Kasat Polair Polres Bantul Ikut Tanam Mangrove Serentak Bersama TNI di Laguna Pengklik

Posted by tribratanewsbantul on 18:48

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK yang diwakili Kasat Polair AKP Rohkimin mengikuti kegiatan penanaman mangrove yang dilaksanakan oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta bersinergi bersama masyarakat dan nelayan pesisir Pantai Samas di Laguna Pengklik Pantai Samas, Sanden, Bantul, Senin (15/5/2023).

Kegiatan penanaman mangrove ini dilaksanakan secara serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia melalui Vicon (Video Conference) yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo.

Melaui Video Confrence, Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan bahwa penanaman mangrove kali ini secara serentak diikuti jajaran TNI di seluruh Indonesia yang bertujuan mendukung program pemerintah, serta memberikan wawasan dan kesadaran kepada masyarakat akan arti pentingnya mangrove bagi kehidupan manusia, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga ekosistem laut yang diarahkan untuk menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) Juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara.

Sementara itu, Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Devi Erlita S.Ag MM M.Tr.Hanla yang memimpin kegiatan penanaman magrove di Laguna Pengklik bersama Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan bahwa tanaman mangrove ini sangat besar manfaatnya, seperti penghasil oksigen, mampu menahan arus air laut yang mengikis daratan pantai.

“Dengan kata lain, tumbuhan mangrove ini mampu untuk menahan air laut agar tidak mengikis tanah di garis pantai, dan dapat melestarikan alam,” jelas Danlanal.

Hal senada, Kasat Polair Polres Bantul AKP Rohkimin mengatakan, penanaman 4000 bibit mangrove di Laguna Pengklik Pantai Samas ini merupakan bagian kegiatan penanaman mangrove nasional yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini juga merupakan bentuk tanggung jawab untuk melestarikan alam, menjaga ekosistem, dan langkah mitigasi bencana,” tandasnya. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 18:48

0 komentar:

CB