Waspada Modus Penipuan Undangan Pernikahan via WhatsApp, Bisa Curi OTP dan Kuras Rekening Korban

Posted by tribratanewsbantul on 12:26

Istimewa
Modus penipuan online dengan mengirimkan file berformat APK melalui pesan WhatsApp kembali terjadi dengan modus berbeda. Bila sebelumnya modus kiriman paket, sekarang modus undangan pernikahan tanpa menyebutkan siapa pihak yang mengundang.

Pelaku tanpa memperkenalkan diri langsung mengirimkan file APK berukuran 6,6 MB dengan nama "Surat Undangan Pernikahan Digital". Dan kalimat “Kami harap kehadiran nya.”

“Saat ditanya, pelaku tidak menjawab dan justru mengarahkan penerima pesan untuk membuka file APK tersebut,” kata Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, Senin (30/1/2023).

Hingga saat ini memang belum ada laporan yang terjadi di wilayah Bantul. Namun dengan adanya kasus yang mirip dengan penipuan online berbentuk resi kiriman paket yang pernah terjadi di wilayah Bantul, Polres Bantul kembali mengimbau kepada warga Bantul dan sekitarnya untuk waspada akan adanya modus penipuan berbentuk APK.

“Jika korban klik atau membuka file dokumen tersebut sama saja korban menginstal dan akan dicurinya kredensial OTP (One-Time Password) dari perangkat korbannya,” imbuh Jeffry.

Setelah berhasil mencuri OTP, maka akan terjadi perpindahan akun m-Banking dari ponsel korban ke ponsel pelaku. Sehingga pelaku akan leluasa menguras rekening m-Banking korban.

Oleh karena itu, masyarakat diharap jeli akan berbagai peringatan yang ada. Para penggua m-Banking untuk ekstra hati-hati dengan cara :

- Jangan instal aplikasi apa pun dari luar Play Store

- Jangan berikan akses baca atau kirim SMS ke aplikasi tidak dikenal

- Pantau aplikasi yang bisa mengakses SMS dan hapus aplikasi yang tidak esensial

- Jika menemukan aplikasi pencuri SMS, segera hapus dan reset m-Banking

“Terakhir, pengguna m-Banking yang sudah terlanjur menginstal APK dapat segera mengganti kata sandi dan PIN persetujuan transaksi. Dan melaporkan kejadian ini kepada pihak berwajib,” pungkas Jeffry.
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:26

0 komentar:

CB