Rawan Kecelakaan, Jalan Parangtritis Dipasangi Water Barrier

Posted by tribratanewsbantul on 09:18

Satlantas Polres Bantul memasang water barrier di Jalan Parangtritis sepanjang 300 meter. Titik pemasangan water barrier dimulai dari depan Kantor Samsat Sewon hingga depan SMA N 1 Sewon.

Kasat Lantas Polres Bantul AKP Gunawan Setiyabudi SH MM mengatakan, pemasangan water barrier tersebut dilakukan bersama Dinas Perhubungan Bantul dan Jasa Raharja Bantul. Tujuannya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Pemasangan water barrier sebagai pembatas jalan adalah mengadopsi rekayasa lalin di Gapura Batas Kota sampai Cepit yang hasilnya efektif menurunkan angka laka lantas.

"Karena di jalur Kantor Samsat Sewon hingga depan SMA N 1 Sewon termasuk black spot atau jalur rawan kecelakaan lalu lintas," paparnya, Rabu (18/5/2022).

Menurut data Unit Lakalantas Polres Bantul, di jalur depan Kantor Samsat Sewon - depan SMA N 1 Sewon setidaknya setiap pekan terjadi kecelakaan lalu lintas. Korbannya sebagian besar pengendara sepeda motor yang sedang menyeberang jalan.

“Dengan pemasangan water barrier di jalur tersebut, pengendara sepeda motor tidak bisa sembarang menyeberang jalan,” terangnya.

Ditambahkan, pemasangan water barrier sebagai pembatas jalan ini bertujuan agar pengendara roda dua agar tetap berada di jalur sebelah kiri.

“Untuk mengurangi crossing sehingga pengendara yang akan menyeberang berkumpul pada satu titik di simpang empat Samsat Sewon. Juga untuk menjaga agar pengendara tidak melambung ke kanan,” imbuhnya.

Guna mengetahui dampak pemasangan water barrier apakah mampu mengurangi kasus kecelakaan lalu lintas sepanjang depan Kantor Samsat Sewon - depan SMA N 1 Sewon akan dilakukan evaluasi.
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:18

0 komentar:

CB