Tujuh Bulan Menjabat, Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta Berhasil Sabet Dua Penghargaan

Posted by Humas Polres Bantul on 12:49

Warga Kabupaten Bantul mungkin tidak terlalu asing dengan nama AKBP Michael Risakotta. Orang nomor satu di kepolisian resort Bantul itu menorehkan tinta emas kepemimpinannya. Padahal, belum genap satu tahun lamanya menjabat Kapolres Bantul.

Michael didapuk menjadi Kapolres Bantul 14 Juli 2023 menggantikan AKBP Ihsan yang harus bergeser jabatan. Dalam rentang waktu tujuh bulan, Michael mampu membawa Polres Bantul menunjukkan tajinya dibanding jajaran lainnya. Polres Bantul meraih predikat pelayanan prima dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Michael mengatakan, indeks yang diraih nilai yang diraih Polres Bantul dalam penghargaan pelayanan prima dari Kemenpan-RB yakni 4,94 dengan kategori A. Ada tiga dasar penilaiannya. Meliputi sikap, perhatian, dan tindakan. "Kami tidak berpuas diri atas penghargaan yang diterima ini akan menjadi pelecut semangat saya dan jajaran di bawahnya," katanya Jumat (16/2).

Tidak hanya itu, di bawah kepemimpinannya, Polres Bantul juga mendapatkan penghargaan predikat kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik dari Ombudsman RI. Polres Bantul mendapat kategori nilai A dengan kualitas tertinggi dengan mendapat nilai 95.23. Menurut Michael, penghargaan itu merupakan bukti dari dedikasi dan kerja keras anggotanya dalam melayani masyarakat dengan baik.

Dia mengingatkan, penghargaan yang sudah diraih Polres Bantul jangan sampai membuat jajaran di bawahnya terlena. Akhirnya, prestasi yang sudah diraih tidak dapat dipertahankan atau malah akhirnya membuat penurunan pelayanan. "Mari jadikan momen ini untuk lebih memperbaiki mutu layanan kepada masyarakat, semoga Polres Bantul semakin jaya," imbaunya.

Perwira menengah polisi itu menegaskan, akan terus meningkatkan pelayanan yang sudah baik menjadi lebih baik lagi ke depannya. Michael merupakan sosok yang kenyang dengan berbagai jabatan strategis di kepolisian. Bukan hanya itu, berbagai raihan prestasi juga sudah pernah direngkuhnya sebelum menginjakan kaki di wilayah hukum Polda DIY.

Pada 2018 silam, Michael pernah membawa nama Polda Bali meraih juara menembak saat masih berdinas di Pulau Dewata. Kala itu, dia turut serta termasuk dalam bagian tim di dalamnya.

Timnya Polda Bali merengkuh juara mengungguli tim Polda DIY dibabak final. Tim Polda Bali menang saat beradu kecepatan dan ketepatan dalam sasaran menembak.

Pada tahun 2020, Michael kembali berpartisipasi dalam kejuaran menembak bertajuk Kapolri Cup di Istora Senayan.
 
Michael merupakan polisi lulusan Akpol tahun 2002. Dinas pertamanya sebagai polisi di wilayah hukum Polda Bali sebagai KA SPK I Polres Buleleng pada 2003. Di Wilkum Polda Bali, pria kelahiran Manokwari itu berdinas selama kurang lebih 18 tahun.

Sebelum akhirnya pada Oktober 2021 pertama kalinya bertugas di Wilkum Polda DIY. Jabatan pertamanya di provinsi yang dipimpin Hamengku Buwono X itu adalah Kasubbid Provos Bid Propam Polda DIY. Jabatan itu diembannya usai menyelesaikan pendidikan Sespimen Polri TA 2021.

Kepemimpinannya di Polres Bantul pun turut menelurkan beberapa terobosan. Satu di antaranya adalah Minggu Kasih dan melibatkan Polwan sebagai upaya preventif atas segala ancaman kamtibmas. "Itu semua dilakukan untuk menunjang ketentraman dan kondusifitas di Bantul," lontarnya.

Pelibatan Polwan ini merupakan program bernama Polwan Presisi Humanis (Paris Manis) sebagai upaya preventif dan preemtif dalam menjaga maupun menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Polwan dalam Paris Manis terjun langsung ke masyarakat. Kehadirannya diharapkan mampu mencegah kriminalitas dan gangguan kamtibmas.

Sasaran patroli adalah tempat ibadah, perbankan, toko emas, pusat keramaian, supermarket, dan pasar. Tidak hanya mobile saja, tetapi juga melakukan dialogis. Dia berharap, para Srikandi Polres Bantul dapat melaksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab.


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:49

0 komentar:

CB