Bhabinkamtibmas Kalurahan Srimartani Hadiri Penyuluhan Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Posted by tribratanewsbantul on 13:52

Bhabinkamtibmas Kalurahan Srimartani Aipda Anwar Yasin menghadiri kegiatan penyuluhan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak di Aula Balai Kalurahan Srimartani, Piyungan, Bantul (27/6/2023) siang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh tenaga ahli psikologi DP3APPKB Kabupaten Bantul Rizqi Karomatul Khoiroh S.Psi MA, Jawatan Sosial Kapanewon Piyungan Marsono SE, KUA Piyungan Nur Abadi S.Ag M.Si, Lurah Srimartani H. Mulyana, Babinsa Srimartani Sertu Israil, Satgas PPA Srimartani dan Kader Kesehatan.

Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah mengedukasi dan memberikan informasi kepada masyarakat tentang penanganan dan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Rizqi Karomatul Khoiroh menyampaikan, dampak psikologis kekerasan pada perempuan dan anak, kekerasan terhadap perempuan memiliki dampak psikologis yang buruk seperti trauma, reaksi fisik, keinginan bunuh diri dan berbagai reaksi negatif lainnya.

Namun hal itu dapat dicegah sejak dini melalui peran keluarga dalam upaya perlindungan anak dengan menerapkan pola asuh yang responsif kepada anak, serta mengajak komunikasi yang efektif dalam keluarga.

“Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah faktor penyebab tayangan kekerasan seks pornografi di media sosial, perkembangan IT internet gadget, sistem sosial masyarakat yang masih banyak mengandung gander,” ujarnya.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat melindungi perempuan dan anak, serta memberikan rasa aman dalam pemenuhan hak-haknya dengan memberikan perhatian yang konsisten dan sistematis yang ditujukan untuk mencapai kesetaraan gender seperti berkurangnya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:52

0 komentar:

CB