Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Laksanakan Sambang Pos Kamling

Posted by tribratanewsbantul on 11:45

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aipda Wawan Giyarto S.Psi bersama Pamong Kalurahan Pendowoharjo dan Babinsa Koramil 04 Sewon melaksanakan sambang ke pos kamling dalam rangka program jaga warga, Selasa (21/12/2021) malam.

"Ada tiga pos kamling yang akan kita kunjungi malam ini yaitu poskamling Dusun Ngentak, Piringan dan Dagen," jelas Aipda Wawan disela persiapan kunjungan.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo juga menyampaikan keberadaan jaga warga juga sudah diatur melalui Peraturan Gubernur Nomor 28 Tahun 2021 tentang Kelompok Jaga Warga.

Dalam Pergub tersebut Jaga Warga adalah upaya menjaga keamanan, ketentraman, ketertiban dan kesejahteraan masyarakat serta menumbuhkan kembali nilai-nilai luhur yang ada di masyarakat oleh sekelompok orang dengan membentuk lembaga jaga warga atau dengan mengoptimalkan pranata sosial yang sudah ada.

Bhabinkamtibmas Pendowoharjo juga menambahkan Kelompok Jaga Warga mempunyai tugas membantu menyelesaikan konflik sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat, memberikan saran dan pertimbangan kepada Dukuh/Ketua RT/Ketua Pengurus Kampung dalam urusan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan, serta melakukan koordinasi dengan pranata sosial masyarakat yang ada untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

Sementara fungsinya adalah sebagai mediator dalam menyelesaikan konflik sosial, sebagai perwakilan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi kepada Dukuh/Ketua RT/Ketua Pengurus Kampung dan sebagai motivator dalam meningkatkan partisipasi masyarakat.

“Harapan dari adanya jaga warga ini adalah tidak mematikan lembaga yang sudah terlebih dulu ada, tetapi justru melengkapi sehingga keterlindungan masyarakat semakin meningkat,” pungkas Aipda Wawan. (Humas Polsek Sewon)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:45

0 komentar:

CB