Jelang Pemilu 2024, Polres Bantul Gelar Apel Revitalisasi Satkamling

Posted by Humas Polres Bantul on 11:11

Kapolres Bantul AKBP Ihsan memimpin Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasatkamling) Tahun 2023 di Halaman Mapolres Bantul, Rabu (21/6/2023).

Apel Kasatkamling diprakarsai Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Bantul dengan tema “Revitalisasi Satkamling Guna Meningkatkan Harkamtibmas Dalam Rangka Menghadapi Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024”.

Apel juga dihadiri oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih beserta jajaran Forkopimda, pejabat utama Polres Bantul, personel TNI-Polri, Polsuspas, Sat Pol PP, Senkom, Paksikaton, Satlinmas dan perwakikan Kasatkamling.

Dalam sambutannya, Ihsan  mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan pihaknya merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling di wilayah Bantul.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa,” katanya.

Menurut Ihsan, situasi Kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia.

Untuk itu, Satkamling sangat sentral sekali berperan dalam membantu tugas Polri bidang Harkamtibmas.

“Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Ihsan, Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024.

“Saya berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama,” pungkasnya.

Apel diakhiri dengan penyerahan hadiah lomba Satkamling Tingkat Polres Bantul kepada Juara 1 Satkamling RT 007 Pundong, Srihardono, Pundong, Juara 2 Satkamling Tangkilan, Sumbermulyo, Bambanglipuro dan Juara 3 Satkamling RT 03 Pancuran, Terong, Dlingo.
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:11

0 komentar:

CB