Mengenal Sosok AKBP Michael R Risakotta, Kapolres Bantul yang Miliki Segudang Prestasi Menembak

Posted by Humas Polres Bantul on 10:28

Nama Michael R Risakotta atau yang kerap disapa Michael tentu sudah tidak asing lagi bagi warga Kabupaten Bantul.

Michael R Risakotta adalah seorang perwira menengah Polri berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). Sejak 24 Juni 2023, ia menjabat sebagai Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bantul.

Siapa yang menyangka, sosok perwira menengah lulusan Akademi Kepolisian tahun 2002 ini, memiliki segudang prestasi di dunia olahraga menembak.

“Tahun 2018 kita juara di Bali, difinal kita melawan Polwan dari Polda DIY,” kata Micahel saat diwawancarai, Jumat (23/2/2024).

Kemudian pada tahun 2019, tim anak asuh Michael juga menjadi juara dalam kejuaraan menembak di Kelapa Dua, Jakarta.

“Saat itu kita juara di kelas perorangan,” imbuhnya.

Sementara pada tahun 2020, sebagai pelatih kepala, Michael berhasil membawa Tim Menembak Polda Bali sapu bersih gelar dalam Kejuaraan Menembak Kapolri Cup yang digelar di Senayan, Jakarta.

“Perwira maupun Brigadir kita sapu bersih semua,” tuturnya.

Keterampilan menembak tidak serta merta Michael dapatkan secara tiba-tiba. Ia telah menekuni olahraga ini sejak dilantik menjadi anggota Polri.

“Sejak tahun 2003, dari pangkat Ipda, saya sudah melakukan latihan secara mandiri. Saya juga berguru ke pelatih-pelatih SPN dan juga pelatih dari Brimob,” ungkap dia.

Selanjutnya, kata Michael, hasil dari latihan tersebut dia aplikasikan sendiri, sehingga ia menjadi paham akan kekurangannya.

Menurutnya, menembak itu adalah kompetensi atau skill yang harus dimiliki oleh anggota Polri, tapi karena kesibukan kerja, sehingga latihan menembak jarang dilaksanakan.

“Prinsip saya dulu, sesibuk apapun saya tetap harus meluangkan waktu untuk melatih skil menembak, bela diri, maupun skil yang mendukung tugas Polri lainnya. Karena skil yang tidak dilatih secara rutin, maka akan hilang  Hidup di dunia ini tidak ada orang yang pintar, tapi orang yang rajin,” ujarnya.

Riwayat jabatan AKBP Michael R Risakotta :


a.    PAMA POLDA BALI 2002

b.    KA SPK I POLRES BULELENG POLDA BALI 2003

c.    KASAT LANTAS POLRES BULELENG POLDA BALI 2011

d.    KAPOLSEK KUTA UTARA POLRES BADUNG 2011

e.    KABAGOPS POLRES BULELENG POLDA BALI 2014

f.    WAKAPOLRES BULELENG POLDA BALI 2015

g.    GADIK MADYA 12 SPN POLDA BALI 2021

h.    KASUBBIDPROVOS BIDPROPAM POLDA DIY 2021

i.    KASUBBIDPAMINAL BIDPROPAM POLDA DIY 2023

j.    KAPOLRES BANTUL POLDA DIY 2023

Prestasi Jabatan

Selama bertugas menjadi Kapolres Bantul, pria kelahiran Manokwari, 8 Desember 1981 ini berhasil mebawa Polres Bantul menyabet beberapa penghargaan.

Di antaranya, Polres Bantul berhasil mendapatkan penghargaan predikat penilaian kepatuhan penyelenggaran pelayanan publik dari Ombudsman RI.

Polres Bantul mendapat kategori nilai A dengan kualitas tertinggi dan total nilai 95.23.

Michael mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Bantul yang telah menaruh kepercayaan besar terhadap pelayanan Polres Bantul.

“Ke depannya Polres Bantul akan terus melakukan peningkatan dan pembenahan dalam pelayanan publik,” ujarnya.

Polres Bantul juga meraih predikat pelayanan prima dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Michael mengatakan, indeks yang diraih nilai yang diraih Polres Bantul dalam penghargaan pelayanan prima dari Kemenpan-RB yakni 4,94 dengan kategori A. Ada tiga dasar penilaiannya. Meliputi sikap, perhatian, dan tindakan. "Kami tidak berpuas diri atas penghargaan yang diterima ini akan menjadi pelecut semangat saya dan jajaran di bawahnya," katanya.

Sebelumnya, Polres Bantul juga meraih penghargaan Quick Wins Presisi tahun 2022/2023 dari Kapolri. Penghargaan diberikan karena Polres Bantul berhasil menjadi yang terbaik, dengan mengalahkan Polres lainnya

Dia mengingatkan, penghargaan yang sudah diraih Polres Bantul jangan sampai membuat jajaran di bawahnya terlena. Akhirnya, prestasi yang sudah diraih tidak dapat dipertahankan atau malah akhirnya membuat penurunan pelayanan.

"Mari jadikan momen ini untuk lebih memperbaiki mutu layanan kepada masyarakat, semoga Polres Bantul semakin jaya," harapnya.

Kepemimpinannya di Polres Bantul pun turut menelurkan beberapa terobosan. Satu di antaranya adalah Minggu Kasih dan melibatkan Polwan sebagai upaya preventif atas segala ancaman kamtibmas. "Itu semua dilakukan untuk menunjang ketentraman dan kondusifitas di Bantul," lontarnya.

Pelibatan Polwan ini merupakan program bernama Polwan Presisi Humanis (Paris Manis) sebagai upaya preventif dan preemtif dalam menjaga maupun menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Polwan dalam Paris Manis terjun langsung ke masyarakat. Kehadirannya diharapkan mampu mencegah kriminalitas dan gangguan kamtibmas.

Sasaran patroli adalah tempat ibadah, perbankan, toko emas, pusat keramaian, supermarket, dan pasar. Tidak hanya mobile saja, tetapi juga melakukan dialogis. Dia berharap, para Srikandi Polres Bantul dapat melaksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab.


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:28

0 komentar:

CB