Kapolsek Sewon Hadiri Upacara Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara

Posted by tribratanewsbantul on 18:59

Kapolsek Sewon Kompol Hanung Tri Widayanto SH M.Si menghadiri upacara peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara tingkat Kapanewon Sewon, di lapangan upacara SMP Negeri 2 Sewon, Bantul, Jumat (1/3/2024).

Pada upacara tersebut selaku Inspektur Upacara yaitu Wadanramil 04/Sewon Kapten Inf. Sugianto dan diikuti secara khidmat oleh seluruh peserta upacara.

Tema peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara Tahun 2024 adalah Kedaulatan yang Beradab Penentu Masa Depan Bangsa.

Tema ini merefleksikan sebuah ajakan untuk “gumregah” dan “manunggal nyawiji”, menuju ke sebuah tataran, di mana kedaulatan sejati menjadi fondasi bagi kemajuan bangsa.

Pada upacara tersebut Wadanramil 04/Sewon kemudian membacakan amanat Gubernur DIY bahwa dalam Penegakan Kedaulatan Negara menjadi katalis yang menginspirasi kedaulatan rakyat dalam wujud yang lebih luas, yaitu Kedaulatan Budaya, Sosial, Ekonomi dan Politik.

“Dalam visi ini, kedaulatan menjadi praktik harian yang merasuki setiap interaksi dan setiap kebijakan yang ditujukan untuk memajukan bangsa,” kata Wadanramil.

Upacara Peringatan Hari Kedaulatan Negara, lanjutnya, untuk menegaskan peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 didukung oleh segenap komponen bangsa Indonesia, merupakan bagian penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Dikatakan, peristiwa Serangan Umum 1 Maret itu mampu menegakkan kembali eksistensi dan kedaulatan negara Indonesia di dunia internasional. Termasuk menyatukan kembali kesadaran dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Peringatan ini juga menjadi penanda, di mana kedaulatan tidak lagi hanya terbatas pada wilayah fisik atau sejarah, melainkan sudah harus meresap ke denyut kehidupan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, hadir dalam upacara tersebut antara lain Panewu Sewon Hartni SIP MM, Kapolsek Sewon Kompol Hanung Tri Widayanto SH M.Si, Lurah, Kepala Puskesmas Sewon 1 dan 2, Kepala KUA Sewon dan pejabat struktural Kapanewon Sewon. Adapun peserta upacara diikuti oleh Dukuh, dan Pamong, guru dan siswa-siswi SMP Negeri 2 Sewon. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 18:59

0 komentar:

CB