Penjaringan Aspirasi Oleh Anggota Dprd DIY Di Dukuh Guwosari

Posted by tribratanewsbantul on 05:00

Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, SH menghadiri acara penjaringan aspirasi masyarakat oleh anggota DPRD DIY Komisi A KPH Purbo Diningrat, SE, MBA dari Fraksi PDI Perjuangan bertedmpat di Dusun Dukuh RT 05 Guwosari Pajangan Bantul, Sabtu 27 Februari 2016 jam 20.00 Wib.

Tim dari KPH Purbo Diningrat, SE, MBA diantaranya Agus Sunandar, Eko Sukamto, Hernawan Wibisono, Santoso dan Bpk. Bambang KSR. Hadir juga dalam kesempatan tersebut Lurah Guwosari H. Muh. Suharto, Kasipem Muh. Taufiq, Sihumas Polsek Pajangan Bripka Moh. Arin Ashudi, Kadus Dukuh Muhzin Taukhid, LPMD Guwosari Sukirno, Sekretaris BPD Aan Kurniawan, Karang Taruna Dipo Ratna Muda Desa Guwosari, Ketua RT, Tomas, Toga, Ibu PKK dan warga dusun Dukuh, peserta sejumlah ± 70 orang.

KPH Purbodiningrat menjelaskan kegiatan ini merupakan silaturahmi sebagai anggota DPRD DIY dari Dapil Bantul Barat, untuk menjaga hubungan dengan masyarakat dan Dewan serta untuk menjaring aspirasi masyarakat Desa Guwosari. Pencalegannya Tahun  2014 dengan menggunakan PDI Perjuangan  namun Ia akan perjuangkan masyarakat apapun backrfund partainya.

Malam ini kami sampaikan 22 Perda dan 4 Perdais sebagai pertanggungjawaban kami sebagai anggota Dewan. Di DPRD daerah lain hanya sekitar 4 atau 5 Perda. Dewan periode sekarang beda dengan periode sebelumnya. Sebelumnya tanda tangannya sakti, Tanda tangan dapat untuk mencairkan propsal masyarakat. Tiap anggota Dewan mendapat jatah dana Rp. 1,5 Miliyar untuk disalurkan ke masyarakat. Tetapi proesedur tersebut jadi temuan di kejaksaan lembaga yang mengajukan proposal harus diaktanotariskan terlebih dahulu, agar dianggap tidak abal-abal. Ia bersama Timnya memiliki spesialisasi dibidangnya masing-masing untuk menerima aspirasi dari masyarakat.

Lurah Guwosari H. Muh. Suharto dalam sambutannya menyampaikan alhamdulilah KPH dapat hadiri di sini sebagai silaturahmi dan jaring aspirasi bersama masyarakatnya. Banyak warga di sini yang masih miskin, 423 KK, masih jadi ganjalan kita. Ia minta perhatian bapak Dewan dan yang terkait lainnya. Dilaporkan juga rencana pembangunan Kampus II UIN sudah sampai ke Komisi A Kab. Bantul.  Dana Desa Guwosari terlihat milyaran banyak tapi tak dapat apa-apa, Pajak banyak ke pusat. Pihaknya minta gedung senilai Rp. 1,5 M sudah sampai ke Komisi A Kab. Bantul namun belum ada jawaban.

Selanjutnya dilakukan tanya jawab guna penjaringan aspirasi warga masyarakat oleh anggota Dewan. Permasalahan yang diangkat diantaranya, pengembangan obyek Wisata Goa Selarong, aliran sungai Mbedog bebas dari sampah dan limbah karena akan dimanfaatkan untuk pengembangan Wisata air, cara memperoleh bantuan dana hibah dari Pemerintah karena terbentur aturan harus berbadan Hukum, penyedian fasum dan fasos terutama kuburan untuk warga perumahan, pembanguan embung di Dusun Dukuh, penanganan kenakalan remaja yang saat ini sudah sangat memprihatinkan, pengembangan potensi Dusun untuk kemajuan Desa.

Dengan penjaringan aspirasi ini diharapkan aspirasi warga dapat diangkat, disampaikan ke pihak terkait dan dapat direalisasikan dengan tindakan nyata. Hal tersebut tentunya akan menambah kepercayaan warga terhadap anggota Dewan sebagai Wakil rakyat.

Acara penjaringan aspirasi anggota DPRD DIY di Dusun Dukuh Guwosari Pajangan selasai pada jam 22.30 Wib, berakhir dalam keadaan aman dan kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 05:00

0 komentar:

CB