Satpam Adalah Mitra Terdekat Polri Dalam Memelihara Keamanan Dan Ketertiban

Posted by tribratanewsbantul on 09:32

Hari ini, pada 37 tahun yang lalu, Satuan Pengamanan dibentuk oleh Kapolri pada masa itu, Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, yang menyadari bahwa kebutuhan akan rasa aman tidak bisa diemban oleh Polri semata.

Satuan Pengamanan yang terdiri dari petugas-petugas yang terlatih dan terampil berperan sangat penting dalam menjaga sentra-sentra perekonomian, sekolah, rumah sakit, tempat-tempat pelayanan masyarakat, sampai instansi-instansi pemerintah, sebagai mitra kerja terdekat bagi Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi SIK MM saat membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian dalam  upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-37 Satuan Pengamanan di halaman Mapolres Bantul, Sabtu (30/12/2017).

Lebih lanjut Kapolri mengatakan, peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan ini diharapkan menjadi momentum untuk mengevaluasi kinerja, sekaligus refleksi pemuliaan profesi Satuan Pengamanan, sebagai sebuah pekerjaan yang dibutuhkan kehadirannya, patut untuk dihargai, serta harus terus ditingkatkan kemampuannya.

Hal tersebut sesuai tema dalam peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan tahun 2017 yaitu ”Melalui Peningkatan Kompetensi Kita Wujudkan Profesionalisme Satpam dalam rangka Menciptakan Keamanan dan Ketertiban di Lingkungan Kerja”.

Ditambahkannya, dengan fungsi kepolisian secara terbatas yang dimilikinya, anggota   Satuan   Pengamanan   harus   mampu   mendeteksi potensi gangguan keamanan, melakukan upaya pencegahan, menyampaikan informasi secara cepat dan akurat kepada petugas  Kepolisian,  serta  melakukan  tindakan  pertama  di tempat kejadian perkara.

“Kehadiran Satuan Pengamanan diharapkan dapat benar- benar memberikan kontribusi optimal dalam upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya masing- masing,” ujarnya.

Terlebih  tantangan  gangguan  kamtibmas ke  depan akan semakin kompleks, seperti berbagai permasalahan terkait perburuhan, berbagai bentuk kejahatan di bidang perindustrian, serta berbagai bentuk kejahatan yang tidak hanya memerlukan keamanan fisik, namun juga memerlukan keamanan logical, seperti kejahatan yang menyalahgunakan kemajuan ilmu pengetahuan di bidang teknologi informasi.

Kapolri juga menyampaikan, terwujudnya keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja merupakan modal berharga untuk mewujudkan iklim investasi yang kondusif, guna mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional. Dengan demikian, keberadaan anggota Satuan Pengamanan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya mempunyai peran penting dalam mendukung terselenggaranya pembangunan nasional.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, peningkatan kompetensi anggota Satuan Pengamanan harus menjadi perhatian dan prioritas oleh seluruh pemangku kepentingan. Pendidikan, pelatihan, dan sertifikasi anggota Satuan Pengamanan harus terus dilaksanakan secara terpadu dan berkelanjutan. Dengan demikian, kompetensi dan profesionalisme anggota Satuan Pengamanan dapat terus ditingkatkan,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Kapolri memberikan apresiasi kepada pimpinan organisasi, perusahaan, serta instansi dan lembaga pemerintah, yang telah berupaya meningkatkan kompetensi anggota Satuan Pengamanan.  Melalui upaya yang sinergis dan berkelanjutan dari seluruh pemangku kepentingan, maka peningkatan kompetensi dan pemuliaan profesi Satuan Pengamanan akan semakin memberi manfaat positif bagi masyarakat.

Kapolri juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota  Satuan Pengamanan,  Badan  Usaha  Jasa Pengamanan,  Asosiasi  Profesi/Badan Usaha Jasa Pengamanan, serta seluruh stakeholders, atas dedikasi dan kerja sama dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Diakhir amantanya, untuk meningkatkan peran Satuan Pengamanan dalam memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya masing-masing, Kapolri menekankan berapa hal kepada seluruh anggota  Satuan  Pengamanan, antara lain :

•    Pertama, niatkan setiap pelaksanaan tugas memelihara keamanan dan ketertiban lingkungan kerja sebagai bagian dari ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa;

•    Kedua,  profesi  sebagai  anggota  Satuan  Pengamanan merupakan profesi yang luhur, oleh karena itu tanamkan dan pelihara kebanggaan dan kehormatan di hati sanubari seluruh anggota Satuan Keamanan;

•    Ketiga,  tugas  yang  diemban  sebagai  anggota Satuan Pengamanan adalah  tugas yang penuh  dengan kemuliaan, oleh karena itu, laksanakan setiap tugas dengan cermat dan penuh tanggung jawab;

•    Keempat,  jangan  pernah  berhenti  untuk  meningkatkan keterampilan termasuk membekali diri dengan berbagai kemampuan membela diri;

•    Kelima,  tingkatkan  komunikasi  dan  koordinasi  secara sinergis dengan personel dan satuan Polri di lingkungan tempat kerja.

“Selamat Ulang Tahun Satuan Pengamanan yang ke-37, Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk kepada kita sekalian, dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” pungkasnya.

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-37 Satpam dihadiri sejumlah Forkompinda Kabupaten Bantul, para Pejabat Utama Polres Bantul, Kapolsek Jajaran serta diikuti oleh seluruh anggota Satpam se Kabupaten Bantul, Sat Pol PP, Senkom, Paksikaton dan Saka Bhayangkara.

Selesai upacara, Kapolres Bantul berkesempatan menyerahkan tropi kepada para pemenang Lomba Satpam Tingkat Polres Bantul. Kegatan ditutup dengan peragaan keterampilan oleh Satpam dari PT Madu Baru. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:32

0 komentar:

CB