Memasuki Musim Hujan, Warga Bantul Diminta Waspada Ancaman Pohon Tumbang dan Banjir

Posted by tribratanewsbantul on 12:54

Memasuki awal musim penghujan, angin berhembus cukup kencang, masyarakat Kabupaten Bantul diminta tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan. Hal ini menyusul potensi adanya bencana pohon tumbang yang terjadi seperti waktu sebelum-sebelumnya.

"Hujan disertai angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Bantul. Di wilayah Kabupaten Bantul pohon besar masih banyak, terutama dipemukiman juga masih banyak. Saya imbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan," kata Kasubbag Humas Polres Bantul AKP Sulistiyaningsih.

Untuk mengantisipasi potensi kerugian lebih besar dan terjadinya korban jiwa, ia mengajak masyarakat dengan kerelaan dan kesadaran untuk mengkondisikan pohon-pohon besar yang ada di sekitar rumah masing-masing.

Manakala pohon sudah lebat bisa ditebang, sebaiknya ditebang. Namun, apabila dirasa tidak perlu ditebang maka sebaiknya dipangkas ranting dan dahannya saja, supaya dapat mengurangi beban pohon tersebut. Sehingga ketika terjadi angin kencang, pohon tidak mudah tumbang.

"Ini yang menjadi harapan kita," ujarnya.

Selain ancaman pohon tumbang, bencana yang sewaktu-waktu bisa mengancam akibat curah hujan yang tinggi adalah banjir. Untuk itu diimbau kepada masyarakat yang berada di dekat bantaran sungai untuk peduli. Dengan ikut serta menangani masalah tumpukan sampah yang menyumbat di sepanjang aliran sungai.

Menurutnya, bencana bukan hanya tanggung jawab Pemerintah saja, tetapi tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat.

"Saya berharap masyarakat betul-betul memahami ini, supaya bisa ikut serta menjaga kebersihan sungai," tuturnya.

Lebih lanjut, kedepan, menurutnya, intensitas curah hujan yang mengguyur akan semakin meningkat. Sehingga masyarakat diminta untuk waspada dan selalu menjaga kebersihan sungai demi mengurangi risiko bencana. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:54

0 komentar:

CB