Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Laksanakan Pengamanan Pemakaman Jenazah Covid-19

Posted by tribratanewsbantul on 14:33

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aiptu Heru Mulyana melaksanakan pengamanan kegiatan pemakaman jenazah secara protokol kesehatan Covid-19 di wilayah binaannya Dusun Kaliputih, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Minggu (1/8/2021).

Pengamanan tersebut dilakukan agar proses pemakaman berjalan dengan baik dan lancar, serta untuk mencegah terjadinya kerumunan.

Aiptu Heru mengungkapkan, di wilayah binaannya hampir setiap hari ada kegiatan pemakaman yang dilakukan secara protokol Covid-19.

“Hal ini menunjukan bahwa penyebaran Covid-19 masih terus terjadi, sehingga perlu perhatian dari semua warga masyarakat yang rentan terpapar Covid-19 terutama yang memiliki riwayat penyakit penyerta,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, proses pemakaman jenazah pasien Covid-19 wajib dilakukan dengan prosedur khusus. Sehingga diperlukan orang khusus dengan dilengkapi alat pelindung diri (APD) dan sudah dilatih tata cara pemakaman secara protokol Covid-19.

"Pada siang ini saya bersama FPRB Pendowoharjo yang tergabung dalam Tim Kubur Cepat (TKC) Satgas Covid-19 Kalurahan Pendowoharjo serta Pamong melaksanakan pemakaman salah satu warga yang meninggal dunia karena terkonfirmasi Covid-19," imbuh Aiptu Heru.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Aiptu Heru menghimbau kepada warga binaannya bahwa bahaya pandemi Covid-19 benar-benar ada dan merupakan ancaman nyata yang harus kita waspadai bersama.

“Karena itu jangan anggap remeh, namun jangan panik. Kuncinya disiplin patuhi protokol kesehatan 5M serta biasakan menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari,” pesannya.

Sementara itu, Kapolsek Sewon Kompol Suyanto SH mengatakan, warga yang bermukim di sekitar komplek pemakaman tidak perlu khawatir dengan adanya pemakaman jenazah pasien Covid-19. Sebab pemusalaran jenazah Covid-19 telah melalui prosedur ketat, sehingga tidak ada alasan untuk menolak pemakaman jenazah Covid-19.

Dijelaskan, petugas yang menangani jenazah tentunya telah melaksanakan standar operasional prosedur (SOP) memenuhi protokol kesehatan dengan memakai APD lengkap. Jenazah ditangani sesuai agamanya.

“Jika muslim, maka jenazah akan dibersihkan dan dikafani lalu dishalatkan,” jelasnya.

Untuk itu, diharapkan kepada seluruh warga yang berdomisili di sekitar area pemakaman tidak perlu gundah atau risau, karena setiap apa yang telah dilakukan oleh petugas kesehatan tentunya sudah dalam keadaan aman. (Humas Polsek Sewon)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:33

0 komentar:

CB