Wakapolsek Piyungan Hadiri Rakor Dalam Rangka Harganas XXVII

Posted by tribratanewsbantul on 12:13

Wakapolsek Piyungan AKP Suharyanto SH menghadiri rapat koordinasi (rakor) persiapan program pelayanan sejuta akseptor dalam rangka Harganas XXVII Tahun 2020 bertempat di Aula Kantor Kecamatan Piyungan, Selasa (23/6/2020).

Hadir diantaranya Camat Piyungan Roy Robert EB AP MM, Danramil Piyungan Kapten Inf. Wardani, Kepala Puskesmas Piyungan dr. Zeta Nurhayati Munaroh, Bhabinkamtibmas Polsek Piyungan, Babinsa Koramil Piyungan, Koordinator PLKB Piyungan dan tamu undangan lainnya.

Camat Piyungan Roy Robert EB AP MM dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal, antara lain dalam menyambut pendataan dan pelayanan akseptor KB diharapkan akan mendapat tanggapan positif dari masyarakat dengan mengikuti program.

Terkait situasi pandemi Covid-19 berdasar rakor tingkat Kabupaten Bantul bahwa ketentuan zonasi dikeluarkan per desa berdasarkan angka terpapar Covid-19 dan Piyungan masuk zona kuning. Atensi khusus ketika ada warga yang terpapar virus, agar warga jangan mengucilkan warga terpapar dan mendukung kegiatan tim kesehatan dengan tidak memberikan statement yang tidak benar terkait langkah-langkah dinas kesehatan atau tim medis.

Paparan dari Koordinator PLKB Piyungan, Asih Rahayu menyampaikan, bahwa tanggal 29 Juni adalah peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) akan dilaksanakan pelayanan KB secara serentak di masing-masing Kecamatan. Untuk wilayah Piyungan, teknis pelayanan KB massal diselenggarakan di Puskesmas dan enam Klinik berdasarkan data KTP calon penerima pelayaanan KB.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Piyungan dr. Zeta Nurhayati Munaroh dalam arahannya menyampaikan, bahwa beberapa waktu yang lalu gerakan KB seperti kehilangan gaungnya, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. Menjelang hari Harganas tahun ini, gerakan KB mulai dibangkitkan kembali.

Akan tetapi di masa Covid-19 ini, ia menyarankan supaya kehamilan ditunda dulu karena berbagai hal, diantaranya tenaga medis fokus pada penanganan Covid-19, ibu hamil riskan turun imunitas tubuh dan banyak pelayanan kesehatan (klinik) yang tutup di tengah Covid-19. (Humas Polsek Piyungan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:13

0 komentar:

CB