23-24 Pebruari 2017 Digelar Pemeriksaan Dini Kanker Leher Rahim Gratis Di Polsek Sanden

Posted by tribratanewsbantul on 09:28

Dalam rangka persiapan pelaksanaan program terobosan polsek Sanden di bidang kesehatan yaitu pemeriksaan dini kanker leher rahim/IVA secara gratis, maka demi kelancaran pelaksanaanya Polsek Sanden kembali menggelar Rapat Koordinasi dengan pihak terkait di Mapolsek Sanden, Kamis, 16 Pebruari 2017 mulai jam 13.45 Wib.

Hadir dalam rakor tersebut, Kapolsek Sanden AKP Riwanta, KBO Sat Binmas Polres Bantul Iptu Dedi Tunandi, Ibu Petronella dan Wiwid dari Yayasan Kanker Indonesia/YKI Cabang Yogyakarta, dr Shinta, dr Uce, dr Rifky dan Dwi dari Departemen Obgyn RSUP Sardjito, Ibu Indah dari Puskesmas Sanden, Kanit Binmas Polsek Sanden Iptu Tri Haryana beserta anggota, Ketua Ranting Bhayangkari Sanden Ny. Jujuk Riwanta, Ketua TP PKK Kecamatan Sanden Ny. Fatoni, serta ibu-ibu Kader dari TP PKK Kelurahan se-Kecamatan Sanden.

Bripka Sulis Trianto, SH mewakili Kapolsek Sanden mengucapkan terimakasih atas kehadiran team medis dari Departemen Obgyn RSUP Sardjito, YKI Yogyakarta, ibu-ibu kader serta undangan. Rakor tahap kedua ini merupakan rakor tahap pemantapan sebelum pelaksanaan kegiatan, yang sebelumnya sudah dilaksanakan tahap sosialisasi maupun rakor tahap pertama, jelas Bripka Sulis. Lebih lanjut Bripka Sulis Trianto, SH menjelaskan bahwa pemeriksaan dini kanker leher rahim/IVA secara gratis ini merupakan program terobosan Polsek Sanden yang diprakarsai Unit Binmas bekerjasama dengan Departemen Obgyn RSUP Sardjito, Kecamatan, Puskesmas, serta kader dari PKK.

Pemeriksaan dini kanker leher rahim/IVA tidak hanya dilaksanakan sekali ini saja, rencana akan dilaksanakan lagi tahap kedua di pertengahan tahun. Hal ini karena animo masyarakat sangat tinggi dalam mengikuti program tersebut, lanjut Bripka Sulis Trianto, SH.

dr Shinta dari Departemen Obgyn RSUP Sardjito yang memimpin rakor tersebut membahas teknis pelaksanaan pemeriksaan IVA. Rencana pemeriksaan IVA akan dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 23-24 Pebruari 2017 dengan peserta 150 orang/hari. Untuk mempercepat pemeriksaan, nantinya akan disediakan 8 ruang tempat pemeriksaan dengan menerjunkan dokter pemeriksa lebih banyak.

Dalam pelaksanaan pemeriksaan nanti, juga akan disediakan alat USG untuk memeriksa lebih lanjut bagi peserta yang diindikasi ada kelainan. Bila ditemukan adanya kelainan, peserta akan dirujuk ke puskesmas ataupun ke RSUP Sardjito guna penanganan lebih lanjut, ujar dr Shinta.

Ibu Petronella dari YKI Cabang Yogyakarta mengatakan, yayasannya akan menyediakan sekitar 100 an alat pemeriksaan serta alat-alat penunjang lainnya. Selesai rakor, team dokter bersama YKI dan didampingi Kanit Binmas Iptu Tri Haryana melaksanakan survey tempat yang akan dijadikan ruang pemeriksaan IVA. (Sihumas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:28

0 komentar:

CB