Layani Pemudik, Polisi Bantul Siapkan Ambulans Motor dan Tambal Ban Gratis

Posted by tribratanewsbantul on 13:36

Mudik merupakan salah satu tradisi Lebaran yang masih dilakukan banyak orang sampai saat ini. Momen mudik sangat dinantikan untuk berkumpul maupun bersilaturahmi bersama keluarga di kampung.

Banyaknya orang yang mudik bersamaan dengan momen libur lebaran, tentunya menimbulkan kepadatan arus, terutama jalur darat. Tentunya hal ini berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Kelelahan seringkali menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan yang diakibatkan kurangnya konsentrasi.

Guna mengantisipasi terlambatnya penanganan medis terhadap korban kecelakaan lalu lintas, Polres Bantul membuat pelayanan medis melalui Ambulans Motor.

“Ambulans Motor merupakan armada bantuan medis yang praktis dan dapat menembus kepadatan arus lalu lintas,” kata Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana, Selasa (9/4/2024).

Mengingat Yogyakarta, khususnya Bantul menjadi tujuan pemudik dan destinasi wisata, maka bagaimanapun juga Polres Bantul harus siap menyambutnya.

“Tujuan utama dari adanya Ambulans Motor ini adalah untuk mempercepat penanganan terhadap korban yang memerlukan pertolongan pertama, dimana mobil ambulans biasa tidak bisa atau sulit menjangkaunya,” terang Jeffry.

Nantinya Ambulans Motor akan disiagakan di Pos Terpadu Operasi Ketupat Progo 2024 di Druwo, Bangunharjo, Sewon, Bantul.  Tak hanya itu, Polres Bantul juga menyediakan posko kesehatan di lokasi tersebut.

“Apabila ada kejadian laka lantas, petugas Ambulans Motor akan segera menuju lokasi untuk memeriksa kesehatan pengemudi maupun penumpang. Jika terdapat korban yang sakit, maka petugas akan memberikan pertolongan pertama,” imbuh Jeffry.

Untuk penanganan pasien darurat dalam kondisi jalan padat atau macet, petugas Ambulans Motor akan memberikan pertolongan lanjutan dengan menghubungi pos terpadu untuk mengevakuasi korban ke rumah sakit terdekat.

“Semua pelayanan kesehatan ini gratis, tanpa dipungut biaya,” papar Jeffry.

Selain itu, para pemudik kendaraan roda dua atau sepeda motor yang melintasi Kabupaten Bantul,  juga tidak perlu merasa khawatir mencari tambal ban dengan layanan 24 jam atau layanan tambal ban panggilan.

Pasalnya, pihak kepolsian bekerjasama dengan Komunitas tambal ban panggilan (TBP) Jogja membuka layanan tambal ban gratis dan membuka layanan tambal ban panggilan bagi pengendara sepeda motor atau pemudik yang melintas di Kabupaten Bantul.

"Layanan ini dibuka selama 24 jam di pos pengamanan terpadi Ops Ketupat Progo 2024 Druwo, Jalan Parangtritis, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul," kata Jeffry.

Selain buka layanan selama 24 jam, masyarakat atau para pemudik yang menggunakan layanan tersebut tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang.

“Layanan tersebut dibuka secara gratis untuk memberikan kenyamanan, keamanan dan kemudahan bagi para pemudik saat melintasi Bumi Projotamansari,” tukasnya.

 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:36

0 komentar:

CB