Upacara Bendera Peringati Hardiknas Tingkat Kecamatan Kretek

Posted by tribratanewsbantul on 10:05

Bertempat di halaman kantor Kecamatan Kretek berlangsung upacara bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018 Tingkat Kecamatan. Rabu (2/5/2018) pagi.

Bertindak sebagai inspektur upacara Danramil Kapten Inf. Wardani, sedangkan Komandan upacara Kepala sekokah SDN Sono Parangtritis Sumargiyono Spd.

Adapun Tema Hardiknas Tahun 2018 adalah "Menguatkan Pendidikan,Memajukan Kebudayaan".

Upacara diikuti oleh Kepala Puskesmas dr Yuni Astuti,Kepala UPTPPD In Subaryadi Spd,Kepala Puskesmas Munafid Amna S.Ag Lurah dan Pamong Desa se Kecamatan Kretek,Pegawai dan Karyawan Dinas Instansi,satu pleton gabungan POLRI/TNI,satu pleton pamong desa dan satu kompi gabungan pelajar.

Danramil Kretek Kapten Inf. Wardani selaku inspektur upacara membacakan Pidato Mendikbud RI yang diantaranya dengan momen tersebut untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

Pendidikan dan kebudayaan merupakan titik temu yang tidak dapat dipisahkan, sebab Kebudayaan merupakan akar dari pendidikan. Seperti yang tersirat dalam Undang-undang sestim pendidikan Nasional tahun 2003 Bab I pasal 1 ayat 2.

Diperkuat pula dengan UU No 5 Tahun 2017 tentang pemajuan Kebudayaan dan mempertegas posisi Kebudayaan nasional sebagai ruh,pemberi hidup dan penyangga bangunan pendidikan nasional kita.

Kebudayaan yang maju adalah prasyarat yang harus dipenuhi jika ingin pendidikan tumbuh subur,kukuh dan menjulang.

Presiden Joko Widodo beserta wakil Presiden pada tahun ini telah mencanangkan "Prioritas Pembangunan pada penguatan SDM", untuk itu peran dan tanggung jawab pendidikan dan kebudayaan akan semakin besar. Pentingnya penguatan pendidikan karakter dan Literasi, selain ikhtiar mencerdaskan bangsa.

Hal ini sejalan dengan revolusi karakter bangsa sebagai bagian dari pengejawantahan program Nawacita Presiden dan Wakil Presiden.

Pendidikan harus dilakukan secara seimbang oleh tiga jalur, baik jalur formal, non formal maupun informal. Ketiganya diposisikan setara dan saling melengkapi. Oleh karena itu pemerintah memberikan perhatian besar dalam meningkatkan ketiga jalur pendidikan tersebut.

Selama berlangsungnya upacara dalam keadaan lancar dan kondusif dengan pengamanan oleh personil Polsek Kretek. (Humas Polsek Kretek)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:05

0 komentar:

CB