Sosialisasi Tahapan Pemilu 2019 Kecamatan Kasihan

Posted by tribratanewsbantul on 10:40

Panit Intelkam Polsek Kasihan Ipda Muh Riyadi  menghadiri Sosialisasi Tahapan Pemilu 2019 yang diselenggarakan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kasihan di Kantor Pendopo Kecamatan Kasihan, Kamis (5/4/2018) pukul 14.00 Wib.

Sosialisasi tahapan pemilu ini diikuti jajaran Muspika, Lurah Desa, PPS dan Sekretaris PPS dalam rangka mendukung kelancaran seluruh tahapan dan suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2019  khususnya di wilayah Kecamatan Kasihan.

Kegiatan ini diikuti oleh Camat Kasihan Drs. Susanto, MPA., Sekcam Suparmadi, SIP. M.Si.,  Panit Intelkam Polsek Kasihan Ipda Muh Riyadi, Ps. Danramil Kapten Inf. Rajiko, Ketua PPK Kasihan Ibu Okti Ali Mukti dan anggota Sutrisno Agus Kayun, Zulfah Wahyuni, Konsioner KPU Bantul  Drs. Safrudin,  Agt. Panwascam Kecamatan Kasihan Bowo Widodo, Para Pamong Desa Kecamatan Kasihan dan Tamu undangan jumlah 26 orang.

Sebagai penyelenggara pemilu, harus segera dibentuk adalah pemutakhiran data pemilih (Pantarlih). Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengeluarkan mapping Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumlah pemilih maksimal per TPS adalah 300 pemilih sesuai amanah undang undang. Direncanakan pada pemilu yang akan datang jumlah TPS di Kec.Kasihan. Dalam sosialisasi nantinya agar Pemerintah Desa membantu untuk menjelaskan syarat-syarat menjadi Penyelenggara Pemungutan Suara (PPS). Persyaratan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), tinggal di wilayah TPS, Independent, umur 17 Tahun, baca tulis dan bersedia menjadi KPPS.

Sementara itu, Camat Kasihan Drs. Susanto, MPA  mengatakan koordinasi terkait Pileg dan Pilpres sangat penting dilaksanakan dengan harapan pelaksanaannya dapat berjalan dengan aman dan lancar. PPK, PPS, dan Pemerintah Desa yang telah terbentuk segera menjalankan program yang telah direncanakan sesuai dengan pentahapan yang ditelah ditentukan.

Lebih lanjut penyerapan penggunaan Dana PPK Kecamatan nantinya akan diaudit oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), diharapkan dilakukan sesuai petunjuk dan SOP yang berlaku. Perlu pembuatan pentahapan berupa Banner dan ditempatkan ditempat yang strategis dengan tulisan singkat padat berisi agar masyarakat lebih mengerti.

Peran Pemerintah Kecamatan Kasihan dalam Pemilu diantaranya adalah Penempatan personil di panwas, menyediakan sarana lokasi sekretariat untuk PPK dan PPS, membantu Pemerintah Kabupaten dalam kegiatan sosialisasi terkait Pemilu dan Membantu kelancaran distribusi logistik pemilu.

Dalam Sosialisasi ini dilaksanakan sesi tanya jawab dan koordinasi awal Muspika terkait kendala yang ada dalam pelaksanaan tugas PPK maupun PPS. Kegiatan ini berakhir pukul 15.15 wib, terlaksana dengan aman dan kondusif. (Humas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:40

0 komentar:

CB