Polsek Pleret Amankan Tradisi Rabu Pungkasan

Posted by Humas Polres Bantul on 12:59

Ribuan warga masyarakat dari berbagai wilayah menghadiri Upacara Adat Rebo Pungkasan di Kalurahan Wonokromo, Pleret, Bantul yang ditandai dengan kirab lemper raksasa, Selasa (12/11/2023) malam.

Dalam acara itu juga dihadiri Bupati Bantul H.Abdul Halim Muslih, Kepala Dinas Kebudayaan Bantul,Panewu Pleret, Kapolsek Pleret AKP Wiyadi,SH.MAP, Danramil Pleret dan Lurah Desa Wonokromo serta segenap tamu undangan.

Kirab lemper raksasa yang disertai pasukan bregodo itu dilakukan dari Masjid Al Huda Karanganom menuju Pendopo Kalurahan Wonokromo.

Setelah peserta kirab sampai di Pendopo Kalurahan Wonokromo, kemudian dilakukan pemotongan lemper raksasa oleh Bupati Bantul H.Abdul Halim Muslih Selain itu juga ada ribuan lemper yang dibagikan kepada para pengunjung di pelataran Kalurahan Wonokromo.

Adapun maksud dan tujuan penyelenggaraan Upacara Rebo Pungkasan adalah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, serta mengenang Kyai Faqih Usman atau Kyai Welit sebagai tokoh penting dalam masuknya Islam di Wonokromo dan berjasa menyembuhkan wabah penyakit. Sedangkan untuk penyelenggaraan tradisi Rebo Pungkasan dilaksanakan setiap tahunnya pada malam Rabu terakhir di bulan Sapar.

Sementara itu dalam acara tersebut, Kapolsek Pleret AKP Wiyadi,SH.MAP menerjunkan anggotanya bersama Polres Bantul untuk pengamanan dengan dibantu Koramil Pleret, Linmas, Saka Bhayangkara Pleret, Relawan dan Karang Taruna Sultan Agung. (Polsek Pleret Polres Bantul)
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:59

0 komentar:

CB