Piyungan)

Kapolsek Sewon Hadiri Pencanangan Perencanaan Revitalisasi KUA Tahun 2021

Kapolsek Sewon Kompol Suyanto menghadiri acara Pencanangan Perencanaan Revitalisasi KUA Tahun 2021 secara virtual di Kantor KUA Kapanewon Sewon, Bantul, Sabtu (29/5/2021).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI yang bekerjasama dengan KUA Kecamatan Banjarnegara dan disiarkan secara virtual di enam KUA wilayah Indonesia. Adapun maksud dan tujuannya adalah untuk melaksanakan Pencanangan Perencanaan Revitalisasi KUA Tahun 2021 sebagai bentuk program layanan keagamaan kepada masyarakat.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Kemenag Kabupaten Bantul H. Aidi Johansyah S.Ag MM, Kepala Kakanwil Kemenag Drs. H. Edhi Gunawan M.PdI, Kepala KUA Sewon, Kepala KUA Pundong Alex Nur Hidayat, Panewu Sewon Drs. Danang Erwanto M.Si, Kasie Humas Kemenag Bantul Halili, Kepala Bidang di lingkungan Kemenag,  Forkopim Kapanewon Sewon dan tamu undangan.

Menteri Agama RI Yaqud Colil Qoumas dalam arahannya menyampaikan, Perencanaan Pencanangan Revitalisai KUA pada saat ini adalah sebagai bentuk program dari Kementerian Agama RI. Tentang tugas dan tanggung jawab KUA sebagai pelayanan masyarakat di bidang keagamaan maupun tentang pernikahan.

Dalam mewujudkan visi Menteri Agama tentang KUA sebagai pusat layanan keagamaan prima, kridebel dan moderat untuk meningkatkan kualitas umat beragama, maka dukungan semuanya sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar serta dapat memberikan kepuasan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan Perencanaan Revitalisasi KUA sebagai pelayan masyarakat, Menteri Agama mengajak untuk bersama-sama melaksanakan dengan penuh tanggung jawab, untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Usai menghadiri kegiatan tersebut Kapolsek Sewon Komisaris Polisi Suyanto SH mengatakan, kehadiran Kapolsek, Panewu dan instansi lain dalam acara ini merupakan salah satu bentuk sinergitas antar instansi di tingkat Kapanewon Sewon. Dengan demikian Polri akan mendukung setiap program pemerintah. (Humas Polsek Sewon)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Laksanakan Patroli Di Kawasan JJLS Baros

Guna menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah binaanya, Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Bripka Winarko melakukan patroli sambang di kawasan JJLS Baros Kretek Bantul pada Sabtu (29/5/2021) Sore.

Kehadiran Bhabinkamtibmas Bripka Winarko di JJLS Baros adalah dalam rangka memantau kegiatan menerbangkan laying-layang naga yang kembali marak setelah beberapa pekan sebelumnya vakum digelar di tempat tersebut.

Dalam kesempatannya, Bhabinkamtibmas Bripka Winarko memberikan imbauan kepada warga masyarakat yang datang agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Kretek)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Segoroyoso Hadiri Acara Dialog Di Dusun Trukan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Segoroyoso Aipda Nur Hadiyanto menghadiri acara dialog dengan tema Membangun Demokrasi Dari Desa di Rumah Data Dusun Trukan, Segoroyoso, Pleret, Bantul, Kamis (27/5/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho S.Ant, Dosen Fisipol UMY Bambang Eka Cahya Widada SIP M.Si, anggota DPRD Kabupaten Bantul Surotun, Dukuh Trukan Marwan serta tamu undangan.

Dalam sambutannya anggota DPRD Kabupaten Bantul Fraksi Partai Amanat Nasional, Ibu Surotun SH menyampaikan, rasa syukurnya dan terima kasih kepada warga Trukan atas terselenggaranya acara dialog politik tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Surotun menyampaikan materi terkait politik uang, yang menurutnya menjadi masalah pelik dalam demokrasi di Indonesia.

Kemudian penyampaian materi lainnya oleh narasumber Didik Joko Nugroho S.Ant dan Bambang Eka Cahya Widada SIP M.Si yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Selama kegiatan berlangsung tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan mewajibkan menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan dan mengatur jarak tempat duduk. (Humas Polsek Pleret)

Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Polsek Sanden Rutin Lakukan Patroli

Personel Polsek Sanden yang dipimpin Kanit Reskrim Aiptu Damar Wisanto selaku piket Pawas melaksanakan patroli rutin antisipasi gangguan kamtibmas malam hari di wilayah hukum Polsek Sanden Polres Bantul, Sabtu (29/5/2021) malam.

Kegiatan patroli rutin ini merupakan langkah antisipasi terhadap aksi premanisme, kejahatan jalanan serta gangguan kamtibmas lainnya yang dapat meresahkan warga masyarakat. Diharapkan dengan hadirnya anggota Polri di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman dan nyaman dalam setiap aktivitasnya.

Tidak hanya mobiling pantauan wilayah dan sambang kamtibmas. Dalam patroli tersebut petugas juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada penjaga malam di perkantoran, sekolahan dan obyek vital. Petugas patroli menghimbau para penjaga malam agar rutin melakukan patroli di lingkungan kantor atau sekolahan tempat tugasnya. Apabila ada hal-hal yang mencurigakan agar segera melaporkan ke Polsek Sanden. (Humas Polsek Sanden)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Srigading Hadiri Musyawarah Kalurahan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Srigading Bripka Afif Rudyanto SH menghadiri Musyawarah Kalurahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kalurahan Srigading Tahun 2021-2026 di Balai Kalurahan Srigading Sanden Bantul, Jumat (28/5/2021).

Musyawarah Kalurahan dihadiri Jawatan Praja Kapanewon Sanden Budiyati SIP, Bamuskal, Lurah Srigading, Pamong dan Dukuh se Srigading, Puskesmas Sanden, Bhabinkamtibmas Kalurahan Srigading Bripka Afif, Babinsa dan perwakilan warga masyarakat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menyusun Perencanaan Pembangunan Kalurahan yang menggunakan Dana Desa. Pemerintah sudah menyiapkan Dana Desa untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan.

Bripka Afif Rudyanto SH selaku Bhabinkamtibmas selalu hadir dalam setiap kegiatan Musyawarah Kalurahan guna mengetahui rencana program pembangunan di wilayah binaannya. Hal ini terkait dengan tugas pendampingan dan pengawasan guna mencegah terjadinya penyalahgunaan penggunaan Dana Desa.

Dengan pengawasan dan pendampingan anggota Polri melalui Bhabinkamtibmas, penggunaan Dana Desa diharapkan tepat sasaran dan tidak ada penyelewengan sehingga pembangunan desa dalam rangka mewujudkan kesejahtraan masyarakat benar-benar terlaksana dengan baik. (Humas Polsek Sanden)

Bripka Tri Asih Bersama Satgas Covid-19 Lakukan Pantauan Dan Imbauan Prokes

Pada hari Sabtu (29/5/2021) pukul 10.00 WIB, Bhabinkamtibmas Kalurahan Murtigading Bripka Tri Asih SE bersama dengan Satgas Covid-19 Kalurahan Murtigading kembali melaksanakan pantauan prokes hajatan pernikahan di Dusun Sanggrahan Murtigading Sanden Bantul.

Turut hadir dalam pemantauan dan imbauan protokol kesehatan hajatan warga, antara lain Satgas Covid-19 Murtigading, Lurah Murtigading, Carik, Jogoboyo, Kamituwo, Bhabinkamtibmas Murtigading Bripka Tri Asih SE dan Babinsa.

Dalam kesempatan tersebut tim Satgas Covid-19 Kalurahan Murtigading melakukan pemantauan serta mengingatkan kepada warga masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan guna meminimalisir penyebaran Covid-19 dengan selalu memakai marker, menjaga jarak maupun mencuci tangan. Dimana dengan kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan akan menjadi benteng bagi diri sendiri, keluarga dan orang di sekitar kita agar terhindar dari tertularnya Covid-19.

Sementara itu dari pemantauan dan pengawasan bersama Satgas Covid-19, acara hajatan pernikahan tersebut telah menerapakan protokol kesehatan. Untuk menghidari kerumunan dan desak-desakan para tamu undangan, maka penyajian hidangan disediakan dalam bentuk nasi box. (Humas Polsek Sanden)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Pengamanan Vaksinasi Covid-19 Untuk Lansia

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Aiptu Sugianto melaksanakan pengamanan dan monitoring pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Balai Kalurahan Ringinharjo, Bantul, Sabtu (29/5/2021) pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh petugas dari Puskesmas Bantul 2, Lurah Ringinharjo dan Pamong, para warga lansia penerima vaksin, para kader dan relawan Ringinharjo.

Di sela-sela kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo mengatakan, vaksinasi yang diberikan kepada para lansia di wilayah Kalurahan Ringinharjo.

Adapun kegiatan pengamanan ini dilakukan guna memastikan kegiatan vaksinasi berjalan dengan aman dan lancar, serta diharapkan program ini dapat berjalan lancar dan kedepannya terbebas dari penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Bantul) 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Bersama Satgas Covid-19 Pantau Penerapan Prokes Acara Hajatan Warga

Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Aipda Fitri melaksanakan pantauan kegiatan hajatan pernikahan warga binaannya di Pedukuhan Dagaran Palbapang Bantul, Sabtu (29/5/2021) pagi.

Kehadiran Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang bersama tiga pilar dan tim Satgas Covid-19 ini ditujukan untuk memastikan bahwa semua rangkaian hajatan pernikahan dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) demi mencegah meluasnya penularan Covid-19.

Menurutnya, hajatan yang diadakan di tengah pandemi Covid-19 seperti ini memang sudah diperbolehkan, namun dengan ketentuan harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

Para tamu undangan yang datang ke acara tersebut dihimbau untuk memakai masker, cuci tangan sebelum masuk, mengecek suhu badan dengan thermogun, serta jumlah tamu yang hadir tetap dibatasi dan tempat duduk diatur dengan jarak minimal 1 meter.

Dari hasil pantauannya, para tamu undangan yang hadir dengan patuh menerapkan protokol kesehatan yang ada, sehingga acara resepsi ini dapat berlangsung dengan tertib, aman dan kondusif hingga acara selesai. (Humas Polsek Bantul)  

Kapolsek Kasihan Hadiri Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho Wibowo SH menghadiri sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang digelar di Rumah Joglo Oseng-Oseng Mercon Bu Narti, Padokan Kidul, Tirtonirmolo, Kasihan Bantul, Sabtu (29/5/2021).

Acara sosialisasi 4 pilar kebangsaan yakni tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika ini menghadirkan narasumber anggota MPR dari DPD RI, GKR Hemas.

Hadir dalam kegiatan ini GKR Hemas, Panewu Kasihan, Danramil Kasihan, Kapolsek Kasihan dan tamu undangan dari berbagai elemen masyarakat.

Kegiatan ini merupakan agenda wajib bagi anggota MPR di masa reses untuk mensosialisasikan Empat Pilar Negara. Sosialisasi dilakukan pada saat kunker ke konstituen atau daerah pemilihan dan merupakan program rutin setiap kali masa reses.

Diharapkan, setelah sosialisasi ini masyarakat Indoensia kembali mengenal identitas bangsanya, mencintai dan kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sosialisasi ini GKR Hemas menekankan salah satu hal yang perlu kita perhatikan saat ini adalah maraknya ujaran kebencian di media sosial. Apapun bentuknya ujaran kebencian tentu berpotensi menimbulkan konflik.

"Oleh karena itu saya berharap dan mengajak masyarakat untuk berhati-hati menyikapi berita yang belum tentu kebenarannya. saya harapkan terus menerus membangun sinergitas untuk deteksi dini pendatang baru di setiap dusun," pesan GKR Hemas.

GKR hemas juga menekankan, bahwa perlunya penguatan Empat Pilar Kebangsaan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Empat pilar kebangsaan tersebut adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kita sepakat bersatu dalam naungan Bhinneka Tunggal Ika, maka jaga dan pelihara rasa adil dan keadilan, toleransi dan gotong royong. Jauhi dan hindari virus yang mematikan Bhinneka Tunggal Ika, yaitu penyempitan rasa kebangsaan, intoleransi dan individualistik,” imbuhnya.

Disampaikan, seperti pesan Ir. Soekarno yang berbunyi "Negara Republik Indonesia ini bukan milik sesuatu golongan, bukan milik sesuatu agama, bukan milik sesuatu suku, bukan milik sesuatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke. (Humas Polsek Kasihan)

Polsek Banguntapan Adakan Pengamanan Vaksinasi Tahap Kedua Di JEC

Sabtu (29/5/2021), merupakan hari terakhir vaksinasi tahap II yang diperuntukkan bagi para lansia, guru, pelaku pariwisara dan UMKM yang diselenggarakan oleh traveloka di Gedung JEC Banguntapan Bantul.

Untuk mengantisipasi adanya kerumunan dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut, petugas dari Polsek Banguntapan mulai pukul 06.30 WIB sudah berada dia lokasi. Pada saat para penerima vaksin mulai berdatangan, petugas langsung memberikan imbauan agar tidak berkerumun dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Dalam pengamanan tersebut melibatkan personel Polsek Banguntapan, Koramil Banguntapan, Satpol PP Kabupaten Bantul dan petugas dari pihak penyelenggara.

Sementara itu, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Gedung JEC ini dengan target 2000 vaksin. Adapun serangkaian kegiatan berjalan dengan aman dan lancar. (Humas Polsek Banguntapan)

Kanit Binmas Polsek Pandak Sambangi Posko PPKM Mikro Kalurahan Caturharjo

Kanit Binmas Polsek Pandak Ipda Tetepana bersama Bhabinkamtibmas Kalurahan Caturharjo Aiptu Agus Nugroho melaksanakan sambang Posko PPKM Mikro di Kalurahan Caturharjo Pandak Bantul, Sabtu (29/5/2021).

Kegiatan tersebut dalam rangka pengecekan kesiapan anggota Posko. Diharapkan dengan adanya posko tersebut dapat meningkatkan sinergitas dengan instansi terkait dalam penanganan dan pengendalian Covd-19.

Dalam kesempatan tersebut Kanit Binmas Ipda Tetepana juga menyampaikan terima kasih kepada anggota Posko PPKM Mikro Kalurahan Caturharjo yang selalu siap siaga dan terus berupaya menekan penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah Kalurahan Caturharjo. (Humas Polsek Pandak)

Polsek Sanden Adakan Pengamanan Wisuda Purna Siswa SMA

Bhabinkamtibmas Kalurahan Murtigading Bripka Tri Asih SE bersama anggota piket fungsi Polsek Sanden melaksanakan pengamanan acara Wisuda Purna Siswa Tahun Ajaran 2019/2020 di SMA Negeri 1 Sanden, Sabtu (29/5/2021).

Acara wisuda diikuti sebanyak 188 siswa yang dibagi dalam dua sesi mengingat situasi masih pandemi Covid-19. Adapun alasan seremoni wisuda purna siswa SMAN 1 Sanden T.A. 2019/2020 baru dilaksanakan tahun ini karena pada tahun kemarin masih dalam suasana awal pandemi Covid-19.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah dan segenap guru SMA Negeri 1 Sanden, siswa-siswi SMA Negeri 1 Sanden, Bhabinkamtibmas Kalurahan Murtigading Bripka Tri Asih SE dan personil piket fungsi Polsek Sanden yang melaksanakan pengamanan.

Bripka Tri Asih SE mengatakan, pengamanan ini untuk menjaga kelulusan dan acara wisuda purna siswa SMA Negeri 1 Sanden berjalan aman dan lancar, sekaligus pantauan protokol kesehatan.

“Yang tidak kalah penting yaitu setelah kegiatan wisuda purna siswa tidak ada kegiatan yang berlebihan atau hura-hura,” ujar Bripka Tri Asih. (Humas Polsek Sanden)

29 May 2021

Kapolri: Negara Tak Boleh Kalah dari Teroris

Jakarta: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menemui personel satuan tugas (Satgas) Madago Raya di Sulawesi Tengah (Sulteng). Banyak pesan disampaikan Kapolri dan Panglima saat bertemu anggota yang bekerja menumpas teroris di wilayah itu.
 
"Negara tidak boleh kalah dari kelompok terorisme, tidak ada tempat bagi kelompok terorisme," kata Listyo dalam keterangan tertulis, Sabtu, 29 Mei 2021.
 
Listyo juga memotivasi agar terus berjuang melakukan pengejaran terhadap kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora. Khususnya, melakukan penegakan hukum terhadap anggota MIT yang kini tersisa sembilan orang.

Listyo menyebut kehadiran Satgas Madago Raya bertujuan menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Upaya itu memerlukan peningkatan peran serta dari seluruh elemen masyarakat di Sulteng.
 
Ada 808 personel TNI-Polri yang dilibatkan dalam operasi tahap II mulai 1 April hingga 30 Juni 2021. Listyo meminta tim Satgas Madago Raya mengoptimalkan peran setiap unit tugas.
 
"Tingkatkan soliditas dan sinergitas pada masing-masinh unit satgas dan hilangkan ego sektoral antarsatgas," ujar jenderal bintang empat itu.
 
Dia juga meminta petugas selalu mengomunikasikan setiap kendala dalam penegakan hukum terhadap kelompok MIT, baik dari segi peralatan maupun personel. Agar kendala itu segera diatasi.
 
"Jumlah personel dan peralatan yang kurang agar diajukan kekurangannya," kata Listyo.
 
Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengapresiasi dan mendukung seluruh personel Satgas Madago Raya yang terus berjuang mengejar kelompok MIT. Dia menyadari anggota mengalami tantangan yang besar, seperti cuaca dan lokasi geografis.
 
Hadi mengingatkan seluruh personel terus meningkatkan peran serta masyarakat dalam memberangus jaringan terorisme di Sulteng. Dia juga meminta untuk terus menjaga soliditas dan sinergitas sesama aparat.
 
"Saat ini kita sedang melaksanakan operasi secara gabungan. Maka pesan saya satu, kita harus melepaskan ego sektoral karena bukan rangka pertandingan tetapi bersatu menumpas sembilan teroris ini. Kedua, komunikasi yang baik, koordinasi dan kolaborasi yang baik," ujar Hadi.

 

Aiptu Heru Mulyana Bersama FPRB Dan Satgas Covid Kalurahan Pendowoharjo, Laksanakan Penyemprotan Disinfektan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aiptu Heru Mulyana melakukan pendampingan dan pengamanan kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh FPRB Siaga Kalurahan Pendowoharjo, Jumat (28/05/2021) siang.

Aiptu Heru Mulyana mengatakan, untuk penyemprotan desinfektan kali ini di laksanakan di 3 dusun sekaligus antara lain dusun Pucung, Ngaglik dan Miri penyemprotan desinfektan di rumah warga ini, dilakukan dengan tujuan untuk mencegah penularan Covid-19 ungkapnya

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo juga memberikan imbauan kepada warga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari, seperti selalu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

Sementara itu, Kapolsek Sewon Kompol Suyanto SH mengatakan, para Bhabinkamtibmas selalu aktif memberikan edukasi terkait protokol kesehatan kepada masyarakat dan tempat publik lainya dalam upaya mendukung pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Melalui kegiatan sambang dan sosialisasi tersebut, kami berharap dapat mendorong dan meningkatkan kesadaran warga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19,” kata Kapolsek. (Humas Polsek Sewon)

 

Aiptu Ibnu Wakhid SH , Berikan Himbauan Prokes Kepada Peserta Lomba Merpati Kolong

Guna mencegah terjadinya penyebaran covid 19 dan lancarnya kegiatan perlombaan merpati kolongan, Babinkamtibmas Polsek Sewon, Polres Bantul Aiptu Ibnu Wakhid,SH melaksanakan himbauan protokol kesehatan kepada para peserta lomba  Merpati Tinggi di Lapak Merpati Tembi Timbulharjo Sewon Bantul, Jumat (28/05/2021). Siang

Usai memberikan himbauan Aiptu Ibnu Wakhid menyampaikan Lomba Burung Merpati  ini dihadiri oleh para pecinta Lomba Merpati Tinggi Kapanewon Sewon sekitarnya. Kegiatan lomba Merpati Tinggi merupakan kegiatan rutin pecinta burung merpati sebagai ajang menjalin silaturahmi pecinta burung merpati.

"Untuk itu Pada kesempatan ini saya selaku Babinkamtibmas Kalurahan Timbulharjo memberikan himbauan  Prokes kepada peserta lomba dan untuk peserta lomba agar mengikuti perlombaan sesuai aturan yang ada dan jangan sampai ajang ini dijadikan untuk arena perjudian,kami akan lakukan tindakan kepolisian apabila Lomba ini dijadikan arena judi,” tegasnya.

Lebih lanjut Babinkamtibmas menghimbau kepada petugas parkir, untuk waspada dan berhati-hati dalam memarkir sepeda motor maupun mobilnya guna mencegah terjadinya curanmor,” imbuhnya.

Selain itu Babinkamtibmas menyampaikan kepada pecinta burung merpati kerjasamanya guna memberikan informasi sekecil apapun berkaitan dengan kamtibmas di manapun para pecinta berada.

Secara terpisah Kapolsek Sewon Komisaris Polisi Suyanto SH, membenarkan anggotanya melakukan Pengamanan dan berikan himbauan kamtibmas terutama Prokes guna pencegahan penyebaran covid 19 dan mengapresiasi atas tugas yang dilakukannya. (Humas Polsek Sewon)
 

Polsek Pundong Gelar Bakti Sosial di Dusun Karang Asem

Kapolsek Pundong AKP Yosephine Iswantari S.Psi memimpin kegiatan bakti sosial kepada warga masyarakat yang dilaksanakan di Dusun Karang Asem, Kalurahan Seloharjo Kapanewon Pundong, Bantul pada hari Jumat (28/5/2021).

Bakti sosial ini merupakan terobosan Polsek Pundong yang dilaksanakan rutin setiap bulan dengan memberikan bantuan paket sembako kepada warga kurang mampu.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolsek Pundong AKP Yosephine Iswantari. S.Psi, Kanit Binmas, Kanit Sabhara, Kasium dan Kasihumas serta Bhabinkamtibmas Seloharjo Aipda Sitriyono Dukuh Karang Asem Subari dan anggota Polsek Pundong.

Menurut Kapolsek Pundong, selain untuk meringankan beban hidup warga kurang mampu akibat dampak Covid-19 yang belum berakhir ini, diharapkan juga dapat mempererat tali silaturahmi antara Polsek Pundong dengan warga masyarakat.

Sebelum bakti sosial dilaksanakan baksos, Bhabinkamtibmas Seloharjo Aipda Sutriyono mensurvey terlebih dahulu terlebih dahulu warga kurang mampu di wilayahnya. Adapun warga yang menerima bantuan yaitu Ibu Irah RT 01, Bapak Sukiran RT 02, Ibu Waginem RT 03, Ibu Ngadiyem RT 04 dan Bpk Tugino RT 05.

"Jangan dilihat dari nilai besar bantuan yang ada, namun kami berharap dengan bantuan ini dapat mengurangi kebutuhan sehari-hari," ucap Kapolsek Pundong.

Dalam pesan, Kapolsek Pundong menyampaikan kepada warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pandemi yang sedang melanda ini bisa cepat berakhir. (Humas Polsek Pundong)
 

Polres Bantul Gelar KRYD di Jalan Wonosari atau tepatnya di Simpang Tiga Piyungan

Polres Bantul menggelar operasi KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan) di Jalan Wonosari atau tepatnya di Simpang tiga Piyungan Bantul, Sabtu (29/5/2021) pukul 09.00 WIB.

Dalam operasi ini petugas melakukan penyekatan dan tes swab antigen gratis bagi para pengguna jalan.

Kegiatan tersebut melibatkan personel dari Satlantas Polres Bantul, Staf gabungan Polres Bantul, Urkes Polres Bantul, dan Polsek Piyungan.

Kanit Lantas Polsek Piyungan AKP Boedi Haryanto SH MH didampingi Kanit Dikmas Lantas Polres Bantul Ipda Ervita Juliani SH mengatakan, petugas melakukan penyekatan kendaraan-kendaraan luar daerah kemudian dilakukan swab antigen secara gratis bagi para pengemudi maupun penumpang guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Kami lakukan swab antigen secara acak kepada pengendara maupun penumpang dari luar daerah yang akan masuk wilayah Bantul maupun yang akan balik ke daerah asal," ujarnya. (Humas Polsek Piyungan)
 

Personel Polsek Piyungan Laksanakan Pengamanan Proses Pemakaman Jenazah Secara Protokol Covid-19

Personel Polsek Piyungan dan Bhabinkamtibmas Srimulyo melaksanakan pengamanan proses pemakaman jenazah secara protokol covid-19 di TPU Jati dusun Payak Srimulyo Piyungan Bantul, Sabtu (29/5/2021) pukul 03.00 WIB.

Bripka Suwarno Bhabinkamtibmas Kalurahan Srimulyo menuturkan, M (55) salah satu warganya sebelumnya dirawat di RSUD Wonosari dan dinyatakan meninggal dunia pada hari Jumat tanggal 28 Mei 2021 pukul 14.45 WIB.

"Informasi yang dihimpun dari rumah sakit bahwa M meninggal dengan status penyakit tidak menular, namun demikian proses pemakaman dilakukan dengan standar protokol covid 19." kata Suwarno.

Lebih lanjut Bripka Suwarno mengatakan pada proses pemakaman tersebut dilakukan anggota FPRB Srimulyo Piyungan yang dihadiri oleh Kepala Dusun Payak Cilik Wawan S, keluarga almarhum dan warga sekitar.

Pada kesempatan tersebut Bripka Suwarno menghimbau kepada keluarga dan warga sekitar yang ikut menyaksikan pemakaman untuk menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker maupun menjaga jarak agar tidak terjadi kerumuman.

Pengamanan proses pemakaman dilaksanakan sampai selesai untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan. Proses pemakaman jenazah berjalan dengan aman, tertib dan lancar. (Humas Polsek Piyungan)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua Bagi Lansia

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Polsek Bantul Aiptu Sugiyanto, SH melaksanakan pantauan & pengamanan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Tahap kedua, dengan peruntukan Lansia Kalurahan Ringinharjo Bantul, berlangsung di Balai Kalurahan Ringinharjo Bantul. Pada hari Jum'at 28/5/2021 mulai pukul 08.00 WIB.

Adapun pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 dihadiri oleh Tim dari Puskesmas Bantul 2, Lurah Ringinharjo beserta Pamong, Ibu2 Kader & Relawan Ringinharjo.

Dengan pengamanan ini, pelaksanan Vaksinasi Covid-19 dapat lancar, sehingga tidak terjadi hal-hal yang dapat menimbulkan terjadinya kerumunan & dapat dicegah melalui himbauan Prokes dengan membantu mengatur menjaga jarak antar warga yang sedang antri, menciptakan tertib serta memberikan rasa aman kepada warga selama berlangsungnya pelaksanaan Vaksin. (Humas Polsek Bantul)

Kapolsek Bambanglipuro Hadiri Pertemuan Gapoktan Di Dusun Kuwon

Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM menghadiri pertemuan Gapoktan Kalurahan Sidomulyo di Dusun Kuwon Sidomulyo Bambanglipuro Bantul, Jumat (28/05/2021) siang.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut  Lurah Sidomulyo Edi Murjito, Perwakilan Kantor BP3K, Ketua Gapoktan Kalurahan Sidomulyo dan para petani yang tergabung dalam Gapoktan sekitar 25 orang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan para petani serta memperkuat kelembagaan petani yang ada di wilayah Kalurahan Sidomulyo.

Pertemuan tersebut disamping dijadikan sebagai sarana untuk silahturahmi juga dijadikan sebagai media dalam mendiskusikan berbagai masalah pertanian yang dialami oleh para petani sehingga ada suatu solusi ataupun jalan keluar.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Bambanglipuro tidak lupa menyampaikan himbauan dan pesan kamtibmas serta mengajak kepada petani yang tergabung dalam Gapoktan untuk terus meningkatkan silahturahmi serta menguatkan program ketahanan pangan serta berharap apa yang sudah berjalan dan terkoordinasi dengan baik ini lebih ditingkatkan lagi demi kesuksesan pertanian yang ada di wilayah Kalurahan Sidomulyo.

”Kami selalu siap melaksanakan pendampingan dalam pertanian sehingga dapat meningkatkan produktifitas pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani,” kata AKP Khabibulloh S.Pd I MM.

Kapolsek berharap bahwa para petani harus selalu membangun komunikasi terutama yang sudah tergabung dalam Gapoktan.”Kami minta untuk seluruh warga masyarakat dapat bersinergi dengan aparat keamanan dalam mewujudkan kondusifitas kamtibmas di wilayah Kalurahan Sidomulyo sehingga situasi tetap aman dan kondusif. (Humas Polsek Bambanglipuro)  
 

Kapolsek Bambanglipuro Safari Sholat Jumat Di Masjid Baiturrahman Dusun Kuwon Sidomulyo

Dalam rangka menjalin silaturahim dengan warga masyarakat, Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM melaksanakan kegiatan safari sholat Jumat di wilayah Polsek Bambanglipuro secara bergantian. Hari ini safari jum'at diadakan di Masjid Baiturrahman Dusun Kuwon Sidomulyo Bambanglipuro Bantul, Jum'at (28/05/2021) pukul 11.55 WIB.

Kegiatan ini merupakan program rutin dari Polsek Bambanglipuro yang dilaksanakan di masjid-masjid wilayah Bambanglipuro secara bergantian. Selain untuk melaksanakan kewajiban beribadah kepada Allah SWT, juga untuk menjalin silaturahim dan keakraban kepada masyarakat sekaligus menyampaikan pesan-pesan kamtibmas serta sebagai sarana untuk bertukar informasi baik dari Kepolisian maupun terkait situasi Kamtibmas di wilayah Kapanewon Bambanglipuro.

Selesai melaksanakan sholat Jum'at berjamaah, Kapolsek Bambanglipuro menghimbau kepada jamaah agar mewaspadai adanya ajaran kelompok radikalisme dan mewaspadai penyebaran berita hoax yang dapat memecah persatuan dan kesatuan. Jangan mudah terprovokasi dengan isu dan berita hoax dari orang tidak bertanggung jawab yang ingin mengacaukan situasi kamtibmas, pesan Kapolsek.

Selain itu juga dimasa pandemi Covid 19, Kapolsek juga menghimbau agar dalam pelaksanaan ibadah tetap menggunakan protokol kesehatan seperti selalu pakai masker, cek suhu dengan alat termogram, physical distancing dan cuci tangan sebelum masuk Masjid dll. Kegiatan berjalan dengan aman dan kondusif. (Humas Polsek Bambanglipuro)
 

Motivasi Satgas Madago Raya, Panglima TNI dan Kapolri Pastikan Negara Tak Akan Kalah dari Teroris

Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melanjutkan kunjungan kerjanya ke beberapa daerah. Kali ini, mereka mengunjungi personel yang bertugas di Satgas Madago Raya, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kunjungan dua jenderal tersebut memberikan pengarahan sekaligus motivasi kepada seluruh personel TNI-Polri yang terus berjuang melakukan pengejaran terhadap kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora.

Dalam pengarahan dan motivasinya, Sigit menekankan kepada seluruh personel untuk terus melakukan penegakan hukum kepada anggota MIT yang tersisa sembilan orang. Menurutnya, negara tidak akan kalah dengan kelompok terorisme.

"Negara tidak boleh kalah dari kelompok terorisme, tidak ada tempat bagi kelompok terorisme," kata Sigit dalam pengarahannya, Jumat (28/5).

Sigit memastikan kehadiran Satgas Madago Raya bertujuan untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif. Hal itu juga memerlukan peningkatan peran serta dari seluruh elemen masyarakat khususnya di Sulteng.

Operasi Madago Raya ini sendiri sudah merupakan tahap yang II sejak 1 April hingga 30 Juni 2021. Adapun personel TNI-Polri yang dilibatkan sebanyak 808.

"Optimalkan peran setiap unit tugas, tingkatkan soliditas dan sinergitas pada masing-masing unit satgas dan hilangkan ego sektoral antar satgas," tegas Sigit.

Sigit menegaskan, apabila dalam penegakan hukum terhadap kelompok MIT mengalami kendala dari segi peralatan maupun personel, harus dikomunikasikan agar dapat segera diatasi.

"Jumlah personil dan peralatan yang kurang agar diajukan kekurangannya," ujar Sigit.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi menyampaikan apresiasi dan dukungannya kepada seluruh personel di Satgas Madago Raya yang terus berjuang melakukan pengejaran terhadap kelompok MIT, meskipun mengalami beberapa tantangan seperti cuaca dan lokasi geografis.

Hadi juga mengingatkan untuk seluruh personel terus meningkatkan peran serta masyarakat dalam memberangus jaringan terorisme. Selain itu, Ia meminta untuk terus menjaga soliditas dan sinergitas sesama aparat.

"Saat ini kita sedang melaksanakan operasi secara gabungan, maka pesan saya satu, oleh karena itu kita harus melepaskan ego sektoral karena bukan rangka pertandingan tetapi bersatu menumpas 9 teroris ini. Kedua, komunikasi yang baik, koordinasi dan kolaborasi yang baik," tutup Hadi.
 

Kapolsek Pajangan Dampingi Wakil Bupati Bantul saat Tinjau Jembatan di Kembanggede

Kapolsek Pajangan AKP Titik Esti Handayani SIKom MM mendampingi Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo saat meninjau jembatan di Kembanggede Guwosari Pajangan, Senin (24/5/2021).

Wakil Bupati bersama Dinas Kominfo, Panewu, Koramil, Polsek dan Lurah Guwosari, Dukuh Kembanggede, RT dan Tokoh masyarakat melakukan peninjauan jembatan penghubung Kecamatan Pajangan dan Kecamatan Bantul.

Peninjauan untuk melihat dan melakukan pengecekan kondisi jembatan. Jembatan tersebut sangat vital karena merupakan jembatan alternative penghubung antara Dusun Kembanggede Guwosari Pajangan dan Gayam, Gumuk Ringinharjo Kecamatan Bantul. Dalam pandangan bapak Wakil Bupati Bantul kemungkinan kondisi jembatan sudah termakan usia, sehingga harus ada perbaikan dan perlu ditindaklanjuti dengan melakukan renovasi, termasuk juga perluasannya, karena jembatan tersebut sudah tidak bisa menampung lagi, terhadap arus lalu lintas yang melewatinya.

Beberapa waktu yang lalu jembatan tersebut termasuk dalam bahasan ditingkat Kabupaten untuk masuk RKPD. Bapak Wakil Bupati selanjutnya hendak meminta Dinas Pekerjaan Umum untuk niliki jembatan tersebut
 

Kapolsek Pajangan Hadiri Kunjungan Wakil Bupati Bantul di SD Negeri Guwosari

Kapolsek Pajangan AKP Titik Esti Handayani SIKom MM menghadiri kunjungan Wakil Bupati Bantul di SD Negeri Guwosari dalam rangka memberikan motivasi kepada siswa-siswi yang akan mengikuti ujian, Senin (24/5/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo bersama Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kapanewon, Lurah Guwosari dan Komite Sekolah.

Masalah keberhasilan pendidikan merupakan tanggungjawab kita  baik secara kedinasan maupun secara moral, karena kita kepingin kedepan menciptakan anak-anak Bantul yang cerdas berakhlak mulia dan berperikepribadian Indonesia.

“ Bantul ini pernah jaya di bidang pendidikan di kala Bupatinya Bapak Idham Samawi, kita kepingin mencetak lagi, kita ingin mewujudkan itu lagi, karena potensi Bantul sangat luar biasa, salahsatunya adalah kita bersama Pak Kepala Dinas untuk terus melakukan inovasi-inovasi di dalam melakukan terobosan-terobosan di bidang pendidikan, nah salahsatunya kita berikan semangat kepada anak-anak kita yang akan ujian, “ kata Wakil Bupati.

Dan kami lihat anak-anak kita semangat untuk mengikuti ujian dan kedepan pola-pola seperti ini akan selalu kita teruskan, supaya tiap sekolah kita, anak didik kita ini akan betul-betul mendapatkan perhatian dari orang tuanya, baik Pak Bupati, Wakil Bupati, Kepala Dinas karena dengan salah satu cara seperti ini kami penya keyakinan akan menimbulkan semangat belajar yang sangat baik, dan kami sudah bersepakat bahwa pendidikan ini, menjadi tanggungjawab kita bersama .

“ Pak Panewu, Pak Lurah Bu Lurah termasuk stakeholder yang lain untuk bagaimana memberikan perhatian di Bidang Pendidikan di masing-masing wilayah, sesuai kewengan kita yaitu Sekolah Dasar dan SMP, “ tambah Wakil Bupati.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Guwosari Pujiyati, S.Pd mengatakan, ujian nanti akan diikuti oleh 37 siswa-siswi kelas VI. Parjiyati optimis, hasil ujian nanti akan berhasil baik, walaupun pembelajaran sempat terganggu dengan adanya Pandemi Covid-19 yang memaksa kita semua melakukan pembelajaran secara daring atau tatap maya, para guru kelas tetap ‘greteh’ memperhatikan anak didiknya.
 

28 May 2021

Polsek Pandak Laksanakan Patroli Rutin Antisipasi Gangguan Kamtibmas Malam Hari

Personel Polsek Pandak yang dipimpin Ka SPKT Aiptu Untoro melaksanakan patroli antisipasi gangguan kamtibmas malam hari di wilayah hukum Kapanewon Pandak, Bantul, Jumat (28/5/2021) dini hari.

Kegiatan patroli ini merupakan langkah antisipasi terhadap aksi premanisme, kejahatan jalanan serta gangguan kamtibmas lainnya yang dapat meresahkan masyarakat. Diharapkan dengan hadirnya anggota Polri di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman dan yaman dalam setiap aktivitasnya.

Dalam patroli tersebut petugas juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada penjaga malam di perkantoran dan sekolahan. Petugas menghimbau agar penjaga malam di setiap melakukan patroli di lingkungan kantor atau sekolahan. Apabila ada hal-hal yang mencurigakan agar segera melaporkan ke Polsek Pandak. (Humas Polsek Pandak)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Dampingi Klarifikasi Pecah Bidang Pembangunan Pemukiman

Bertempat di Balai Kalurahan Wirokerten Banguntapan Bantul, Kamis (27/5/2021), telah dilaksanakan kegiatan klarifikasi pembahasan pecah bidang tentang rencana pengembangan pemukiman baru Dusun Kepuh Kulon Wirokerten Banguntapan Bantul.

Hadir dalam kegiatan tersebut Imron selaku perwakilan pengembang pemukiman, Lurah Wirokerten Hj. Rakhmawati SE, Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Aipda Indra Prasetyo, Dukuh Kepuh Kulon dan Ketua RT 04 Kepuh Kulon serta tokoh masyarakat dan perwakilan warga.

Dalam forum tersebut disampaikan klarifikasi pecah bidang pengembangan pemukiman baru. Klarifikasi bertujuan agar pengembang memenuhi aturan dan persyaratan yang sudah ditetapkan agar tidak timbul permasalah dikemudian hari. (Humas Polsek Banguntapan)

Personel Polsek Dlingo Laksanakan Baksos Jumat Berkah "Tilik Warga"

Personel Polsek Dlingo dipimpin Kanit Sabhara Aiptu Rohmadi melaksanakan Baksos Jumat Berkah "Tilik Warga", Jumat (28/5/2021).

Kali ini, bakti sosial Jumat Berkah dilaksanakan di Dusun Mangunan, Kalurahan Mangunan, Kapanewon Dlingo. 

Bakti Sosial Jumat Berkah dengan tema "Tilik Warga" ini bentuk dari kepedulian Polri khususnya Polsek Dlingo terhadap warga masyarakat wilayah hukum Polsek Dlingo serta mendekatkan kepada warga masyarakat supaya tercipta hubungan yang baik dan kamtibmas tetap kondusif. 

Dalam Baksos ini Polsek Dlingo memberikan paket sembako kepada Lansia di Dusun Mangunan, Kalurahan. Mangunan, Kapanewon Dlingo. 

Dengan kegiatan ini Polsek Dlingo berharap bantuan yang diserahkan dapat meringankan beban kehidupan. (Humas Polsek Dlingo)


Polsek Banguntapan Laksanakan Pengamanan Kegiatan Vaksinasi Di JEC

Jumat (28/5/2021) mulai pukul 07.30 WIB personel Polsek Banguntapan yang dipimpin Kanit Sabhara Iptu Hendry Triyono melaksanakan pengamanan vaksinasi tahap kedua yang diselenggarakan Traveloka di Gedung JEC Banguntapan Bantul.

Pengamanan ini dilakukan bersama Polsek Banguntapan, Koramil Banguntapan dan Satpol PP Kabupaten Bantul. adapun pengamanan ini untuk menciptakan keamanan, ketertiban serta menghindari terjadinya kerumunan selama pelaksanaan vaksinasi.

Vaksinasi pada tahap kedua ini diperuntukkan bagi para lansia, guru, pelaku pariwisata dan UMKM di wilayah DIY.

Petugas saat melakukan pengamanan sekaligus memberikan imbauan kepada penerima vaksin wajib menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Banguntapan)

Petugas Pos Pam Srandakan Ops Ketupat Progo 2021 Laksanakan Giat Penyekatan Arus Balik

Petugas Pos Pam Srandakan Ops Ketupat Progo 2021 dipimpin Kapospam AKP Isdiyanto melaksanakan giat penyekatan terhadap kendaraan arus balik dari luar daerah yang akan keluar dari Yogyakarta di Bundaran Srandakan Bantul, Jumat (28/5/2021) jam 08.30 WIB.

Personel yang dilibatkan dalam giat tersebut meliputi 7 personel Sat Lantas Polres Bantul, 4 personel gabungan staf Polres dan 8 personel Pos Pam Srandakan Bantul 

Tujuan dilakukan kegiatan penyekatan tersebut adalah mencegah kendaraan dari luar kota  yang akan melaksanakan arus balik keluar dari wilayah Yogya dengan cara mengecek kondisi pengendara dari luar kota dipastikan bebas Covid-19, serta menghimbau kepada para pengguna jalan agar tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Dalam giat penyekatan pada hari ini dengan hasil memeriksa kendaraan R 4 sebanyak 20 Unit, Truck/mobil barang 2 Unit serta Mobil Box 3 Unit dan pemeriksaan antigen oleh Urkes Polres Bantul sebanyak 11 orang dengan hasil negatif semua. (Humas Polsek Srandakan)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Hadiri Undangan Giat Pertemuan Desa Siaga

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo menghadiri undangan giat pertemuan Desa Siaga di Pendopo Kalurahan Poncosari Srandakan Bantul, Jumat (28/5/2021) jam 09.30 WIB.

Acara tersebut dihadiri oleh Lurah Poncosari Supriyanto, SE, S. Pt,  Bidan Desa Warismi, S.Kep, Petugas Gizi Puskesmas Srandakan Endang Pusparini, Bhabinkamtibmas Kal. Poncosari Aipda Ali Murtopo, Babinsa Kal. Poncosari Serda Purnama, Petugas PLKB Srandakan Sunarto serta Kader Kesehatan se Kalurahan Poncosari.

Rangkaian giat Pertemuan Desa Siaga meliputi Pembukaan, Sambutan Lurah, Penyampaian materi oleh Bidan Desa Warismi, S.Kep dengan materi Kesehatan Ibu hamil dimasa pandemi dan menerangkan prosedur persalinan dengan layanan Jampersal.

Selama giat berlangsung dengan lancar. (Humas Polsek Srandakan)