Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Hadiri Pertemuan Rutin FPRB

Posted by tribratanewsbantul on 10:03

Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) adalah platform untuk koordinasi dan kolaborasi para pemangku kepentingan dalam mendukung upaya-upaya pengurangan risiko bencana. Koordinasi ini perlu perlu diwujudkan dengan kerjasama antar lembaga yang efektif dan ditujukan untuk bersama-sama membangun daerah berbasis pengurangan risiko bencana.

FPRB beranggotakan warga masyarakat yang bertugas membantu pemerintah guna penanganan masalah kebencanaan mulai dari perumusan kebijakan sampai dengan penanganan bencana itu sendiri.

Kamis (25/01/2024), Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo, Bripka Mulyadi, menghadiri pertemuan rutin anggota FPRB Kalurahan Panggungharjo.

Pertemuan rutin ini berlangsung di halaman Balai Kalurahan Panggungharjo, Sewon, Bantul yang dihadiri oleh Ketua Badan Musyawarah Kalurahan (Bamuskal), Jogoboyo dan anggota FPRB Kalurahan Panggungharjo.

Melalui kegiatan itu diharapkan dapat terjalin kerjasama yang lebih baik antara perangkat Kalurahan, masyarakat dan pihak terkait dalam mengidentifikasi, mengevaluasi, serta mengurangi risiko bencana.

“Melalui forum ini, diharapkan akan ada upaya konkret dalam melakukan langkah-langkah mitigasi dan persiapan menghadapi bencana, sehingga masyarakat akan menjadi lebih siap dan tangguh dalam menghadapi berbagai risiko bencana yang mungkin terjadi,” kata Bhabinkamtibmas Bripka Mulyadi.

Lebih lanjut, bahwa dengan adanya FPRB akan menjadi langkah penting untuk memperkuat ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana. Dengan melibatkan berbagai pihak dan sumber daya yang ada di Kalurahan, diharapkan akan tercipta sinergi yang kuat dalam upaya pencegahan dan penanganan bencana.

“Keberadaan FPRB juga menjadi wadah bagi partisipasi masyarakat dalam mengambil peran aktif dalam upaya pengurangan risiko bencana, sehingga kesadaran dan keterlibatan masyarakat akan semakin meningkat,” imbuh Bripka Mulyadi.

“Diharapkan bahwa melalui keberadaan FPRB, akan tercipta komunitas yang lebih tangguh dan siap menghadapi berbagai ancaman bencana. Dengan dukungan dari Lurah dan pihak terkait lainnya, FPRB Kalurahan Panggungharjo diharapkan dapat menjadi motor penggerak dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana di wilayah Kalurahan Panggungharjo,” tandasnya. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:03

0 komentar:

CB