Polres Bantul Gelar Apel Pengamanan Takbiran dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H

Posted by tribratanewsbantul on 19:53

Kepolisian Resor Bantul menggelar Apel Pengamanan Takbiran dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H bertempat di halaman Mapolres Bantul, Sabtu (23/5/2020) malam.

Apel pengamanan yang dipimpin oleh Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH ini, diikuti seluruh pejabat dan anggota Polres Bantul.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Bantul membacakan sambutan Kepala Kepolisian Daerah D.I. Yogyakarta Irjen Pol Drs. Asep Suhendar, M.Si.

Dalam sambutannya, Kapolda DIY mengatakan, apel pengamanan ini diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polda DIY, guna mengecek kesiapan kekuatan personel sebelum melaksanakan tugas di lapangan.

Hari Raya Idul Fitri selain merupakan momentum perayaan keagamaan bagi umat muslim, juga sudah menjadi bagian tradisi atau budaya masyarakat Indonesia, sehingga datangnya Hari Raya Idul Fitri setiap tahunnya, selalu disertai dengan peningkatan aktivitas masyarakat yang apabila tidak dikelola dengan baik akan menjadi potensi gangguan kamtibmas.

Namun seperti diketahui bersama, bahwa pelaksanaan perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya sebagai dampak dari pandemi covid-19. Dimana pada pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini, pemerintah secara tegas melarang kegiatan mudik dan kegiatan keagamaan yang sifatnya masif berdasarkan Permenkes No 9 Tahun 2020.

Meskipun sudah ada larangan dari pemerintah, namun tidak menutup kemungkinan, masih ada sebagian masyarakat yang tidak mengindahkan kebijakan pemerintah tersebut, sehingga berpotensi menimbulkan kerawanan kamtibmas maupun penyebaran covid-19.

Oleh karena itu, dalam rangka mengantisipasi hal tersebut, ada beberapa hal yang harus dipedomani dan dilaksanakan yaitu :

1.  Tingkatkan kepekaan terhadap situasi lingkungan dan segera identifikasi segala bentuk kerawanan yang berpotensi terhadap terjadinya gangguan kamtibmas pada saat pelaksanaan perayaan Hari Raya Idul Fitri;

2.  Tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri dalam merespon secara cepat terhadap peristiwa dan kejadian yang mengganggu aktivitas masyarakat;

3.  Lakukan pendekatan kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama, untuk mengkampanyekan kebijakan pemerintah terkait pelaksanaan sholat ied di rumah;

4. Apabila tetap ada sebagian masyarakat yang akan melaksanakan sholat ied  di masjid atau lapangan, agar diberikan imbauan secara persuasif dan lakukan pengamanan dengan memperhatikan protokol kesehatan;

5.  Laksanakan tugas pelayanan dan pengamanan pada   masyarakat   dengan   tulus   dan ikhlas serta penuh rasa tanggungjawab.

Sebelum mengakhiri arahannya, Kapolda DIY mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan apel pengamanan Takbiran dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H. “Ijinkan dalam kesempatan yang penuh kebahagiaan ini saya beserta keluarga mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H, mohon maaf lahir dan batin,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Bantul menambahkan agar anggota yang terlibat operasi segera menempati lokasi yang sudah ditentukan serta tetap mematuhi protokol Kesehatan.

Menurutnya, ada beberapa hal yang harus diantisipasi. Kendati pemerintah sudah melarang pelaksanaan takbiran akan tetapi tidak menutup kemungkinan tetap akan ada orang yang melaksanakan takbiran.

“Jika ada, maka kita beri himbauan secara persuasif,” ujarnya.

Kapolres Bantul juga memerintahkan anggota untuk mengantisipasi adanya konvoi dan petasan yang dapat menimbulkan permasalahan antar warga.

“Semoga pelaksanaan malam Takbiran dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H di wilayah Bantul dapat berjalan dengan aman dan tertib,” tandasnya. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 19:53

0 komentar:

CB