Hari Mangrove Sedunia, Kasat Polair Polres Bantul Ikut Penamanan 2.000 Batang Mangrove di Laguna Pengklik Samas

Posted by tribratanewsbantul on 13:10

Dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia, Pangkalan TNI Angkatan Laut Yogyakarta bersinergi bersama masyarakat dan nelayan melaksanakan penanaman pohon mangrove sebanyak 2.000 batang di Laguna Pengklik kawasan Pantai Samas, Bantul, Selasa (26/7/2022).

Kapolres Bantul yang diwakili Kasat Polair Polres Bantul AKP Rohkimin hadir dalam kegiatan tersebut. Hadir di antaranya Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Damayanti SH MM CHRMP, Kasubditfasharkan Dipolairud Polda DIY AKBP Yulianto S.Sos, Sekda Bantul Drs. Helmi Jamharis MM, unsur Forkopimda Bantul, Bhabinkamtibmas Kalurahan Srigading, Babinsa, relawan, masyarakat pesisir pantai, Sakabahari Binaan Lanal Yogyakarta dan personel Lanal Yogyakarta.

Kegiatan penanaman mangrove ini dilaksanakan secara serentak di 77 titik lokasi Jajaran TNI AL di seluruh Indonesia melalui Vicon (Video Confrence) yang dipimpin oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Prof. dr. Ir Siti Nurbaya Bakar M.Sc, didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono langsung dari Tanjung Pasir, Teluk Naga, Tangerang Banten.

Melaui Vicon Kasal Laksamana Yudo Margono dalam sambutannya menyampaikan bahwa penanaman mangrove ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah serta memberikan wawasan dan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya mangrove bagi kehidupan manusia, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga ekosistem laut yang diarahkan untuk menyiapkan ruang, alat dan kondisi (RAK) juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara.

Adapun tema kali ini ‘Melalui Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak TA 2022, TNI Angkatan Laut Bersama Rakyat Siap Mendukung Program Penanggulangan Bencana, Perubahan Iklim Secara Global’ dengan motto ‘The Mangroves Save Our Earth’.

Sementara pada kegiatan tersebut Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Damayanti SH MM CHRMP menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi untuk menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara, mengoptimalkan pembinaan potensi maritim dalam rangka menyiapkan kemampuan wilayah pertahanan laut dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta) melalui sinergitas peran instansi fungsional dan stakeholder terkait.

Menurutnya hutan mangrove sangat berperan penting guna menjaga garis pantai agar tetap stabil, keberadaannya dapat merangsang pertumbuhan populasi pohon dan semak-semak lainnya yang dapat memelihara konservasi sekitar pantai.


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:10

0 komentar:

CB