Kapolsek Bantul Hadiri Upacara Peringatan Ke-115 Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2023

Posted by tribratanewsbantul on 11:59

Kapolres Bantul yang diwakili Kapolsek Bantul Kompol Wahyu Sudadi SH MAP menghadiri Upacara Hari Kebangkitan Nasional yang digelar di lapangan Paseban Bantul, Sabtu (20/5/2023) pagi.

Upacara peringatan ke-115 Hari Hari Kebangkitan Nasional ini mengangkat tema Semangat Untuk Bangkit.

Pada upacara tersebut bertindak selaku Inspektur Upacara yaitu Dandim 0729/Bantul, Letkol Inf Arif Hermad SIP, yang dalam amanatnya membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI.

Disampaikan bahwa pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno menetapkan hari lahirnya Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan. Didirikan oleh Dr. Soetomo, Boedi Oetomo lahir untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Organisasi ini menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan.

Arif Hermad juga menuturkan, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Di tengah krisis pandemi COVID-19 dan konflik Ukraina - Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil.

Penanganan COVID-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Secara perlahan, hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional. Perekonomian Indonesia pada triwulan I-2022 terhadap triwulan I-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen (year on year). Hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif.

"Mari terus kita bekerja keras dan bersinergi menjaga, mempertahankan dan meningkatkan perekonomian nasional indonesia," ajak Arif Hermad.

Arif Hermad melanjutkan, momentum ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022 yang mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

"Di tengah momentum penanganan nasional COVID-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat!," tandasnya.


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:59

0 komentar:

CB