Dusun Bergan Dicanangkan Sebagai Kampung Pancasila

Posted by tribratanewsbantul on 16:04

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK menghadiri acara pencanangan Kampung Pancasila di Dusun Bergan, Wijirejo, Pandak, Bantul, Jumat (20/5/2022).

Hadir di antaranya Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Agus Indra Gunawan, Sekda Kabupaten Bantul Drs Helmi Jamharis MM, Kepala Kesbangpol Bantul Stephanus Heru Wismantara S.IP MM, Danramil 16/Pandak Kapten Inf Rajiko, Pasiter Kodim 0729/Bantul Kapten Inf M.B Berhen Suncoko, Anton Wahono (Anggota DPRD Bantul Fraksi PDI Perjuangan), Forkopimkap Pandak, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Pada acara tersebut Letkol Inf Agus Indra Gunawan menyampaikan, kegiatan pecanangan Kampung Pancasila dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian warga dalam rangka upaya menjaga berdiri tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ini harus terus dibina sebab Dusun Bergan masyarakatnya begitu beragam, sehingga apa bila itu tidak dibina dengan baik dan ada oknum yang ingin memecah belah akan mudah sekali terjadi gesekan antar warga.

Menurutnya bahwa warga Dusun Bergan menyambut baik peresmian Kampung Pancasila di wilayah mereka. Warga berharap dengan program Kampung Pancasila ini akan membawa kemajuan secara mental dan juga ekonomi bagi warga setempat.

“Mudah-mudahan dengan dicanangkannya Kampung Pancasila, dapat membawa kemajuan dusun Bergan baik secara ekonomi ataupun secara mental tetap pada Pancasila yang sejati,” kata Dandim.

Lebih lanjut, pencanangan Kampung Pancasila diharapkan dapat menjadi wadah dan sarana pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar kehidupan terutama bagi kaum millenial serta bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat hingga ke tingkat desa. Selain itu, dengan adanya Kampung Pancasila dapat menjadi penangkal paham radikalisme dan intoleran yang muncul sangat cepat melalui media sosial.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Bantul Drs. Helmi Jamharis MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa suatu kehormatan bagi warga Dusun Bergan terpilih menjadi pencanangan kampung Pancasila. Dusun Bergan dijadikan Kampung Pancasila karena merupakan desa yang sangat majemuk terdiri dari berbagai macam agama tetapi sangat rukun dan damai Pancasila merupakan lambang dasar Negara Indonesia sebagai simbul bangsa yang di dalamnya memiliki arti dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Atas nama Pemerintah Daerah, Sekda Kabupaten Bantul mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya dengan inisiatif pencanangan Dusun Bergan sebagai Kampung Pancasila.

“Kita semua penuh perbedaan karena perbedaan itu penting tetapi bukan berarti kita bermusuhan akan tetapi dengan perbedaan kita harus bersatu dan lebih rukun karena kita merupakan warga negara Indonesia yang terbingkai dengan Bhineka Tunggal Ika,” tuturnya.

Dusun Bergan, lanjutnya, kita canangkan sebagai Kampung Pancasila merupakan miniatur bangsa Indonesia semoga dapat menjadi contoh bagi daerah lain.

“Selamat untuk Dusun Bergan semoga semakin maju dan makmur dengan masyarakat yang penuh perbedaan tetapi satu sama lain selalu menjaga kerukunan umat,” tutupnya.

Pencanangan Kampung Pancasila ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekda Kabupaten Bantul Drs. Helmi Jamharis MM. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 16:04

0 komentar:

CB