Bimtek LKS Gelimasjiwo Binaan Program Kesehatan Jiwa Puskesmas Kasihan II

Posted by tribratanewsbantul on 07:05

Bhabinkamtibmas Desa Ngestiharjo Brigadir Budi Sunaryo, SH menghadiri bimbingan teknis Edukasi Uji Coba Model layanan Rehabilitas bagi Penyandang Disabilitas di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Gelimasjiwo. Kegiatan diselenggarakan oleh Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental/ BRSPDM “Margo Laras” Pati Jawa Tengah digelar di Hotel Ross In, Sewon Bantul, Kamis sampai dengan Jumat, 4-5 Juli 2019.

LKS ini adalah kelompok kepedulian terhadap Penyandang Disabilitas Mental (PDM) atau sering disebut Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang dibina oleh puskesmas Kasihan II Bantul.

Dalam sambutannya Kepala Dinsos Bantul yang diwakili  Sekretaris Dinsos PPA Kabupaten Bantul Sunarso, SH.,M.Si.  menyampaikan bahwa penanganan sosial masih butuh dukungan dari pemerintah melalui anggaran yang rasional . Dinsos terus berupaya memehamkan program-program penanganan sosial tesebut kepada seluruh jajaran antara lain Dinas Sosial, Forkompinca dan Pemerintah Desa.

Diharapkan pengurus gelimasjiwo dapat berpola piker “Berbuat Amal”agar pelayanan benar-benar keluar dari hati. Selanjutnya setiap lembaga harus siap diakreditasi agar dapat menerima program-program yang ada dari Kementrian Sosial.

Diklat dibuka oleh Kepala BRSPDM Dra. Jiwaningsih, M.Si. dalam pengantarnya disampaikan bahwa program tersebut merupakan mandat dari Kementrian Sosial melalui  pendampingan LKS di wilayah Jawa Tengah-DIY, Jawa Timur, NTB, NTT , Bali , Jakarta. Untuk Tahun 2019 BRSPDM Margo Laras membina empat LKS dimana satu-satunya di Yogyakarta adalah di LKS Gelimasjiwo.

Materi Bimtek antara lain :

Mengenal sistem pelayanan panti dan non panti dengan program : day care, Rehabilitasi berbasis Keluarga dan Masyarakat , Respon Kasus, dan pembebasan pasung.

Materi lain yaitu kepengurusan lembaga, Administrasi LKS, Bimbingan PDM /ODGJ serta dukungan psikososial PDM.

Nara Sumber adalah Psikolog dari Widyaiswara BBPPKS Yogyakarta dan Pekerja Sosial BRSPDM

Peserta bimtek antara lain jajaran lintas sektor yang terdiri dari unsur Puskesmas melali Program Kesehatan Jiwa Puskesmas Kasihan II, Bhabinkamtibmas Desa Ngestiharjo polsek Kasihan , jajaran Kepala desa Ngestiharjo antara lain Lurah Desa, kasi pelayanan, ketua PKK serta seluruh jajaran Pengurus Gelimasjiwo. (Humas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 07:05

0 komentar:

CB