Upacara Bendera Peringatan Harkitnas Ke 109 Tingkat Kecamatan Pajangan

Posted by tribratanewsbantul on 20:05

Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana mewakili Kapolsek Pajangan AKP Suyanto menghadiri upacara hari Kebangkitan Nasional ke - 109 Tahun 2017 dengan tema "Pemerataan  Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan sebagai Wujud  Kebangkitan Nasional" di halaman Kec. Pajangan Bantul, Senin (22/5/2017) jam 08.00 Wib.

Sebagai Irup dalam upacara bendera ini Kapten. Inf Suyadi, Komendan Upacara Serka Sugiyono dan Perwira Upacara Pelda Kasimin.

Upacara diikuti oleh Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si, Sekcam Kec. Pajangan Bambang Yuliono, S.E., Kepala KUA Pajangan Drs. Dalyono Warsito, Kepala UPT PPD Agus Suharyanto S.Pd, Lurah Guwosari H. Muh. Suharto, Lurah Triwidadi Slamet Riyanto, Pamong, Guru, perwakilan Siswa SMA, SMK, SMP dan SD.

Dalam sambutannya Kapten Inf. Suyadi membacakan sambutan Menteri Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara. Semangat kebangkitan nasional tidak pernah memundar, namun justru semakin menunjukan urgensinya bagi kehifupan kebangsaan kita hari hari  ini, ditandai dengan berdirinya. Budi utomo namun sampai sekarang. Tetap ampuh menyatukan dan menyemangati gerak kita bagi Indonesia.

Presiden Joko Widodo pada awal tahun ini telah mencanangkan penekanan khusus pada aspek pemerataan dalam semua bidang pembangunan. Program  Nawacita  yang  disusun pemerintahan Presiden Joko  Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, aspek pemerataan mendapat porsi perhatian yang sangat tinggi. Pemerataan pembangunan antar wilayah hendak diwujudkan  dengan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Bapak Presiden meminta aparat penyelenggara negara bekerja  keras menurunkan indeks kesenjangan distribusi pendapatan dan kekayaan penduduk, masih sekitar 40 persen di awal tahun 2017.

Kita  mewujudkan  pemerataan  yang  berkeadilan sosial adalah juga  menjadi penghormatan terhadap cita-cita  para  peletak dasar bangunan kebangsaan yang menginginkan tidak ada jurang yang membatasi penyebaran kesejahteraan bagi seluruh penduduk Indonesia. Bagi kita,  kebangkitan nasional hanya akan berarti jika tidak ada satu anak bangsa pun yang tercecer  dari gerbong kebangkitan tersebut.

Tema  "Pemerataan  Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan sebagai Wujud  Kebangkitan Nasional" yang  menjadi  tema peringatan  Hari Kebangkitan  Nasional tahun  2017  ini  adalah  pesan yang  tepat   dan seyogyanya tidak hanya tertanam di dalam hati, namun juga segera diwujudkan melalui strategi,  kebijakan,  dan  implementasi dalam pelayanan kita  kepada  masyarakat  dan bangsa.

Pemerintah  terus berupaya meningkatkan aspek pemerataan pembangunan  di segala sektor.  Di sektor kelistrikan, misalnya, pembangunan  ketenaga listrikan  telah dilakukan di 2.500  desa  yang  belum  mendapat aliran  listrik.  Pada saat  yang  sama,  kebijakan pemerataan  dilakukan melalui subsidi  listrik  yang  difokuskan   kepada  masyarakat menengah ke bawah, sehingga bisa dilakukan  relokasi  subsidi listrik tahun 2016 sebesar Rp 12 triliun, dialihkan untuk menunjang sektor kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur.

Pemerintah juga  memandang bahwa pembangunan infrastruktur  diperlukan untuk meningkatkan  pemerataan  ekonomi  dan  meningkatkan keadilan bagi  seluruh rakyat Indonesia, termasuk juga  salah satunya  infrastruktur jalan  raya.  Baru-baru ini Bapak Presiden  berkenan  menjajal  langsung jalan  Trans-Papua yang  sudah  hampir selesai dibangun. Dari 4.300 kilometer jalan  raya Trans-Papua, 3.800 kilometer  di  antaranya telah dibuka.

Dalam bidang agraria, juga telah diluncurkan Kebijakan Pemerataan Ekonomi (KPE) yang bertumpu pada 3 pilar yaitu  lahan, kesempatan dan SDM. Kebijakan ini menitikberatkan pada reforma  agraria, termasuk legalisasi lahan transmigrasi, pendidikan dan pelatihan vokasi, perumahan untuk  masyarakat miskin perkotaan   serta  ritel  modern  dan pasar tradisional.

Kebijakan ini bertitik  berat pada proses alokasi dan konsolidasi kepemilikan, penguasaan/akses, dan penggunaan lahan, yang dilaksanakan melalui jalur Tanah Objek Reforma  Agraria  (TORA) dan Perhutanan Sosial. Melalui program  Reforma  Agraria ini, pemerintah  mengalokasikan kepemilikan lahan TORA  dan  pemberian  legalitas  akses Perhutanan Sosial kepada masyarakat bawah

Pemerintah juga melakukan upaya pemerataan di sektor Kominfo melalui program Palapa Ring, berupa proyek pembangunan jaringan tulang punggung serat optik  nasional untuk menghubungkan seluruh wilayah Indonesia sehingga keberadaan internet  berkecepatan tinggi (broadband)  dapat dinikmati secara luas.

Berkah  digitalisasi yang  paling nyata  hampir terjadi   di  setiap  sektor  terkait   dengan dipangkasnya waktu  perizinan. Proses perizinan yang  berlangsung ratusan  hari sampai tak terhingga dipangkas secara drastis hingga enam kali lebih cepat dari waktu  semula. Perizinan di sektor listrik,  misalnya, dari 923 hari menjadi 256 hari, perizinan pertanian dari  751 menjadi 172 hari, perizinan perindustrian dari 672  hari  menjadi  152  hari, perizinan kawasan pariwisata dari 661 hari menjadi  188 hari. Demikian juga  perizinan pertanahan, dari 123 hari menjadi 90 hari, perizinan kehutanan dari 111  hari menjadi 47 hari, perizinan perhubungan dari 30 hari menjadi  5 hari, perizinan bidang telekomunikasi dari 60 hari dipangkas jadi  14  hari. Pemangkasan  waktu  perizinan ini  dapat terlaksana berkat teknologi digital.

Kita  harus tetap berpihak untuk  mendahulukan kepentingan  bangsa di tengah  gempuran lawan-lawan yang   bisa  jadi   makin  tak   kasat   mata.  Justru   karena  itulah  maka  kita   tak   boleh meninggalkan  orientasi   untuk   terus   mewujudkan   pemerataan   pembangunan yang berkeadilan sosial.

Hanya dengan semangat untuk  tidak  meninggalkan satu  orang  pun tercecer  dalam gerbong pembangunan maka Negara Kesatuan Republik Indonesia ini akan tetap jaya. Selamat Hari Kebanqkitan Nasional ke-109, pungkasnya.

Peringatan upacara hari kebangkitan nasional ke 109 di Kec. pajangan berakhir pukul 08.30 Wib berjalan lancar dan kondusip. Polsek Pajangan melaksanakan pengamanan kegiatan hingga selesai. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 20:05

0 komentar:

CB