Ayo Gropyok Sampah Di Obyek Wisata Pantai Goa Cemara Sanden

Posted by tribratanewsbantul on 19:29

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2017, Badan Lingkungan Hidup Pemda Bantul melaksanajan kegiatan "Ayo Gropyok Sampah Bersama Bupati dan Masyarakat Bantul", Jum'at 17 Pebruari 2017 jam 08.00 Wib di obyek wisata Pantai Goa Cemara Sanden. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka Bantul Bersih Sampah 2019.

Tema kegiatan " Melaksanakan Pengelolaan Sampah Terintegrasi Dari Gunung, Sungai, Kota, Pantai, Hingga Laut Untuk Mewujudkan Indonesia Bersih Sampah 2020", (Mewujudkan Bantul Bersih Sampah 2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslim mewakili Bupati Bantul, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD Pemda Bantul, Kapolsek Sanden AKP Riwanta beserta jajaran Muspika, Danposal Samas, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sanden beserta perwakilan siswa, Pokdarwis Pantai Goa Cemara, serta pengurus Saka Kalpataru Kabupaten Bantul.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemda Bantul, Drs. Masharun Ghozali, MM dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa Pantai Goa Cemara ini merupakan aset Kabupatrn Bantul yang perlu dikelola dengan baik. Pagi ini Pemda Bantul dan jajaran BLH dalam rangka hari peduli sampah nasional tahun 2017, golong gilig bersama-sama mengelola, mengolah, dan bersihkan sampah dengan cara bergotongroyong melibatkan semua pecinta Goa Cemara untuk membersihkan tempat ini sehingga menjadi asri, bersih, nyaman, yang pada gilirannya akan menarik wisatawan yang banyak dan membawa berkah bagi semua, ujar Masharun.

Disamping merupakan program Pemda kegiatan ini juga menjadi target BLH beserta pasukannya yang mendapat instruksi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam Surat Edaran Nomor 1 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2017 dalam rangka untuk mewujudkan Kabupaten Bantul yang pada gilirannya akan mendapat sekolah adi wiyata mandiri, dan yang penting Bantul bersih sampah tahun 2019, ujar Masharun. Lebih lanjut Drs. Masharun Ghozali mengatakan, kegiatan ini diharapkan memupuk rasa peduli lingkungan dengan senantiasa menatap sampah bukan menjadi problem tetapi sesuatu yang bisa dikelola menjadi barokah dan menjadi kebiasaan kita hidup yang sehat, cerdas dan sejahtera sebagaimana visi Bupati Bantul.

Sedangkan Wakil Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih yang mewakili Bupati Bantul mengatakan, atas nama Pemda Bantul memberikan apresiasi yang tinggi kepada BLH dan aktifis lingkungan yang telah sukarela dan bersama-sama berkomitmen mewujudkan linkungan yang bersih dan sehat. Pemda Bantul telah mencanangkan tahun 2019 seluruh wikayah Bantul harus bersih dari sampah, ujar Halim.

Halim menambahkan, Kabupaten Bantul mempunyai alam yang indah dan banyak obyek wisata yang saat ini semakin diminati banyak pengunjung baik lokal maupun mancanegara. Bantul sebagai destinasi wisata yang terkemuka harus kita siapkan dengan baik agar menjadi daerah yang indah dan bersih sehingga setiap orang yang atang ke Bantul akan betah yang akhirnya dapat memberikan dampak yang positif pada pembangunan di daerah Bantul, ujar Wabup Bantul.

"Semua warga Bantul khususnya anggota pokdarwis dan pedagang di Pantai Goa Cemara agar merawat tempat ini dengan baik sehingga wisatawan yang datang mendapatkan sesuatu yang berkesan", himbau Wabup Bantul.

"Mari, hari Peduli Sampah Nasional ini kita jadikan momentum yang paling strategis untuk bersama-sama mewujudkan Bantul tahun 2019 bersih sampah di seluruh wilayah Kabupaten Bantul dengan membuang sampah pada tempatnya", ajak H. Abdul Halim Muslih.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Bantul secara simbolis menyerahkan peralatan kerja yang dilanjutkan dengan kerja bhakti bersih-bersih sampah di lingkungan obyek wisata maupun pinggir pantai Goa Cemara. Selesai kerja bhakti, Wabup beserta rombongan menyempatkan diri mengunjungi tempat konservasi penyu di sebelah barat Goa Cemara. (Sihumas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 19:29

0 komentar:

CB