Bhabinkamtibmas Merupakan Ujung Tombak Polisi Dalam Mencegah Gangguan Kamtibmas

Posted by tribratanewsbantul on 10:38

Bhayangkara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat merupakan ujung tombak polisi di tengah masyarakat dalam melakukan deteksi dini terhadap berbagai potensi terjadinya konflik sosial. Karena itu keberadaan Bhabinkamtibmas tersebut sangat penting. Sekecil apapun potensi kerawanan keamanan harus segera diantisipasi. Dan petugas Babinkamtibmas harus memiliki kemampuan tersebut.

"Jangan sampai menunggu masalah itu muncul, sebelum ada masalah kita harus mampu mendeksinya dari awal, bahkan jauh sebelumnya," kata Kapolres Bantul Imam Kabut Sariadi SIK MM didampingi Waka Polres Kompol Dhanang Bagus Anggoro SH MH saat memberikan arahan kepada Kanit/Panit Binmas dan Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran di aula Mapolres Bantul, Senin (7/8/2047) pagi.

Menurut Kapolres, terjadinya suatu masalah itu dapat berawal dari hal yang kecil. Dalam hal ini, Bhabinkamtibmas memegang peranan penting untuk dapat mendeteksi sedini mungkin adanya permasalah yang muncul atau akan muncul.

Ditambahkannya, salah satu tugas pokok Babinkamtibmas adalah melakukan upaya pendeteksian dini. Untuk dapat melaksanakan deteksi dini, setiap Bhabinkamtibmas harus bersilaturahim dengan masyarakat, di samping mampu mewujudkan sinergitas dengan pimpinan pemerintahan di desa demi keamanan di desa setempat. Jika ini bisa dilakukan maka gangguan Kamtibmas dapat dicegah.

“Setiap anggota Bhabinkamtibmas harus sering berdialog dengan masyarakat. Dengan sering berdialog dengan masyarakat setidaknya Bhabinkamtibmas dapat mengetahui situasi Kamtibmas desa binaannya,” tandasnya. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:38

0 komentar:

CB