Kapolres Bantul Hadiri Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94

Posted by tribratanewsbantul on 10:17

Kapolres Bantul AKBP SIK menghadiri upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 yang digelar di Lapangan Paseban Bantul, Jumat (28/10/2022).

Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo bertindak sebagai Irup. Sementara peserta upacara terdiri dari ASN dan pelajar di Kabupaten Bantul.

Dalam kesempatan tersebut, irup memimpin mengheningkan cipta untuk mengenang arwah para pahlawan. Dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta tanpa terkecuali.

Kemudian disusul dengan pembacaan Undang-Undang Dasar 1945 dan Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928.

Dalam amanatnya, Irup membacakan sambutan dari Menpora Zainudin Amali.

“Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan,” katanya.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya. Memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia.

“Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa,” lanjutnya.

Ditambahkan, jika melihat kondisi pemuda Indonesia saat ini, maka terdapat optimisme yang penuh harapan, di samping masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan.

“Terhadap situasi tersebut, maka upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia perdu dikembangkan, agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi,” tegasnya.

Menpora mengajak agar peringatan Hari Sumpah Pemuda yang Ke-94 ini dijadikan momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia,” pungkasnya.
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:17

0 komentar:

CB