Waspadai Aksi Pencurian Jelang Lebaran

Posted by Humas Polres Bantul on 14:30

Mewaspadai maraknya aksi pencurian menjelang Lebaran, warga Kabupaten Bantul diminta mengaktifkan lagi Sistem keamanan lingkungan (Siskamling).

Kasatgas V Humas Operasi Ketupat Progo 2023 Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana menyebut, Siskamling perlu dilakukan agar lingkungan kondusif menjelang dan selama Lebaran.

“Siskamling yang ada di lingkungan tempat tinggal, tempat pekerjaan maupun tempat pendidikan untuk mewujudkan lingkungan yang kondusif dan mencegah timbulnya gangguan keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, khususnya kejadian 3C yaitu Pencurian dengan Pemberatan (Curat), Pencurian dengan Kekerasan (Curas) dan Pencurian kendaraan Bermotor (Curanmor),” kata Jefrry, Selasa (18/4/2023).

Dari data yang ada, lanjut Jeffry, pencurian Minggu I April dibanding Minggu II April 2023 mengalami kenaikan 1 kasus.

“Apabila pada Minggu I April terjadi 8 kasus pencurian, maka pada Minggu II April terjadi 9 kasus,” terangnya.

Sementara untuk kasus pencurian paling banyak terjadi di pemukimam penduduk sebanyak 3 kasus, disusul tempat kos-kosan sebanyak 2 kasus.

Jeffry, mengatakan, kejahatan menjelang lebaran biasanya mengalami peningkatan. Itu dikarenakan kebutuhan ekonomi masyarakat yang semakin meningkat. Untuk itu masyarakat diimbau untuk waspada.

Bagi rumah yang ditinggal mudik, pastikan dalam keadaan aman.

“Dan pastikan rumah sudah terkunci. (Selain itu) tidak meninggalkan hewan peliharaan, memeriksa dan memastikan kran air dalam kondisi tertutup, regulator gas sudah dilepas dari tabungnya, steker listrik sudah dicabut saat rumah ditinggalkan,” tandasnya.


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:30

0 komentar:

CB