Kapolsek Pundong Hadiri Merti Bumi Nyadran di Kampung Surocolo

Posted by tribratanewsbantul on 08:41

Kapolsek Pundong AKP Haryanto. S.H. menghadiri Merti Bumi Nyadran di Kampung Surocolo Seloharjo Pundong, Rabu (21/10/2020).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Seloharjo bekerjasama dengan pokdarwis Kampung Wisata Surocolo.

Hadir dalam kegiatan ini Dinas Kebudayaan Kab. Bantul, Forkopincam Kec. Pundong beserta Jajarannya, Lurah dan Pamong Desa Seloharjo, Pendamping Desa Budaya Seloharjo, Dukuh Ngreco dan Dukuh Poyahan, Toga Tomas Dsn Ngreco dan Dsn Poyahan, Babinsa Desa Seloharjo, Bhabinkamtibmas Desa Seloharjo Aipda Sutriyono dan tamu undangan.

Upacara adat tahunan ini sebagai wujud syukur dan permintaan warga kepada Tuhan, agar segera diturunkan hujan. Merti Bumi, merupakan upacara adat di Kampung Surocolo yang digelar turun-temurun setiap tahun sejak zaman dahulu. Biasanya dilaksanakan pada masa peralihan antara musim kemarau dengan musim penghujan antara bulan Oktober ataupun November. Sedangkan untuk harinya diambil hari Rabu Kliwon.

Prosesi puncak ditandai dengan mengarak gunungan sayur mayur dan olahan daging kambing Jawa dari jalan kampung menuju sumber mata air Surocolo.

Berbeda dengan tahun sebelumnya pelaksanaan Merti Bumi Nyadran tahun ini diadakan secara sederhana karena dalam kondisi pandemi covid 19, namun tidak mengurangi dari pada makna Merti Bumi.

Merti bumi berjalan aman dan lancar dengan pengamanan dari personil polsek Pundong. (Humas Polsek Pundong Feat. RAP)
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:41

0 komentar:

CB