Kapolres Bantul Hadiri Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2023 di Dlingo

Posted by tribratanewsbantul on 15:10

Kapolres Bantul AKBP Michael R. Risakotta SH SIK bersama Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan Dandim 0729 Bantul Letkol Inf Arif Hermad SIP beserta jajaran Pa Staf/Danramil Kodim 0729 Bantul menghadiri Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2023 di Lapangan Banjarharjo, Muntuk, Dlingo, Rabu (20/9/2023).

TMMD kali ini mengusung tema Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat.

Bupati Bantul Bapak H. Abdul Halim Muslih selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya, atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bantul menyampaikan apresiasi dan menyambut gembira penyelenggaraan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap Ketiga Tahun 2023.

Menurutnya, kegiatan TMMD Sengkuyung yang berlangsung di Kabupaten Bantul selama ini telah mampu menggerakkan pembangunan infrastruktur di Kalurahan.

Sehingga, lanjut Bupati, program TMMD dapat membantu roda perekonomian masyarakat di Kabupaten Bantul.

"Melalui program TMMD Sengkuyung ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di kalurahan, mengingat proses perencanaannya selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat, serta disusun dengan sistem bottom up planning," kata Bupati.

Bupati juga mengatakan bahwa dengan adanya dukungan dan bantuan dari TNI melalui kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2023 ini, maka pembangunan di Kabupaten Bantul dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Disamping itu yang tidak kalah pentingnya adalah, kegiatan ini juga merupakan sarana untuk menjaga dan mempererat keharmonisan hubungan dan komunikasi antara jajaran TNI dengan masyarakat serta jajaran Pemkab Bantul.

Lebih lanjut, melalui TMMD ini, selain pembangunan Fisik, TNI juga melaksanakan pembangunan Non Fisik dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Bantul.

"Pembangunan SDM ini memiliki peran yang strategis dalam penuntasan permasalahan yang ada. Dengan meningkatnya kualitas SDM, maka masyarakat akan memiliki daya dan upaya yang tinggi untuk berperan aktif menyelesaikan permasalahan yang ada. Selain itu, dengan peningkatan kualitas SDM juga akan dapat membentuk budaya-budaya baru yang lebih baik, seperti pada masalah penanggulangan sampah," tuturnya.

Budaya pemilahan sampah, imbuhnya, merupakan budaya baru dalam pengelolaan sampah. Karena itu harus terus dapat disebarluaskan, utamanya pemilahan sampah di tingkat rumah tangga.

"Maka melalui pencanangan TMMD Sengkuyung ini saya harapkan akan mampu untuk memberdayakan masyarakat, agar mereka mempunyai daya dan upaya untuk lepas dari masalah-masalah yang ada, sekaligus memberdayakan diri untuk berdikari". ujarnya.

Dengan dukungan TMMD dalam berbagai pembangunan kegiatan Fisik dan Non Fisik disertai dukungan masyarakat, diharapkan dapat memberikan hasil nyata dalam membantu menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Semoga TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2023 ini akan dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Sehingga akan memabawa kemanfaatan seluas-luasnya bagi kita semuanya," tandasnya.

Sementara itu, TMMD Sengkuyung ke-118 Tahap III TA. 2023 dilaksanakan mulai tanggal 20 September sampai 19 Oktober 2023 yang berlokasi di Dusun Tangkil dan Dusun Gunungcilik, Kalurahan Muntuk, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul.

Adapun sasaran pokok (fisik) yakni pembuatan jalan sepanjang 300 meter, pembuatan jalan Makadam sepanjang 300 meter, cor blok jalan sepanjang 200 meter, pembuatan talut sepanjang 54 meter, jambanisasi 1 unit dan RTLH 1 unit.

Sedangkan sasaran Non Fisik antara lain, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan hukum dan kamtibmas, penyuluhan kesehatan dan penyuluhan pemberdayaan masyarakat.


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 15:10

0 komentar:

CB