Personel Polsek Sewon Hadiri Giat Monev Literasi Dan Pengenalan Sumbu Filosofi

Posted by Humas Polres Bantul on 09:31

Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Bripka Mulyadi bersama Panit Binmas Ipda Jedik Praptowo menghadiri giat Monev literasi dan pengenalan sumbu filosofi yang bertempat di SD Negeri Jarakan 3 dan SD Negeri Sawit Panggungharjo Sewon, Bantul, Jumat (01/12/2023), siang

Dalam giat tersebut ada beberapa pengenalan tentang sumbu filosofi cagar budaya kepada murid sekolah dasar bahwa di wilayah Panggungharjo yang telah secara resmi diakui dunia berupa bangunan yang sering disebut kandang menjangan, rumah gedong atau panggung Krapyak

Bripka Mulyadi juga menjelaskan Panggung Krapyak adalah sebuah bangunan bersejarah berbentuk ruangan menyerupai kubus. Pada masa Kesultanan Mataram, Panggung Krapyak digunakan oleh Raja-raja Mataram sebagai tempat pengintaian untuk berburu binatang, khususnya rusa atau menjangan.

Bhabinkamtibmas Panggungharjo juga menyampaikan sumbu filosofi itu sendiri merupakan bagian yang tak terpisahkan dari konsep kosmologi Jawa yang melihat kehidupan sebagai wujud dari hubungan sinergi harmonis antara dua sumber kekuatan yang diwakili oleh Gunung Merapi dan Laut Selatan. Kedua kutub tersebut seakan terhubungkan oleh satu sumbu imajiner.

Hadiri dalam kegiatan tersebut Panewu Anom Kapanewon Sewon, Kamituo Kalurahan Panggungharjo, ketua Komite, Kepala sekolah, Panit Binmas, Babinsa Koramil 04/Sewon, dan Bhabinkamtibmas Panggungharjo. ( Humas Polsek Sewon Polres Bantul)
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:31

0 komentar:

CB