Pengamanan Aksi Sikat Gigi Massal Dan GERMAS Di Lapangan Paseban Bantul

Posted by tribratanewsbantul on 12:50

Petugas Polsek Bantul mengamankan Aksi Sikat Gigi Massal 1000 siswa dan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) di Lapangan Paseban Bantul. Sabtu (16/2/2019).

Kegiatan ini dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) ke – 69 diselenggarakan oleh PDGI Cabang Bantul bekerjasama dengan PDGI Pengurus Wilayah DIY, Pemerintah Kabupaten Bantul, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bantul dan Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Yogyakarta.

Menurut Ketua PDGI Cabang Bantul drg. Isnaini Hadiyati, kegiatan yang bertemakan Senyum Sehat Bantul ini bertujuan untuk membiasakan siswa selalu menyikat gigi pagi sehabis sarapan dan malam menjelang tidur, dengan cara yang benar sehingga mencegah gigi berlubang pada anak.

Tak kurang dari 1000 siswa SD dari SD Negeri Bantul 1, SD Muhammadiyah Bantul Kota, SD IT Ar Raihan dan SD Unggulan 'Aisyiyah Bantul ikut menyemarakkan kegiatan dengan gerak dan lagu SIGIMAS (Sikat Gigi Massal). " Gerak dan Lagu SIGIMAS ini, merupakan lagu Jawa Cublak-cublak Suweng yang dialih syairkan oleh drg. Damianan Endah Prabawati dengan aransemen musik oleh Muhamad Susetio Wibowo dan penata gerak oleh Diah Saptarini Mayasari, " kata Isnaini.

Lebih lanjut Isnaini mengatakan, kegiatan hari ini merupakan puncak HUT PDGI, dimana sebelumnya pada tanggal 13 Februari 2019 telah dilaksanakan perawatan lapisan gigi dengan Pengolesan Minimum Intervention Varnish kepada 200 siswa di SD N Bantul.

Disamping kegiatan tersebut, pada acara ini dilaksanakan pula Deklarasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas, yang bertujuan agar siswa selalu makan sayuran dan buah-buahan serta beraktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari.

Sementara itu Bupati Bantul yang hadir bersama Ketua Tim Penggerak PKK Ibu Erna Suharsono, dalam sambutannya mengajak siswa untuk merawat gigi dengan baik, contohnya jauhilah makanan yang terlalu manis seperti kembang gula (permen). " Rawatlah gigi adik-adik sedini mungkin, agar tumbuh sehat dan kuat sampai dewasa, " pesan Bupati Bantul.

Lebih lanjut dia berterima kasih dan mengapresiasi kepada jajaran dokter gigi yang telah ikut serta menciptakan generasi sehat di Kabupaten Bantul. " Keberhasilan suatu bangsa sangat tergantung kepada generasi yang sehat, berkualitas, cerdas dan produktif. Betapapun sumber daya alam kita melimpah ruah, " tuturnya.

Pada kesempatan tersebut diserahkan Sertifikat Senyum Sehat Bantul dan patung model gigi untuk pembelajaran kepada SD peserta kegiatan HUT PDGI ke - 69 ini oleh Bupati Bantul, Ibu TP PKK Bantul, Sekretaris Dinkes Bantul dan IDI DIY. (Humas Polsek Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:50

0 komentar:

CB