Polres Bantul Gelar Apel Pergeseran Pasukan, Siap Amankan Pemungutan Suara Pilkada Bantul

Posted by tribratanewsbantul on 13:42

Polres Bantul Gelar Apel Pergeseran Pasukan, Siap Amankan Pemungutan Suara Pilkada Bantul
Waka Polres Bantul Kompol Noer Alam SIK memimpin apel pergeseran pasukan untuk pengamanan Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Bantul.

Apel pergeseran pasukan ini diikuti oleh Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho, Perwakilan Dandim 0729/Bantul, Perwakilan Kepala Sat Pol PP, para Kabag, Kasat dan Kapolsek Jajaran, personel TNI, Personel Brimob serta personel Pengamanan Pilkada dari Polres dan Polsek Jajaran.

Diharapkan kepada personel pengamanan melaksanakan kegiatan dengan rasa penuh tanggung jawab.

Arahan itu disampaikan Waka Polres saat membacakan amanat Kapolda DIY Irjen Pol Drs Asep Suhendar M.Si dalam apel pergeseran pasukan.



Anggota pengamanan juga diharapkan terus melekat dengan kotak suara dan barang-barang yang berkaitan dengan Pilkada dalam hal pengawalan.

Diakatakan, Pilkada tahun 2020 dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia pada tanggal 9 Desember 2020 yang diikuti 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota. Tiga pilkada diantaranya dilaksanakan di DIY yaitu Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul. 

Pilkada saat ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena di tengah pandemi Covid-19 yang mana dalam pelaksanaanya baik penyelenggara, pemilih maupun aparat keamanan harus melaksanakan protokol kesehatan agar tidak terpapar oleh Covid-19. 

Sebagaimana diketahui sesuai data yang dikeluarkan oleh gugus tugas penanganan Covid-19, penyebaran Covid-19 di yogyakarta  per 3 Desember 2020 menduduki peringkat 18  dari 34 provinsi. Terkonfirmasi 6.195 orang,  sembuh 4.496 orang, meninggal 147 orang. Dengan demikian dikhawatirkan apabila semua pihak lalai dalam melaksanakan protokol kesehatan pada tahapan pemungutan suara Pilkada tahun 2020 dikhawatirkan mejadi kluster baru penyebaran Covid-19.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Pilkada serentak tahun 2020 puncaknya pada tahap pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020, oleh karena itu guna menjaga kondusifitas kamtibmas agar pelaksanannya dapat berjalan lancar, pada hari ini Senin tanggal 7 Desember 2020 kita melaksanakan apel pergeseran pasukan guna membantu Polres yang melaksanakan pengamanan Pilkada 2020. Semoga dengan kehadiran saudara selaku personel BKO ke Polres Sleman, Bantul dan Gunungkidul akan memberikan tambahan semangat kepada rekan yang ada di Polres. 

Pada Pilkada tahun 2020 ini, seperti pelaksanaan Pilkada terdahulu juga memiliki kerawanan antara lain pengrusakan fasilitas umum, intimidasi dan aniaya kepada penyelenggara Pemilu, money politic, black campaign, munculnya pemilih ganda, penggelembungan suara, unras, konflik dan penyebaran Covid-19, sehingga perlu dilakukan antisipasi. 

Melalui apel pergeseran pasukan ini, seluruh anggota yang terlibat diharapkan mampu mempersiapkan diri secara maksimal untuk berperan secara aktif dalam rangka pengamanan pilkada 2020. Pada pilkada serentak tahun ini Polda DIY memberikan bantuan BKO sebanyak 665 personel dengan rincian Polres Sleman 90 personel, Polres Bantul 154 personel  dan Polres Gunungkidul 421 personel.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolda menyampaikan beberapa hal sebagai penekanan untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanakan tugas sebagai berikut :

1. Tingkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Y.M.E semoga kita semua  mendapat berkah dan perlindungan darinya dalam rangka melaksanakan tugas negara.

2. Jaga netralitas dengan tidak memberikan dukungan dalam bentuk apapun kepada salah satu kontestan Pilkada.

3. Tingkatkan koordinasi dengan tni dan aparat keamanan lainya serta pelaksana pilkada serentak seperti KPPS, Linmas, maupun petugas TPS lainnya;

4. Kenali tokoh agama, tokoh masyarakat setempat guna mendukung pelaksanaan tugas pengamanan Pilkada serentak.

5. Tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan.

6. Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan hindari perilaku yang dapat merugikan instusi Polri.

7. Laporkan setiap perkembangan situasi di lapangan kepada pimpinan secara berjenjang guna diambil langkah yang tepat.

“Demikian amanat saya selamat bertugas, semoga Tuhan Yang Maha Esa,  senantiasa  memberikan bimbingan dan petunjuk kepada kita sekalian, dalam melanjutkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” pungkasnya. (Humas Polres Bantul)



Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:42

0 komentar:

CB