Ditsamapta Polda DIY Gelar Uji Kompetensi Pawang dan Aswasada Unit Polisi Satwa

Posted by Humas Polres Bantul on 14:25

Direktorat Samapta (Ditsamapta) Polda DIY menggelar Uji Kompetensi Pawang dan Aswasada Unit Polisi Satwa Ditsamapta Polda DIY TA 2023.

Direktur Samapta Polda DIY, Kombes Pol Wisnu Prabowo, S.I.K., M.M. mengatakan kegiatan uji kompetensi ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebelum pawang dan aswasada melaksanakan sertifikasi , dengan tujuan  untuk menguji kemampuan pawang dan aswasada serta satwa yang telah dilatih dengan kemampuan dasar yang dimiliki dari pendidikan kejuruan Dikbangspes Satwa K9 maupun Turangga.

Selain itu juga untuk memberikan gambaran kepada pawang dan aswasada sebelum dihadapkan dalam  tugas  sebenarnya  di lapangan.

“Sehingga mahir, terpuji, patuh hukum dan siap operasional,” kata Wisnu saat membuka Uji Kompetensi Pawang dan Aswasada Unit Polisi Satwa Ditsamapta Polda DIY di Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul, Senin (5/6/2023).

Setelah menyelesaikan uji kompetensi ini, lanjut Wisnu, bukan berarti tugas selesai, namun ini merupakan awal dalam menghadapi tugas yang sebenarnya, dimana dalam tahap ini para pawang dan aswasada dituntut memiliki sikap perilaku, pengetahuan dan fisik yang prima dalam menjalankan tugas sehari-hari. Sehingga dapat menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif.

“Senantiasa laksanakan pelatihan secara terus-menerus walaupun uji kompetensi kemampuan ini telah selesai dilaksanakan guna menjaga kesiapsiagaan anggota dalam menghadapi dinamika tugas polri  serta evaluasi dalam pelaksanaannya,” tegas Wisnu di hadapan para peserta.

Selain itu, Wisnu juga memerintahkan anggotanya untuk bertanggung jawab serta menghindari perbuatan yang dapat merusak kehormatan diri dan organisasi Polri.

“Peliharalah segala sarana dan prasarana terutama peralatan yang membutuhkan perawatan khusus,  sehingga selalu siap siaga guna mendukung kegiatan operasional yang membutuhkan mobilitas tinggi,” imbaunya.

Mantan Kapolres Sukabumi Kota ini, juga meminta anggotanya untuk memantapkan pola pikir  pola tindak dalam mewujudkan samapta sebagai pengemban fungsi preventif.

“Fungsi Samapta merupakan tulang punggung (backbone) dalam mengemban misi Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” pungkasnya.
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:25

0 komentar:

CB