Polres Bantul Gelar Apel Kesiapan Penebalan Personel Dalam Rangka Kelancaran Tugas Kepolisian

Posted by tribratanewsbantul on 17:13

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK memimpin apel kesiapan pasukan penebalan fungsi preventif, khususnya personel Satlantas dan Satsamapta Polres Bantul, Jumat (13/1/2023).
Kegiatan apel digelar di halaman Mapolres Bantul. Apel dihadiri oleh Wakapolres Bantul Kompol Sancoko Punjung Seksono SIK SH MH, para Kabag, Kasat dan Kasi Polres Bantul. Sebagai peserta apel diikuti oleh personel Turjawali Satlantas, Turjawali Satsamapta dan Dalmas Satsamapta Polres Bantul.

Dalam amanatnya, Kapolres Bantul menyampaikan bahwa apel ini dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas Kepolisian di lingkungan Polda DIY khususnya pada Satlantas dan Satsamapta jajaran Polres/ta Polda DIY.

“Apel ini digelar untuk mengecek sejauh mana kesiapan personel fungsi preventif atau pencegahan,” kata Kapolres.

Dijelaskan, tugas fungsi preventif adalah melakukan upaya-upaya pencegahan terjadinya kejahatan.

Menurutnya, angka kejahatan atau gangguan kamtibmas di tahun 2022 mengalami peningkatan. Dengan upaya pencegahan ini diharapkan angka kejahatan di tahun 2023 bisa menurun.

Dengan mengandalkan fungsi-fungsi preventif, lanjut Kapolres, yakni personel Satlantas melakukan pengaturan dan penjagaan di tempat-tempat rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas serta rawan gangguan kamtibmas. Sehingga masyarakat bisa melihat kehadiran Polisi memberikan rasa aman.

“Kemudian, personel Satsamapta juga dihadirkan dengan kegiatan patroli ke tempat-tempat rawan gangguan kamtibmas, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat yang tujuannya adalah untuk mengurangi terjadinya gangguan kamtibmas,” sambungnya.

Disampaikan, apel ini juga sebagai kesiapan menghadapi tahun politik. Bahwa di tahun 2023 ini, agenda Pemilu sudah mulai dilakukan tahap-tahap persiapan dan tahap-tahap inti.

“Ini juga menjadi sasaran kami nantinya dengan mengoptimalkan fungsi-fungsi preventif untuk melakukan pencegahan dan antisipasi dini, sehingga diharapkan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tandas Kapolres.

Sementara itu, pada kegiatan apel tersebut juga dilakukan pengecekan pasukan dan kendaraan operasional oleh Kapolres Bantul. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 17:13

0 komentar:

CB