Launching Desa Argomulyo Jadi Kampung Tangguh Nusantara, Ini Pesan Kapolres Bantul

Posted by tribratanewsbantul on 13:07

Kepedulian Polres Bantul untuk membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Bantul salah satunya adalah membentuk desa atau Kampung Tangguh Nusantara (KTN) untuk melawan dan memutus mata rantai penularan virus Covid-19 yang sudah menjadi pandemi global.

Di Kabupaten Bantul sendiri, sudah ada beberapa desa yang ditunjuk untuk menjadi Kampung Tangguh Nusantara sebelumnya. Terbaru adalah Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul yang dinilai layak dan mampu menjadi Kampung Tangguh Nusantara di wilayah Kabupaten Bantul.

“Acara launching Kampung Tangguh Nusantara pagi ini, adalah dalam rangka upaya bersama untuk mencegah penyebaran Covid-19,” kata Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi S., SIK MH dalam sambutannya saat melaunching Desa Argomulyo menjadi Kampung Tangguh Nusantara (KTN) bertempat di Pendopo Jogja Yout Farming Dusun Panggang Desa Argomulyo Sedayu Bantul, Rabu (14/10/2020).



Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kabupaten Bantul Drs.Helmi Jamharis MM, Camat Sedayu Sarjiman SIPME, Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana SH MH, Danramil Sedayu Kapten Sarmin, Kaur Umum Basarnas DIY Amin Yahya, Kasat Binmas Polres Bantul AKP Rapiqoh SH, Kepala Puskesmas I sedayu dr Sistiya, Lurah se Kecamatan Sedayu, CSR Pertamina Rewulu, Anggota Linmas, Anggota Basarnas, Karang Taruna dan perwakilan warga kurang lebih 50 orang.

Lebih lanjut Kapolres Bantul mengatakan, Kampung Tangguh Nusantara merupakan aksi nyata dalam menyikapi situasi pandemi Covid-19.

“Dan dengan Kampung Tangguh Nusantara ini, harapannya dapat menyelesaikan masalah penyebaran dan pengendalian Covid-19 dan masalah lain yang ada,” lanjutnya.

Kapolres juga mengingatkan masyrakat untuk selalu menjaga kesehatan dan perlunya mematuhi protokol kesehatan agar masyrakat bisa terhindar dan selamat dari ancaman penularan Covid-19.

“Mari kita sama-sama perangi Covid-19 dan bekerjasana dengan seluruh elemen masyarakat agar Kabupaten Bantul bisa terhindar dari virus yang membahayakan ini,” ajaknya.

Dijelaskan Kapolres, wabah Covid-19 ini sangat berdampak di bidang ekonomi, untuk itu ia mengajak masyarakat memanfaatkan apa yang ada di lingkungan untuk menjaga ketahanan pangan di lingkup masyarakat setempat.

Kampung Tangguh Nusantara menitikberatkan pada lima bidang sasaran yang dibidik oleh Kampung Tangguh Nusantara yaitu Pendidikan, Kesehatan, Sosial Ekonomi, Informasi, dan Kteatifitas.

“Pemerintah telah memberikan kelonggaran namun jangan kita lantas terlena, karena protokol kesehatan terkadang mulai terabaikan dengan adanya pelonggaran ini, maka mari kita tetap saling menjaga,” ajak Kapolres.

Diakhir sambutannya, Kapolres berharap dengan adanya launching KTN penyebaran Covid-19 dapat semakin dikendalikan. Ia mengajak agar masyarakat memberdayakan KTN agar berdaya guna dan berhasil guna.

“Semoga Kampung Tangguh Nusantara ini dapat bermanfaat dan berdaya guna bagi masyarakat Argomulyo dan Sedayu pada umumnya,” tutup Kapolres.

Selanjutnya, secara simbolis Kapolres Bantul memukul kentongan, untuk melaunching Desa Argomulyo menjadi Kampung Tangguh Nusantara. (Humas Polres Bantul)
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:07

0 komentar:

CB