Polres Bantul Launching Kampung Tertib Lalu Lintas

Posted by tribratanewsbantul on 14:57

Polres Bantul melaunching Kampung Tertib Lalu Lintas (KTL) yang dipusatkan di Kalurahan Singosaren Banguntapan Bantul, Senin (31/5/2021).

Peresmian Kampung Tertib Lalu Lintas  dilakukan oleh Wakil Bupati Bantul Drs. Joko B. Purnomo didampingi Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH dan Dandim Bantul Letkol Inf. Agus Indra Gunawan.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda DIY AKBP Winar, Kepala Dinas PU Kabupaten Bantul, Kepala Dishub Kabupaten Bantul, Panewu Banguntapan Drs. Fauzan Muarrifin, Kasat Lantas Polres Bantul AKP Amin Ruwito SE SIK, Kasubbag Humas Polres Bantul Iptu Sumaryata, Kapolsek Banguntapan Kompol Zaenal Supriyatna SH, Danramil Banguntapan, Pimpinan Jasa Raharja, Lurah Singosaren H. Joko Prayitno dan tamu undangan.

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH dalam sambutannya menyampaikan, launching Kampung Tertib Lalu Lintas bertujuan sebagai sarana edukasi dan menjadi barometer untuk masyarakat bagi kampung yang lainnya menjadi kampung yang tertib berlalu lintas.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Bantul merupakan salah satu tertinggi di Indonesia.

“Tahun 2020 tercatat 26 orang meninggal dan tahun 2021 sampai bulan Maret sudah terdapat 28 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas, bahkan ini lebih tinggi dari penyakit jantung dan HIV,” ungkapnya.

Untuk itu, Kapolres Bantul berharap semua pihak konsen dan memperhatikan hal tersebut, salah satunya cara agar masyarakat sadar lalu lintas adalah kita bangun kampung tertib lalu lintas.

Menurutnya, angka kecelakaan lalu lintas yang tinggi tidak lepas dari kurangnya aspek pembangunan, antara lain inftrastruktur jalan, rambu-rambu lalu lintas serta kesadaran masyarakat itu sendiri.

“Kita berharap Kalurahan Singosaren ini menjadi pioner dan menjadi percontohan Kampung Tertib Lalu Lintas di wilayah Kabupaten Bantul,” ucap Kapolres.

Mengakhiri sambutannya, Kapolres Bantul mengucapkan terima kasih kepada perangkat dan masyarakat Kalurahan Singosaren yang telah berpatisipasi aktif membantu terbentuknya Kampung Tertib Lalu Lintas di Singosaren.

Sementara itu, sambutan Wakil Bupati Bantul Drs. Joko B. Purnomo atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul memberikan apresiasi rasa hormat dan terima kasih yang sangat tinggi kepada Kepolisian Republik Indonesia yang mempunyai terobosan Kampung Tertib Lalu Lintas.

Disampaikan, bahwa Kampung Tertib lalu Lintas memberikan edukasi terhadap masyarakat dan merupakan investasi tinggi bagi Pemkab Bantul karena akan menghasilkan masyarakat Bantul yang tidak hanya tertib lalu lintas, tetapi juga sadar dengan mengedepankan keselamatan di jalan raya.

“Kami siap memberikan dukungan kepada jajaran Polres Bantul, terutama terkait dengan Kampung Tertib Lalu Lintas. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk bekerjasama dengan Satlantas Polres Bantul dalam mewujudkan keselamatan masyarakat di jalan raya,” kata Wakil Bupati.

Masih dalam sambutannya, Wakil Bupati Bantul mengucapkan selamat kepada Kalurahan Singosaren yang terpilih mewakili Bantul menjadi wakil pada lomba tingkat DIY. Harapannya semoga bisa maju di tingkat nasional.

“Harapan kita kedepan semangat lomba ini harus diikuti oleh masyarakat kita di Bantul dan akan betul-betul dilakukan dengan target angka kecelakaan lalu lintas turun,” tutupnya.

Pada kesempatan tersebut dilakukan peninjauan pelayanan SIM Keliling di Balai Kalurahan Singosaren dan lokasi percontohan KTL di RT 03 dan RT 04 Pedukuhan Singosaren I.

Selanjutnya Wabup Bantul didampingi Kapolres Bantul beserta Dandim Bantul serta tamu undangan meresmikan Kampung Tertib Lalu lintas yang ditandai dengan pengguntingan pita, dilanjutkan meninjau lokasi KTL. (Humas Polsek Banguntapan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:57

0 komentar:

CB