Jelang Pilurah, Kapolsek Bantul Beri Pembekalan Peningkatan Kapasitas Linmas Kalurahan Trirengo

Posted by tribratanewsbantul on 09:42

Satuan Perlindungan Masyarakat yang disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Untuk itu upaya peningkatan kemampuan Linmas perlu ditingkatkan, agar Linmas mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa.

Kapolsek Bantul Kompol Wahyu Sudadi SH MAP memberikan pembekalan kepada anggota Linmas Kalurahan Trirenggo di Aula Kalurahan Trirenggo, Bantul, Rabu (21/9/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri olah Panewu Bantul, Danramil Bantul, Plt. Lurah Trirenggo, Ketua Bamuskal dan Jogoboyo.

“Pembekalan ini dalam rangka meningkatkan kemampuan kapasitas Linmas dalam membantu menjaga keamanan di wilayah Kalurahan Trirenggo dan diharapkan Linmas bisa membantu melaksanakan tugas, serta mendukung Polri dalam menjaga kamtibmas menjelang Pilurah pada tanggal 25 September 2022,” terang Kapolsek Bantul.

Dalam materi yang disampaikan mencakup soal tugas pokok Linmas dan diberikan pengetahuan tentang perlindungan masyarakat, penanganan gangguan kamtibmas dan pola pengamanan termasuk penggunaan seragam Linmas yang baik dan benar.

"Linmas juga merupakan bagian dari masyarakat yang harus bisa memberi contoh bagi masyarakat lainnya dalam penanaman disiplin dan semangat bela negara," kata Kompol Wahyu.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan Linmas di tengah-tengah masyarakat dan Linmas diharapakan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat.

"Salah satu indikator suksesnya pelatihan Linmas adalah meningkatnya kualitas SDM Linmas, menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas, meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis, meningkatnya kesiapsiagaan Satuan Linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketenteraman dan ketertiban umum, serta meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat," tambahnya.

Pembinaan dan pembekalan bagi anggota Linmas ini juga bertujuan untuk persiapan pengamanan pemilihan Lurah di wilayah Kapanewon Bantul, yakni Kalurahan Trirenggo dan Kalurahan Palbapang.

"Dengan pembekalan ini, diharapkan Linmas bisa membantu aparat keamanan untuk mengamankan jalannya pemungutan suara di masing-masing TPS nantinya, sehingga dalam pelaksanaanya bisa berjalan aman dan lancar sesuai harapan," pungkasnya. (Humas Polsek Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:42

0 komentar:

CB