Tim Verifikasi Tingkat Nasional Nilai Kelompok Tani 'Harapan Mulya' Kayuan Wetan

Posted by tribratanewsbantul on 08:00

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto menghadiri acara penilaian lomba kelompok tani berprestasi komoditas jagung tingkat Nasional Tahun 2017 kepada kelompok tani Harapan Mulya Kayuan Wetan Triwidadi Pajangan oleh Tim Verifikasi Nasional dari Kemeterian Pertanian RI, Jumat (25/8/2017) jam 09.30 Wib.

Hadir dalam acara ini Kementrian Pertanian Retno setyaningsih,S.P, M.P, Kasi produksi Dinas Pertanian DIY Udiyono,S.P, M.P, Sekretaris Dinas Pertanian Kab. Bantul Ir Bambang  Irwanto, M.Sc, Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si., Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H., Danramil 18/Pajangan Kapten Suyadi, KUA pajangan Adham Muhamad, Lurah Triwidadi Slamet Riyanto, Ketua Kelompok Tani Harapan Mulya Suratiman, Pamong, Dukuh dan anggota Kelompok Tani Harapan Mulya. Dalam Verifikasi ini, tim melakukan survei lapangan lebih dahulu ke lahan pertanian jagung milik Kelompok Tani Harapan Mulya dan dilanjutkan di tempat acara.

Tim Verifikasi Nasional dari Kemeterian Pertanian RI yang terdiri dari dua orang yaitu Retno Setyaningsih, AP. MP dan Meta Aprilia melakukan penilaian kepada kelompok tani Harapan Mulya Dusun Kayuan Wetan Triwidadi Pajangan bertempat di Rumah Kepala Dusun Kayuan Wetan.

Sekretaris Dinas Pertanian, Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bantul Ir. Bambang Wien Erwanto, MM dalam laporannya menyampaikan bahwa di Kabupaten Bantul saat ini terdapat 839 kelompok tani dari tingkat utama hingga tingkat madya.

Prestasi kelompok tani 'Harapan Mulya' dalam prestasinya di tahun 2016 juara II Tingkat DIY. Namun tahun ini oleh DIY di tunjuk untuk maju lomba ke tingkat nasional. Diantara prestasinya yaitu setip tahun produktifitas hasil pertanian selalu mengingkat, di tahun 2014 berhsil memproduksi jagung sebesar 65,5 kwintal, tahun 2015 sebesar 71,8 kwintal dan tahun 2016 sebanyak 86,7 kwintal per hektar.

Dari produk komoditi jagung merah tersebut, selain berupa produk jagung pipil, juga menjadi produk olahan seperti ceriping jagung, emping jagung, tepung jagung dan produk olahan lainnya.

Menurut Bambang, Bantul tidak pernah kering dari prestasi. Contohnya di tahun 2015 kemarin kelompok tani dari Dlingo berhsil menjadi juara II tingkat nasional dan kelompok tani dari Bambanglipuro di tahun 2016 juga menyusul peroleh juara II tingkat nasional.

Pada kesempatan tersebut presentasi disampaikan olek Ketua Kelompok Tani Harapan Mulya Ratiman di depn yuri dan semua yang hadir. Diantaranya Ratiman menyampaikan bahwa kelompoknya berdiri sejak Mei 1995 dengan anggota 15 orang dan menjadi 35 orang, saat ini sudah mempunyai 130 anggota dengan komoditas pertanian dalam setahun menanam padi, padi, jagung.

Usai penilaian Retno dari TimYuri saat menyampaikan pesan dan kesannya mengatakan bahwa pada dasarnya semua aspek yang ada, nilainya sudah cukup bagus. Namun di aspek inovasi masih kurang greget, karena produk olahan dari hasil pertanian jagung masih sederhana, belum adayang menonjol dan unik.

Sementara saat sambutan pelepasan yuri, Camat Pajangan Yulius Suharto. S Sos M Si menyampaikan terima kasihnya kepada kelompok tani yang telah berupaya mengikuti lomba , baik ditingkat DIY maupun tingkat nasional. Dan terima kasih kepada tim yuri dari Kemeterian Pertanian yang telah datang di Kayuan Wetan Triwidadi Pajangan untuk memberikan penilaianya. Semoga penilaian ini akan menambah semangat kepada kelompok tani Dusun Kayuan Triwidadi Pajangan. "Kami berharap, moment penilaian ini merupakan wujud dari perhatian pemerintah. Harapan kami dengan adanya perhatian ini akan menjadi salah satu momentum semangat dan semoga akan mendapat juara di tingkat nasional, " terang Camat Pajangan.

Dengan penilaian ini merupakan wujud partisipsi msyarakat dalam mendukung ketahanan pangan nasional. Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Pajangan melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:00

0 komentar:

CB