Peringatan Hari Air Sedunia 2016, Kapolsek Dlingo Mewakili Kapolres Bantul Menanam Pohon Gayam

Posted by tribratanewsbantul on 09:35

Tidak jauh dari lokasi pintu bendung Kedung Gepeng, Pedukuhan Rejosari, Desa Terong hari ini Sabtu 26 Maret 2016 acara Peringatan Hari Air Sedunia dan HUT Ke-3 Gerakan Irigasi Bersih Merti Tirta Amartani (GIB-MTA) Kabupaten Bantul dibuka secara resmi oleh Bupati Bantul Drs.H.Suharsono.

Rangkaian peringatan terdiri dari beberapa kegiatan antara lain : 1. pembersihan saluran air dilaksanakan se-Kabupaten Bantul, 2. Pendidikan cinta alam dan lingkungan dilaksanakan di SD/MI, 3. Pameran pangan lokal, 4. Kirab budaya mapag toya, .5. Sarasehan air dan lingkungan dan 6. Pergelaran wayang.

Acara bersama Bupati Bantul hari ini yaitu kirab budaya mapag toya yang diakhiri dengan pembukaan pintu bendung Kedung Gepeng oleh Bupati Bantul disertai doa yang dipimpin oleh Kasi Kemasyarakatan Desa Terong agar terpenuhi harapan petani memperoleh pengairan lancar dan tanaman padinya bisa produktif menghasilkan padi yang melimpah.

Setelah prosesi mapag toya, acara di tenda kehormatan diisi dengan sambutan selamat datang oleh Lurah Desa Terong Welasiman yang diantaranya menitipkan pesan usulan pembangunan jalan usaha tani agar petani mudah saat mengelola lahan dan membawa hasil panennya,.

Dilanjutkan dengan sambutan Camat Dlingo Drs.Susanto, MPA yang menyampaikan kondisi Kecamatan Dlingo yang masih kekurangan air baku pada musim kemarau yang dirasakan warga masyarakat di kantong-kantong wilayah tertentu sehingga tiap tahun harus minta bantuan pengiriman air baku dari kabupaten ( Dinsos/BPBD) dan prasarana dan sarana pengairan yang masih perlu ditingkatkan dalam rangka untuk memperluas cakupan wilayah pengairan sehingga lahan petani bisa lebih produktif untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Selanjutnya sambutan Dekan Fakultas Teknologi Pertanian yang antara lain menyampaikan kerjasama UGM dengan UNESCO berkaitan dengan air, dan juga ihwal kegiatan hari ini.

Terakhir sambutan pengarahan Bupati Bantul yang dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi kegiatan peringatan hari ini.

Pada kesempatan ini diagendakan pula tanam simbolis pohon untuk konservasi. Didahului oleh Bupati Bantul yang menaman pohon nangka dilanjutkan oleh Kapolsek Dlingo AKP Amir Machmud mewakili Kapolres Bantul menanam pohon gayam dan Danramil Dlingo Kapten Surono mewakili Dandim Bantul menanam asam jawa yang mulai langka.

Setelah kegiatan ini akan dilanjutkan tanam 1000 pohon meliputi beberapa jenis pohon yang harapannya warga masyarakat juga mengikuti semangat untuk senantiasa mencintai pohon dan budaya menanam pohon pada beberapa even bahkan pada setiap kesempatan agar terjaga keberadaan pohon untuk Dlingo yang tetep ijo royo-royo.

Selama berlangsung rangkaian kegiatan ini personil Polsek Dlingo melakukan penamanan hingga acra berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Dlingo)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:35

0 komentar:

CB