Peringati Hari Polwan ke-74 Polwan Polres Bantul Lakukan Patroli Humanis

Posted by tribratanewsbantul on 10:19

BANTUL, Radar Jogja - Peringatan Hari Polisi Wanita (Polwan) yang jatuh pada Kamis (1/9/2022) diperingati secara unik oleh jajaran di Polres Bantul. Para Polwan di institusi Kepolisian Bumi Projotamansari itu melakukan patroli secara humanis dan persuasif dalam memberikan himbauan keamanan berlalu lintas dan berkendara di jalan raya.

Kanit Kamsel Polres Bantul Ipda Ni Ketut Reni Juliani mengatakan, dalam memperingati Hari Polwan ke-74 pihaknya menggelar patroli sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat. Sasaran dalam patroli tersebut diantaranya pelanggaran lalu lintas yang berpotensi bisa menyebabkan kecelakaan atau yang membahayakan orang lain.

Namun meski kegiatannya berbentuk patroli, Reni menyatakan para pelanggarnya tidak langsung dilakukan penindakan. Tetapi diberikan edukasi secara humanis agar masyarakat paham tentang pentingnya tertib dalam berlalu lintas dan bahayanya apabila dalam menaati peraturan berkendara.

"Pelanggar tidak langsung kami lakukan penindakan. Namun kami berikan teguran melalui upaya preemtif, preventif dan juga persuasif terkait keamanan berkendara" ujar Reni, Kamis (1/9)

Kapolres Bantul AKBP Ihsan menegaskan, keselamatan rakyat memang harus menjadi prioritas bagi para personel Polres Bantul. Namun demikian dalam memberikan penindakannya dan himbauan terkait dengan pelanggaran hukum harus mengedepankan tindakan secara persuasif dan humanis.

Namun meski secara humanis, menurut Ihsan hal tersebut tidak akan membuat polisi lemah dalam menegakkan hukum. Akan tetapi semata-mata sebagai upaya agar personel Polres Bantul bisa semakin dekat dengan masyarakat.

Dalam peringatan Hari Polwan ke-74 ini, Kapolres juga menyampaikan bahwa polisi pria maupun wanita memiliki kedudukan yang sama sebagai penegak hukum maupun pengayom masyarakat. Meskipun perempuan, polwan tetap mendapat kesempatan dalam melakukan tugasnya sebagai polisi.

"Intinya, mau polisi pria maupun wanita tetap memiliki kesempatan dan tempat dalam bertindak," ucap Ihsan.
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:19

0 komentar:

CB